STUDIO ALAM Gamplong: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
STUDIO ALAM Gamplong: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukSeikhlasnya
Jam Buka09.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0878-2368-2000
LokasiGamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta selalu menyimpan sejuta kejutan mulai dari kuliner kaki lima yang lezat sampai objek wisata tersembunyi yang mempesona. Tak heran jika setiap tahunnya Jogja selalu diminati wisatawan sebagai destinasi liburan, salah satu destinasi unik di Jogja adalah Studio Alam Gamplong.

Salah satu ikon wisata yang viral di sosial media ini, awalnya diperkenalkan oleh sutradara ternama Hanung Bramantyo. Hanung mengambil lokasi ini sebagai scene dalam film Bumi Manusia dan Sultan Agung. Bangunan yang khas dan unik pun membuat orang penasaran untuk mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Gamplong

Tidak ada harga khusus yang ditarifkan untuk wisatawan yang berkunjung ke studio ini. Ada sebuah kotak yang tersedia sebelum pintu masuk, wisatawan bisa menaruh uang dengan nominal seikhlasnya.

Berikut, rincian tiket masuk dan wahana lainnya:

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk Area StudioSeikhlasnya
Tiket Kereta TuaRp10.000
Tiket Museum Bumi ManusiaRp10.000
Tiket Museum Habibi dan AinunRp10.000
Tiket Galery Antiques & Ruang RahasiaRp10.000
Izin Penggunaan KameraRp10.000
Penyewaan JeepRp150.000

Jam Buka

Jam Buka Gamplong

Area wisata ini dibuka secara umum dari hari Senin hingga Minggu. Pengunjung dapat datang kapanpun sesuai dengan batas operasional yang ditentukan destinasi ini. Berikut detail jam operasionalnya:

Waktu Operasional
Senin – Minggu09.00 – 17.00 WIB

Syarat untuk Masuk Studio

Ada beberapa syarat yang harus wisatawan perhatikan sebelum mengunjungi Alam Gamplong, berikut syarat-syaratnya:

  • Lakukan scanning Peduli Lindungi di area parkir dan saat check in.
  • Cucilah tangan dan gunakan hand sanitizer.
  • Lakukan pengecekan suhu dan selalu memakai masker.
  • Membayar tiket masuk dalam kotak sepantasnya.
  • Lakukan pembelian tiket wahana lain di loket yang tersedia.
  • Lakukan izin terlebih dahulu jika ingin mengambil foto prewed, drone, photo session dan sebagainya.

Daya Tarik Studio Alam Gamplong

Daya Tarik Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplongg Jogja berlokasi sekitar 16 km dari pusat Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman. Studio ini mulanya dibangun atas perintah dari pengusaha sukses Brand Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo. Beliau ingin membuat sebuah film yang dipersembahkan untuk bangsa.

Mooryati Soedibyo ingin film bertajuk kepemimpinan dan pengembangan karakter, maka dibuatlah film dengan Sultan Agung sebagai tokoh inspirasinya. Untuk keperluan shooting, dibangunlah studio unik ini. Setelah film selesai, studio ini dihibahkan untuk pemerintah setempat.

Objek wisata ini memiliki banyak keunikan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung, simak yuk ada apa saja di dalamnya!

1. Mini Hollywood Versi Indonesia

Lokasi yang sering kali dipakai shooting film membuat Studio Alam Gamplong dijuluki sebagai mini Hollywood versi Indonesia. Beberapa judul film mulai dari Sultan Agung The Untold Love Story, Bumi Manusia, hingga Habibi Ainun mengambil scene di wilayah ini.

Bangunan khas ala Belanda maupun Cina menjadi keunikan objek wisata ini. Wisatawan yang berkunjung seolah kembali ke tempo dulu di abad 16 karena nuansa yang begitu lawas. Penggemar barang antik dan kuno pasti akan senang berkunjung ke sini.

2. Wisata Sambil Edukasi Seputar Perfilman

Studio Alam Gamplong Jogja berdiri di atas tanah yang sangat luas. Selain menjumpai berbagai bangunan unik khas tempo dulu, wisatawan juga bisa belajar seputar film dan teknisnya di sini. Anda akan diberikan edukasi seputar pembuatan film.

Pengetahuan seputar proses pembuatan film yang memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu. Anda akan belajar proses kreatifnya secara detail dan mendalam. Dengan adanya fasilitas ini, wisatawan pun bisa belajar secara menyenangkan.

3. Berfoto Ria di Depan Benteng Belanda dan Pendopo

Daya tarik lain dari studio ini adalah berdirinya benteng khas Belanda. Walaupun benteng ini hanya replika, benteng ini terlihat mirip seperti aslinya. Bahkan bangunan ini memiliki detail yang menakjubkan.

Terdiri dari pintu besar yang gagah dan khas negeri Belanda, bangunan ini juga dilengkapi dengan sungai yang sering dijadikan pembatas pada arsitektur jaman dahulu. Cantiknya bangunan ini, cocok untuk dijadikan spot foto.

Selain benteng, di studio ini juga terdapat pendopo joglo. Pada masanya, bangunan ini digunakan oleh warga pribumi untuk bermusyawarah dan berkumpul. Bangunan ini memiliki bentuk rumah joglo tanpa penutup di sisi kanan kirinya.

Di depan pendopo ini juga terdapat meriam yang menambah kesan lawas pada bangunan ini. Lahan pendopo ini sangat luas, di depannya terdapat gapura besar dan gagah. Bangunan ini juga dikelilingi pagar-pagar tinggi. Pendopo ini juga tak kalah cantiknya untuk dijadikan spot foto.

4. Pasar Tradisional Jadul

Keunikan lain di Studio Alam Gamplong adalah terdapat pasar tradisional tempo dulu. Di sini terdapat warung dari papan kayu yang menjual berbagai properti dan makanan tradisional. Anda akan menemukan payung kertas, dan benda lawas lainnya di sini.

Di Studio Alam Gamplong, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai pilihan wahana yang dapat dikunjungi di antaranya:

5. Wahana Kereta Tua

Di tempat ini, Anda akan menjumpai berbagai jenis replika kereta api jaman dahulu. Semua replika di wahana ini dirawat dan dijaga dengan sangat baik. Tak hanya sekedar berlibur, wisatawan juga bisa mendapatkan wawasan seputar perkeretaapian.

6. Museum Bumi Manusia

Siapa yang tidak mengenal Bumi Manusia? Film yang diangkat dari novel legendaris buatan Pramoedya Ananta Toer. Di museum ini, wisatawan bisa menyaksikan semua alat dan barang yang digunakan selama proses shooting film tersebut. Bahkan, berbagai kostumnya juga dipajang.

7. Museum Habibi Dan Ainun

Sesuai dengan Namanya, di museum ini Anda akan melihat segala properti dan alat yang digunakan dalam pembuatan film Habibi dan Ainun. Para penggemar film wajib untuk datang ke lokasi ini dan menyaksikan bagaimana gambaran behind the scene dari film tersebut.

8. Museum Galery Antiques & Ruang Rahasia

Sebuah galeri di lokasi Studio Alam Gamplong ini akan membawa wisatawan menjelajah waktu ke jaman dahulu. Semua hal berbau lawan akan ditemui di sini. Ada kotak surat lawas, pasar jadul, kamera dan tape recorder. Anda bahkan bisa berfoto di sini menggunakan kamera jadul tersebut.

Banyak spot unik dan cantik untuk berfoto di studio ini. Perlu diperhatikan jika wisatawan membawa kamera selain dari ponsel, maka akan ada tarif yang dikenakan untuk izin penggunaan kamera. Namun, tentu tarifnya sangat terjangkau.

Fasilitas

Fasilitas Gamplong

Wisatawan yang berkunjung ke lokasi Studio Alam Gamplongg tidak perlu takut kelaparan. Banyak tersedia warung yang menjajakan berbagai menu makanan. Di sini juga tersedia fasilitas lain seperti musala, kamar mandi, dan tempat beristirahat.

Lokasi dan Rute

Studio ini berada di Gamplong 1, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika Anda tertarik ke sini, rute yang dilewati juga cukup mudah. Apabila berangkat dari titik awal Wates km 15 yaitu pertigaan Klangon, beloklah ke kanan.

Selanjutnya ada jembatan rel kereta api lalu belok ke kiri. Ikuti jalan sepanjang 300 meter tersebut sampai tiba di Studio Alam Gamplong.

Jika Anda sedang berlibur ke Jogja, tak ada salahnya untuk mengunjungi destinasi yang cantik dan unik. Selain berwisata, Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar dunia film. Menarik ya!

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.