Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta

2 min read

harga tiket masuk candi ratu boko yogyakarta

Candi Ratu Boko memiliki lahan seluas 160.898 m2 atau setara dengan 16 hektar. Di kawasan wisata ini para pengunjung dapat menemukan beberapa peninggalan sejarah seperti gapura, ruang pembakaran, ruang pemandian, dan arca yang meliliki cerita histori tersendiri. Pengunjung juga dapat melihat kemegahan dari candi ini.

Pesona Candi Ratu Boko masih bisa terlihat dengan jelas walau bangunannya sudak tidak utuh lagi. Candi ini memiliki 3 pintu masuk yang berbeda. Pertama pintu dari arah barat, kedua pintu dari arah timur, dan yang ketiga pintu dari arah tenggara.

Dalam sejarah, candi ini diyakini sebagai istana atau keraton dari Raja Mataram yang mempunyai nama Ratu Boko. Ratu Boko ini dipercaya merupakan ayah dari Roro Jonggrang yang merupakan sebuah kisah legenda terjadinya Candi Prambanan di Jogjakarta.

Objek

1. Pintu Sebelah Barat

harga tiket masuk candi ratu boko 2019

Jika anda masuk melalui pintu sebelah barat maka anda akan menemukan sebuah candi bernama Candi Batu Putih. Selain itu di area ini juga terdapat area pembakaran dan tempat penampungan air, serta prasasti Panabwara yang menceritakan kisah dari Rakai Panabwara yang merupakan keturunan dari Rakai Panangkaran. Pintu sebelah barat ini merupakan pintu masuk utama wisata Candi.

2. Pintu Sebelah Tenggara

Dari pintu ini anda akan melihat sisa – sisa istana yang telah runtuh akibat gempa Jogja dan juga faktor usia. Di area ini pengunjung dapat melihat pendopo, kolam keputren, batur keputren, dan batur candi.

3. Pintu Sebelah Timur

Dari pintu sebelah timur ini anda akan menemukan pondasi yang berasal dari bebatuan kapur. Dan anda akan melihat gua wadon dan gua lanang serta area kolam penampungan. Serta ada benda yang terbuat dari batu andesit dengan panjang 22,6 meter dan lebar 22,3 meter serta memiliki tinggi 3,82 meter.

Kunjungi juga Candi Prambanan yang lokasinya hanya berjarak 3 km saja dari lokasi wisata ini.

4. Sumur

Terdapat sumur berukuran 2,3 meter dan lebar 1,8 meter dengan kedalaman mencapai sekitar 2 meter.

5. Paseban

Paseban ini terdiri dari 2 batur dengan panjang yang pertama 24,6 meter dan lebar 13,3 meter serta tinggi sekitar 1 meter. Dan panjang yang kedua 24,4 meter dan lebar 13,34 meter dan memiliki tinggi sekitar 0,8 meter.
Paseban tersebut saling berhadapan dan merupakan ruang tunggu bagi para tamu yang ingin menemui sang raja.

6. Keputren

tiket masuk ratu boko 2019

Kuputren atau biasa disebut sebagai kolam.

7. Sunset

tiket masuk candi ratu boko 2019

Kita juga dapat melihat sunset dari Candi ini.

8. Camping Ground

Di Candi Ratu Boko ini disediakan tempat untuk bermalam.

Fasilitas

  • Lahan Luas
  • Tempat Parkir Luas
  • Kendaraan Antar Jemput
  • Toilet
  • Mushola
  • Ratu Boko Resto
  • Pusat Informasi
  • Toko Souvenir
  • Plaza Anrawina

Lokasi

Candi Ratu Boko Yogyakarta berlokasi di dua desa yaitu Desa Dawung dan Desa Sambirejo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Ratu Boko Yogyakarta ini berada sekitar 3 km di sebelah selatan kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur dari pusat Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya dari pusat Kota Surakarta.

Akses jalan menuju kesini pun cukup mudah. Banyak terpasang papan petunjuk ke lokasi wisata dan jalanannya mulus.

Jam Operasional

Jam buka Candi Ratu Boko adalah pukul 06.00 WIB dan ditutup pukul 17.00 WIB. Dibuka setiap hari Senin sampai hari Minggu.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta
TiketKategoriSubjekHarga
Tiket MasukWisatawan LokalAnak – AnakRp20.000
DewasaRp40.000
Wisatawan MancanegaraAnak – anak$15
Dewasa$30

Note :

  1. Harga tiket kategori anak – anak adalah anak berumur 3 – 10 tahun. Anak – anak berumur dibawah itu tidak dikenakan biaya tiket masuk.
  2. 15 Dollar kurang lebih setara dengan 225.000 Rupiah.
  3. 30 Dollar kurang lebih setara dengan 450.000 Rupiah.
  4. Harga tiket masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta sewaktu – waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu oleh pihak pengelola.
  5. Anda akan mendapatkan potongan harga jika anda datang secara beramai – ramai atau rombongan dengan memberikan surat keterangan.

Tips Wisata

  1. Tidak merusak peninggalan sejarah yang ada.
  2. Tidak mengotori kawasan wisata dengan membuang sampah sembarangan.

Itulah ulasan singkat mengenai Candi Ratu Boko yang ada di Jogjakarta. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

One Reply to “Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *