PENDOPO CIHERANG: Menu & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp25.000 - Rp100.000
Jam Buka09.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0812-1108-1813
LokasiJl. Wangun RT 03/15, Kp. Wangun 2 Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor

Mencari penginapan dan café yang menawarkan pemandangan alami dan berada di pinggir sungai tidaklah susah. Ada banyak pilihan penginapan dan café yang seperti itu sekarang ini di Indonesia, dan salah satunya ada di Bogor yaitu Pendopo Ciherang.

Tempat wisata ini juga termasuk tempat wisata yang baru, karena baru dibuka pada pertengahan 2020. Meskipun lokasinya tidak begitu jauh dari perkotaan, namun suasana alamnya sangat asri. Kiranya sangat pas dijadikan objek untuk staycation maupun sekedar refreshing sejenak.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pendopo Ciherang

Sebagai tempat wisata, sudah tentu ada tiket masuk ke Pendopo Ciherang. Informasi tiket masuk berikut ini berlaku untuk setiap pengunjung yang tidak berencana menginap di sana.

KategoriHarga Tiket Masuk
Anak-anakRp25.000 per orang
Orang DewasaRp30.000 per orang
KeluargaRp100.000 per keluarga

Dari biaya tiket yang dibayarkan di atas, Anda akan mendapatkan voucher makan senilai Rp 5.000 untuk setiap tiket masuk sekaligus dengan free Flying Fox. Akan tetapi di dalam juga ada kolam renangnya, kalau Anda ingin menggunakan kolam renang tersebut, ada biaya tambahannya.

Biaya tambahan tersebut sebesar Rp 60.000 untuk orang dewasa serta Rp 55.000 untuk anak-anak. Kalau tertarik untuk menginap, bisa juga menyewa rumah yang ada di sana dengan harga sekitar Rp 950.000 hingga Rp 1.850.000.

Harga Menu Makanan

Harga Menu Makanan Pendopo Ciherang

Sayangnya tidak ada informasi harga menu makanan yang bisa disantap di sini. Namun untuk pilihan hidangannya sebagai berikut.

  • Sop iga
  • Nasi Liwet pendopo lengkap dengan lalapan dan ayam gorengnya
  • Nila telur asin
  • Gurame goreng
  • Gurame saus padang
  • Udang goreng mayo
  • Terong goreng
  • Cah toge ikan asin
  • Sapi lada hitam
  • Lumpia isi
  • Singkong goreng keju
  • Pisang goreng coklat keju
  • Bakso pendopo
  • Nasi goreng pete
  • Beragam jenis sambal yaitu sambal matah, sambal bawang, sambal dadak, sambal terasi dan sambal mangga
  • Butterfly lemonade
  • Avocado coffee
  • Raspberry soda
  • Strawberry juice

Jam Buka

Jam Buka Pendopo Ciherang

Soal jam buka atau jam operasional, destinasi wisata alam satu ini dibuka setiap hari untuk umum. Jadi bisa datang kesana kapan saja. Akan tetapi untuk pengunjung yang tidak ada niat untuk menginap, jam buka hanya dari pagi hari sampai sore hari, yakni pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Meskipun dibuka setiap hari, usahakan untuk tidak datang ke sana saat musim penghujan ya. Sebab, area sungai tetap akan ditutup untuk pengunjung apabila cuaca tidak mendukung.

Aktivitas di Pendopo Ciherang

Aktivitas di Pendopo Ciherang

1. Bermalam di Penginapan yang Dekat Dengan Sungai

Bagi yang berencana staycation, sebaiknya memang menyewa penginapan di sini saja. Di sini ada lima pilihan rumah dengan kapasitas yang berkisar antara 2 orang hingga 4 orang. Rumah-rumah tersebut dibangun dengan desain yang berbeda, dengan fasilitas yang serupa.

Akan tetapi untuk rumah nomor tiga ada tambahan gazebonya di depan kolam renang. Kolam renangnya ini adalah kolam renang yang standar, tidak dilengkapi dengan wahana apapun. Kolam yang untuk anak-anak ukurannya lebih kecil dan lebih dangkal.

Bermalam dan menginap di sini memungkinkan Anda untuk menikmati fasilitas yang ada dengan lebih maksimal. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menghirup udara segar lebih lama, udara yang mungkin tidak akan dirasakan saat Anda berada di kota.

Belum lagi dengan suara aliran air yang menjadi musik alami. Bisa membuat hati menjadi lebih tenang. Bahkan bisa juga membuat tidur lebih nyenyak.

2. Santap Makanan di Pendopo Eatery

Soal isi perut memang tidak perlu dikhawatirkan karena memang destinasi wisata ini adalah gabungan dari konsep penginapan, café dan wisata alam. Di sini sudah ada café dengan konsep semi outdoor yang dinamakan dengan Pendopo Eatery.

Serunya berada di sini adalah hampir semua area untuk santai makanan berada di area terbuka. Bahkan kalau mau, Anda juga bisa memilih meja serta kursi yang berada tepat di pinggir sungai. Ada juga area yang dibentuk seperti teras dan posisinya agak menjorok di sungai.

Jadi kalau Anda memilih makan di tempat ini, sensasinya seperti makan di atas sungai. Pilihan menunya cukup banyak, termasuk minumannya. Yang pasti, semua menu tersebut sangat cocok dinikmati saat santai.

3. Bermain Air di Sungai

Air yang sangat jernih dengan bebatuan berukuran besar sangat menarik untuk didatangi. Anda bisa loh menyusuri jalan setapak yang memang sengaja dibangun di pinggir sungai. Biasanya jalan ini adalah tempat favorit pengunjung untuk menikmati pemandangan sekaligus mengambil foto.

Ada bagian jalan setapak juga yang memberikan akses untuk turun ke sungai. Kalau tertarik bermain air, Anda bisa melalui jalan tersebut. Mainlah air sepuasnya dan sebaiknya datangnya saat hari sedang cerah saja. Akses akan ditutup kalau cuaca sedang buruk.

Tidak hanya sungai saja yang menarik, pemandangan hijau di sekitarnya juga bisa membuat mata jadi lebih segar. Kalau mau, Anda bisa juga  duduk-duduk di atas batu besar di sungai tersebut.

4. Bermain Flying Fox dan Berkunjung ke Galeri Mini

Selain ada sungai, penginapan dan café, di sini juga ada tambahan wahana rekreasi yang lainnya. Salah satunya ada flying fox. Flying fox ini membentang di atas sungai. Memang treknya tidak terlalu panjang, namun ketinggiannya sudah cukup untuk menguji adrenalin.

Selain flying fox, ada juga galeri mini. Galeri mini ada dua dengan tema seputar Indonesia. Di dalam galeri tersebut ada foto-foto presiden Indonesia, senjata tradisional dan koleksi figur pesawat tempur.

Fasilitas

Fasilitas Pendopo Ciherang

Demi menunjang kenyamanan para pengunjung, Pendopo Ciherang sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas umum yang terdiri atas:

  • Penginapan
  • Spot foto cantik
  • Café
  • Lahan parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Toilet umum
  • Flying fox
  • Gazebo
  • Tempat untuk kulineran

Selain berbagai fasilitas di atas, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan live music pada hari-hari tertentu.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pendopo Ciherang

Café dan penginapan yang hits ini ada di Jl. Wangun RT 03/15, Kp. Wangun 2 Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor. Lokasi ini berada tidak terlalu jauhd ari pusat Kota Bogor. Sebab, jaraknya hanya sekitar 22 km dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.

Untuk menuju ke sini, Anda bisa mengikuti rute yang menuju ke Curug Putri Kencana. Atau yang paling mudah, bisa juga menuju ke Taman Budaya Sentul City. Dari sini Anda bisa terus mengikuti jalan untuk kemudian mengarah ke JungleLand Adventure Theme Park.

Ikuti terus sepanjang Jl. Raya Babakan, Anda akan menemukan satu lokasi wisata lagi yaitu Curug Leuwi Asih. Setelah Curug Leuwi Asih ini baru Anda akan mencapai lokasi yang dimaksud. Selama dalam perjalanan, jangan sungkan untuk bertanya pada masyarakat sekitar kalau merasa bingung.

Berkunjung ke Pendopo Ciherang bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin merefresh pikiran. Suasananya enak dengan pemandangan alami. Hanya saja untuk menuju ke sana sebaiknya hati-hati ya, kondisi jalanannya cukup menantang.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar