CANDI PRAMBANAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
CANDI PRAMBANAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga Tiket MasukRp25.000 - Rp75.000
Jam Buka06.00 - 17.00 WIB
Nomor Telepon(0274) 496401
LokasiJl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Candi Hindu tertinggi dan terbesar di Indonesia yang namanya dikenal juga oleh dunia adalah Candi Prambanan. Selain menjadi tempat ibadah, candi ini juga menjadi tempat wisata populer yang ada di Kota Yogyakarta.

Selain itu, Prambanan juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya yang wajib dilestarikan. Lokasinya berada di dua kabupaten yaitu Klaten dan Sleman Kota Yogyakarta. Candi yang dikenal dengan nama Prambanan Temple memang sangat tersohor se-Asia Tenggara.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Jika ingin menikmati keindahan alam di Prambanan maka Anda harus membayar tiket masuknya terlebih dulu. Candi Prambanan HTM yang berlaku saat ini tahun 2022 untuk dewasa baik weekday maupun weekend adalah Rp50.000 .

Berikut ini informasi tiket masuk dari Prambanan yang perlu Anda ketahui:

Rate UsiaHTM
DewasaRp50.000
AnakRp25.000

Informasi lainnya mengenai tiket terusan dari Prambanan diantaranya yaitu:

1. Tiket Rombongan Pelajar

Untuk rombongan pelajar harus ada surat pengantar yang berasal dari universitas atau sekolah, dengan jumlah minimalnya 20 orang pelajar:

Rate UsiaHTM
DewasaRp25.000
Paket tambahan dengan Plaosan dan SojiwanRp30.000

2. Paket Wisata Terusan

Tujuan WisataRate UsiaHTM
Prambanan – BorobudurUsia 10 tahun ke atasRp75.000
Usia 3 – 10 tahunRp35.000
Prambanan – Ratu BokoUsia 10 tahun ke atasRp75.000
Usia 3 – 10 tahunRp35.000
Prambanan – Plaosan – SojiwanUsia 10 tahun ke atasRp75.000
Usia 3 – 10 tahunRp35.000

Jam Buka

Jam Buka Candi Prambanan

Pesona yang dimiliki oleh Prambanan ini memang tidak pernah pudar karena semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain menjadi tempat wisata, Prambanan juga sering menjadi tempat ibadah atau perayaan hari besar agama Hindu.

Misalnya tempat pemujaan bagi orang-orang yang memeluk agama Hindu, dan menyelenggarakan acara serta upacara adat misalnya Upacara Melasti yang biasa dirayakan di H-2 Hari Raya Nyepi umat Hindu.

Untuk yang bertanya, Candi Prambanan buka jam berapa jawabannya adalah sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Jika ingin berlibur dengan santai di Prambanan sebaiknya pilih hari biasa atau hari kerja saja.

Jika datang di weekend maka tempat wisata yang satu ini akan ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Aturan Candi Prambanan

Aturan Candi Prambanan

Jika ingin berwisata di Prambanan atau di Candi Ratu Boko maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para wisatawan, berikut peraturan yang harus dipatuhi di Prambanan:

  1. Mematuhi protokol kesehatan misalnya menggunakan masker, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dengan wisatawan lainnya, dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.
  2. Wisatawan yang berasal dari Kota Jakarta, Banten, Depok dan Tangerang wajib membawa SIKM atau Surat Izin Keluar Masuk.
  3. Tidak boleh bepergian jika sedang sakit.
  4. Wisatawan yang berasal dari luar Kota Jogja harus membawa rapid test antigen, GeNose, atau PCR dengan hasil negatif.
  5. Apabila suhu tubuhnya berada di atas suhu yang ditentukan ketika diperiksa, maka ikuti arahan dari petugas untuk hal yang harus dilakukan selanjutnya.
  6. Wisatawan harus mengikuti seluruh arahan dari para petugas di sana mengenai tempat mana saja yang boleh dan tidak boleh dikunjungi, di area sekitar candi.

Aktivitas di Candi Prambanan

Aktivitas di Candi Prambanan

Candi Prambanan Yogyakarta ini memang merupakan situs bersejarah dan tempat ibadah bagi umat Hindu, tetapi ada banyak kegiatan dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana. Berikut ini sejumlah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Prambanan:

1. Air Mancur Menari

Pada pintu masuk candi nanti Anda akan dihibur dengan air mancur menari yang sangat indah. Lokasi pada pintu masuk tersebut bisa digunakan untuk menyelenggarakan event gathering apapun.

Advertisement

Anda juga dapat melakukan foto selfie atau berfoto dengan keluarga/teman di air mancur tersebut, sambil menunggu antrian.

2. Museum Rumah Joglo

Anda juga bisa menikmati tempat wisata sejarah lainnya di Prambanan, yaitu museum yang letaknya berada di sebelah utara kompleks candi.

Namanya yaitu Museum Rumah Joglo yang dimana, Anda bisa melihat peninggalan situs berupa batuan purbakala, arca, dan juga patung.

3. Taman Tematik

Nikmati juga keindahan Taman Tematik yang cantik, yang tempatnya tidak jauh dari resto Prambanan. Kreasi tanaman krokot yang ada di sana dibentuk dengan bentuk yang mirip dengan binatang kura-kura dan juga bunga pot tumpah, dan sebagainya.

4. Lapangan Garuda Mandala Tama

Kegiatan menarik lainnya yang juga bisa dilakukan di Prambanan adalah menyelenggarakan kegiatan di Lapangan Garuda Mandala Tama misalnya outbond. Lapangan tersebut berada di samping timur bagian selatan.

Biasanya lapangan ini dipakai untuk acara dinner, outbond, wedding, pameran, dan sebagainya.

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Candi Prambanan

Menurut versi, ada dua cerita sejarah dari Prambanan yang juga dipercaya sebagai cerita dari Roro Jonggrang serta Kepemimpinan Rakai Pikatan. Candi Prambanan adalah bukti legenda dari cerita Roro Jonggrang tersebut.

Pembangunannya memerlukan waktu yang lama, sampai tiga kali pergantian raja yang terus menerus dibangun. Sayangnya pernah terjadi bencana alam yaitu gunung meletus sehingga terjadi perpindahan ibukota kerajaan di Jawa Timur, oleh Mpu Sindok.

Candi yang juga sering disebut dengan Candi Roro Jonggrang ini dinobatkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia yang luar biasa.

Fakta Menarik

Fakta Menarik Candi Prambanan

1. Menjadi Candi Siwa Terbesar

Prambanan juga menjadi Candi Siwa terbesar dan tertinggi dan menjadi bangunan pemujaan siwa paling besar di Indonesia. Ukuran puncaknya saja menjulang hingga 47 m tingginya.

2. Replika dari Gunung Mahameru

Nama aslinya yaitu Siwagrha yang rancangannya dibuat mirip dengan rumah Siwa, yang artinya bentuknya memang meniru bentuk Gunung Mahameru tempatnya para dewa bersemayam di sana menurut umat Hindu.

3. Candi Menara Paling Suci

Candi ini juga dianggap sebagai candi paling suci yang berada di kompleks Prambanan yang ada di Jogja.

Fasilitas

Fasilitas Candi Prambanan

Fasilitas di Prambanan terbilang sangat lengkap, yaitu meliputi:

  • Mushola
  • Spot foto
  • Papan informasi seputar letak dan area candi
  • Golf cart
  • Souvenir shop
  • Guide
  • Restoran
  • Toilet
  • Gazebo
  • Tempat parkir luas

Lokasi dan Rute

Kota yang paling dekat dengan Prambanan adalah Yogyakarta, dengan jarak sekitar 17 Km dari pusat kota dan 3 Km dari Klaten. Candi Prambanan berada di Jl Raya Solo – Jogja dengan akses yang sangat mudah.

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa sampai di candi tersebut baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika menaiki kendaraan umum dari Stasiun Kereta Api Tugu maka Anda bisa langsung sampai di Prambanan menaiki taksi atau sewa mobil.

Untuk pemakaian bus dengan rute Prambanan hanya ada jalur 1A saja, kemudian Anda bisa naik dari Halte Mangkubumi. Lebih mudah lagi jika menggunakan kendaraan pribadi coba saja mengakses Jl Raya Solo – Jogja dari Jl Lingkar Luar Yogyakarta.

Akses yang sangat mudah untuk menuju ke Candi Prambanan tentu tidak akan membuat Anda kesulitan menemukan tempat wisatanya, ketika berlibur ke sana. Tunggu apa lagi, yuk wisata sejarah di kompleks Prambanan.

Kunjungi juga:

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.