Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Probolinggo

24 min read

Tempat Wisata di Probolinggo

Probolinggo merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur, dengan ibu kota dan pusat pemerintahan kabupaten berada di Kraksaan. Kabupaten ini juga dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro, jadi kebayang dong pastinya kabupaten ini memiliki sejuta keindahan alam di dalamnya. Nah, kali ini kami berkesempatan untuk membahas tempat wisata yang ada di kota Probolinggo. Namun sebelum itu, kenalan dulu yuk dengan kota yang satu ini.

Kabupaten Probolinggo atau Kota Probolinggo ini juga dikenal sebagai kota Mangga dan Anggur, kota Seribu Taman, itu semua karena kota ini sangat terlihat hijau dan bersih.

Dari sedikit penjelasan di atas, sudah cukup rasanya untuk menggambarkan kecantikan kota satu ini. Jadi buat anda yang berniat untuk menghabiskan waktu liburan ke kota ini, anda tidak perlu ragu akan suguhan yang ditawarkan nantinya. Penasaran mana saja tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi liburan?

Nah untuk itu, kami akan memberikan beberapa referensi tempat wisata yang ada di Probolinggo yang dapat anda kunjungi.

1. Padang Rumput Savana atau Kawasan Lembah Jemplang

tempat wisata lumajang

  • Lokasi : Bromo, Probolinggo
  • Tiket Masuk : Rp 500.000 – Rp 700.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Padang Rumput Savana yang terletak di bagian selatan Gunung Bromo ini menyuguhkan hamparan padang rumput yang sangat luas berupa area perbukitan yang mirip dengan perbukitan yang ada di film Teletabis dan keberadaan savana rumput ini menyaingi lautan pasir yang ada disana.

Dengan di dominasi oleh tanaman jenis pakis, ilalang, tumbuhan lavender serta rerumputan lainnya membuat area ini seperti karpet hijau raksasa bak pemandangan di daratan tingggi New Zealand atau Skotlandia.

Menyaksikan padang rumput savana menghijau, seolah membuat rasa dan juga mata melupakan penat raga yang diderita. Memang, Bromo dan alamnya teramat memanjakan pengagumnya.

2. Gunung Bromo

wisata probolinggo terbaru 2019

  • Lokasi : Bromo, Jawa Timur
    • Tiket Masuk :
      • Wisatawan Domestik (Weekdays) : Rp 27.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekdays) : Rp 217.500
      • Wisatawan Domestik (Weekend) : Rp 32.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekend) : Rp 317.500
      • *biaya tiket diatas sudah termasuk asuransi jiwa per sekali masuk
    • Parkir
      • Kendaraan Roda 4 (Mobil Pribadi/Jeep) : Rp 10.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Motor) : Rp 5.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Pancal) : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang tidak kenal dengan kepopuleran gunung yang satu ini? Gunung yang masih aktif ini selalu ramai di kunjungi setiap tahunnya, baik wisatawan lokal maupun internasional.

Gunung Bromo ini mempunyai ketinggian mencapai 2.392 Meter dari atas permukaan laut dan juga berada dalam empat lingkup kabupaten, yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang. Keadaan alam yang di miliki gunung Bromo bertautan pula dengan lembah, ngarai, caldera atau lautan pasir dengan luas kurang lebih 10 Km.

Terlepas dari keindahan yang dimiliki Gunung Bromo, disini juga terdapat Yadna Kasada atau Upacara Kasodo yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama disetiap tahunnya. Dan upacara ini digelar setiap tahun pada bulan purnama di bulan Desember atau January.

Upacara ini dilakukan oleh masyarakat suku tengger yang ada di sekitar gunung . Karena mereka meyakini bahwa gunung Bromo merupakan Gunung Suci.

3. B-29 Gunung Bromo

B-29 Gunung Bromo

  • Lokasi : Argosari, Senduro, Nganjir, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam

Puncak B-29 Gunung Bromo ini akan menyuguhkan pemandangan menarik dan mempesona untuk setiap pengunjung. Masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tentunya puncak ini juga terkenal akan keindahan sunrise dan biasa disebut sebagai Negeri atas awan.

Penaman B-29 Gunung Bromo diambil dari keberadaan puncak yang terletak di ketinggian 2900 Mdpl. Uniknya lagi, puncak ini dapat anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor. Informasi tambahan, biaya rata-rata untuk menuju ke B-29 Gunung Bromo  sebesar Rp 60.000,-

4. B-30 Gunung Bromo

B-30 Gunung Bromo

  • Lokasi : Bromo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Puncak B-30 Gunung Bromo tak kalah indah dari B-29 Gunung Bromo, bahkan banyak para pendaki yang setuju bahwa puncak ini lebih indah daripada B-29 Gunung Bromo. Disini anda akan berasa benar-benar berada di atas awan. Kawasan ini juga merupakan sebuah bukit tersembunyi yang berada di puncak tertinggi Gunung Bromo.

Letak B-30 Gunung Bromo ini berada di ketinggian 3.000-an mdpl, sehingga anda harus melewati B-29 Gunung Bromo terlebih dahulu.

Sesampainya disini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang tinggi menjulang serta menembus awan. Gunung Bromo akan terlihat gagah di sebelah barat kaki bukit, lengkap dengan hamparan laut pasirnya dan urat nadi di sekeliling kawah Bromo yang terbentuk dari jejak jalan yang terbentuk.

Waktu terbaik untuk menikmati puncak ini ketika sore menjelang, karena ia akan semakin memamerkan keindahannya secara sempurna lengkap dengan sunset. Perpindahan sinar matahari yang perlahan turun menembus celah-celah awan yang berbaris di atas gunung-gunung. Gradasi sinar kuning yang tampak kentara di senja hari sungguh akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

5. Gunung Argopuro dan Danau Taman Hidup

Gunung Argopuro dan Danau Taman Hidup

  • Lokasi : Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 20.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain Bromo, Gunung Argopuro juga berada di daerah kota Probolinggo. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang menantang dan tidak mudah dilalui, bahkan bagi pendaki yang sudah profesional. Sebab itu, gunung ini termasuk ke dalam salah satu gunung ekstrem yang ada di Pulau Jawa.

Pendakian panjang dan lama akan membawa anda ke danau luas yang dikelilingi oleh hutan belantara yang biasa dikenal sebagai Danau Taman Hidup. Tak perlu diragukan lagi akan keindahannya, sejauh mata memandang anda akan dibuat takjub dengan hamparan alam yang mengagumkan.

Terlepas dari keindahan parnorama alamnya, disini juga terdapat cerita mistis si cantik penunggu gunung yaitu Dewi Rengganis. Konon katanya, sanga dewi menguasai area gunung dan danau di Argopuro. Maka dari itu, bagi siapa saja yang hendak mendaki ke gunung ini supaya berhati-hati dan menjaga tingkah laku.

Tidak boleh berkata kasar dan berteriak-teriak. JIka tidak, Dewi Rengganis akan marah dan mengakibatkan kabut turun, bahkan disertai hujan badai. Tak hanya itu, sang dewe konon katanya juga menggoda para pendaki untuk mandi di danau terlebih saat malam hari. Karena ada beberapa kasus dimana para pendaki yang hilang saat melakukan pendakian di malam hari.

Tapi jangan khawtir, disini juga ada dua spot mengagumkan yang wajib untuk anda abadikan, yaitu padang ilalang dan dermaga antik yang ikonik. Lewat dermaga ini, para pendaki biasanya menggambil air untuk minum dan dimasak, tak ajrang juga ada orang yang sengaja datang untuk memancing ikan. Anda juga bisa mencobanya, lumayan untuk menu sarapan kan?

6. Bromo Terrace

Bromo Terrace

  • Lokasi : Jl. Raya Bromo, Dusun 2, Sapikerep, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Sewa Kamar : Rp 900.000 – 1.221.000 *sewa per malam untuk Kamar Standard
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, WiFi, transportasi bandara, restoran, sarapan, area bebas rokok

Lelah mendaki, saatnya kita bersantai ria di dalam hotel asri nan terkesan mewah tepatnya ada di Bromo Terrace. Tempat ini merupakan akomodasi baru yang ada di pegunungan Bromo. Bangunannya berbahan kayu yang amat sangat instagenic.

Bromo Terrace Hotel bahkan menyediakan pintu untuk spot selfie yang langsung menarik perhatian para pengunjung untuk selfie. Tempat ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga besar. Cukup sewa jeep untuk menuju lautan pasirnya, deh.

7. Jiwa Jawa Resort Bromo

Jiwa Jawa Resort Bromo

  • Lokasi : Jl. Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Sewa Kamar : Rp 1.820.000 – Rp 4.000.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Jum’at)
  • Fasilitas : sarapan, area parkir, layanan binatu, layanan kamar, area anak, restoran, dapur di beberapa kamar, jemputan bandara, baik air panas

Resort mewah selanjutnya yang berada di kawasan Bromo adalah Jiwa Jawa Resort Bromo. Nampak dari depan, resort ini seperti resort yang berlokasi di pegunungan Swiss. Eits jangan salah, resort ini merupakan salah satu tempat menginap paling nyaman di Bromo dengan letak yang paling strategis.

Gunung Bromo pun terlihat sangat jelas. Saking apiknya, resort ini pun menjadi lokasi dihelatnya Jazz Gunung Bromo, salah satu acara musik tahunan yang mendatangkan wisatawan dari luar kota, maupun luar negeri.

8. Pagupon Bromo Budget Lodge

Pagupon Bromo Budget Lodge

  • Lokasi : Jl. Raya Bromo, Wonotoro, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Sewa Kamar : Rp 470.600
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area anak, restoran

Bagi kalian yang memiliki budget rendah untuk sewa hotel, di Bromo juga terdapat tempat menginap yang ber-budget rendah. Meskipun terbilang sangat jauh dengan harga penginapan lainnya, hotel ini juga nyaman dan memiliki keindahan yang tak kalah indahnya, terbukti dengan keberadaan hotel yang dikelilingi pegunungan menawan.

Bahan pembuatan gedungnya pun berbahan dasar bambu dan kayu, mampu membawa anda ke dalam suasana alam yang kental. Serta dindingnya yang terbuat dari kaca pun menjadi bonus, tak perlu keluar kamar untuk menikmati lukisan karya Sang Pencipta.

9. Yoschi’s Hotel

Yoschi’s Hotel

  • Lokasi : Desa Wonokerto I Bromo, Kecamatan Sukapura, Ponjol, Wonokerto, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Sewa Kamar : Rp 200.000 – Rp 1.500.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : layanan binatu, area anak, restoran, bar

Satu lagi nih hotel dengan harga yang cukup bersahabat di kawasan Bromo. Yups Yoschi’s Hotel. Hotel ini memang menyediakan kamar dan restoren sederhana namun cukup nyaman untuk disinggahi. Bangunannya bernuansa bergaya campuran antara Jawa dan Bali yang sangat cantik.

Berada di Desa Wonokerto I, membuat hotel ini dikelilingi oleh nuansa pedesaan yang alami dan sejuk. Tak hanya untuk beristirahat, Yoschi juga sering terpilih oleh para calon mempelai sebagai lokasi diadakannya pesta pernikahan.

10. Bukit Bentar

Bukit Bentar

  • Lokasi : Jl. Raya Panglima Sudirman, Area Sawah, Curahsawo, Gending, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, tempat istirahat, rumah makan

Bukit ini terletak persis di atas pantai bentar tepatnya pada ketinggian 400 meter dari permukaan laut., sehingga sesaat anda sampai ke lokasi bukit, anda langsung bisa melihat pemandangan laut yang tiada ujung dan sangat melegakan. Sealin itu anda juga dapat melihat jalan raya jalur Pantura menuju Bali, wisata pantai bentar hingga hamparan hutan mangrove.

Melakukan kegiatan selfie layaknya wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini. Mulai foto selfi berlatar belakang pantai bentar atau jalur pantura. Pasinya setiap jepretennya akan menghasilkan foto yang menakjubkan serasa berada di sebuah bukit barisan yang berada di Bengkulu.

11. Pantai Bentar

wisata pantai bentar probolinggo, jawa timur

  • Lokasi : Jalur Pantura, Mayangan, Karang Anyar, Curahsawo, Gending, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : warung makan, kereta pantai

Setelah melirik keindahan dari Bukit Bentar, kini saatnya kita menjelajaih ke pantainya yang berada di bawah buit ini yaitu Pantai Bentar. Pantai ini dikeilingi oleh pepohonan rimbun yang tersebar di sekitar pantai, jadi jika anda merasa kepanasan akibat sinar matahari yang menyengat di siang hari anda dapat berteduh di sela sela pepohonan tersebut.

Yang ikonik dari pantai ini adalah adanya jembatan kayu sepanjang 50 meter yang menjorok ke tengah laut, yang juga menjadi spot favorit para pengunjung saat berkunjung ke pantai ini. Dengan latar belakang laut lepas, jembatan kayu ini memang menawarkan spot yang cukup apik untuk berselfie.

Selain menikmati panorama alamnya, disini anda juga dapat bersantai di warung-warung tepi pantai sembari menyantap jajanan khas Probolinggo.

12. Gili Ketapang, Sumberasih, Probolinggo

wisata probolinggo gili ketapang

  • Lokasi : Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo,  Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 85.000 , Rp 10.000 (Jasa Penyebrangan *PP Rp 20.000)
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : toilet, kamar mandi, ayunan, warung makan

Probolinggo ternyata juga punya miniatur Pulau Madura lho. Kenapa dikatakan demikian? Karena di dalam pulau mayoritas penduduknya merupakan orang-orang madura. Gili Ketapang merupakan sebuah pulau yang terletak di pertengahan Selat Madura. Untuk keseluruhannya, pulau ini menawarkan pantai pasir putih bersih nan lembut serta pemandangan alam bawah laut yang sangat menakjubkan.

Berbagai kegiatan dapat anda lakukan semua disini, mulai dari bermain pasir di pinggir pantai, berenang, menyelam / scuba diving, snorkeling, dan berbagai macam aktivitas wisata menarik lainnya.

Tak hanya itu, disini juga terdapat goa kucing yang dahulunya adalah petilasan sunan giri saat menyebarkan agama islamke gresik, banyuwangi dan sekitarnya. Di dekat petialan juga terdapat penginapan gratis bagi para peziarah. Eits, buat kamu yang hanya sekedar jalan-jalan kamu juga dapat menginap disana lho, cukup memberikan uang seiklasnya di kotak amal yang tersedia disana.

13. Bee Jay Bakau Resort dan Wisata Hutan Mangrove di Probolinggo

wisata probolinggo bjbr

  • Lokasi : Pelabuhan PPP Mayangan, Wisata Primadona, Mangunharjo, Mayangan, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 20.000 (Weekdays), Rp 40.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-22.00
  • Fasilitas : area parkir, tempat istirahat, MCK, rumah makan, Flying fox, Water boom, Water Splash, Futsal Pantai, voli pantai, Study Lingkungan, Outbond Pantai, Ekowisata Bakau, Ladang Bunga Matahari, bungalow

Saat anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini, khusunya jika anda kewisata hutan mangrovenya anda akan merasakan kesejukan dan keasrian hutan bakau yang bisa dinikmati lewat jembatan yang tersusun dari kayu kelapa sepanjang kurang lebih 800 meter. Di sepanjang jembatan, anda juga dapat mempelajari berbagai jenis tanaman bakau dan juga ragam fauna khas pantai surut.

Tak hanya hutan mangrovenya saja, disini anda juga dapat melakukan kegiatan wisata yang lebih asik dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh Bee Jay Bakau Resort, mulai dari wahana outbound, hingga menikmati keindahan ladang bunga marahari.

Selain itu di Bee Jay Bakau Resort ini juga terdapat spot foto ikonik yang dapat anda jadikan sebagai latar belakang berfoto seperti spot gembok cinta, piramida BJBR, hutan bakau, globe BJBR, I Love BJBR, Lampion Karakter, Lukisan 3D dan Foto Booth. Dijamin deh anda tidak akan bosan untuk menelusuri satu persatu sudut Bee Jay Bakau Resort dan Wisata Hutan Mangrove di Probolinggo.

14. Air Terjun Jaran Goyang

Air Terjun Jaran Goyang

  • Lokasi : Jl. Goyangan, Timur, Guyangan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Saat anda sampai di lokasi air terjun, pemandangan eksotis nan alami akan nampak jelas disini. Maklum saja, kawasan air terjun ini memang belum memiliki banyak pengunjung. Apalagi disekitar area air terjun juga terdapat air terjun lagi yang letaknya tak jauh dari air terjun ini.

Di tahun 2016, akses menuju Air Terjun Jaran Goyang ini dibangun dengan membuka jalan baru. Yakni, dengan memangkas tebing untuk rute jalan. Kemudian, rute yang sudah terbentuk itu, dirabat dengan beton sepanjang 500 meter dengan lebar 1 meter.

Keberadaan jalan baru tersebut, menjadikan akses pengunjung lebih mudah dan juga nyaman. Selain dengan berjalan kaki, pengunjung juga bisa melaluinya dengan mengendarai sepeda motor. Namun mengingat akses jalan yang berada di atas tebing maka siapaun harus tetap hati-hati.

15. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

  • Lokasi : Sapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-19.00
  • Fasilitas : warung makan, musholla, kamar mandi, area parkir, penginapan

Air Terjun Madakaripura masih termasuk dalam kawasan taman nasional bromo tengger semeru. Saat anda berada di lokasi air terjun, anda akan dibuat kagum melihat air terjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan.

Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari masuk menembus ke bawah air terjun. Suasana tenang serta dihiasi suara air yang syahdu semakin membuat anda serasa terbius akan terapi alam yang magical ini.

Air terjun ini mempunayi bentuk seperti ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebing seperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang tidak dapat dipungkiri, berada jauh didalam pegunungan membuat tempat ini senantiasa terjaga akan kealamiannya. Hal ini akan semakin berkesan ketika Anda berada dalam perjalanan menuju destinasi ini.

16. Air Terjun Triban

Air Terjun Triban

  • Lokasi : Krajan, Ngepung, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Air terjun yang terletak di desa Krajan ini memiliki air yang sangat jernih serta pemandangan yang sangat luar biasa indah. Untuk dapat sampai ke lokasi air terjun, anda harus menempuh perjalanan dengan melewati area perbukitan dan menuruninya dengan kurun waktu mencapai 1 jam.

Perjalalan kali ini akan sangat curam dan cukup licin terlbih lagi juka musim hujan tiba. Dan disana anda hanya dibantu dengan anak tangga alami yang sepertinya telah dicangkul sebelumnya oleh warga setempat.

Perjalanan akan semakin menantang kala jarak yang ditempuh semakin dekat dengan lokasi air terjun. Anak tangga yang semula digunakan sebagai pijakan kini berubah menjadi tanah kering dengan kontur berpasir. Tentunya medan seperti ini sangat licin karena pasir tersebut bisa longsor kapan saja. Ada satu pepatah yang sangat tepat untuk menggambarkan keadaan seperti ini yaitu “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudia” hehehe.

17. Air terjun Buto Ijo

Air terjun Buto Ijo

  • Lokasi : Tiris Kab. Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Air terjun ini berada di tengah perkebunan teh, PT.Perkebunan Nusantara XII. Namun lokasi ini sangat jarang diketahui oleh para wisatawan, disebabkan karena medan menuju lokasi air terjun cukup sulit dan tersembunyi.

Karena itu, keindahan air terjun ini sangatlah terjaga. Sesampainya di air terjun ini anda akan disuguhkan dua buah air terjun dengan debit air yang berbeda. Satu air terjun memiliki debit yang lumayan deras, sedangkan air terjun satunya memiliki debit air yang terbilang kecil.

Tak hanya itu, kecantikan air terjun juga dihiasi dengan adanya lumut dan tanaman merambat yang mengelilingi air terjun ini. Susana yang tenang serta pemandangan alam bebas yang eksotis, akan membuat anda betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama disini.

18. Air Terjun Dalem

Air Terjun Dalem

  • Lokasi : Ngepung, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tidak banyak yang mengulas tentang keberadaan air terjun yang satu ini. Karena memang letaknya yang tersembunyi di tengah hutan belantara serta medan jalan menuju air terjun yang cukup sulit. Oleh sebab itu, kawasan air terjun ini jarang terjamah oleh kehadiran manusia.

Saat anda sampai ke lokasi air terjun, anda akan dibuat takjub dengan adanya air terjun yang berdiri kokoh membelah tebing bebatuan nan kasar. Tak hanya itu, air yang dicurhakan air terjun ini juga sangat jernih dan dapat langsung di konsumsi.

Persis dibawah air terjun juga terdpaat kolam alami yang lebar dan dangkal, sehingga anda dapat bermain di dalamnya tanpa khawatir tenggelam. Ditambah lagi di areal kolam terdapat bebatuan besar yang landai yang dapat anda makfaatkan sebagai tempat bersantai. Tempat ini sangat cocok dijadikan untuk tempat rileksasi diri setelah lelah bertempur di kehidupan sehari-hari.

19. Air Terjun Triban – Ngepung

Air Terjun Triban - Ngepung

  • Lokasi : Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura,Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air Terjun Triban – Ngepung ini memiliki ketinggian 5 meter dengan medan curah air terjun yang cukup lebar. Dibawahnya juga terdapat kolam alami yang cukup lebar dengan kedalaman kolam berkisar antar 3 sampai 5 meter.

Kegiatan yang paling seru untuk dilakukan di air terjun ini adalah dengan melompat dari puncak air terjun ke bawah kolam alami, pastinya anda di wajibkan untuk bisa berenang, mengingat kedalaman airnya yang cukup untuk menenggelamkan orang dewasa.

Pemandangan disekitar air terjun juga tidak lumayan ramai dengan pepohonan, namun anda akan nyaman dibuatnya.

20. Air Terjun Umbulan

Air Terjun Umbulan

  • Lokasi : Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Wisata Air Terjun Umbulan Probolinggo ini memilki pemandangan yang sangat indah dan masih sangat alami namun sangat saynag karena masih belum banyak para wisatawan yang datang kesini dikarenakan kurangnya pengelolaan dari masyarakat setempat maupun dukungan oleh pemerintah daerah.

Sumber curahan dari air terjun ini berasal dari sumber mata air masyarakat Se-Sukapura, yang juga dimanfaatkan baik untuk kebutuhan mandi, Cuci dan untuk masak, karena masih alami dan masih sangat jernih.

21. Air Terjun Watu Lawang

ir Terjun Watu Lawang

  • Lokasi : Petungsari, Ngepung, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan

Penamaan air terjun diambil karena empat wisata alam ini berada diantara kanan kiri tebing nan menjulang, dan pada saat akan memasuki tempat ini kita akan menemukan semacam pintu masuk atau orang jawa menyebutnya dengan “Lawang”. Sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai “Watu Lawang”.

Namun sampai sekarang, tempat wisata yang satu ini masih sepi pengunjun dan juga belum terkelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat. Selain karena kurangnya promosi dan juga sosialisasi, letak air terjun ini juga berada pada tempat yang tersembunyi dan juga dibutuhkan tenaga, kesabaran juga jiwa petualang yang cukup untuk bisa menemukan wisata air terjun Watu Lawang Probolinggo.

Semua lelah anda akan langusung terbayarkan dengan melihat panorama alam yang berada disekitar air terjun watu lawang.

22. Danau Desa Ranu Agung

Danau Desa Ranu Agung

  • Lokasi : Ranu Agung, Tiris, Krajan, Andungsari, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang , Rp 10.000 (Sewa Perahu)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : perahu, tempat duduk

Objek wisata selanjutnya ada Danau Desa Ranu Agung, danau yang sedang naik daun ini sudah mampu menyita perhatian para wisatawan baik domestik maupun asing seperti Malaysia dan India. Danau ini memiliki kedalaman hingga 40 meter dengan populasi ikan mujair yang melimpah di dalamnya.

Dananu ini merupakan salah satu danau yang terbentuk akibat akititas vulkanik, yang dimana dulunya tempat ini merupakan sebuah kawah namun sekarang sudah tidak aktif, sehingga lama-kelamaan terisi oleh air hujan dan terbentuklah Danau Desa Ranu Agung.

Keunikan dari danau ini sendiri yakni adanya suatu dinding bebatuan yang panjangnya mencapai lebih dari 70 meter membentang di sepanjang Danau Ranu Agung yang mirip dengan pohon beringin.

Dan menariknya lagi, setiap pengunjungnya dapat menuju dinding bebatuan tersebut menggunakan perahu yang memang telah disediakan untuk disewakan kepada para pengunjungnya. Tak hanya itu, fakta unik dari danau ini jika di lihat dari atau ketinggian bentuknya menyerupai daun pohon waru atau bentuk hati. Lucu ya!

23. Ranu Segaran

Ranu Segaran

  • Lokasi : Paras, Segaran, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
    • Tiket Masuk :
      • Per orang : Rp 4.000
      • Kapal : Rp 10.000
      • Sepeda air : Rp 15.000 (2 orang)
      • Bukit : Rp 3.000
      • Biaya Parkir : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : wahana air, gazebo, area parkir, paving, tempat kuliner atau rumah makan , kamar mandi, tempat penitipan barang

Satu lagi danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik lainnya yaitu Ranu Segaran. Dahulunya kawasan ini juga merupakan sebuah kawah namun sekarang sudah tidak aktif lagi dan pada akhirnya kawah tersebut meninggalkan genangan air dan genangan air tersebutlah yang kini telah berubah menjadi sebuah danau yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama pada saat hari libur.

Danau ini sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar untuk mengisi waktu luangnya ketika sore atau hari libur tiba. Selain memancing, berbagai aktivitas lainnya juga dapat dilakukan di danau ini seperti bermain sepeda air, atau hanya sekedar duduk menatap panorama sekitar sembari ditemani dengan secangkir kopi dan minuman minuman hangat di sebuah warung.

Tak jauh dari lokasi danau juga terdapat objek wisata lainnya yaitu pemandian air panas Tiris yang biasa dikunjungi wisatawan yang telah beraktivitas di danau. Pemandian air panasnya sendiri mengandun belerang, sehingga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit jika berendam di pemandian air panas ini.

Jadi jika anda berlibur ke Danau Ranu Segaran, sangat tidak rugi apabila menyempatkan mampir ke pemandian air panas ini.

24. Pemandian Air Panas Desa Tiris

Pemandian Air Panas Desa Tiris

  • Lokasi : Paras, Segaran, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ini dia Pemandian Air Panas Desa Tiris atau kerap di singkat menjadi pemandian Tiris. Pemandian air panas ini merupakan salah satu spot pemandian air panas terbaik yang ada di Probolinggo. Disini anda akan merasakan sensasi berendam di air hangat yang berasal dari dalam bumi langsung, sehingga memiliki kandungan belerang yang baunya cukup menyengat.

Karena hal itulah air panas ini memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit. Selain harganya yang murah, berendam di tempat ini juga akan semakin nikmati karena ditemani dengan pemandangan alam sekitar yang masih terlihat sangat alami.

26. Pantai Duta

pantai duta probolinggo

  • Lokasi : Dusun Gilin, Randutatah, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 10.000 (Parkir Mobil), Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 15.000 (Parkir Minibus)
  • Jam Buka : 08.00-20.00
  • Fasilitas : hotel, banana boat, parahu kano, sepeda air, jetski, danau, area pemancingan, tempat pelelangan ikan, kolam, mushola, gedung serbaguna, warung makan, ruang untuk bilas dan mandi, ayunan

Nama dari pantai ini diambil dari akronim nama desa Randutatah. Hal istimewa dari pantai ini yaitu pemandangan matahari terbenam atau sunsetnya yang begitu indah serta desiran angin pesisir di bawah pohon pinus yang seringkali menggelitik para pengunjungnya.

Pantai ini pada awalnya di promosikan sebagai pusat mangrove oleh pemerintah daerah, namun karena potensi yang dimilikinya, pantai ini terus menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara dari tahun ke tahun.

Menariknya lagi, selain terdapat banyak sekali ubur-ubur di pantai ini, disini juga sering disinggahi oleh kawanan ikan paus hiu Bentar (Rhincodon typus) yang ukurannya mencapi 5-8 meter. Asiknya lagi, anda juga dapat melihat kawanan paus ini enggunakan jasa kapal dengan jarak tempuh sekitar 0,26 mil dari laut atau sekitar 500 meter dari pantai.

Di pantai ini selain terdapat area mangrove, disini juga mempunyai 1000 pohon pinus yang tentunya turut menyuplai oksigen untuk area pantai, sehingga menciptakan suasana teduh yang menyegarkan dan cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Karena hal itu juga, selain dijadikan sebagai cagar alam namun juga merupakan Eduwisata dan Wisata Bumi Perkemahan.

27. Pantai Tambak Sari

Pantai Tambak Sari

  • Lokasi : Pandean, Sukokerto, Pajarakan, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sesampianya anda di kawasan pantai ini, suasana alami nan sejuk benar-benar terasa kental menyelimuti tubuh. Karena memang pantai initermasuk pantai yang masih jarang dikunjungi oleh banyak wisatawan, sehingga tak heran jika setiap sudutnya belum pernah terjamah oleh manusia.

Hamparan pohon mangrove di sepanjang bibir pantai juga semakin menambah kesan alami. Di pantai inijuga tampak beberapa pohon yang mati dan tetap kokoh berdiri yang justru menambhak kesan eksotis yang memikat. Para wisatawan yang datang biasanya memanfaatkan pantai ini untuk melakukan kegiatan memancing atu hanya sekedar duduk dan jalan-jalan menikmati panorama alam yang disajikan.

28. Gunung Batok

Gunung Batok

  • Lokasi : Bromo, Probolinggo, Jawa Timur
    • Tiket Masuk :
      • Wisatawan Domestik (Weekdays) : Rp 27.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekdays) : Rp 217.500
      • Wisatawan Domestik (Weekend) : Rp 32.500
      • Wisatawan Mancanegara (Weekend) : Rp 317.500
      • *biaya tiket diatas sudah termasuk asuransi jiwa per sekali masuk
    • Parkir
      • Kendaraan Roda 4 (Mobil Pribadi/Jeep) : Rp 10.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Motor) : Rp 5.000
      • Kendaraan Roda 2 (Sepeda Pancal) : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masih berada di kawasan Bromo, gunung ini terlihat kokoh berdiri dengan banyaknya lereng-lereng yang berselang-seling dengan jurang dan membentuk alur seperti gunung yang habis diserang oleh cakaran segerombol godzilla.

Gunung Batok ini berada di ketinggian 2.440 meter atau sekitar 8.005 kaki yang dimana berdekatan dengan dua gunung lainnya yaitu Bromo dan Semeru. Bahkan sebagian orang mengira bahwa gunung inilah yang merupakan Gunung Bromo.

Seperti namanya, gunung ini memang menggambarkan bentuk Gunung Batok yang seperti tempurung kelapa. Dan dibalik penamaan gunung ini juga tak lepas dari cerita legenda Rara Anteng dan Joko Seger selaku keturunan awal Suku Tengger.

Terlepas cerita tersebut, Gunung Batok ini juga turut menawarkan keindahan matahari terbenam yang tak kalah cantik dengan bromo. Di atas puncaknya, anda dapat menyaksikan keindahan puncak Gunung Semeru yang berada di kejauhan. Serta panorama kabut bak permen kapas yang menyelimuti sekitar gunung semakin menambah kecantikan panorama yang disajikan.

29. Cikasur

Cikasur

  • Lokasi : Gn. Argapura, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Cikasur dahulunya merupakan satu-satunya lapangan udara di ketinggian 2.200 meter yang dimiliki Indonesia, namun sekarang lapangan ini telah beralih fungsi sebagai tempat wisata eksotis yang kerap dikunjungi oleh banyak wisatawan. Sebetulnya, Cikasur ini merupakan salah satu pos pendakian menuju Gunung Argopuro yang dimana memiliki ketinggian 3.088  mdpl.

Disini, bila anda beruntung, anda dapt berjumpa dengan beberapa hewan liar yang hidup di wilayah Cikasur seperti seperti merak, kijang, rusa, babi hutan, monyet, dan macan kumbang. Karena memang hewan itu kerap muncul pada malam hari untuk minum air dari Sungai Qolbu yang mengalir melintang di pinggir Cikasur.

30. Mahoni Grand Park

Mahoni Grand Park

  • Lokasi : Kuweni, Tukul, Sumber, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : spot foto, gardu pandang, flying fox, kolam renang, kolam pancing, adventure trail, arena outbond, camping ground

Seperti namanya, tempat wisata ini merupakan kawasan yang menyuguhkan hutan dengan jutaan pohon Mahoni di dalamnya. Berbagai fasilitas penunjang wisatanya juga semakin menarik minat para wisatawan untuk terus berkunjung ke tempat ini.

Tak seperti wisata alam biasanya yang dikelilingi pohon jati ataupun pohon pinus, namun disini akan dikelilingi dengan pohon mahoni yang tentunya akan memberikna pengalaman baru yang tak terlupakan.

Suasana sejuk, teduh, dan segar tentunya sangat menenangkan dan nyaman untuk dijadikan sebagi tempat mengahabiskan waktu berlibur di alam yang menyenangkan. Tempat ini juga memiliki gardu pandang yang kece dan selalu menjadi incaran tempat berswafoto para pengunjung yang datang.

31. Hutan Damar

Hutan Damar

  • Lokasi : Gn. Argapura, Kalianan, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan tempat wisata sebelumnya, kali ini hutan yang satu ini akan menyuguhkan deretan pohon damar sebagai daya tarik utamanya. Seperti yang kita ketahui, phon damar ini kerap diambil getahnya karena getah dari pohon damar ini merupakan bahan baku utama untuk pembuatan kopal atau pun resin sebagai bahan baku industri.

Getahnya sendiri berwarna bening, sehingga warga sekitar sering menyebutnya sebagi getah mata kucing. Seperti hutan pada umunya, suasana yang disajikan di tempat ini sangatlah sejuk dan teduh, sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin lari sebentar dari kehidupan bisingnya kota, karena suasana semacam ini tentunya tidak akan anda temui di perkotaan.

Tak jarang, jika anda datang berkunjung ke tempat ini, anda akan berjumpa dengan para petani getah damar yang sedang mengambil getah dari pohonnya, anda pun dapat bertanya-tanya mengenai pohon tersebut, itung-itung untuk menambah pengetahuan dan menjalin silaturahmi dengan orang baru kan?

32. Bromo Camp House

Bromo Camp House

  • Lokasi : Raya Bromo KM 31, Sapikerep, Sukapura, Dusun Krajan RT 3 RW 1, Dusun 1, Sapikerep, Sukapura, Probolinggo, Jawa Timur
  • Harga : *mulai dari Rp 500.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin- Minggu)

Bromo Camp House merupakan kawasan perhotelan yang ada di kawasan Gunung Bromo. Karena letaknya yang strategis, tak jarang orang-orang akan menginap di tempat ini seusai menjelajahi tanah bromo.

Menariknya lagi, kawasan perhotelan ini mengambil tema rumah pedesaan, sehingga dari awal anda booking tempat disini susananya seperti kerabat sendiri. Hawa yang menyelimuti kawasan hotel ini pun sangatlah apik, khas pedesaan pada umumnya.

Soal pemandangan, tidak usah di pertanyakan lagi, karena kawasan perhotelan ini menyuguhkan pemandangan alam dan hutan yang terlihat sangat asri. Hotel yang berbentuk seperti rumah yang tertata rapi nan bersih akan semakin menarik perhatian para wisatawan yang datang ke tanah bromo.

33. Madakaripura Forest Park

Madakaripura Forest Park

  • Lokasi : Negororejo, Lumbang, Negororejo, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : gardu pandang, tempat duduk, spot foto

Tempat wisata selanjutnya ada Madakaripura Forest Park yang menawarkan spot selfie apik yang patut untuk anda abadikan. Bagi yang doyan ngeksis, maka tempat ini wajib dan kudu banget masuk ke dalam list next trip di kota Probolinggo.

Letaknya yang berada di tenagh-tengah hutan, tempat ini akan menyuguhkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata, plus udara segar yang mampu merilekskan pikiran kita. Beberapa spot foto favorit para pengunjung yand datang ke tempat ini yaitu ayunan, gardu pandang, dan anjungan matahari.

34. Jembatan Biru Ranon

Jembatan Biru Ranon

  • Lokasi : Unnamed Road, Bogo Krajan, Ranon, Pakuniran, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai latar belakang berswafoto adalah Jembatan Biru Ranon. Seperti namanya, jembatan ini disepanjang lintasannya memiliki warna biru sehingga hal itu pula yang mengakibatkan jembatan ini disebut dengan nama Jembatan Biru.

Selain cantik, jembatan ini juga memiliki panorama alam yang mengaggumkan. Dimana di bagian sisi kiri dan kanannya merupakan sebuah sungai yang belum tercemar oleh limbah, sehingga terasa sangat menyenangkan.

Letaknya yang berada di tengah-tengah pedesaan juga membuatnya memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Tempat ini bisa dijadikan wisata alternatif yang murah sekaligus menyenangkan.

35. Wisata Agropolitan

Wisata Agropolitan

  • Lokasi : Unnamed Road, Mangga Sari, Betek, Krucil, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti namanya, Wisata Agropolitan merupakan tempat wisata yang menyuguhkan wisata yang bertemakan pertanian yang asik untuk dijelajahi. Disini, anda dapat menjumpai beberapa buah unggulan yang menjadi komoditas di kawasan ini, seperti mangga, manggis cemani, durian, susu sapi, alpukat, kentang, sayur-mayur.

Jadi selain berjalan-jalan, anda juga dapat belajar langsung mengenai beberapa komodiatas yang terdapat di tempat ini.

36. Kebun Teh Andung Biru

Kebun Teh Andung Biru

  • Lokasi : Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Kebun Teh Andung Biru merupakan kebun teh yang sangat populer di kota Probolinggo yang selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk melepas penat dan menyegarkan otak di akhir pekan. Seperti namanya, tempat ini mayoritasnya dipenuhi dengan pohon teh yang sejuk dan asri.

Sebetulnya anda dapat mengunjungi tempat ini kapan pun yang anda mau, namun ada baiknya jika anda hendak berkunjung ke tempat ini saat pagi hari, karena udara yang disajikan masih begitu sejuk dan segar.

Pemnadangan hamparan pohon teh yang berwarna hijau seperti permadani hijau yang membentang luas di atas tanah, hal ini tentu saja akan memberikan efek yang menenangkan untuk tubuh dan juga pikiran bagi para pengunjungnya.

37. Danau Ronggojalu

Danau Ronggojalu

  • Lokasi : Blok, Arisan, Banjarsawah, Tegalsiwalan, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Danau ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sebab danau ini mempunyai panorama alam yang luar biasa indah serta memiliki kondisi air yang masih sangat jernih lengkap dengan pepohonan di sekitarnya yang juga masih terjaga dengan baik.

Danau ini biasa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai tempat untuk bersantai di sore hari, karena memiliki udara yang sejuk serta teduh, sehingga sangat nyaman untuk menghabiskan waktu luang di tempat ini.

38. Ranu Merah

Ranu Merah

  • Lokasi : Krajan, Andungsari, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Danau di Probolinggo yang terakhir ada Ranu Merah yang masih berada di kawasan Desa Tiris. Danau ini berbeda dengan danau pada umumnya, sesuai dengan namanya danau ini memiliki air yang terlihat berwarna merah, namun uniknya ketika airnya diangkat, teteap saja berwarna bening seperti air pada umumnya.

Hal tersebut dikarenakan, banyaknya tumbuhan ganggang merah yang hidup di dasar danau sehingga air yang berada di danau terlihat berwarna kemerahan. Danau wisata ini masih tergolong sepi, karena keberadaannya jarang diketahui oleh orang, padahal danau ini memiliki panorama alam yang sangat apik.

39. Agrowisata Sumberbendo

Agrowisata Sumberbendo

  • Lokasi : Desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih , Kabupaten Probolinggo , Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : taman bermain, area parkir, musholla, MCK, rumah makan, gazebo

Selain terkenal dengan julukan kota mangga, Probolinggo juga memiliki julukan lain sebagai kota Anggur. Dan di Agrowisata Sumberbendo para pengunjungnya akan disuguhkan dengan berbagai pohon anggur yang dimana anda pun dapat memetik serta menyantapnya secara langsung.

Selain dapat memetik buah anggur, anda disini juga akan dimanjakan dengan taman bermain dan kolam yang dapat membuat suasana berlibur anda semakin menyenangkan.

40. Pelabuhan Tanjung Tembaga

Pelabuhan Tanjung Tembaga

  • Lokasi : Jl. Tanjung Tembaga Barat, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Senin-Sabtu)

Selanjutnya, anda juga dapat berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Tembaga yang dimana merupakan tempat berlabuhnya kapal angkut muatan dan perahu nelayan yang ada di kota Probolinggo.

Pelabuhan ini terbagi menjadi dua bagian, diantaranya bagian satu yang diperuntukan untuk kawasan pasar ikan, dan yang kedua digunakan sebagai tempat wisata dan tempat festival serta memancing. Asiknya lagi, di kawasan pelabuhan ini anda dapat melakukan barbecue ikan dengan membelinya langsung kepada para nelayan maupun penjual ikan di kawasan pelabuhan.

41. Candi Jabung

wisata paiton probolinggo east java

  • Lokasi : Dusun Candi, Jabung Candi, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Bergeser ke lokasi wisata sejarah selanjutnya ada Candi Jabung. Candi ini merupakan candi Hindu yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Jika anda mengenal Candi Bahal, maka gaya arsitektur yang dimiliki candi sangat mirip dengan candi tersebut.

Menrut keyakinan warga setempat, candi ini merupakan makam dari salah satu kerabat kerajaan Majapahit yang bernama Bhra Gundul, dan jika kita kembali melihat catatan sejarah, candi ini diperkirakan sudah ada sejak Tahun 1354 Masehi.

Terlepas dari itu semua, candi ini tak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan, meskipun tidak dipungut biaya sepeserpun, untuk memasuki candi ini para pengunjungnya harus lapor kepada petugas dan mengisi buku tamu yang ada disana.

42. Candi Kedaton Probolinggo

Candi Kedaton Probolinggo

  • Lokasi : Kedatan, Andungbiru, Tiris, Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Probolinggo memang tidak memiliki banyak situs candi di dalamnya, namun tak hanya Candi Jabung saja, namun ada satu lagi candi di kota ini yakni Candi Kedaton. Candi ini masuk ke dalam kawasan Tiris yang memang sudah terkenal memiliki banyak sekali objek wisata di dalamnya termasuk candi ini.

Candi ini sama halnya candi lainnya, terbuat dari batu andesit yang sudah diperkirakan dibangun sekitar akhir abad XIV yang hanya berupa kaki dan baturnya saja. Anehnya, badan dan atap dari candi ini tidak diketahui keberadaanya sampai sekarang.

Candi ini memiliki ukuran sekitar 6 m2 serta mempunyai relief-relief yang menghiasi kaki candi. Di dalam relief ini terdapat 3 cerita utama, diantaranya adalah cerita mengenai Arjunawiwaha, Bhomakwya, dan Garudeya.

43. Museum Probolinggo

Museum Probolinggo

  • Lokasi : Jl. Suroyo, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Tempat eduwisata selanjutnya yang harus anda kunjungi ketika berada di Probolinggo adalah Museum Probolinggo. Museum yang satu ini memiliki banyak sekali koleksi benda-benda bersejarah serta peninggalan budaya pada jaman dahulu.

Beberapa koleksi dari museum ini seperti ethnographika (alat mata pencaharaian idup dan rumah tangga, busana, kesenian, pusaka), koleksi arkeologi atau benda pra-sejarah dan sejarah, koleksi historika (benda budaya), numismatika (mata uang dan alat tukar pembayaran jaman dahulu), filolika (naskah kuno dengan aksara dan juga bahasa tradisional), keramologika (benda dari tanah liat, batuan, dan sejenisnya), serta teknologika (peralatan yang menunjang kehidupan manusia tradisional maupun modern).

Banyak sekali bukan? Dijamin, selepas berkunjung ke museum ini wawasan anda akan langsung bertambah.

44. Museum Dr. Mohammad Saleh

Museum Dr. Mohammad Saleh

  • Lokasi : Jl.DR.Moh.Saleh No 1, Tisnonegaran, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Museum ini merupakan museum pertama yang ada di kota Probolinggo, yang di dalamnya menyimpan koleksi benda bersejarah seperti Gramo Fone, Peti Ukir, serta lainnya.

Disini ada koleksi benda yang paling unik yaitu Jam Gantung, kenapa diberi nama jam gantung? Karena konon katanya tenaga yang menggerakan jarum dari jam ini berasal dari bandulan. Jam Gantung ini, menurut orang jaman dahulu disebut pula sebagai Jam Seperapatan. Karena setiap 15 menit sekali jam ini akan berbunyi.

Di museum ini juga terdapat Ruang Peteng yaitu ruangan gelap yang tidak ada lampu satupun. Ruang Peteng bukan untuk tempat tidur, tetapi menurut orang jaman dahulu, ruangan itu merupakan ruang islam yang dimana memiliki unsur kejawaan yang digunakan sebagai ruang nyepi supaya ibadahnya khusuk.

45. Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL)

Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL)

  • Lokasi : Jl. Basuki Rahmad, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Dewasa), Rp 2.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 07.00-17.00 (Sabtu-Kamis)
  • Fasilitas : tempat duduk, perpustakaan

Taman ini meupakan lokasi wisata yang memiliki berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang dijadikan sebagai pusat tempat studi. Taman ini berdiri diatas lahan yang memiliki luas tak kurang dari 1 hektar yang di dalamnya terdapat koleksi 20 jenis tanaman tahunan yang membuat kawasan taman ini terasa begitu sejak.

Selain itu, disini juga terdapat perpustakaan yang lumayan besar, serta berbagai hewan yang turut meramaikan tamani ini. Tentunya selain sebagai tempat bersantai, berbagai kegiatan menarik dapat juga anda lakukan di taman ini.

46. Masjid Tiban Babussalam

Masjid Tiban Babussalam

  • Lokasi : Jl. Soekarno Hatta No.137, Pilang, Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berkunjung ke kota baru tak ada salahnya kita mampir sebentar ke lokasi wisata rohani untuk menyegarkan hati dan pikiran kita, salah satu tempatnya adalah Masjid Tiban Babussalam. Masjid yang terlihat kokoh berdiri ini mempunyai cerita yang menakjubkan di dalamnya, yang konon katanya Masjid ini muncul secara misterius ddi tahun 1600.

Karena hal itu pula, masayarakat sekitar tidak mengetahui siapakah pendiri dari masjid ini sendiri. Dengan gaya arsitektur kunonya, masjid ini tetap kokoh berdiri hingga sekarang. Menurut cerita yang beredar, konon masjid ini juga sempat menjadi tempat Syeh Maulana Ishak menyiarkan agama Islam.

47. Gereja Merah atau GPIB Jemaat Immanuel

Gereja Merah atau GPIB Jemaat Immanuel

  • Lokasi : Jalan Suroyo 32, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Destinasi wisata religi selanjutnya yang dapat dikunjungi ada GPIB Jemaat Immanuel atau kerap disapa dengan nama Gereja Merah. Nama dari gereja ini sendiri selain dari catnya berwarna merah, namun juga karena letaknya yang berada di dekat pantai sehingga Gereja Merah ini dilapisi cat meni (Cat anti karat). Rupanya warna merah ini juga memiliki makna bagi warga jemaat gereja sebagai simbol darah Yesus Kristus yang tertumpah untuk menyelamatkan dosa-dosa manusia.

Gereja ini dibangun pada masa kependudukan VOC di Indonesia di tahun 1862. Gereja yang juga ditetapkan menjadi salah satu cagar budaya di kota Probolinggo ini selalu menarik perhatian banyak wisatawan lokal hingga asing karena ingin melihat lebih dekat gereja peninggalan Kolonial Belanda ini.

Para pengunjungnya yang datang, rata-rata penasaran akan kemegahan dari banguann gererja ini sendiri yang hampir 100% terbuat dari bahan besi dan baja. Dan faktanya, gereja seperti ini hanya ada dua di dunia, yaitu di tempat aslinya Kota Den Haag Belanda dan Kota Probolinggo, Indonesia.

48. Sumber Naga

Sumber Naga

  • Lokasi : Jalan Wr. Supratman No. 127, Mangunharjo, Mayangan, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka :24 jam (Senin-Minggu)

Sumber naga merupakan sebuah kelenteng yang ada di kota Probolinggo. Nama dari kelenteng tersebut diambil dari adanya ornament sepasang naga di kanan dan kiri bangunanya, namun gerbang kelenteng tersebut cukup tersamarkan karena adanya ornament khas yang berbentuk Stupa seperti yang ada di Candi Borobudur.

Ornamen tersebut berlambangkan Tri Dharma yaitu Yin Yang, Swastika dan Genta Rohani yang menggambarkan bahwa kelenteng Sumber Naga ini merupakan tempat ibadah bagi umat Tri Dharma.

Kelenteng ini sendiri memiliki nama arti sebagai Liong Tjwan Bio yang berarti Kelenteng Sumber Naga, yang kemudian penggunaaan nama Indonesia itulah yang akrab sebagai sebutannya sampai sekarang.

Karena memiliki ornamen serta arsitektur yang cukup indah dan menarik, serta adanya hiasan-hiasan seperti lilin dalam berbagai ukuran serta lampion yang turut serta menghiasi keindahan kelenteng ini membuatnya mampu menarik wisatawan untuk mampir hanya untuk sekedar berfoto atau pun beribadah di dalamnya.

49. Kolam Renang TRA

Kolam Renang TRA

  • Lokasi : Jl. Hayam Wuruk, Mangunharjo, Mayangan, Kota Probolinggo, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Jika anda sedang mencari lokasi wisata anak di kota Probolinggo, maka Kolam Renang TRA ini dapat menjadi alternatif liburan anda selanjutnya.

Tempat ini menawarkan rekreasi wahana air yang menyenangkan, Tempat ini memiliki 2 kolam dalam kategori yang berbeda, satu yang diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman antara 50-100 cm, dan yang kedua ada kolam sedalam 120 cm dan 180 cm yang dapat digunakan untuk umum. Kolam renang ini memiliki nama asli Banyuangga yang sekaligus menjadi kolam renang pertama yang ada di kota Probolinggo.

Jika anda juga mempunyai rencana berlibur ke Blitar, kunjungi juga Tempat Wisata di Blitar yang tak kalah bagus.

50. Alun-Alun Probolinggo

Alun-Alun Probolinggo

  • Lokasi : Kecamatan Mayangan , Kabupaten Probolinggo , Provinsi Jawa Timur .
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toilet, pusat makanan, areal parkir, musholla

Tempat wisata terakhir yang dapat menjadi lokasi wisata alternatif anda di kota Probolinggo adalah Alun-Alun Probolinggo. Alun-alun ini kerap dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat nongkrong atau pun bersantai saat pagi hingga malam hari.

Selain bersantai, anda juga dapat melakukan wisata kuliner yang tentunya sangat menggoda untuk di cicipi. Di areal alun-alun juga terdapat cagar budaya berupa monumen dan tugu yang tentu saja akan memperluas wawasan sejarah Anda.

Selain terkenal akan Bromo dan Gereja Merahnya, ternyata Probolinggo juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dijelajahi di dalamnya, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, hingga kulinernya pun sangat menarik untuk ditelusuri.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Probolinggo, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *