CURUG NGUMPET: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000 - Rp15.000
Jam Buka08.00 - 16.00
Nomor HP-
LokasiGunung Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Sesuai namanya, Curug Ngumpet punya lokasi yang agak tersembunyi. Walaupun begitu kesegaran air dan keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Tidak kalah dengan wisata air terjun Bogor lainnya, curug ini juga punya keunikan tersendiri.

Sebenarnya ada dua curug yang saling berdekatan letaknya yakni air terjun Ngumpet 1 dan Ngumpet 2. Namun secara umum destinasi wisata ini bisa dijelajahi dalam waktu yang sama dan dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Curug Ngumpet

Curug Ngumpet punya dua jenis air terjun yang letaknya saling berdekatan. Untuk bisa mengakses keduanya Anda perlu membayar tiket masuk gerbang utama. Selanjutnya akses ke kedua lokasi bisa dilakukan. Berikut list harga tiket masuknya:

Jenis TiketHarga Tiket
Tiket masuk gerbang utamaRp 15.000,-
Tiket Curug Ngumpet 1Rp 10.000,-
Tiket Curug Ngumpet 2Rp 10.000,-
Tiket parkir motorRp 3.000,-
Tiket parkir mobilRp 5.000,-

Tiket bisa tentunya hanya berlaku per satu orang. Jadi bila datang rombongan pastikan semua membayar tiket untuk bisa mengakses sendiri semua air terjun yang ada. Begitu pula dengan tiket parkir, jangan sampai tiketnya hilang agar bisa membawa kembali kendaraan Anda.

Jam Buka

Jam Buka Curug Ngumpet

Curug Ngumpet Pamijahan buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai jam 4 sore saja. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk karena semakin malam lokasi semakin gelap. Karenanya menuju jam tutup pengunjung banyak dibatasi.

Jam buka ini berlaku untuk curug 1 dan 2. Jadi sebelum datang ke tempat Anda bisa memperhitungkan terlebih dulu durasi selama perjalanan hingga durasi bermain dalam objek wisata nantinya.

Aktivitas di Curug Ngumpet

Aktivitas di Curug Ngumpet

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar area curug. Jauh dari pemikiran banyak orang tentang aktivitas wisata yang hanya bermain air, nyatanya ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Berikut beberapa pilihannya:

1. Bermain Air di Pinggir Curug

Pilihan aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah bermain di pinggir curug. Pilihan aktivitas ini bisa dilakukan bila Anda tidak membawa baju ganti ekstra. Jangan khawatir aktivitas ini masih bisa menyenangkan dengan dibalut beberapa hal lainnya.

Seperti membawa makanan hangat dan menyantapnya di pinggir curug atau sambil bercengkerama dengan teman. Bersantai di bawah sejuknya curug juga jadi pilihan bagi banyak orang tua yang datang ke objek wisata.

2. Berendam dan Berenang

Aktivitas ke dua yang bisa dilakukan saat sampai ke lokasi Curug Ngumpet yakni langsung berendam dan berenang. Ada area khusus yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas tersebut tanpa harus takut tenggelam.

Anda bisa mengikuti plang batas yang sudah ditetapkan. Ini bisa dilakukan untuk menjaga faktor keselamatan dan keamanan saat berwisata. Terlebih bagi anak kecil usahakan untuk selalu dalam pantauan orang tuanya.

3. Camping

Area wisata curug juga menghadirkan opsi camping yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam bersama teman atau keluarga. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati alam sekitar wisata.

Camping bisa dilakukan di area yang sudah dikhususkan. Bila perlu Anda bisa menyewa langsung peralatan camping di area wisata. Namun untuk sensasi camping yang lebih seru Anda bisa membawa alat camping hingga alat BBQ langsung dari rumah.

4. Outbond

Anda juga bisa menjajal aktivitas outbond yang banyak juga dicoba oleh wisatawan lainnya. Aktivitas ini bisa dilakukan sebelum Anda masuk ke kolam air terjun curug. Jadi setelah berpanas ria di kegiatan outbond Anda bisa langsung menyegarkan diri.

Ada tarif khusus yang harus dibayar kembali bila ingin mencoba wahana outbond yang ada. Tidak perlu khawatir, tarif yang dipatok juga masih terbilang murah. Agar lebih seru ajak teman untuk ikut mencoba wahana outbond yang ada.

5. Berfoto di Sekitar Area Curug

Terakhir, Anda bisa melakukan foto di sekitar curug. Kembali lagi, infrastruktur yang baik di tempat wisata memungkinkan Anda mendapatkan foto paling bagus saat berkunjung ke tempat ini. Berbagai sudut tempat wisata rasanya cukup bagus dijadikan latar beroto.

Gunakan kamera dengan resolusi baik agar foto yang dihasilkan jelas. Foto bisa disimpan sebagai arsip atau bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan media sosial pribadi. Jangan ragu untuk meminta tolong petugas setempat untuk memfoto Anda dengan teman atau keluarga.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Curug Ngumpet

Tentunya tempat wisata satu ini memiliki misteri dan mitos tersendiri. Mitos yang beredar lebih banyak mengenai Curug Ngumpet ini. Dikisahkan dulu datang seorang wisatawan asal Kota Bandung yang ternyata tidak bisa melihat bentuk air terjun.

Alih-alih melihat bentuk alaminya langsung ia malah melihat kujang dan keraton yang berdiri cukup megah. Anehnya hanya pengunjung tersebut yang melihat keanehan ini. Penduduk setempat berkata wisatawan tersebut telah mendapat keistimewaan sebagai tamu.

Sebagai sambungan dari cerita tersebut ternyata sudah lama objek wisata memiliki mitos kerajaan seorang putri. Dimana setiap curug menjelma jadi tahta kerajaan yang dijaga ketat oleh para makhluk tak kasat.

Kisah lain menceritakan pengunjung yang melihat sosok wanita yang berdiri menjaga air terjun. Rupanya cantik menggunakan gaun pengantin. Terlihat juga sosok penjaga curug yang berparas perempuan namun memiliki badan berbentuk ular.

Fasilitas

Fasilitas Curug Ngumpet

Seperti yang sudah disinggung di atas, wisata ini memiliki fasilitas yang cukup nyaman dan lengkap. Ada banyak fasilitas yang tersebar mengitari objek wisata. Fasilitas yang bisa Anda gunakan diantaranya:

  • Toilet terpisah yang nyaman
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Tempat parkir yang luas
  • Musola

Dari sekian banyaknya fasilitas Anda bisa memanfaatkan fasilitas utama di atas secara gratis. Fasilitas bisa bebas digunakan sesaat setelah Anda memasuki gerbang utama. Jangan lupa untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan fasilitas yang ada.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Curug Ngumpet

Lokasi objek wisata terletak di area Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Karena berada di lingkup wilayah pegunungan tidak aneh bila area sekitar air terjun cukup sejuk bahkan di bawah terik matahari.

Ada banyak akses rute yang bisa dipilih bila ingin datang ke tempat wisata satu ini. Akses utamanya bisa Anda lalui dengan masuk di pintu utama gunung Salak. Setelahnya Anda perlu berjalan melewati desa Gunungsari untuk bisa sampai ke tempat tujuan.

Rute atau arah jalan lain yang bisa dipilih yakni:

  • Rute jalan satu: Cibungbulang – Pamijahan – Salak Endah
  • Rute jalan dua: Cikampak – Salak Endah
  • Rute jalan tiga: Cibatok – Salak Endah
  • Rute jalan empat: Taman Sari – Gunung Bunder – Salak Endah

Sebagai opsi lain Anda bisa langsung mengikuti link maps aplikasi online yang kami sediakan berikut ini:

Curug Ngumpet 1 dan 2 bisa dikunjungi sekaligus dalam satu waktu. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain selain bermain air biasa. Ada banyak fasilitas mendukung yang siap digunakan setiap Anda berkunjung.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar