Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Blitar

25 min read

Tempat Wisata di Blitar

Siapa sih yang nggak tau kota Blitar? Salah satu kota yang berada di Jawa Timur ini terkenal sebagai tempat dimakamkannya presiden pertama Republik Indonesia, yaitu Soekarno. Nah, kali ini kami akan membahas tentang tempat wisata yang ada di kota Blitar. Namun sebelumnya, yuk kenalan dulu dengan kota yang satu ini.

Selain terkenal akan julukan sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga terkenal sebagai sebutan Kota Peta (Pembela Tanah Air), karena dahulu Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya di bawah pimpinan Soeprijadi pada tanggal 14 Februari 1945 yang mengilhami timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.

Tak hanya itu, ikon koi yang populer sebagai ikon negara Jepang juga dapat dibudidayakan dengan baik di kota ini, sehingga kota Blitar memeiliki julukan lagi sebagai Kota Koi. Wah menarik ya sobat!

Dengan banyaknya julukan yang disematkan untuk kota ini, ternyata kota Blitar juga memiliki banyak lokasi wisata yang unik dan menarik untuk dijelajah lho. Jika anda berencana ingin liburan ke kota ini, tak usah khawatir akan keindahan alam serta panorama wisatanya yang tak kalah indah dengan kota lain.

Nah untuk mempermudah perjalanan anda, kali ini kami akan memberikan beberapa referensi tempat wisata yang ada di kota Blitar yang dapat anda kunjungi pastinya. Yuk simak baik-baik..

Konten

1. Pantai Tambakrejo

tempat wisata di blitar terbaru 2019

  • Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 3.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata yang akan kami bahas pertama kali adalah pantai. Yang pertama adalah Pantai Tambakrejo. Penamaan dari pantai ini diambil karena letaknya yang berada di Desa Tambakrejo.

Keunikan dari pantai ini sendiri yaitu memiliki garis pantai sepanjang 10 km dengan pasir putihnya yang sangat bersih. Selain itu, pantai ini juga cenderung berbentuk teluk, sehingga ombak yang tercipta di pantai ini tidak terlalu besar.

Karena hal itulah, pantai ini sangat aman dan nyaman untuk dijadikan lokasi wisata bermain air bagi keluarga tercinta, meskipun demikian para orang tua harus tetap memperhatikan keselamatan si buah hati ya.

Karena akses menuju pantai ini mudah, sehingga pantai ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

2. Pantai Jolosutro

wisata blitar terbaru 2019

  • Lokasi : Ringinsari, Ringenrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang menjadi favarit selanjutnya adalah Pantai Jolosutro, pantai ini berbeda dengan pantai sebelumnya karena disini anda tidak akan menemukan hamapran pasir putih, melainkan akan melihat selimut hitam dari pasir yang bertekstus sangat halus.

Eksotisme dari pantai ini memang tak ada duanya, apalagi bagi kalangan para peselancar karena memang pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga disarankan untuk para pengunjung untuk selalu berhati-hati.

Pantai ini juga cukup strategi karena berada di berbatasan Kabupaten Malang, sehingga pas untuk dijadikan tempat singgah melepas penat ketika sedang menempuh perjalanan ke Malang.

3. Pantai Pangi

wisata blitar 2019

  • Lokasi : Krajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 1.000 (Parkir Motor), Rp 3.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 05.00-Malam
  • Fasilitas : ruang bilas, tempat berteduh, area camping

Pantai ini juga cukup terkenal dikalangan wisatawan, karena lagi-lagi pantai ini tampak seperti teluk yang dihiasi dengan bebatuan karang yang menutupinya.

Meskipun lokasinya tersembunyi, hal ini tak menyulutkan semangat para wisatawan untuk singgah karena pantai ini masih sangat terjaga keasriannya.

Menariknya lagi pantai ini juga menawarkan suasana khas pedesaan yang tentunya akan semakin membuat anda nyaman dan betah untuk berlama-lama disini. Dan jika anda ingin lebih intim dengan alamnya, anda tinggal camping di pantai ini serta rasakan sensai alam yang luar biasa.

4. Pantai Serang

harga tiket masuk tempat wisata di blitar

  • Lokasi : Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : rumah makan, toilet, musholla, toko oleh-oleh, area parkir

Eits jangan salah paham dulu ya guys, pantai ini buka terletak di Serang, Banten, ini cuma penamaannya saja yang diambil dari nama desa tempat pantai berada.

Salah satu daya tarik dari pantai ini sendiri yaitu pantai ini memiliki pasri putih bersih nan halus, yang tentu saja sangat instagramable buat dijadikan latar belakang berswafoto anda.

Karena ombaknya juga tidak terlalu besar, maka pantai ini cenderung aman untuk dijadikan destinasi wisata bermain untuk keluarga anda.

5. Pantai Pehpulo

tempat wisata di kediri

  • Lokasi : Peh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat peristirahatan

Salah satu pantai yang memiliki pesoan keindahan alam di bagian selatan kota Blitar adalah Pantai Pehpulo.

Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, jadi dapat dipastikan pantai ini masih memiliki panorama alam yang sangat asri dan terjaga.

Dan pantai ini tergolong pantai baru yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat berlibur anda nantinya.

6. Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit

Pantai Pasir Putih Pasetran Gondo Mayit

  • Lokasi : Krajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mendenagar namanya kok keliatan horor gitu ya? Tapi jangan salah, pesona keindahan yang ditawarkan pantai ini juga tak kalah cantik.

Seperti namanya juga pantai ini memiliki hamparan pasir putih halus yang juga cukup terjaga keaslian serta kebersihannya.

Meskipun tergolong objek wisata baru, namun pantai ini sudah banyak dikunjungi para wisatawan untuk destinasi camping di alam terbuka.

Seperti mencari harta karun, untuk mencapai lokasi pantai ini anda juga membutuhkan perjuangan sebab nantinya anda harus melewati bukit dan menyeberang sungai. Cocok bagi anda para kalian yang memiliki jiwa petualang yang tinggi.

7. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

  • Lokasi : Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang sedang ngehits banget di kota Blitar adalah Pantai Umbul Waru. Yang membedakan pantai ini dengan pantai lainnya yaitu adanya air terjun yang mengucur dari atas bukit yang langsung menuju ke Samudra Hindia, hal itu juga sekaligus menjadi kesitimewaan dan daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Untuk mencpai lokasi pantai ini juga dibutuhkan perjuangan yang cukup karena medan yang menanti berupa jalanan terjal dan sempit, dan sangat disarankan bagi anda yang hendak menuju pantai ini untuk membawa perbekalan yang cukup karena disana belum tersedia fasilitas penujang wisata.

8. Wisata Pesanggrahan Tambakrejo

Wisata Pesanggrahan Tambakrejo

  • Lokasi : Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Harga Sewa :
    • Sewa per kamar : Rp 250.000
    • Sewa hall : Rp 400.000
    • Sewa seluruh bangunan : Rp 1.250.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar single bed king size, kipas angin non AC, family room, ballroom luas, ruang rapat, makan prasmanan menu seafood lokal, satelit chanel, security 24 jam

Jika anda sudah mengunjungi Pantai Tambakrejo, maka sempatkan lah waktu untuk singgah ke Wisata Pesanggrahan Tambakrejo ini karena memang lokasinya tak jauh dari pantai tersebut tepatnya berada di atas bukit pantai tersebut.

Tempat ini menawarkan suguhan keindahan pemandangan pantai yang indah, serta dipadukan dengan suasana senja yang romantis.

Tempat ini sebenarnya merupakan buah penginapan yang memiliki beberapa fasilitas istimewa, mulai dari bedroom, hingga ruang rapat yang sangat tepat untuk dijadikan tempat meeting.

9. Pantai Jebring

Pantai Jebring

  • Lokasi : Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang memiliki nama unik ini mempunyai bentang pantai yang cukup luas, meskipun hanya terpisah saat pasang dengan pantai princen yang ada di sebelahnya.

Dengan pasir hitamnya yang melimpah, konon pantai ini pernah menjadi tambang pasir besi di masa lalu.

Meskipun cukup terkenal di kalangan netizen, namun sayang pantai ini belum dikelola dengan baik oleh pihak setempat, karena masih dibiarkan apa adanya walaupun sekarang sudah mulai tampak ada penjual yang mendirikan warung non permanen di sekitar pantai.

Selain ombak yang besar serta pasirnya  yang berwarna hitam, salah satu ikon Pantai Jebring ini yaitu batu besar dengan bentuk unik yang ada di pinggir pantainya.

Disini juga terlihat pepohonan cemara udang yang mulai tumbuh dan sepertinya tak lama lagi akan merubah kesan panas di pantai ini menjadi pantai yang cukup sejuk dan layak untuk dikunjungi apabila mencari alternatif pantai yang sepi di Blitar.

10. Pantai Princen

Pantai Princen

  • Lokasi : Dusun Banyu urip desa Ngadipuro kec Wonitirto, Banyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini bertetanggaan dengan Pantai Jebring dan Wedi Ireng. Untuk menuju ke pantai ini pun para pengunjung harus melewati perbukitan yang cukup eksterm sehingga harus diperlukan kewaspadaan yang ekstra.

Sesampainya di pantai, anda akan disambut dengan pasirnya yang gelap, namun tak segelap di Pantai Jebring dan Wedi Ireng. Nama Princen sendiri identik dengan sebutan utuk anak kelelawar.

Yups, karena disisi barat pantai ini ada gua raksasa yang dahulunya banyak dhuni oleh para kelelawar. Posisi gua ini persisi berada di sisi barat pantai ini.

Disaat waktu tertentu, pantai ini akan menyatu dengan Pantai Jebring dan Wedi Ireng dan membentuk satu rangkaian pantai raksasa. Hal tersebut hanya akan terjadi pada saat terjadi pasat maksimal. Sayangnya moment tersebut sangat langka.

11. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Wonotirto, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti namanya pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, yaitu dari kata “wedi” yang berarti pasr dan “ireng” yang berarti hitam.

Bentuk pantainya sendiri agak unik karena pada sisi kiri pantainya sedikit curam, sehingga ombak di sisi kiri dapat meluber jauh ke daratan.

Dan yang paling menarik, terkadang ombak disini datang dan dipecah oleh ombak lainnya yang datang tegak lurus, pemandangan seperti itu sungguh membentuk pertunjukan ombak yang mengesankan.

12. Pantai Kaben

Pantai Kaben

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Wonotirto, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu0

Masih dalam kawasan yang sama selanjutnya ada Pantai Kaben. Pantai ini memiliki keunikan sendiri yaitu melengkung membentuk teluk kecil sehingga tampak seperti bulan sabit.

Berbeda dengan pantai sebelumnya, pantai ini memiliki warna pasir yang putih dan bertekstur sangat lembut. Air lautnya pun sangat jernih sehingga karang-karang di dasar lautnya terlihat. Benar-benar keindahan yang tiada duanya.

13. Pantai Selok Dadap

Pantai Selok Dadap

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Desa Ngadipuro memang memiliki banyak pantai yang mengelilinginya, dan selanjutnya ada Pantai Selok Dadap.

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di timur Ngadipuro, akses menuju pantai ini lah yang paling memadai. Pantai ini memang termasuk pantai yang paling kecil di kawasan Desa Ngadipuro, namun bukan berarti hal itu mengurangi keindahan dari pesona pantai yang satu ini.

Suasana di sini lumayan lengang dengan deburan ombak yang tidak begitu besar. Pasir pantainya berwarna coklat muda sehingga tak menyilaukan mata. Memang tak berkilau, namun cukup mampu menenangkan hati di hari yang semakin senja.

14. Pantai Pudak

Pantai Pudak

  • Lokasi : Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Akses jalan menuju pantai ini belum cukup memadai karena kondisi antara jalan penghubung dan Ngeni hingga Banyuurip rusak parah, sedangkan jalan utama dari pemukiman terakhir hingga pantai masih merupakan jalan macadam yang sangat terjal.

Namun sebenarnya, akses jalan yang sulit juga sepadan dengan keelokan pantai ini. Pantai ini sangatlah indah, bersih, dan yang paling utama masih jauh dari sentuhan manusia. Bahkan saat anda berada di pantai ini, anda akan berasa menginjakan kaki di pulau pribadi.

Bisa dibilang orang-orang masih ngeri dengan aksesnya yang begitu sulit. Oleh karenanya, bagi siapa saja yang berhasil sampai di lokasi pantai ini, itu akan menjadi sebuah prestis tersendiri. Dan mereka memang layak mendapat pesona keindahan Pantai Pudak yang tiada duanya.

15. Pantai Dung Dowo

Pantai Dung Dowo

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini memiliki pasir yang lebih lembut daripada pantai lainnya yang berada di kawasan Desa Ngadipuro, sehingga lebih nyaman untuk dijelajahi. Dari sisi timur, pantai ini menawarkan pemandangan gerbang laut yang sedikit terhalang.

Pantai ini sendiri dibagi menjadi dua yaitu Dung Dowo Timur dan Barat. Antara pantai Dung Dowo timur dan barat dipisahkan hamparan karang yang cukup terjal untuk dilalui. Untuk lebih amannya, jika anda ingin menuju sisi timur pantai disarankan untuk memutar mencari jalur yang lebih aman.

Memang belum tersedia akses yang nyaman untuk menuju Pantai Dung Dowo, karena pantai ini masih alami dan belum di kelola secara resmi.

16. Pantai Bakung

pantai bakung

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai di kawasan Desa Ngadipuro memang sangat beragam dan memiliki keunikan tersendiri di setiap pantainya. Yang selanjutnya ada Pantai Bakung yang menawarkan view dua pulau karang yang berada di tengah laut.

Letak dari kedua pulau tersebut sejajar bak gerbang di tengah lautan. Pantai Bakung ini mempunyai jarak bentang yang cukup panjang, komposisi pantai nya juga sangat unik mulai dari pasir putih, bebatuan kecil hingga bebatuan besar. Ada pula yang pipih dan menjorok ke laut.

17. Pantai Selok Kancil

Pantai Selok Kancil

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Secata keseluruhan pantai ini tak begitu luas. Namun pantai ini masih memiliki pasri yang berwarna putih bersih serta tebing-tebing karang yang kokoh di setiap sisinya. Air lautnya pun masih sangat jernih. Sangat pas dijadikan sebagai tempat berenang, namun tetap harus waspada karena keadaan ombak di sini tak menentu. Safety first.

18. Pantai Benelan

pantai benelan

 

  • Lokasi : Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupatean Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai terakhir yang ada di Ngadipuro adalah Pantai Benelan. Pantai ini merupakan pantai yang berada di paling timur kawasan Ngadiupuro di bandingkan pantai lainnya. Pantai ini cocok untuk kamu para travelers yang suka berpetualang. Sensasi perjalanannya yang menantang serta kondisi pantainya masih benar benar alami akan banyak kesan menarik yang bakal sulit terlupakan.

19. Coban Wilis

Coban Wilis

  • Lokasi : Slumbung, Gandusari, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, tempat istirahat, MCK

Objek wisata selanjutnya yang akan kami bahas adalah Coban Wilis, coban sendiri memiliki makna air terjun. Coban Wilis ini merupakan air terjun bertingkat yang dimana memiliki ketinggian dan debit air yang berbeda di setiap tingkatannya. Untuk ketinggian paling tinggi di air terjun ini adalah 100 meter.

Daya tarik dari air terjun ini sendiri adalah karena ketika anda berada disini anda akan melihat dinding bebatuan yang dialiri air terjun sangat berkilauan karena pantulan cahaya matahari yang terik, ditambah lagi dengan lapisan hijau yang berasal dari lumut atau tumbuhan tertentu yang makin membuat dinding bebatuan tersebut nampak eksotik.

Pepohonan yang rindang juga turut membuat suasana di kawasan air terjun terasa sejuk dan segar.

20. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng

  • Lokasi : Kalibentak, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata air terjun ini sungguh berbanding terbalik dengan bebatuan kapur khas Blitar, sebab disini anda tidak akan menjumpai hal itu, melainkan anda akan menjumpai tebing yang berwarna hitam kelam, layaknya batuan gunung purba yang tampak mengelilingi air terjun.

Unik bukan? Karena adanya tebing breksi ini, menjadikan air terjun ini menjadi air terjun baru yang hits di kalangan para wisatawan Blitar.

21. Air Terjun Jurug Bening

Air Terjun Jurug Bening

  • Lokasi : Sumberurip, Purworejo, Wates, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, musholla

Sedikit bergeser dari lokasi air terjun sebelumnya, kali ini ada air terjun yang berada di Desa Purworejo. Air terjun ini juga tak kalah unik dari air terjun lainnya karena mempunyai kontur tebing air terjun yang bergelombang, sehingga air yang jatuh dari ketinggian memecah menjadi beberapa bagian.

Tempat wisata ini sangat disarankan bagi anda yang ingin menyatu dengan alam dengan cara berendam di aliran air yang dingin dan segar serta untuk merileksasikan badan yang lelah dengan rutinitas harian yang melelahkan.

22. Curug dan Kedung Badrun Blitar

Curug dan Kedung Badrun Blitar

  • Lokasi : Dusun Bakung, Desa Bakung, Kecamatan Bakung , Kabupaten Blitar , Provinsi Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, kamar mandi, musholla

Masih seputar air terjun kali ini ada Curug dan Kedung Badrun Blitar yang masih tergolong lokasi wisata baru serta masih sangat terjaga keasrian alamnya. Curug ini memiliki curahan air yang sangat jernih yang langsung ditampung di dalam kolam alami yang berada tepat di bawah air terjun.

Disini anda akan menjumpai air terjun bertingkat dengan ketinggian sekitar 8 meter. Karena masih baru, jadi tempat wisata ini masih jarang dikunjungi oleh para pengunjung.

23. Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh

  • Lokasi : Bakung Utara, Bakung, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini juga sedang hits belakangan ini, karena air terjun ini menawarkan panorama curahan air yang jatuh dari atas tebing bebatuan yang berlumut yang sangat mempesona.

Terlebih lagi akses jalannya yang bagus dan gampang, sehingga banyak dijadikan lokasi wisata akhir pekan warga Blitar. Namun jika musim hujan tiba, perjalanan anda akan ditambah dengan jalanan yang becek dan licin, jadi waspada ya guys.

24. Air Terjun Lawean

tempat wisata di tulungagung

  • Lokasi : Area Hutan, Geger, Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini masih masuk dalam kawasan Perkebunan Kawisari Gandusari yaitu perkebunan milik swasta dengan komoditi kopi dan cengkeh.

Namun sanga disayangkan keindahan dari air terjun ini belum terkespos dan masih sangat di kunjungi para wisatawan karena memang air terjun ini tidak dijadikan sebagai tempat wisata. Jadi ketika anda ingin mencapai lokasi air terjun, anda tidak akan menemukan papan petunjuk jalan, melainkan anda harus bertanya dengan warga di sekitar perkebunan yang sedang beraktivitas.

Air terjun ini sendiri tidak memiliki debit air yang deras namum memiliki keunikan sendiri yaitu aliran airnya seolah mucul dari dalam bebatuan dan tanaman rambat di sekitar air terjun. Air terjun ini pun terpecah menjadi beberapa bagian curahan aliran air, yang masing-masing memiliki ketinggian sekitar 25 meter.

Suasana yang tercipta di lokasi air terjun juga sangat teduh dan berhawa dingin sehingga akan membuat nyaman bagi sipa saja yang berkunjung kesini. Tak hanya itu, air yang dihasilkan juga begitu jernih jadi dijamin deh badan enggan untuk segera beranjak dari tempat ini.

25. Air Terjun Sirah Kencong

Air Terjun Sirah Kencong

  • Lokasi : Pkb. Sirahkencong, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di kawasan perkebunan Teh Sirah kencong. Air Terjun Sirah Kencong ini memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter dengan curahana air yang bersuhu dangat dingin.

Disini anda dapat mendengar gemercik air dari air terjun yang jatuh serta lengkap dengan kicauan para burung yang beterbangan yang pastinya akan semakin membuat anda semakin nyaman dan betah untuk berlama-lama di air terjun ini.

Karena lokasinya yang tersembunyi, jadi untuk mencapai lokasi air terjun dibutuhkan tenanga ekstra karena nantinya anda dituntut untuk berjalan kaki dan melewati hutan belantara. Lokasi yang tersembunyi inilah yang membuat wisata ini masih sangat terjaga kealamiannya.

26. Wisata Ekologis Puspa Jagad

Wisata Ekologis Puspa Jagad

  • Lokasi : Jl. Nanas Semen, Tegalrejo, Semen, Gandusari, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk: –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Objek wisata selanjutnya berupa wisata alam yang lain di kota Blitar, yang pertama ada Wisata Ekologis Puspa Jagad. Tempat wisata ini merupakan sebuah desa yang menawarkan wisata alam khas pedesaan dengan iklim yang sejuk, asri, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Tempat ini cocok bagi kalian yang ingin berlari sejenak dari rutinitas harian yang melahkan di tengah perkotaan.

27. Wisata Alam Gua Embultuk Blitar

Wisata Alam Gua Embultuk Blitar

  • Lokasi : Desa Tampakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : Rp 50.000 (Jasa Pemandu)
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : pemandu

Mencari lokasi wisata yang menantang ditambah dengan suasana yang sedikit seram? Wisata Alam Gua Embultuk Blitar ini lah jawabannya. Gua ini merupakan satu-satunya gua di kota blitar yang memiliki keunikan stalagmit ystalaktit yang menjadi ornamen terpenting yang harus anda lihat.

Gua ini cukup terkenal dan tak jarang dijadikan sebagai destinasi wisata di kota Blitar. Bahkan banyak wisatawan asing yang mampir ke wisata gua ini. Berdasarkan kesaksian warga setempat, Gua ini pernah menjadi salah satu tempat persembunyian simpatisan Partai Komunis Indonesia (PKI).

28. Gunung Butak

Gunung Butak

  • Lokasi : Perbatasan Kabupaten Blitar dan Malang
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam *waktu yang disarankan untuk mendaki adalah pada pukul 10.00-13.00 dan 18.00-19.00
  • Fasilitas : sarana informasi, area parkir, warung makan

Bagi kalian para pecinta gunung, di kota Blitar ada nih gunung yang harus kamu taklukan yaitu Gunung Butak. Gunung ini tak begitu tinggi tepatnya memiliki ketinggian 2.868 mdpl, dibanding dengan gunung lainnya, jadi cocok juga untuk para pemula yang ingin berlatih mendaki.

Di sepanjang trek, anda akan menjumpai padang sabana yang dipenuhi hamparan bunga edelweiss. Datanglah sekitar bulan Juli-Agustus untuk menikmati bunga edelweiss yang sedang bermekaran. Sabana ini juga menyuguhkan keindahan panorama perbukitan di sekelilingnya.

Kontur tanah yang landai juga membuat sabana ini kerap digunakan area kemah dan istirahat para pendaki. Dan disini juga terdapat sumber air bersih yang bisa digunakan para pengunjung.

Saat anda berhasil mencapai gunung, anda langsung disambut dengan kemunculan pemandangan alam yang indah serta pemandangan Gunung Arjuno yang tampak jelas berdiri gagah berselimut awan putih saat cuaca cerah.

Pagi harinya, puncak gunung ini juga menjadi spot terbaik untuk menikmati matahari terbit. Adanya samudera awan pun seolah menambah pesona matahari terbit. Keren!

29. Telaga Rambut Monte

Telaga Rambut Monte

  • Lokasi : Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Dewasa), Rp 2.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Telaga ini merupakan salah satu andalan tempat wisata di kota Blitar yang menawarkan pemandangan air telaga yang sangat jernih, saking jernihnya anda dapat melihat segala benda yang berada di dasar telaga ini.

Selain itu, daya tarik telaga ini juga terletak pada bangunan candi dan tempat petilasan yang masih sering digunakan untuk ritual. Pemandangan yang menyelimuti telaga ini juga tak kalah indah, anda akan disuguhkan degan pesona hamparan perkebunan teh serta ladang persawahan yang subur.

30. Gunung Pegat Ponggok Srengat

Gunung Pegat Ponggok Srengat

  • Lokasi : Wisata Gunung Pegat, Dusun Prambutan, Prambutan, Kawedusan, Ponggok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : rest area, toilet, rumah makan, tempat penginapan, toko, tempat ibadah, area parkir

Ada lagi nih gunung di kota Blitar yaitu Gunung Pegat Ponggok Srengat. Gunung ini memang tak setinggi Semeru atau gunung-gunung yang pretensius untuk dinaiki para pendaki. Sebenarnya, gunung ini sudah terkenal dan mulai ramai pada tahun 2000, tapi pada tahun selanjutnya kepopuleran gunung ini merosot.

Namun 3 tahun belakang, gunung ini mulai kembali menampakan eksistensinya kepada para pendaki dan wisatawan dengan suguhan pemandangan malam yang indah dari atas gunung.

31. Chenoa Water Play Kedawung

Chenoa Water Play Kedawung

  • Lokasi : Jl. Mastrip, Ngoran, Nglegok, Kedawung, Nglegok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00 (Sabtu-Kamis)
  • Fasilitas : bioskop, area parkir, wc umum, warung makan, kolam renang, wahana permainan air

Chenoa Water Play Kedawung merupakan salah satu wahana rekreasi anak yang ada di kota Blitar. Seperti namanya, tempat ini menyuguhkan berbagai wahana air yang mengasikan untuk sang buah hati dan juga anda.

Mulai dari penjaga water boom, komidi putar, panggung pementasan, pemancingan, dst. tersedia lengkap di Chenoa Water Play Kedawung. Bahkan jika anda tidak ingin berbasah-basah anda juga dapat menonton film disini. Sebuah suguhan tempat wisata yang lengkap untuk keluarga.

32. Water Park Sumber Udel

Water Park Sumber Udel

  • Lokasi : Jl. Kalibrantas No.31, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 13.000 (Weekdays), Rp 15.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : rivel pool, gentong raksasa, air mancur, water sliding, toilet, tempat bilas dan ruang ganti, toilet

Sumber Udel terkenal akan kolam renangnya yang menjadi kolam terbesar di kota Blitar. Dan beberapa tahun ini sudah mengalami renovasi untuk dijadikan sebagai waterpark terbesar di Blitar.

Di dalam tempat wisata ini terdapat 3 kolam yang berbeda, diantaranya kolam anak, kolam sedalam kurang dari satu setengah meter, serta kolam professional yang memiliki kedalaman mulai dari 1,6 meter yang biasa digunakan sebagai tempat untuk latihan dan lomba renang lengkap dengan tribun penontonnya. Jadi tak salah, jika waterpark ini kolam renang yang ditujukan oleh siapapun.

33. Arung Jeram Soko Adventure

Arung Jeram Soko Adventure

  • Lokasi : Desa Tegalasri, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk :
    • *Paket 1
      • Kelud Trip = Rp. 145.000 ,- / orang
      • Kawi Trip = Rp. 145.000 ,- / orang
      • Maksimal 5 orang / Senin s/d Minggu
      • Fasilitas : Welcome Drink, Rest Area, Local Transportation, Dring on Boat, Meal Guide, Equipment
    • *Paket 2
      • Kawah Trip = Rp. 95.000 ,- / orang
      • Lava Trip = Rp. 95.000 ,- / orang
      • Maksimal 5 orang / Senin s/d Minggu
      • Fasilitas : Welcome Drink, Local Transportation, meals Guide, Equipment
  • Jam Buka : *sesuai jadwal
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, rumah makan, penginapan

Seperti judulnya, wisata ini menawarkan salah satu permainan ekstrem yaitu arung jeram. Kegiatan arung jeram ini dilakukan di sepanjang aliran sungai Tiko dan Sungai Lekso.

Namun bila anda tidak cukup berani untuk menjajal wahana tersebut, anda juga dapat nongkrong disekitar cafeyang terletak di pinggir sungai. Pemandangan sungai serta alamnya yang eksotis membuat tempat ini menjadi salah satu favorit bagi warga kota Blitar.

34. Candi Penataran

Candi Penataran

  • Lokasi : Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Menurut cacatan sejarah, candi ini merupakan tempat yang dimana Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Candi ini berada di komplek percandian terbesar dan yang paling terawat di provinsi Jawa Timur. Candi ini sendiri ditemukan pada tahun 1815 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang pada saat itu provinsi Jawa sedang di kuasai oleh Inggris.

35. Candi Gambar Wetan

Candi Gambar Wetan

  • Lokasi : Blitar, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : *sukarela
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : toilet, warung makan, tempat peristirahatan atau gazebo

Candi ini berada di kompleks percandian yang terletak di lereng Gunung Kelud, tepatnya di tepi Sungai Bladak. Candi ini adalah salah satu candi Hinddu peninggalan zaman Kerajaan Majapahit. Namun saat ini candinya hanya tersisa bagian bawahnya saja. Selain itu, candi ini juga masih mempertahankan dua buah arca, dan juga monumen bangunan berupa punden berundak.

36. Candi Mleri

Candi Mleri

  • Lokasi : Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : pagi-sore

Candi ini diyakini merupakan makam Raja Singasari III yakni Ranggawuni yang memiliki gelar Sri Wisnu Wardhana yang dimana beliu adalah putra Anusapati atau cucu Tunggul Ametung dengan Ken Dedes yang merupakan candi tertua yang ada di Kabupaten Blitar.

Kompleks percandian ini masih sering dikunjungi para peziarah sehingga tak heran pada saat anda di tempat ini anda akan menjumpai taburan bunga serta sisa bakaran kemenyan dari para peziarah yang membuat tempat ini terkesan keramat. Di areal candi ini juga masih terdapat beberapa benda dan artefak bersejarah seperti lingga, yoni, relief, swastika, dll.

37. Arca Warak

Arca Warak

  • Lokasi : Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda sudah mengunjungi Candi Penataran, maka lokasi dari Arca Warak ini tak jauh dari kawasan komplek Candi Penataran tersebut. Di tempat ini juga ditemukan beberapa peninggalan berupa artefak, diantaranya seperti Jaladwara, Kemuncak, serta Lumpang. Disini juga terdapat sumber mata air yang kerap digunakan masyarakat setempat untuk mandi.

38. Candi Kalicilik

Candi Kalicilik

  • Lokasi : Desa Candirejo, Kecamatan Ponggok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : pagi-malam
  • Fasilitas : area parkir, rest area, musholla, spot foto

Sama halnya dengan Candi Gambar Wetan, Candi Kalicilik juga merupakan salah satu jadi Hindu penginggalan kerjaan Majapahit. Hal itu diketahui dengan adanya relief yang mengisahkan mengenai Dewa Surya yang lekat dengan kisah Surya Majapahit.

Untuk ukuran candinya sendiri tidak begitu besar, hanya berukuran 6,8 x 6,8 m. Walaupun demikian, bukan berarti kandungan sejarah yang berada di candi ini jugat tidak besar.

39. Candi Kotes

Candi Kotes

  • Lokasi : Desa Kotes, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : *sukarela
  • Jam Buka : pagi-malam

Melihat namanya, pastilah kita berpikiran bahwa penamaan candi ini diambil dari keberadaan candi ini yang terletak di Desa Kotes, namun tak ada yang tahu jelas asal-usul dari penamaan candi ini.

Candi ini sendiri diperkirakan sudah ada sejak tahun 1302 Masehi dan merupakan salah satu aset yang berharga dari desa Sukosewu itu sendiri, karena memiliki sebuah candi yang indah. Fakta unik dari candi ini sendiri yakni berusia sekitar 8 tahun lebih tua dari Candi Penataran di provinsi Jawa Timur.

40. Candi Sawentar

Candi Sawentar

  • Lokasi : Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : pagi-malam

Menurut kitab Negarakertagama candi ini juga disebut sebagai Lwa Wentar. Candi ini berdiri diatas lahan seluas 1.565 meter persegi. Dan dapat dikatakan unik karena candi ini seolah terletak di sebuah kolam. Karena letaknya cukup tinggi sekitar 4 meter di bawah permukaan tanah dan tidak terlihat menjulang.

Untuk bagian candinya sendiri memiliki tinggi 1 meter dengan tubu candinya yang berada di atas tanah seluas 7 X 7 m2, dengan tinggi sekitar 1,5 m serta tinggi total candi mencapai 10,65 m.

Tubuh candinya sendiri berukuran lebih kecil dibandingkan dengan kakinya, sehingga terbentuk selasar sempit di sekelilingnya. Pintu candi terletak di sisi barat, dan diapit oleh relung kecil di kiri dan kanannya.

41. Makam dan Kediaman Bung Karno

Makam dan Kediaman Bung Karno

  • Lokasi : Jl.Ir. Soekarno No.152,Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar , Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Siapa sih yang tidak kenal dengan bapak proklamator Indonesia? Yups, benar sekali Bung Karno. Perlu kalian ketahui bahwa Bung Karno ini juga merupakan presiden pertama Indonesia lho dan menjadi salah satu figur yang paling penting atas sejarah negeri Indonesia.

Beliau sendiri meninggal pada tahun 1970 dan dimakamkan di kota Blitar. Makam Bung Karno ini tidak pernah sepi setiap harinya, karena selalu didatangi oleh para peziarah yang ingin menghormati jasa-jasa beliau.

42. Wisata Penangkaran Rusa Maliran

Wisata Penangkaran Rusa Maliran

  • Lokasi : Jatilengger, Ponggok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Seperti namanya, tempat wisata ini dikhusukan bagi kalian yang ingin berjumpa dengan salah satu satwa lucu yaitu Rusa, tepatnya berada di Jatilengger. Disini, para pengunjungnya dapat memberi makan rusa sera berselfie ria dengan satwa lucu tersebut.

Suasana yang terdapat dikawasan ini juga sangat sejuk dan asri, sehingga para pengunjungnya akan nyaman dan betah untuk menghabiskan waktunya disini.

43. Sentul Green Park

Sentul Green Park

  • Lokasi : Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan taman yang berembel embel berbayar, taman ini tak dipungut biaya untuk menikmati berbagai fasilitas di dalamnya. Tempat ini memang sengaja dibuat oleh pamkot Blitar untuk masyarakatnya agar mempunyai kawasan yang asri dan penuh dengan pepohonan.

Karena terbilang baru, banyak masyarakat kota Blitar yang belum mengetahui keberadaan tempat ini, selain itu lokasi dari taman ini juga agak tersembunyi, meski sebenarnya tempatnya tidak terlalu jauh dari makam Bung Karno.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai di bawah pohon-pohon rindang di kota Blitar.

44. Kampung Coklat

wisata blitar kampung coklat

  • Lokasi : Jl. Banteng – Blorok No. 18, Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Kademangan, Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.30 (Kamis-Selasa), 09.00-16.30 (Rabu)

Selanjutnya ada eduwisata yang bertemakan coklat. Disini para pengunjungnya diajak untuk menikmati berbagai olahan coklat, mulai dari ice cream, mie coklat, hingga kue coklat. Pokoknya buat kalian para penggila coklat, ketika anda berada di kota Blitar anda wajib banget datang ke tempat ini dan rasakan sensasi berwisata sembari makan coklat yang tidak ada duanya.

45. Taman Pecut

Taman Pecut

  • Lokasi : Jl. Merdeka, Kepanjen Lor, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kursi taman, spot foto, toilet

Taman ini terletak di pusat kota Blitar yang masih satu kawasan dengan Alun-alun Blitar. Sesuai namanya, di taman ini terdapat patung pecut yang menjadi ikonik dari taman itu sendiri. Patung ini dibuat sebagai simbol tas pusaka Samandiman yang dimiliki oleh Adipati Blitar.

Di taman ini anda dapat menjumpai atraksi air macur di malam hari setiap harinya. Ragam polah air muncur ini dipadukan dnegan permainan lampu yang begitu apik, sehingga hal itu sangat ditunggu banyak wisatawan yang tengah berkunjung di Blitar.

Oleh warga sekitar, taman ini sering dimanfaatkan sebagai tempat bersantai di pagi hingga malam hari yang asik sembari berkumpul dengan rekan dan juga keluarga tercinta.

44. Alun-alun Kota Blitar

Alun-alun Kota Blitar

  • Lokasi : Jl. Merdeka, Kepanjen Lor, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : jogging track, fitness outdoor

Jika tadi kita telah mampir ke taman pecut, kini saatnya kita bergeser ke Alun-alun Kota Blitar. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat wisata kuliner bagi warga Blitar karena pada malam hari banyak sekali kuliner yang dijajakan. Tempat ini juga memerupakan alternatif lain apabila kalian tidak memiliki kesempatan untuk menjelajahi objek wisata di kota Blitar.

45. Monumen Trisula

Monumen Trisula

  • Lokasi : Jl. Trisula, Bakung Utara, Bakung, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Monumen ini dibangun oleh para militer dengan tujuan sebagai simbol untuk mengenang pembantaian yang terjadi pada 1 Oktober 1965. Sejarah kelam memang menylimuti monumen yang satu ini, namu hal itu tidak menyulutkan para wisatawan untuk terus mengunjungi tempat ini.

Bahkan banyak wisatawan asing yang menyempatkan waktunya untuk mampir ke monumen ini. Monumen ini sendiri sudah diresmikan sejak Desember 1972 yang menjadi penanda bagi warga Blitar bahwa pernah ada pembantaian manusia yang dituduh makar oleh militer Indonesia.

46. Taman Kebon Rojo atau Kebonrojo

Taman Kebon Rojo atau Kebonrojo

  • Lokasi : Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Kebonrojo Blitar merupakan sebuah taman yang pas untuk dijadikan sebagai lokasi jalan-jalan santai bersama dengan keluarga. Berlokasi di jalan Diponegoro, tepatnya di depan SMAK Diponegoro, taman ini menawarkan wahana permainan ringan serta tanah lapang yang dapat dimanfaatkan untuk bersantai atau kegiatan lainnya.

Selain permainan dan patung-patung, di taman ini juga ada tanaman dan hewan sungguhan seperti burung beo dan burung belibis.

47. Desa Wisata Semen

Desa Wisata Semen

  • Lokasi : Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo

Mencari wisata ekologis di koa Blitar? Datang saja ke Desa Wisata Semen. Saat memasuki kawasan ini anda akan disambut dengan gazebo yang dipenuhi dengan berbagai hiasan bunga anggrek alam yang sekaligus menjadi ikon Desa Semen.

Penggian desa ini sendiri ialah “Puspa Jagad” yang merupakan pemuda sekitar desa yang tergabung dalam paguyuban “Puspa Jagad”. Desa ini memiliki luas sekitar 1.079,12 Ha yang terbagi menjadi empat dusun yaitu Dusun Parang, Dusun Tegalrejo, Dusun Semen, Dusun Dewi dengan pusat pemerintahan berada di Dusun Tegalrejo.

48. Wisata Istana Gebang

Wisata Istana Gebang

  • Lokasi : Jalan Sultan Agung No.59, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Istana Gabang ini merupakan saksi bisu sejarah tumbuh kembangnya sang proklamator kemerdekaan yakni Bung Karno. Letaknya sendiri sekitar 2 Km dari makam Bung Karno.

Dari kompleks makam menuju Istana Gebang, anda cukup menggunakan becak saja yang banyak terdapat diareal makam. Inilah tempat tinggal kedua orang tua Bung Karno, sebuah rumah yang hingga sekarang masih ramai dikunjungi banyak orang, terlebih lagi pada bulan Juni tiba.

49. Agrowisata Belimbing Karangsari

Agrowisata Belimbing Karangsari

  • Lokasi : Jl. Jeruk No.301, Karangsari, Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur 
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Sama halnya Malang, koa ini juga terkenal akan salah satu buahnya yang menjadi ikon, yaiut Buah Belimbing. JIka anda berada di Blitar jangan lupa untuk mampir ke Agrowisata Belimbing Karangsari, disini anda dakan diajak untuk melihat dan memanen sendiri blimbing-blimbing dengan ukuran Jumbo.

Disini terdapat dua jenis belimbing yang di budi dayakan yaitu jenis Bangkok dan Filipina. Asiknya lagi, hasil petikan anda juga dapat langsunng anda bawa pulang atau juga anda dapat membeli dodol, manisan, keripik, sirup hingga selai yang dapat anda jadikan oleh-oleh nantinya.

50. Wisata Alam Pacuh

Wisata Alam Pacuh

  • Lokasi : Desa Panataran, Nglegok, Kabupaten Blitar
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 06.00-16.00

Lokasi tempat ini cukup strategis yaitu berada di kawasan omplek Candi Penataran dan Candi Gambar Wetan, selain itu juga berada di pinggir jalur alternatif Blitar – Obyek Wisata Gunung Kelud.

Wisata Alam Pacuh sendiri merupakan wisata berupa telaga alami yang terletak di antara rerimbunan pohon karet bolu raksasa. Disini anda dapat menikmati suasana yang begitu sejuk dan menenangkan. Pas banget untuk dijadikan sebagai tempat ngadem dan menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk sehari-hari.

51. Wisata Tulungrejo

Wisata Tulungrejo

  • Lokasi : Tulungrejo, Gandusari, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Wisata Tulungrejo merupakan sebuah desa yang menyajikan beragam objek wisata di dalamnya. Mulai dari hutan pius, air terjun, kebun apel, wisata religi, hingga Wisata Edukasi di Padepokan Lutung Jawa.

Sehingga banyak para wisatawan lokal maupun asing yang mampir ke desa ini untuk berlibur karena banyaknya ragam wisata dalam satu lingkup daerah yang sama. Dijamin deh nggak akan bosen menelusuri sudut tiap sudutnya.

52. Gunung Kelud

Gunung Kelud

  • Lokasi : Tulungrejo, Gandusari, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Satu lagi gunung yang harus kalian taklukan ketika ada di kota Blitar yaitu Gunung Kelud. Gunung yang sudah terkenal ini sudah merubah wajahnya di bagian puncaknya menyerupai Tangkuban Perahu di Jawa Barat atau Kelimutu di Ende, yang punya danau kawah.

Air yang berada di danau tersebut berwarna hijau pupus yang disebabkan karena adanya pengaruh gas belerang. Ketika matahari terbit, warnanya menyerupai emas yang berkilauan karena terkena cahaya.

53. Pantai Serit

wisata pantai di blitar

  • Lokasi : Serang, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai yang satu ini mempunyai pasir yang berwarna hitam dan coklat, dan tidak semua permukaan pantai ini tertutup oleh pasir. Di beberapa bagian memang telah tercampur dengan batu. Gradasi warna pasirnya yang hitam coklat sangat kontras dengan air laut serta langitnya yang biru.

Karena hal itulah pantai ini memiliki panorama uniknya sendiri. Disini juga terdapat tebing karang yang tinggi yang tentunya sangat instagramable untuk dijadikan latar belakang berswafoto anda.

54. Bukit Teletubies

Bukit Teletubies

  • Lokasi : Sumberasri, Nglegok, Gambaranyar, Sumberasri, Nglegok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : naik balon udara, berfoto dengan para Teletubbies

Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki bukit yang mirip dengan Bukit Teletubbies film fantasi kesukaan anak-anak. Karena kemiripannya itu menjadikan tempat ini populer dikalangan masyarakat dan dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata ketika hari libur tiba.

Karena tergolong objek wisata baru, tempat ini masih sangat terjaga kealamiannya meskipun sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Jika anda mencapai di puncak bukitnya, anda akan disuguhkan dengan pemandangan sekitar yang sangat indah dan ditambah lagi dengan udaranya yang sejuk. Pastinya akan membuat anda ingin berlama-lama di Bukit Teletubbies ini.

55. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan Teh Sirah Kencong

  • Lokasi : Pkb. Sirahkencong, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo, outbond area, camping ground

Belakangan ini memang tengah viral tentang keberadaan Perkebunan Teh Sirah Kencong yang menjadi spot terbaik untuk melihat keindahan sunrise yang bahkan sanggup menarik perhatian seorang sutradara kelas Hollywood, Livi Zhen.

Untuk itu, sunrise di tempat ini menjadi daya tarik utama yang ditawarkan oleh obyek wisata alam di Blitar ini. Tak hanya itu, perkebunan teh ini juga menyuguhkan pemandangan berbagai tempat istimewa, seperti Gunung Kelud yang eksotik di sisi barat, Gunung Kawi yang legendaris dan Gunung Butak di sisi timur. Menakjubkan bukan?

56. Sumber Ember

Sumber Ember

  • Lokasi : Duren, Kandangan, Srengat, Blitar, Jawa Timu
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sumber Ember merupakan salah satu objek wisata berupa kolam pemandian alami yang berada di kota Blitar. Pemandian ini terdiri dari pemandian tunggal yang memiliki bentuk persegi dengan kedalama mencapai 1,5 meter.

Di bagai pojok dari area wisata ini terdapat pohon raksasa yang menaungi kolam sehingga membuat menciptakan suasana menjadi teduh. Air yang terdapat di kolam ini pun sangatlah jernih serta kesegaran air di Sumur Ember ini tidak perlu diragukan lagi.

Pesona kejernihannya kan semakin terasa saat anda mencoba mengeksplore pesona under warternya. Karena cahaya matahari yang menembus air kolam akan membentuk pemandangan under water yang memukau. View ini pun semakin dipercantik dengan kemunculan ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari.

57. Kesambi Tree’s Park

Kesambi Tree's Park

  • Lokasi : Jatianom, Jatilengger, Ponggok, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-16.30
  • Fasilitas : area remaja, camping deck, sejumlah view deck, arboretum, gift shop, forest corner, cafetaria, playground

Kesambi Tree’s Park ini juga dikenal sebagai Wana Wisata Sumberingin karena letaknya yang berada di kawasan perhutani RPH Sumberigin. Kesambi Tree’s Park ini merupakan penangkaran rusa maliran yang telah dikembangkan dan dikelola dengan jauh lebih baik. Apa sih yang menarik dan membuat Kesambi Trees Park ini berbeda dari Maliran Deer Feeding? Karena telah tempat ini telah dikembangakan dan jauh lebih banyak memiliki fasilitas penunjang bagi para pengunjungnya, jadi dijamin deh anda akan semakin nyaman dan betah berada di tempat ini.

58. Fish Garden

Fish Garden

  • Lokasi : Jl. Bengawan Solo No.101, Pakunden, Sukorejo, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : terapi ikan, spot foto, Play Ground, restaurant, wahana memberi makan ikan, permainan anak, panggung hiburan, kolam di depan panggung yang berisi ikan raksasa mascot dari Fish Garden

Fish Garden ini merupakan salah satu objek wisata di kota Blitar yang mengajak para pengunjungnya untuk mengetahui cara memelihara berbagai ikan dan juga akan dikenalkan dengan beragam ikan hias yang sangat cantik.

Serta penataan tempatnya yang sangat menawan akan membuat anda takjub serta tergoda untuk terus mengabadikan setiap momen di tempat ini dengan latar belakang yang indah. Dan beberapa fasilitas penunjang juga akan mempermudah anda untuk berwisata serta tak perlu khawatir untuk berlama-lama di tempat ini.

59. Bukit Bintang Tumpak Waru

Bukit Bintang Tumpak Waru

  • Lokasi : Tumpakwaru, Sumberjati, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kantin, toilet

Ada yang menyebut bukit ini seabagai Bukit Bonsai Watu Lawang dan Bukit Suharto. Penyebutannya sebagai Bukit Suharo tak lepas dari peristiwa bersejarah, yaitu peresmian Moumen KNPI oleh Presiden Suharto di tahun 1989. Dan dibukit ini juga pernah dibangun bangunan-bangunan megah untuk Presiden Suharto. Namun seiring berjalannya waktu bukit ini sempat terbengkalai.

Dan bukit ini kembali menampakan esistensinya dengan kemunculan berbagai photo booth unik kekinian yang menghiasi sudut-sudut bukit. Muali dari bentuk bulan sabit, perahu, dan masih banyak lagi.

Panorama dari bukit ini juga semakin terlihat ketika malam hari tiba, karena kerlap-kerlip ampu kota tampak menawan dipandang dari puncak bukit, bak bukit bintang di Jogja. Saat langit cerah anda juga dapat dengan leluasa mengamati bintang bintang di angkasa, karena memang kawasan ini masih minimpolusi cahaya. Wah keren ya!

60. Bukit Bunda

Bukit Bunda

  • Lokasi : Dawuhan, Kademangan, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-24.00 (Jum’at-Rabu), 08.00-17.00 (Kamis)

Bukit Bunda Blitar ini tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi yang menyenangkan saja, namun disini juga dapat menjadi tempat wisata kuliner yang sangat istimewa yang dapat anda nikmati bersama dengan keluarga maupun pasangan tercinta.

Para pengunjungnya juga tak hanya dimanjakan dengan pemandangan alamnya saja, namun pihak pengelola telah menyediakan beberapa spot foto yang siap untuk anda jadikan sebagai latar belakang berswafoto anda, beberapa spot foto tersebut diantaranya adalah sign board bukit bunda, panggung cinta, payung cinta bukit bunda, serta trail dan komodo bukit bunda. Penasaran?

61. Kaloka Lodoyo

Kaloka Lodoyo

  • Lokasi : Desa Kaulon, RT 1/ RW 1, Kec. Sutojayan, Kaulon, Sutojayan, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 4.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : spot foto, area parkir, sewa hammock

Nama dari tempat wisata ini ternyata diambi dari singkatan Kawasan Alas LOdoyo KAulon. Disini anda dapat menikmati keindahan alam dengan ditemani suasana yang sejuk dan tenang.

Tak hanya itu, disini juga terdapat banyak wahana seru untuk anak-anak mulai dari kereta-keretaan mini, ayunan dan bangku yang terbuat dari kayu. Dan disini juga disewakan hammock yang dapat anda gunakan untuk bersantai dan menatap keindahan langit Indonesia.

Dan yang tak kalah menarik, disini juga terdapat spot foto berupa panggung yang berbentuk I Love U. Dan panggung tersebut sering dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai latar belakang foto romantis.

Jika anda juga mempunyai rencana berlibur ke Surakarta, kunjungi juga Tempat Wisata di Surakarta yang tak kalah bagus.

62. Puncak Kejora

Puncak Kejora

  • Lokasi : Pkb. Pijiombo, Ngadirenggo, Wlingi, Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo, spot foto, area parkir

Di puncak kejora ini anda dapat melihat kawasan Blitar dari ketinggian, selain itu terdapat pula gazebo yang sedang dibangun. Dapat dikatakan, nantinya puncak kejora ini akan menjadi salah satu tempat yang instagramable di Blitar, karena segala properti foto sebagai latar belakang untuk ajang berfoto sudah didesain dengan cukup apik.

Untuk yang mau ke sini, untuk saat ini dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Untuk roda empat cukup sulit medannya karena tanah menuju lokasi ini merupakan tanah lempung.

63. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

  • Lokasi : Jl. Kalasan No.1, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00–16.00
  • Fasilitas : warung makan, ATM center

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno merupakan sebuah perpustakaan sejarah yang dikhususkan untuk membahas sejarah bangsa Indonesia serta presiden pertama Indonesia, yaitu Ir. Soekarno.

Selain itu berdirinya perpustakaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya serta peradaban bangsa Indonesia melalui perpustakaan ini. Bagi anda pecinta sejarah, pasti berminat dong untuk mengunjungi perpustakaan yang satu ini?

64. Masjid Agung Blitar

Masjid Agung Blitar

  • Lokasi : Jl. Merdeka No.72, Kauman, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Setelah puas berwisata dan berpetualang, tak ada salahnya dong untuk menyegarkan rohani kita dan salah satu alternatifnya dengan mengunjungi Masjid Agung Blitar.

Masjid ini di dominasi dengan warna putih serta berwarna hijau di bagian kubahnya. Saat memasuki masjid ini nuansa klasik akan terasa kental akan arsitektur dari masjid ini. Namun uniknya, dati luar lebih tampak seperti bangunan ala masa kolonial Belanda.

Tak hanya keindahan bangunannya saja, namun tempat yang digunakan untuk berwudhu serta membersihkan diri juga tampak bersih dan modern dengan airnya yang senantiasa mengalir jernih. Jadi tak heran, banyak wisatawn luar kota yang sengaja mampir untuk menikmati suasana khitmat dan tenang di masjid ini.

Sealin terkenal akan julukan sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, ternyata kota ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang keren disetiap sudut kotanya, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga religinya sangat menggoda untuk didatangi.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Blitar, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *