Harga Tiket Bus Jawa Indah

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Bus Jawa Indah

X

Advertisements

Loading...

Bus Jawa Indah merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang transportasi darat untuk rute Jawa – Bali – Lombok dan beberapa kota besar yang ada di pulau Jawa dan Bali.

PT Jawa Indah Transport satu ini juga telah menerapkan konsep dasar yakni adanya pelayanan yang prima, peduli, serta berhati – hati dengan para penumpang yang memakai jasanya.

Jenis bus satu ini tentunya menjadi solusi transportasi darat unggulan untuk bepergian dari beberapa kota yang ada di Pulau Jawa.

Sejarah Singkat Bus Jawa Indah

trayek bus jawa indah

Advertisement

Bus Jawa Indah masih satu anggota dari PP Patas Jatim, yang datang dari salah satu PO asal Surabaya Semarang via Tuban.

Perusahaan otobus satu ini asalnya dari kota Surabaya yang mengawali usahanya dengan cara merilis armada bus warna hijau tua dengan tulisan warna.

Pada awal debutnya, PO satu ini menggunakan armada yang didominasi dengan mesin Mercedes Benz.

Kemudian masuk ditahun 80an, warna livery berganti menjadi putih bergaris hijau dengan bodi yang menyerupai pesawat terbang.

Seluruh armada bus malam dari PO Jawa Indah telah dilengkapi dengan adanya pendingin udara dengan chassis Mercedes Benz series MB OH 1113, OF 1113, serta Mitsubishi BM 115.

Pada masa tersebut, bus ini beroperasi setiap hari melewati jalur utama Bandung – Jakarta – Semarang – Surabaya  – Malang – Banyuwangi – Denpasar – Solo – Jogja – Magelang.

Advertisement

Dan hebatnya lagi, PO satu ini pun sempat melayani rute Jember – Madura, tetapi kemudian berhenti sebab adanya persaingan nama besar AKAS yang kala itu membuka rute sama.

Pada masa itu, PO Jawa Indah juga termasuk ke dalam jajaran bus mewah yang bersaing dengan beberapa PO terkemuka lainnya di jalur Pantura Jawa sampai Bali.

Tidak hanya melayani jalur Pantura saja, di dalam dekade tahun 70 – juga melayani jalur tengah seperti Magelang, Jogja, Solo, Madiun, Surabaya, dan Malang.

Strategi yang menjadi unggulan perusahaan ini adalah jam pemberangkatan di sore hari yang juga masih ditetapkan hingga sekarang. Sebab, waktu malam tersebut menjadi waktu yang sangat mudah untuk mendapatkan penumpang.

Pada kala itu, PO Jawa Indah juga bersaing dengan PO lain seperti Jayaguna, Adi Jaya, Malang Indah, Agung Express, Kembang Express, Adam, Pemudi, Muncul, serta OBL Express.

Peristiwa Kelam 1987

Di waktu tengah – tengah kejayaannya, salah satu bus dari Jawa Indah rute Kalianget – Banyuwangi mengalami kebakaran di jalan raya tol Dupak Surabaya.

Dalam peristiwa tersebut, terdapat 41 penumpang meninggal dunia serta 11 orang terluka.

Sekilas Terkait Bus Jawa Indah

harga tiket bus jawa indah manado-palu

Lama tidak terdengar sebab sekarang sudah banyak sekali pesaing yang membuka jalur yang sama dengan membawa armada yang tidak kalah apik, membuat bus Jawa Indah perlahan – lahan mulai kehilangan eksistensinya.

PO bus satu ini pun sempat melayani bus reguler, bus pariwisata, hingga ekspedisi pengiriman barang lewat rute Jawa Indah Transport.

Pada waktu sekarang, sudah banyak sekali trayek bus Jawa Indah yang diakusisi oleh PO Bismillah.

Advertisement

Tetapi untuk layanan ekspedisi justru sudah berkembang pesat sampai berhasil menembus Jawa Bali dan juga Lombok dengan menggunakan armada truck sebagai berikut:

  • 8 unit big mama / trailer dengan kapasitas muatan 35 ton/80M3.
  • 10 unit truck enkel fuso dengan kapasitas muatan 6 ton/24M3.
  • 15 unit truck engkel panjang / engo dengan kapasitas 12 ton/40M3.
  • 40 unit truck local tronton dengan kapasitas muatan 12 ton/28M3.
  • 60 unit truck built up jumbo dengan kapasitas muatan 16 ton/40M3.

Fasilitas

Apabila kalian menggunakan PO Jawa Indah, maka kalian akan mendapatkan beberapa fasilitas berikut ini:

  • Full AC
  • Reclining Seat
  • LCD
  • Bagasi

Armada Bus

Di awal kemunculannya pada tahun 70 – 80an telah memakai bus bermesin Mercedes Benz OH1113 generasi I (OM352A) dan bodi MBM edisi khusus.

Bus tersebut mempunyai detail 3 lampu kotak, polos tanpa grill dengan kaca depan bagian atas sambungan.

Tak hanya itu saja, PO ini juga menggunakan mesin Mercedes Benz dengan series O306 berbodi New Patriot buatan dari karoseri Morodadi Prima.

Masih buatan karoseri Morodadi Prima, PO ini juga sempat memakai bodi Tourismo dan memakai mesin Mercedes Benz series OH.

Tidak hanya dari Morodadi Prima, PO Jawa Indah juga sempat menghadirkan salah satu model Concerto buatan karoseri Rahayu Santosa yang sekarang armadanya telah diakusisi oleh PO Bismillah.

Advertisement

Pada tahun 2000 -an, dengan tetap konsisten membawa kesan classy dan elegant, PO ini tetap memiliki warna dasar putih yang merubah warna livery dengan biru, orange, serta hijau yang terlihat seperti selendang dan gambar burung.

PO Jawa Indah pun kemudian turut mendatangkan bus buatan karoseri unggul Adiputro dengan mesin Mercedes Benz OH 1521, diantaranya seperti Old Travego, Old setra, Royal Travego, dan Jetbus HD.

Untuk bodinya sendiri mengusung bodi Old Travego buatan dari Karoseri Adiputro dan bodi Royal Travego uatan Karoseri Morodadi Prima.

Alamat dan Kontak Agen

Berikut alamat dan kontak agen PO Jawa Indah:

Kantor Pusat Jawa Indah
Jl. Tanjung Sari No.42, Asem Rowo, Kec. Asemrowo, Kota SBY, Jawa Timur 60281
Nomor:

  • (031) 7492429
  • 031 7497666
  • 081235135605
  • 081332229664
  • 082894057425

Jadwal Keberangkatan

PO Jawa Indah melayani rute perjalanan yang ada di Pulau Jawa dengan jadwal keberangkatan mulai dari pagi hari hingga malam hari setiap harinya.

Harga Tiket Bus Jawa Indah

Bus Jawa Indah menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Untuk informasi selengkapnya, silakan hubungi kontak yang sudah tertera di atas.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.