Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan Klaten

2 min read

harga tiket masuk candi plaosan klaten

Candi Plaosan Klaten merupakan satu di antara banyaknya candi yang terdapat di Yogyakarta seperti Candi Ratu Boko, Candi Prambanan, Candi Sambisari, Candi Kalasan, dan lain sebagainya.

Candi yang dibangun di abad yang ke-9 ini merupakan pilihan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga, rekan, atau mungkin pasangan anda. Harga tiket masuk candi plaosan klaten hanya sekali bayar saja.

Candi ini dibangun di jaman pemerintahan kerajaan Mataram Kuno oleh Sri Kahuluan dan Raja Rakai Pikatan. Untuk keindahannya, candi ini tak kalah unik dari candi – candi yang lain.

Di sini terdapat berbagai macam arsitektur dan relief yang unik pada 2 candi Plaosan yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Keduanya berada di satu kawasan dan berjarak 20 meter saja serta berdekatan dengan tempat tinggal warga sekitar.

Candi yang berjarak 1 km dari Candi Prambanan atau Candi Sewu ini diberi nama Plaosan karena terletak di Dukuh Plaosan. Dengan adanya arca Budha, kemuncak stupa, dan candi perwara (kecil) menandakan bahwa candi ini adalah candi yang bercorak Budha.

Dulunya terdapat 3 dinasti yang menguasai kerajaan tersebut, dinasti tersebut yaitu Dinasti Isyana, Sanjaya, dan Syailendra. Petunjuk berdirinya kerajaan Medang atau Mataram Kuno ini bersumber dari prasasti – prasasti dan juga candi – candi baik yang bercorak Hindu maupun Budha. Prasasti yang dimaksud yaitu Kalasan, Klurak, Canggal, dan prasasti Mantyasih.

Konon kabarnya Candi Plaosan ini juga sebagai bukti cinta Rakai Pikatan terhadap istrinya yaitu Pramudya Wardhani (putri dari Samaratungga). Corak arsitektur candi ini adalah campuran Budha dan Hindu karena istrinya beragama Budha dan Rakai Pikatan sendiri beragama Hindu.

Luas wilayah candi ini adalah sekitar 440 x 270 m. Meskipun terlihat sama bangunan yang ada di sini sbenarnya berbeda. Perbedaan yang bisa dilihat yaitu terdapat pada relief masing – masing bangunan.

Di wilayah candi Plaosan ini anda bisa menjumpai 50 candi perwara dan 116 stupa perwara. Candi Plaosan sendiri mempunyai lebar sekitar 10 meter dan panjangnya 15 meter dan kedua candi dipisahkan dengan adanya tembok pembatas.

Bangunan utamanya adalah candi bertingkat yang di setiap bangunan terbagi menjadi 3 ruangan atas dan 3 ruangan bawah, serta papan kayu sebagai penyekat antarruang. Dengan pesona – pesona yang ada harga tiket masuk candi plaosan klaten tergolong ke harga yang murah.

 

Wahana

1. Festival Candi Kembar

tiket masuk candi plaosan 2019

Adanya festival candi kembar yang diadakan setiap tahun berarti ada pula suguhan tari – tarian dari seluruh budaya di Indonesia. Festival ini merupakan festival budaya yang terbesar di Klaten.

2. Candi Plaosan Lor

harga tiket candi plaosan klaten

Di kawasan plaosan lor ada 2 candi yang utama. Di sebelah utara terdapat Candi Induk Utara yang cerita dan reliefnya berisi tentang wanita. Sedangkan di bagian selatan terdapat Candi Induk Selatan yang relief dan ceritanya menggambarkan tentang laki – laki.

Anda juga dapat mengunjungi Candi Prambanan.

3. Candi Plaosan Kidul

candi plaosan malam hari

Walau tidak sebesar Candi Plaosan Lor, di sini juga tedapat spot foto yang tak kalah menarik. Anda dapat menjumpai stupa dan candi perwara yang berjumlah sedikit.

 

Fasilitas

  • Penjual Makanan
  • Pusat Informasi
  • Area Parkir
  • Toilet Umum

 

Lokasi

Untuk lokasi dari Candi Plaosan Klaten tentunya di Klaten, tetapi lebih tepatnya yaitu berada di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57454. Lokasi ini berjarak 18 km dari Yoyakarta pusat dan 24 km dari Klaten pusat. Jika jalanan lancar maka anda bisa sampai di sini selama 40 menit baik dari Yogyakarta ataupun Klaten.

 

Jam Operasional

Candi Plaosan sendiri dibuka setiap hari dari hari Senin sampai hari Minggu yaitu mulai pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB.

 

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan Klaten

Harga Tiket Masuk Candi Plaosan Klaten
TiketKategoriHarga
Tiket MasukRp5.000
Biaya ParkirSepedaRp3.000
Sepeda MotorRp3.000
MobilRp5.000

 

Tips Saat Mengunjungi Candi Plaosan Klaten

  1. Agar bisa menikmati keindahan sunrise yang bisa dilihat dari sini alangkah baiknya jika anda datang pada pagi hari.
  2. Jangan membuang sampah sembarangan.
  3. Jangan mencoret – coret bangunan.
  4. Jika anda mengunjunginya pada siang hari lebih baik membawa payung karena cuacanya yang panas.

 

Sekian beberapa ulasan mengenai Candi Plaosan yang ada di Klaten. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi siapa saja. Terima kasih 🙂

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *