PANTAI BANDENGAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp2.000 - Rp10.000
Jam Buka07.00 - 18.00 WIB
Nomor HP-
LokasiDesa Bandengan, Kecamatan Jepara, Provinsi Jawa Tengah

Jepara merupakan salah satu kota di wilayah Jawa tengah yang menyimpan potensi alam dan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata di Jepara dengan panorama alam yang indah yaitu Pantai Bandengan.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang eksotis, wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai aktivitas seru dan menarik lainnya. Untuk mengetahui harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi pantai Jepara ini, mari simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Bandengan

Sebagai salah satu destinasi wisata alam yang indah, banyak wisatawan baik domestik maupun asing yang berkunjung ke pantai ini. Untuk bisa masuk kawasan wisata ini, harga tiket masuk yang dibanderol tergolong murah. Berikut ini harga tiket masuk di objek wisata Pantai Bandengan Jepara.

Harga Tiket Masuk
Weekday (Senin – Kamis)Rp2.000 (anak-anak)
Rp5.000 (dewasa)
Weekend (Jumat – Minggu)Rp3.000 (anak-anak)
Rp7.000 (dewasa)
Event / SyawalanRp7.000 (anak-anak)
Rp10.000 (dewasa)
Tiket Parkir MotorRp1.000
Tiket Parkir MinibusRp4.500
Tiket Parkir BusRp10.000

Jam Buka

Jam Buka Pantai Bandengan

Objek wisata alam ini buka setiap hari mulai dari hari Senin sampai Minggu dengan jam operasional mulai pukul 07.00 – 18.00 WIB. Objek wisata pantai ini juga buka di hari libur Nasional atau tanggal merah.

Aktivitas di Pantai Bandengan

Aktivitas di Pantai Bandengan

Keindahan alam di sekitar objek wisata pantai Jepara ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena dijamin indah dan menawan. Di pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru antara lain sebagai berikut ini.

1. Berenang

Di pantai ini, Anda bisa mencoba sensasi berenang dan mengapung di laut menggunakan pelampung. Salah satunya yaitu Donut Buoy atau pelampung dari ban dalam mobil. Selain itu, Anda juga bisa menyewa pelampung Duck Buoy yang bentuknya seperti bebek.

2. Watersport

Tidak hanya berenang menggunakan pelampung saja, wisatawan juga bisa mencoba berbagai watersport atau olahraga air yang seru dan menantang. Di pantai ini, Anda bisa menikmati rasanya berselancar di wahana ombak buatan.

Anda juga bisa mencoba keseruan bermain jet ski, water jetpack, water-flying fish, dan banana boat. Selain watersport, wisatawan bisa mencoba wahana lainnya seperti sandal raksasa, ATV, dan kano.

3. Taman di Bibir Pantai

Selain mencoba keseruan bermain air, berenang, dan watersport, Anda juga bisa hunting foto di taman yang ada di bibir Pantai Bandengan. Taman yang cukup luas ini menjadi spot foto favorit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini karena viewnya yang indah.

4. Gazebo atau Saung di Dekat Pantai

Bagi wisatawan yang lelah berkeliling dan bermain watersport, pantai ini sudah menyediakan gazebo atau saung yang bisa digunakan untuk beristirahat dan bersantai. Karena letaknya yang tidak jauh dari pantai, view di sekitar gazebo/saung tidak kalah cantik.

5. Festival di Momen Tertentu

Aktivitas seru lainnya yang bisa dinikmati selama berlibur ke pantai ini yaitu festival yang digelar pada momen-momen tertentu. Beberapa festival yang sering diadakan di pantai ini antara lain festival boat, festival motocross, dan festival layang-layang.

6. Wisata Kuliner Khas Pantai

Tidak hanya menawarkan sensasi liburan di alam terbuka, pantai ini juga menyediakan beberapa warung makan yang menyajikan berbagai hidangan lezat. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja aneka oleh-oleh khas Jepara untuk dibawa pulang ke rumah.

Sejarah

Sejarah Pantai Bandengan

Nama Bandengan tidak lepas dari kisah Amir Hasan yang merupakan seorang anak dari Sunan Muria. Amir Hasan diperintahkan untuk memperdalam agama Islam dan menyebarkannya ke daerah Kepulauan Karimunjawa.

Dalam perjalanannya menuju ke Kepulauan Karimunjawa, Amir Hasan melewati sebuah pantai yang menjual banyak ikan bandeng. Hingga akhirnya, beliau memberikan nama desa dan pantai tersebut dengan nama Bandengan.

Sebelumnya, pantai tersebut juga pernah diberi nama Pantai Klein Scheveningen. Pemberian nama ini berawal dari kisah R.A. Kartini dan adik-adiknya yang diajak oleh Ny. Ovink Soer dan suaminya untuk berlibur di pantai ini.

Ny. Ovink Soer mengatakan bahwa di Holland juga ada pantai yang pemandangannya mirip seperti Pantai Bandengan bernama Pantai Klein Scheveningen. Karena hal tersebut, R. A. Kartini secara spontan menyebut pantai itu dengan nama Klein Scheveningen.

Setelah itu, pada tahun 1987-an, pantai itu diberi nama lain yaitu Tirta Samudra dan dikelola oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Sampai akhirnya, pantai tersebut diambil alih oleh pemerintah Kabupaten Jepara dan kembali menggunakan nama Bandengan.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Bandengan

Sebagai salah satu objek wisata di bawah pengawasan pemerintah daerah Kabupaten Jepara, pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. Berikut ini fasilitas yang ada di Pantai Bandengan.

1. Area Parkir yang Memadai

Bagi Anda yang berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil, pantai ini sudah menyediakan area parkir yang memadai. Dengan begitu, Anda bisa memarkirkan kendaraan dengan rapi dan aman.

2. Toilet Umum dan Tempat Bilas

Pantai ini juga sudah menyediakan toilet umum dan tempat bilas yang memadai. Jadi, bagi Anda yang ingin buang air atau membersihkan diri, Anda bisa menggunakan toilet dan tempat bilas yang sudah disediakan di sekitar pantai.

3. Tempat Penitipan Barang yang Aman

Di pantai ini juga sudah disediakan fasilitas tempat penitipan barang sehingga barang yang Anda bawa tetap aman. Dengan adanya fasilitas penitipan barang, Anda tidak perlu bingung menyimpan barang bawaan saat akan berjalan-jalan di pantai.

4. Sarana Ibadah

Bagi Anda yang ingin menunaikan ibadah shalat, di sekitar pantai sudah disediakan mushola yang bersih dengan tempat wudhu yang memadai.

5. Hotel dan Penginapan

Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin menghabiskan waktu liburan di Pantai Bandengan dan sekitarnya, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai banyak tersedia penginapan dan hotel.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Bandengan

Pantai yang indah ini terletak di Desa Bandengan atau sekitar 7 km dari pusat kota Jepara dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari kota Kudus, 1,5 jam dari kota Demak, dan 2 jam dari kota Semarang.

Untuk akses menuju pantai ini terbilang mudah dan bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Anda juga bisa memilih beberapa rute dengan kondisi jalan yang sudah bagus.

Bagi Anda yang berangkat dari arah pusat kota, Anda bisa melewati Jalan Jepara-Bangsri dan tinggal ikuti papan petunjuk arah menuju pantai. Selain itu, bagi Anda yang berangkat dari arah Semarang, Anda bisa melewati perempatan kemudian melintas ke Trengguli.

Setelah itu, Anda bisa mengambil arah kiri dan lurus terus sampai tiba di Jepara. Selanjutnya, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju pantai. Untuk mendapatkan rute terbaik, berikut ini kami sematkan peta menuju pantai populer di Jepara satu ini.

Dari ulasan di atas, Anda sudah tidak bingung lagi ingin menghabiskan liburan ke mana, bukan? Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Bandengan, jangan lupa untuk mempersiapkan kamera dan memori yang cukup sehingga setiap momen keseruan liburan bisa diabadikan.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar