Spot Riyadi Jogja: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketGratis
Jam Buka06.00 - 22.00 WIB
No Telepon0852-9233-8177
AlamatJl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan Dawang Sari, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572

Spot Riyadi merupakan wisata alam di Jogja yang menyuguhkan pemandangan landscape dari kota Jogja.

Disini kalian dapat menjumpai pemandangan alam dari Candi Sojiwan, persawahan, Gunung Merapi, dan Candi Prambanan.

Sejarah

spot riyadi jogja

Lokasi dari Spot Riyadi ini berada tak jauh dari destinasi wisata sejarah populer seperti Candi Prambanan, Candi Sewu serta Candi Ratu Boko.

Sehingga hal tersebut kerap membikun tempat wisata ini menjadi mempunyai daya tarik tambahan untuk para pelancong yang khususnya yang ingin menikmati pemandangan kota Jogja dari atas puncak tebing.

Di kawasan Spot Riyadi ini, kalian akan disuguhi dengan pemandangan beberapa candi yang terlihat sangat gagah seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Sojiwan dan Candi Plaosan.

Dengan suguhan pemandangan candi tersebut, Spot Riyadi juga kerap disebut sebagai Puthuk Setumbunya Jogja.

Spot Riyadi sejatinya merupakan sautu halaman rumah dari warga yang bernama Bapak Riyadi di tahun 2005, oleh sebab itulah, tempat ini dinamakan sebagai Spot Riyadi.

Hal tersebut guna memberikan aprisiasi dari empunya halaman rumah tersebut Bapak Riyadi.

Awalnya hanya terdapat beberapa orang saja yang berkunjung ke tempat ini.

Orang-orang tersebut merupakan kalangan fotografer serta pesepeda dan sebagain lainnya tak sengaja lewat atau hanya iseng menelusuri jalan sekitar.

Dan seiring bertambahnya waktu, kemudian panorama dari Spot Riyadi mencuat di media sosial.

Sehingga semakin mengundang para wisatawan untuk berkunjung guna menikmati keindahan dari pemandangan sekitar yang bisa di lihat dari tempat Spot Riyadi.

Baca: Tebing Breksi Jogja

Objek Wisata

1. Menikmati sunrise dan sunset kota Jogja

sunrise dan sunset kota Jogja

Spot Riyadi sudah lama dikenal untuk dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan dari sunrise maupun sunset kota jogja.

Berada di salah satu halaman rumah seorang warga yang bernama Bapak Riyadi, keindahan yang disuguhkan tempat ini memant tidak perlu untuk diragukan lagi.

Sudah dari dulu, tempat ini pada mulanya telah menjadi spot andalan untuk para fotografer dalam mengabadikan landscap dari pemandangan candi dan alam kota Jogja.

Baca: Candi Prambanan

2. Wisata kuliner

tiket masuk spot riyadi

Sebab tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan, kemudian sejak pada tahun 2014 tempat ini dibandung sebuah warung kuliner.

Dengan sajian menu yang cukup beragam. Diantaranya seperti: mie goreng, mie ayam, magelangan, fuyung hai, ayam rica-rica, dan kuliner khas kota Jogja yang lainnya.

Uniknya lagi, seluruh sajian menu ini dimasak sendiri oleh Bapak Riyadi.

Menengai rasanya, tidak usah khawatir, sebab sebelum Bapak Riyadi membuka warung kuliner di halaman rumahnya, beliau sudah lama berkecimpung dalam dunia kuliner.

Beliau sempat bekerja di salah satu resto terkenal yang ada di Jakarta. Sehingga tidak heran, jika cita rasa dari sajian menu-menunya juga sangat lezat.

Baca: Candi Ratu Boko

Fasilitas

  • Spot foto menarik
  • Sajian sunrise dan sunset yang banyak diincar oleh wisatawan
  • Wisata kuliner
  • Tempat wisata yang murah meriah
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Toilet

Lokasi

Spot Riyadi berada di alamat: Jl. Candi Miri, Dawangsari, Sambirejo, Prambanan Dawang Sari, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572.

Rute

  • Kendaraan Pribadi

Kita ambil patokan dari arah esort Abhayagiri – Candi Prambanan – jalan Jogja-Solo kemudian jika sudah sampai di pertigaan Candi Prambanan kemudian belok ke arah selatan.

Tidak jauh dari arah resort tersebut (tepatnya di belakang) kalian cari jalan kecil berupa cor semen. Kemudian kalian ambil jalan tersebut hingga menemukan sebuah perempatan, kemudian ambil arah kiri.

Sekitar 200 meter perjalanan kemudian kalian akan menjumpai lokasi wisata.

Jarak dari Kota Jogja menuju Spot Riyadi sekitar 19 KM serta memakan waktu tempuh normal dengan menggunakan kendaraan bermotor sekitar 51 menit waktu perjalanan.

Jam Operasional

Spot Riyadi buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 06.00 WIB – 22.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
Harga KulinerKisaran harga Rp10.000

Tips Berkunjung

  • Pastikan jika kendaraan yang akan kalian gunakan dalam keadaan bagus serta rem dalam kondisi yang baik sebab rute menuju lokasi lumayan menanjak.
  • Sebaiknya kalian menggunakan flat shoes atau alas kaki yang nyaman lainnya sebab banyak jalan setapak disana.
  • Pastikan batrai ponsel atau kamera dalam keadaan full, sebab banyak pemandangan dan juga spot yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.
Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar