LONTAR SEWU: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
LONTAR SEWU: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Harga Tiket MasukRp5.000 - Rp8.000
Jam Buka07.00 - 22.00 WIB & 08.00 - 22.00 WIB
Nomor HP0856-0717-5639
LokasiDesa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur

Jika berbicara tentang Lontar Sewu, nama tempat ini merupakan destinasi wisata yang ada di Gresik, Jawa Timur. Banyak orang yang tidak menyangka bahwa di Gresik ada tempat wisata menarik yang patut dikunjungi. Warga kota Surabaya yang merasa jenuh dengan padatnya kota, bisa mengunjunginya.

Wisata yang ini sendiri sebenarnya merupakan wisata buatan yang berawal dari sebuah desa, lantas dijadikan wisata oleh orang sekitar. Tak ayal wisata ini kini menjadi favorit warga sekitar, baik orang dewasa maupun anak-anak. Ada banyak hiburan menarik di tempat wisata yang satu ini.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Lontar Sewu

Meskipun saat ini Lontar Sewu sudah cukup populer dan punya cukup banyak pengunjung, namun harga tiket masuk wisata ini ternyata sangat terjangkau. Berikut ini tabel harganya:

KeteranganHarga
Tiket masuk hari Senin sampai JumatRp8.000
Tiket masuk weekend (Sabtu-Minggu)Rp5.000
Harga parkirRp3.000

Seperti halnya tempat wisata pada umumnya, wisata yang ada Gresik ini juga memberlakukan harga tiket yang berbeda di hari efektif dan hari libur. Hal ini tentu saja karena lebih banyak pengunjung yang datang pada saat weekend.

Jadwal Buka

Jadwal Buka Lontar Sewu

Tak hanya memberlakukan harga tiket masuk yang berbeda, untuk jam buka wahananya ini Lontar Sewu juga memberlakukan jam yang sedikit berbeda. Di hari Senin hingga Sabtu, jam bukanya dimulai pukul 8 pagi hingga 10 malam. Sedangkan khusus hari Minggu jam bukanya pukul 7 pagi hingga 10 malam.

Wisata yang satu ini memang punya jangka waktu yang cukup lama untuk beroperasi. Pasalnya saat ini sudah semakin banyak wahana yang seru untuk dimainkan. Tak heran jika para pengunjung semakin betah berada di wisata ini hingga malam.

Aktivitas dan Atraksi di Lontar Sewu

Aktivitas dan Atraksi di Lontar Sewu

Seperti yang sudah sekilas dijelaskan di atas, ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan di Lontar Sewu. Bahkan di tempat wisata ini pun ada tampilan atraksi yang bisa disaksikan. Untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini:

1. Berkeliling Dengan Kereta Sawah

Wahana pertama yang bisa Anda nikmati di sini adalah berkeliling menggunakan kereta sawah khusus. Memang wahana seperti ini terdengar sangat sederhana. Namun suasana di wisata ini akan sangat mendukung keseruan selama mengendarai kereta sawah ini.

Kereta sawah ini terdiri dari 5 gerbong tanpa pintu dan atap. Satu gerbong punya ukuran cukup luas hingga bisa menampung 4 orang. Dengan mengendarai kereta sawah ini, Anda bisa menikmati pemandangan persawahan tanpa lelah berjalan dengan semilir angin yang sejuk.

2. Bermain Wahana Swinger

Selanjutnya ada wahana yang bernama swinger. Wahana yang satu ini bisa dibilang cukup seru dimainkan, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Saat memainkan wahana ini, Anda akan didudukkan pada tempat duduk dengan pengaman secara terpisah dengan penumpang lain.

Kemudian saat permainan dijalankan, Anda swinger akan berjalan maju mundur dan berputar seperti komidi putar. Kecepatannya semakin lama semakin bertambah. Tentu saja wahana ini akan menambah pengalaman seru selama ada di wisata ini.

3. Berwisata Edu dan Berjalan di Jembatan Kayu

Jika sebelumnya Anda dikenalkan dengan kereta sawah, maka kali ini Anda dikenalkan dengan jembatan kayu. Fungsi jembatan kayu ini sendiri sama halnya dengan kereta sawah yang memudahkan perjalanan selama menikmati pemandangan sawah.

Wisata ini tidak hanya akan menghibur kepenatan, namun juga akan menjadi edukasi wisata bagi anak-anak yang ditemani oleh orang tuanya selama berjalan menyusuri persawahan di atas jembatan kayu.

4. Bermain Sky Bike

Pernahkah Anda merasakan bersepeda di ketinggian? Jika belum, Anda wajib coba wahana yang satu ini. Sky bike adalah salah wahana yang memacu adrenalin. Pesepeda akan diberi sepeda khusus yang tempat duduknya dirancang seperti dalam mobil.

Sepeda ini hanya bisa berjalan saat pedalnya dikayuh dengan benar. Sepeda ini nantinya akan berjalan di atas rel besi yang sudah dirancang khusus dan aman tentunya. Ketinggian rel besinya sekitar 2 meter dari tanah. Semakin cepat kayuhan, semakin cepat sepeda melaju dan semakin seru.

5. Bersepeda Air

Tak hanya menyediakan wahana bersepeda di ketinggian, wisata ini juga menyediakan wahana bersepeda di atas air dengan sepeda khusus yang bisa dikendarai hingga dua orang. Sepedanya pun ada beragam karakter lucu seperti bebek, naga, dan lain sebagainya.

6. Bermain dengan Kelinci di Taman Kelinci

Bagi penyuka hewan kelinci, taman Kelinci ini wajib jadi destinasi wahana yang patut dikunjungi. Wisata ini juga bisa menjadi wahana edukasi untuk anak-anak.

7. Wahana Malam

Wahana malam ini hampir mirip dengan pasar malam yang menyajikan banyak sekali wahana permainan seru. Salah satunya juga ada pertunjukan atraksi yang bisa disaksikan.

8. Berwisata Kuliner

Setelah lelah bermain dan berkeliling, kini Anda juga bisa menikmati wisata kuliner dengan beragam menu makanan dan minuman yang menggugah selera.

Fasilitas

Fasilitas Lontar Sewu

Sebagai tempat wisata yang sudah cukup populer, Lontar Sewu juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas yang dijamin akan membuat para pengunjung semakin nyaman. Diantara fasilitas yang disediakan adalah:

  • Musholla untuk ibadah bagi yang Muslim
  • Toilet umum yang bersih
  • Parkir yang luas untuk sepeda motor dan mobil
  • Akses WiFi gratis
  • Dan jejeran rumah makan baik di luar maupun di dalam kawasan wisata
  • Berbagai wahana permainan yang menyenangkan, mulai dari yang sederhana hingga yang memacu adrenalin.

Dengan berbagai fasilitas penunjang ini, maka Anda tak perlu merasa khawatir saat ingin bermain di sini hingga malam. Bahkan dengan akses WiFi yang disediakan di wisata ini, membuat para pengunjung jadi semakin betah berada di wisata ini seharian.

Lokasi dan Rute

Untuk bisa mengunjungi wisata Lontar Sewu ini sudah pasti Anda harus tahu alamat lengkapnya bukan? Wisata ini tepatnya ada di Desa Hendrosari, kecamatan Menganti, kabupaten Gresik. Agar lebih jelas, Anda bisa melihat arahan peta berikut ini:

Untuk rute menuju tempat wisata ini, bergantung dari arah mana Anda berangkat. Jika kebetulan Anda ada di kawasan kota Gresik, maka jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 16 kilometer dengan waktu kurang lebih 30 menit sampai.

Dalam hal ini jika posisi Anda ada di Terminal Bunder Gresik, arahkan kendaraan ke Selatan menuju Jalan Banjarsari ke Cerme. Lanjutkan perjalanan hingga Anda sampai jembatan yang berdekatan dengan kawasan SPBU. Lanjutkan dengan belok ke arah kiri, perjalanan ini akan memakan jarak hingga 200 meter.

Saat sudah sampai 200 meter, Anda akan menjumpai jembatan lagi. Belum sampai di sini, Anda masih harus lanjutkan perjalanan dengan jarak tempuh hingga 1,5 kilometer. Jalan terus hingga Anda menjumpai minimarket yang ada di sebelah kiri jalan.

Minimarket ini menandakan bahwa Anda sudah dekat dengan tempat tujuan. Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan hingga jarak tempuh 100 meter. Sesampainya di perempatan jalan, Anda akan melihat tanda gerbang masuk ke Desa Hendrosari.

Masuk ke gerbang tersebut, perjalanan tinggal 500 meter lagi untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Di dekat tempat wisata ada papan arah yang cukup mencolok yang menerangkan nama tempat wisata ini.

Wisata Lontar Sewu memang bisa jadi tujuan wisata yang tepat untuk Anda yang domisili di Gresik dan sekitarnya. Berbagai wahana seru dan pemandangan yang tak kalah dari kota-kota besar lainnya, dijamin akan menghilangkan kejenuhan.

Kunjungi juga:

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.