PARANG GOMBONG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukGratis
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDesa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat

Apakah Anda sedang bingung mencari destinasi seru untuk liburan bersama keluarga? Parang Gombong yang berada di Purwakarta bisa menjadi pilihan yang cocok. Di sini, pengunjung dapat menikmati wisata bendungan dan bumi perkemahan yang anti mainstream.

Di objek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama yang cantik. Tak heran jika banyak pengunjung yang langsung berfoto ria ketika tiba di lokasi. Walaupun berada di luar kota, kelebihan dari tempat ini adalah lokasinya yang terbilang tak jauh dari Jakarta.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Parang Gombong

Pengunjung yang ingin masuk ke Parang Gombong tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Anda hanya dibebankan pembayaran biaya kebersihan yang sangat terjangkau. Biaya yang ditarifkan untuk pengunjung yang membawa motor dan mobil tidak dibedakan.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk Area WisataGratis
Biaya KebersihanRp20.000

Jam Buka

Jam Buka Parang Gombong

Selain harga tiketnya yang cuma-cuma, wisata Parang Gombong dibuka untuk umum selama 7 hari dalam seminggu. Tidak ada batasan waktu operasionalnya, destinasi ini dapat dikunjungi kapan pun karena buka selama 24 jam.

Waktu Operasional
Senin – Minggu00.00 – 24.00 WIB

Aktivitas di Parang Gombong

Aktivitas di Parang Gombong

Jika Anda mengira objek wisata ini hanya menyajikan bendungan yang membosankan, tentu salah! Di tempat wisata ini, pengunjung tak hanya disuguhkan dengan panorama yang menyegarkan mata tetapi juga ada berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan.

Area ini dikelilingi dengan pemandangan bukit yang hijau dan asri, suhu udara di kawasan ini pun terbilang sejuk. Tak heran jika lokasi wisata ini masuk dalam bucket list liburan banyak orang. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat untuk rehat sejenak dari kesibukan.

1. Berkemah di Camping Ground

Area wisata yang merupakan bagian dari waduk Jatiluhur ini memiliki lahan yang sangat luas hingga berhektar-hektar. Luasnya lahan ini dimanfaatkan sebagai tempat untuk berkemah. Jika Anda menyukai aktivitas outdoor, tak ada salahnya untuk mencoba camping di sini.

Pengunjung yang berkemah akan mendapatkan panorama bendungan yang menarik dan perbukitan yang cantik di sekitarnya. Namun, pengunjung juga wajib tahu beberapa tips untuk berkemah di wisata Parang Gombong, berikut diantaranya:

  1. Dikarenakan belum ada penyewaan alat camping di area ini, pastikan agar pengunjung membawa peralatan berkemah sendiri, seperti tenda, senter dan alat masak.
  2. Jika pengunjung membawa kendaraan pribadi, pilihlah lahan berkemah yang lebih luas supaya kendaraan bisa terparkir di samping tenda.
  3. Demi keamanan, hindarilah membangun tenda di tepi danau. Ditakutkan air danau akan meluap jika hujan deras sehingga bisa membahayakan pengunjung.
  4. Disarankan pengunjung untuk datang di pagi atau sore hari, mengingat sepi dan gelapnya akses jalan menuju Parang Gombong. Jika terlalu malam, lahan untuk mendirikan tenda pun semakin penuh.
  5. Tetap patuhi protokol kesehatan selama berkemah. Mulai dari memakai masker hingga menjaga jarak dengan mendirikan tenda berjauhan.
  6. Pastikan juga untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan di lokasi wisata. Jika Anda berkemah, sebaiknya bawa kantong plastik sebagai tempat sampah sementara.

2. Memancing Ikan di Bendungan

Aktivitas seru lain yang dapat dilakukan disini adalah memancing. Pengunjung dapat menghabiskan waktu memancing ikan. Bendungan yang terjaga ini menyediakan berbagai jenis ikan yang segar dan sehat.

Pengunjung bahkan bisa menyewa perahu yang disediakan dan berkeliling waduk sambil memancing ikan incaran. Setiap paginya, banyak warga setempat yang menebarkan jaring-jaring dari kapal untuk mencari ikan di bendungan ini.

3. Mengabadikan Foto dengan Latar Belakang Ciamik

Tak usah dipertanyakan lagi bahwa area wisata ini memang menyuguhkan pemandangan yang mempesona. Selain hamparan birunya air di bendungan dan hijaunya hamparan rumput yang begitu luas. Perbukitan hijau nan asri juga menghiasi sekelilingnya.

Ditambah dengan biru dan cerahnya langit Purwakarta, lokasi ini akan menjadi spot cantik untuk berfoto. Banyak pengunjung yang berasal dari generasi muda datang ke sini hanya untuk berfoto ria. Hanya di destinasi inilah pengunjung dapat mendapatkan foto cantik tanpa budget yang mahal.

4. Menikmati Pemandangan Sunset Anti Mainstream

Menyaksikan pemandangan matahari terbenam di pantai atau melihat matahari terbit dari puncak gunung, terdengar sangat biasa bukan? Di wisata Parang Gombong, pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam dari bendungan.

Pengalaman ini akan menjadi hal yang tak terlupakan dan tidak pasaran. Panoramanya pun tak kalah indah dengan sunset di pantai. Jika penasaran, datanglah ke objek wisata yang berada di Purwakarta ini.

5. Lokasi Gathering untuk Komunitas Touring

Pada akhir pekan, lokasi ini juga banyak dijadikan spot gathering untuk komunitas motor touring. Selain karena memiliki lahan luas yang cukup untuk komunitas berkumpul. Wisata ini juga menyajikan panorama yang begitu menawan dan menghibur para pengunjungnya.

6. Wahana Bermain untuk Anak-Anak

Area wisata ini juga sangat cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak. Terdapat berbagai wahana permainan yang menarik dan seru. Mulai dari wahana permainan anak-anak hingga penyewaan perahu untuk mengelilingi waduk.

Perahu yang disewakan mampu memuat kapasitas hingga 20 orang, tarif yang dibandrol juga sangat terjangkau. Berikut rincian harga tiketnya:

Jenis TiketHarga
Tiket Wahana Permainan AnakRp5.000 – Rp20.000
Tiket Naik PerahuRp20.000

Setelah anak-anak selesai bermain, wisata Parang Gombong juga menyediakan banyak warung-warung penjual berbagai makanan dan minuman untuk mengisi perut. Jika Anda dan keluarga lapar, bisa langsung menghampiri warung-warung tersebut.

Fasilitas

Fasilitas Parang Gombong

Objek wisata ini tak hanya memberikan pemandangan bendungan dan rumput yang hijau, pengunjung juga akan diberikan fasilitas penunjang yang membuat kunjungan semakin asyik. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Lahan untuk parkir kendaraan pribadi, motor atau mobil.
  • Warung kecil yang menjual berbagai makanan dan minuman lezat.
  • Banyak kamar mandi.
  • Wahana bermain untuk anak-anak.

Lokasi dan Rute

Destinasi ini berada tepat di Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Lokasinya dikelilingi dengan perbukitan hijau yang membuat udara sangat sejuk. Akses menuju Parang Gombong juga sangat mudah dilewati kendaraan.

Permukaan jalannya tertata dan bisa dilewati kendaraan roda dua hingga roda empat. Jika pengunjung berangkat dari Jakarta, ambil akses lewat Tol Cipularang. Lalu, keluar di pintu Tol Jatiluhur. Setelah itu ambil belokan ke kiri saat di pertigaan jalan.

Anda akan menemui Pasar Bunder Jatiluhur, lanjut belok ke kanan dan teruslah melaju mengikuti jalan. Setelah tiba di pertigaan jalan, ambil belokan ke kanan. Terus melaju di Jl. IR. H. Juanda hingga bertemu PT Indosat Jatiluhur.

Tetaplah melaju di jalur tersebut hingga menemukan Jembatan Waduk Jatiluhur. Gerbang Parang Gombong berada di sisi kiri jalan.

Dengan biaya yang murah, siapa bilang Anda tidak bisa menikmati liburan yang seru dan mengesankan? Cobalah untuk datang ke lokasi ini dan temukan liburan yang tak terlupakan! Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen seru ini.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar