Pantai Marina Semarang: Daya Tarik & Tiket Masuk 2024

[man-table-summary id=”pantaimarina”]

Kota Semarang memiliki suatu pantai yang menyuguhkan pesona eksotisnya, yakni pantai Marina.

Akses untuk menuju lokasi wisata tersebut juga sangatlah mudah. Posisinya yang strategis menjadi suatu kemudahan untuk para wisatawan, yakni hanya sekitar beberapa ratus kilometer dari arah bandara Ahmad Yani, serta 15 km dari arah pusat kota yang kira – kira memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 30 menit.

Pantai Marina

pantai marina semarang sekarang

Ketika kalian mengunjungi destinasi wisata pantai satu ini, kalian akan disambut pertama kali oleh pasir putih lembut serta hamparan air laut yang sangat luas.

Terlebih lagi apabila kalian berkunjung di waktu sore hari, nantinya kalian dapat melihat pemandangan matahari yang mulai terbenam atau biasa disebut sebagai sunset.

Pantai satu ini menjadi salah satu pilihan destinasi favorit di kawasan Semarang untuk rekreasi serta bersenang -senang menyegarkan diri.

Untuk garis pantainya sendiri membentuk cekungan serta menjorok ke daratan, yang menimbulkan ombak di pantai ini tak terlalu tinggi, sehingga sangat aman bagi para wisatawan untuk sekedar berendam maupun mandi di dalamnya.

Mengingat posisinya yang dahulu merupakan wilayah hutan bakau, sebetulnya kualitas air lautnya kurang ideal untuk dijadikan sebagai suatu lokasi wisata.

Apalagi Pantai Marina juga berdekatan dengan banjir kanal barat yang membelah wilayah kota Semarang dari arah hulu.

Warna air pantainya sendiri berwarna coklat di kawasan pesisir serta berwarna lebih jernih apabila lebih ketengah.

Sejarah Singkat

pantai marina semarang buka atau tutup

Pada mulanya, Pantai Marina adalah pantai yang tercipta dari hasil aktivitas reklamasi pantai di area kota Semarang yang sebelumnya berupa hutan bakau dan tambak miliki warga setempat.

Kemudian sisa – sisa dari pembangunan pertokoan serta perkantoran itulah yang lalu dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pembatas pantai dengan di bentuk serta dikelola sedemikian rupa supaya menjadi tempat yang nyaman sebagai lokasi destinasi wisata.

Di pantai satu ini juga ada pemecah ombak yang fungsinya guna mengamankan area daratan dari abrasi akibat ombak yang besar.

Seiring dengan berjalannya waktu, pantai satu ini lalu mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat serta dijadikan sebagai lokasi wisata untuk berlibur.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau kegiatan menarik yang dapat kalian lakukan ketika berkunjung ke Pantai Marina, antara lain:

1. Berkeliling dengan Kapal

kondisi pantai marina semarang

Apabila kalian berwisata di Pantai Marina Semarang, kalian wajib untuk mencoba berpetualang dengan menggunakan kapal.

Kapal disana memang sengaja disediakan untuk mengantar para wisatawan dalam menikmati pemandangan kawasan pantai dengan lebih puas.

Dengan wahana satu ini, kalian bisa menikmati birunya laut, kebun buah naga yang ada di kawasan pantai, pepohonan bakau, serta yang lainnya.

Dengan hanya membayar Rp5.000, kalian sudah dapat mengitari Pantai Marina yang cantik.

Baca: Pantai Jogan

2. Pemandangan Pantai

pantai marina kalianda

Selama berada di pantai ini, kalian bisa menikmati suasana pantai sembari duduk – duduk di tepian pantai.

Disana tersedia kawasan yang mempunyai pohon rindang serta tepian yang jalannya telah di cor. Dimana kondisi tersebut, kalian bisa melihat laut luas dengan lebih nyaman.

Para wisatawan yang datang juga diperbolehkan untuk berenang, sebab ombak yang ada di Pantai Marina tidaklah besar.

Dan untuk kalian yang tidak jago berenang, disana juga telah tersedia persewaan ban pelampung.

Setiap periode tertentu, pihak pengelola sengaja menutup Pantai demi kegiatan bersih – bersih Pantai yang selalu rutin dilakukan.

3. Hunting Foto

sunrise di pantai marina semarang

Ada banyak sekali pengunjung yang sengaja datang ke Pantai Marina hanya untuk berfoto ria agar bisa mengunggahnya di media sosial.

Tak mengherankan, sebab di pantai satu ini memang memiliki banyak sekali spot yang cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang fotografi.

Beberapa spot menarik tersebut diantaranya seperti pasir putih halus, jembatan cantik, pepohonan hijau yang rimbun, serta gazebo – gazebo yang berada di kawasan pantai.

Baca: Pantai Kukup

4. Menikmati Sunset

pantai marina semarang ditutup

Sunset yang ada di suatu pantai biasanya menjadi salah satu daya tarik utamanya, termasuk di Marina.

Apabila kalian beruntung, kalian dapat menyaksikan matahari tenggelam yang berwarna seperti kuning telur emas berwujud lingkaran sempurna menghilang perlahan di garis cakrawala di ujung pantai.

Pemandangan satu ini memang sangat langka, maka dari itu, jangan sia – siakan momen tersebut untuk dijadikan sebagai latar belakang foto yang sempurna.

5. Wisata Akhir Pekan

wisata akhir pekan

Setiap akhir pekan serta hari libur nasional, Pantai Marina selalu dipadati oleh wisatawan yang berasal dari kota Semarang dan sekitarnya.

Bahkan sejak pagi hari, wisatawan ini telah berkumpul serta menggelar tikar sebagai di tepi pantai.

Suasana pantai ini memang lumayan nyaman, ada banyak sekali pohon yang tumbuh di kawasan pantai yang dapat dijadikan sebagai tempat berteduh ketika menikmati indahnya pantai di waktu siang hari.

Tak hanya itu saja, di area pantai juga sudah tersedia paving block yang dapat digunakan sebagai sarana olah raga baik waktu pagi ataupun sore hari.

Walaupun tak seindah pantai lainnya, Pantai Marina telah menjadi lokasi wisata favorit untuk warga sekitar. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan dilengkapi beragam fasilitas yang memadai menjadi alasan untuk warga sekitar guna terus mengunjungi pantai satu ini.

6. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Setelah kalian puas menikmati keindahan pantainya, kalian juga dapat berwisata kuliner disana.

Ada banyak sekali restoran keluarga serta rumah makan yang tersedia. Olahan seafood yang ada di kawasan pantai satu ini menang terkenal mempunyai rasa juara sebab dimasak oleh para koki yang telah berpengalaman di bidangnya.

Udang, kepiting, berbagai macam ikan, cumi – cumi, kerang, lobster, seluruhnya diolah sedemikian rupa sehingga menciptakan cita rasa khas dari Marina.

Baca: Pantai Drini

7. Oleh – Oleh Khas

Oleh Oleh Khas Semarang

Puas berwisata kuliner, sepertinya tidak lengkap apabila kita tidak membawa oleh – oleh / buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat menemukan adanya pedagang oleh – oleh yang menjual beragam pernak – pernik di kawasan Pantai Marina.

Oleh – oleh tersebut dibanderol dari harga yang sangat terjangkau.

Selain pernak – pernik, kalian juga dapat memberikan oleh – oleh seperti keripik atau makanan laut yang juga banyak di jual belikan disini.

Tips:

Apabila kalian datang dari luar kota serta ingin lebih lama mengunjungi kota Semarang, lebih baik kalian memilih oleh – oleh yang kering dan juga tahan lama.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Penginapan
  • Perahu
  • Mobil balap mainan
  • Ban pelampung
  • Gazebo
  • Kebun buah naga
  • Jembatan kayu
  • Spot foto
  • Wisata kuliner
  • Kamar mandi
  • WC umum
  • Musholla

Lokasi

Alamat Pantai Marina: Jalan Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Tawangsari, Semarang.

Rute Menuju Lokasi

Berikut ini adalah rute yang dapat kalian gunakan untuk sampai di Pantai Marina, antara lain:

Rute dari Kudus:

  • Jika kalian berangkat dari arah Kudus, Demak, Pati, dan sekitarnya, kalian bisa menuju ke arah Semarang dengan melalui jalan arteri serta langsung menuju ke arah Pantai Marina.

Rute dari Kendal, Batang, Pekalongan, dan sekitarnya:

  • Kaian hanya perlu menuju ke arah timur serta memasuki bundaran kali banteng.
  • Bundaran tersebut berdekatan dengan Museum Ranggawarsita, kemudian menuju ke arah jalan Surabaya.
  • Setibanya di SPBU, kalian cukup belok ke kiri ke arah Supermarket Giant, dan kalian pun sudah berada di dekat lokasi wisata tujuan.

Rute dari Jogja, Solo, dan sekitarnya:

  • Kalian bisa mengambil jalan lewat tugu muda kemudian menuju ke arah barat sampai di bundaran kali banteng.
  • Setibanya di SPBU, kalian belok kiri dan kalian tiba di lokasi wisata pantai tujuan.
Baca juga: Pantai Carita

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, kalian hanya wajib membayar tiket seharga Rp5.000/ orang.

Jam Operasional

Pantai Marina buka setiap hari (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.