GILI KETAPANG: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp2.500 & Rp7.000/Mobil
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiKecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Menjadi destinasi wisata yang populer di Probolinggo Jawa Timur, Gili Ketapang merupakan sebuah wisata alam terbaik yang sangat bagus untuk liburan seru bersama teman-teman. Kabupaten Probolinggo memang menghadirkan berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik.

Nah, salah satu yang jangan sampai terlewatkan adalah pulau Ketapang ini. Berbagai aktivitas bisa Anda rasakan ketika sudah berada di wisata ini. Mulai dari berenang sampai snorkeling, semuanya bisa dilakukan di pulau yang indah ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Gili Ketapang

Probolinggo menawarkan sebuah destinasi wisata alam yang sangat bagus dan dijamin memanjakan waktu liburan pengunjung yang berdatangan. Ya, pengunjung yang datang ke Ketapang bisa bermain di pantainya yang indah dan snorkeling dengan ikan-ikan yang lucu.

Pesona terbaik yang Ketapang Island sediakan adalah pantai indah dengan pasir warna putihnya yang sangat bersih, udaranya yang sejuk dan air berwarna biru jernih. Nah, karena sering menjadi wisata kebanggan Indonesia, tidak heran jika Gili Ketapang 2022 ini hampir selalu ramai setiap musim liburan.

Pada dasarnya, untuk masuk ke pulau satu ini tidak dikenai tarif atau gratis. Namun, ada beberapa rincian biaya yang perlu dikeluarkan setiap kali datang ke kawasan wisata ini, yaitu:

KeteranganHarga Paket
Masuk pelabuhanRp2.500/orang dan Rp7000/Mobil
Parkir motorRp3.000
Parkir mobilRp10.000

Ada baiknya jika Anda menggunakan paket wisata jika ingin piknik di pulau Ketapang karena semuanya menjadi lebih praktis.

Jam Buka

Jam Buka Gili Ketapang

Sudah merencanakan untuk berlibur ke pulau Ketapang? Ajak teman-teman untuk datang dan berwisata ke pulau ini, dijamin sangat recomended untuk dikunjungi.

Dengan datang ke wisata terbaik di Probolinggo ini, maka Anda bisa menjelajahi pesona keindahan Indonesia yang berada di Jawa Timur. Untuk datang ke kawasan wisata ini, tidak ada jam operasional. Artinya, Anda bisa datang 24 jam.

Sekilas Gili Ketapang

Sekilas Gili Ketapang

Di kawasan wisata Ketapang, para wisatawan bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru dan habiskan libur bersama dengan teman-teman. Pulau ini memiliki keindahan pantai yang mempesona dan bahkan bisa menghipnotis siapa pun yang datang ke kawasan wisata ini.

Mulai bersantai, berenang hingga hunting foto, semua bisa dilakukan di sini. Anda yang ingin snorkeling dan diving, kawasan wisata ini juga menyediakan fasilitas tersebut untuk explore berbagai sudut terbaik di pulau eksotis ini.

Anda yang ingin mencoba permainan seru dan menegangkan, cobalah untuk naik speedboat ataupun banana boat yang disediakan. Kalau ingin snorkeling atau diving, ada juga toko yang menyewakan perlengkapan tersebut.

Jika lapar, cobalah menikmati berbagai macam kuliner seafood yang tersedia di pinggir pantai. Di kawasan wisata ini juga ada sebuah resort cantik untuk menginap.

Misteri Pulau Gili Ketapang

Misteri Pulau Gili Ketapang

Orang yang tinggal di Ketapang ini hampir semuanya mayoritas adalah keturunan Madura. Hal ini tidak mengherankan karena pulau ini berada di perbatasan Probolinggo dan Madura. Semua penduduknya hampir berprofesi sebagai nelayan dan bahasa yang digunakan adalah Madura.

Ada misteri yang dipercaya oleh masyarakat yang tinggal di daerah ini. Konon, pulau Gili masih menjadi satu dengan Pulau Jawa. Namun, ketika Gunung Semeru meletus, maka pulau Gili menjadi terbelah dan akhirnya bergeser hingga 8 km menuju tengah laut.

Meski terdengar sulit dipercaya, namun masyarakat sekitar masih mempercayai dan meyakini misteri terbentuknya Gili Ketapang.

Aktivitas di Gili Ketapang

Aktivitas di Gili Ketapang

Pulau dengan banyak pesona ini telah menarik banyak wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya dari Indonesia saja, wisatawan yang mengunjungi destinasi Ketapang juga datang dari luar negara. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan jika sudah berada di Ketapang?

1. Snorkeling

Hampir tujuan utama para wisatawan ketika sudah berada di Ketapang adalah untuk snorkeling. Wisatawan ingin berfoto dengan ikan-ikan kecil di bawah laut. Kalau Anda tidak berenang, maka pulau ini juga menyediakan destinasi snorkeling ramah untuk para pemula.

Khusus area snorkeling untuk pemula, kedalaman laut yang dimiliki hanya 2-3 meter. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan perlengkapan snorkeling dan dijaga dengan para tour guide ramah.

2. Bermain di Pantai

Pulau Ketapang mempunyai sebuah pasir berwarna putih di pinggir pantainya. Selain itu, pantai di pulau ini juga sangat bersih dan jernih. Apalagi jika cuaca sedang cerah, pasti pemandangan langitnya menjadi sangat indah.

Anda bisa memanjakan diri di pantai dengan minum kelapa muda ataupun segelas kopi. Ada banyak gazebo dan payung-payung pantai yang disediakan di pinggir pantai.

3. Wisata Kuliner

Jika setelah snorkeling ataupun bermain air membuat Anda kelaparan, tenang saja! Di kawasan wisata ini ada berbagai macam menu makanan laut yang sangat khas. Ada berbagai macam restoran yang bisa dikunjungi.

Menu makanan yang dipilih bisa beragam, namun kebanyakan adalah seafood. Hampir semua olahan ikan yang ada di Gili Ketapang masih fresh dan diracik dengan lezat.

4. Bermain Banana Boat

Mau menyaksikan keindahan laut pulau Ketapang dengan dekat namun takut snorkeling? Cobalah untuk bermain banana boat. Pengelola wisata menyediakan fasilitas Banana Boat yang asyik untuk menelusuri keindahan pulau.

Untuk sewa banana boat, maka akan dikenakan biaya sekitar Rp300.000. Setiap sesi penyewaan akan diberi waktu hingga 20 menit dan kapan bisa diisi maksimal 6 orang.

Paket Wisata Gili Ketapang

Paket Wisata Gili Ketapang

KeteranganHarga Paket
Snorkeling Gili (Private)Rp1.400.000 (2 peserta)
Snorkeling Gili (Open Trip)Rp100.000 per orang
Sewa Banana BoatRp300.000
Sewa KapalRp500.000
Sewa DroneRp700.000

Paket Wisata

Paket Wisata Gili Ketapang

Jika Anda ingin lebih praktis ketika liburan di tempat ini, maka ada baiknya jika menggunakan paket wisata saja. Fasilitas yang akan didapatkan ketika menggunakan paket wisata adalah:

  • Kapal PP
  • Kacamata untuk renang
  • Snorkeling
  • Pelampung
  • Fin khusus untuk freedive
  • Air mineral
  • Makan siang prasmanan
  • Tour guide
  • Gratis e foto underwater
  • Jemput di pelabuhan
  • Rest area di pinggir pantai
  • P3K
  • Retribusi parkir

Fasilitas Umum

Fasilitas Umum Gili Ketapang

Sebagai wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, tentu saja ada banyak sekali fasilitas yang memadai dan membuat siapapun yang datang semakin betah. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah:

  • Dermaga
  • Camping ground
  • Penginapan
  • Wahana permainan menarik
  • Area Snorkeling
  • Warung makan

Lokasi dan Rute

Alamat Gili Ketapang ada di selat yang membatasi area Jawa dan Madura di bagian selatan. Rute untuk menuju ke Ketapang sangat mudah. Jika Anda datang dari Surabaya, maka waktu tempuhnya bisa mencapai 3 jam.

Anda bisa menggunakan jalan tol untuk memberikan perjalanan yang lebih cepat dan keluar di exit tol Probolinggo Barat.

Sampai di Probolinggo ini, maka Anda bisa belok kiri sampai menemukan perempatan pilang. Dari perempatan ini, maka Anda bisa mengikuti jalan sampai menemukan papan petunjuk arah Pelabuhan Tanjung Tembaga. Nantinya, Anda bisa naik kapal feri untuk bisa sampai ke Ketapang.

Anda yang memang mencari wisata terbaik untuk snorkeling dan bersantai dari hiruk pikuk kota, maka cobalah untuk berkunjung ke Gili Ketapang. Wisata satu ini menawarkan keindahan yang luar biasa dengan lingkungan yang amat mempesona.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar