Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Surakarta

22 min read

Tempat Wisata di Surakarta

Kota Surakarta atau bisa disapa dengan Kota Solo ataupun Sala merupakan salah satu wilayah otonom di Jawa Tengah dengan status sebagai kota. Kota ini sejak jaman dahulu sudah terkenal sebagai kota budaya dan sempat masuk ke dalam wilayah kerajaan Mataram dan menjadi daerah pusat pemerintahan. Dan kali ini kami akan membahas tentang tempat wisata yang ada di kota Surakarta, tapi sebelum itu, yuk kenalan dulu dengan kota ini.

Namun sejak ditandatanganinya Perjanjian Giyanti pada tahun 1775, Mataram pun terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Selain terkenal akan budayanya, ternyata Surakarta juga menyimpan potensi wisata yang luar biasa di dalamnya, mulai dari wisata alam, sejarah dan budaya, edukasi, hiburan, hingga kuliner dapat anda temukan semua disni yang pasti menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Enaknya lagi, disini kamu bisa berkeliling kota Surakarta menggunakan bus bertingkat Werkudoro yang dapat mengantar anda mengunjungi berbagai tempat di Surakarta, dan kamu pun dapat menyusuri Sungai Bengawan Solo yang melegenda dengan perahu kayu loh.

Nah untuk mempermudah perjalanan anda nantinya, kali ini kamakan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Surakarta yang dapat anda kunjungi pastinya. Yuk langsung simak baik-baik.

1. Air terjun Selondo atau Grojogan Selondo, Wonogiri

tempat wisata di solo yang dekat dengan stasiun balapan

  • Lokasi : Belik Jaten, Bakalan, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Grojogan Selondo merupakan salah satu objek wisata air terjun yang ada di daerah Surakarta. Dekat dengan lokasi air terjun, terdapat sebuah jembatan yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat yang hendak beraktivitas menuju tempat lain.

Bagi kamu yang bosan dengan kebisingin kota, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat menyepi karena lokasinya yang jauh dari keramaian dan juga suasananya yang masih sangat alami.

Keunikan dari air terjun ini ialah letaknya disebuah ceruk yang dikelilingi tebing-tebin tinggi yang begitu eksotis. Tepat dibawah air terjun terdapat dua kolam kecil dan sungai dengan air yang begitu sejuk dan berpadu dengan warna coklat keemasan dinding tebing serta hijaunya tanaman liar yang tumbuh di antara bebatuan semakin membuat kamu enggan beranjak dari tempat ini.

Dan satu lagi, ketika anda berada disini jangan lupa untuk singgah ke Puncak Bukit Secokro dan nikmati keindahan alam dari ketinggian 635 meter di atas permukaan laut.

2. Batu Seribu, Sukoharjo

Batu Seribu, Sukoharjo

  • Lokasi : Gentan, Bulu, Pacinan, Gentan, Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 07.00-18.00
  • Fasilitas : toilet, area parkir, masjid, area perdagangan, ojek, gardu pandang, camping ground, area bermain, kolam renang

Salah satu potensi wisata unggulan yang ada di kawasan geoopark Batu Seribu adalah Bukit Sepikul. Bukit Sepikul sendiri berasal dari adanya Gunung Sepikul dengan Gunung Kembar yang saling berhadapan yang seolah nampak seperti gunung yang siap dipikul sehingga dinamakan dengan Bukit Sepikul .

Selain itu, fasilitas yang sangat lengkap juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Namun, banyak yang berpendapat bahwa lokasi yang paling indah disini ialah di puncak bukitnya, sebab pemandangan bukit-bukit batu berpadu dengan pepohonan rindang yang sangat eksotis dan berkesan purba bisa anda nikmati disini.

3. Bukit Cumbri, Wonogiri

wisata solo 2019

  • Lokasi : Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berwisata sembari menikmati negeri di atas awan, yuk langsung saja ke Bukit Cumbri, Wonogir. Dengan lokasi nya yang berada di ketinggian 638 mdpl, bukit ini menawarkan pemandangan yang tiada bandingnya.

Gugussan awan yang menyatu dengan latar belakang hamparan bukit berwarna hijau mampu membuat anda terkesima dibuatnya.

Namun jika anda ingin ke tempat ini anda harus menyiapkan persiapan dengan matang, sebab untuk sampai ke spot terbaik anda diwajibkan untuk melintasi trek yang panjang dan cukup ekstrem.

Setalah anda sampai di lokasi, niscaya kerja keras anda akan langsung terbayar dengan suguhan pemandangan alam yang indah dan lanskap yang luar biasa!

Satu lagi tips dari kami, jika anda ingin menikmati momen yang terbaik disini, anda harus sampai sebelum matahari terbit, karena anda akan menyaksikan sunrise yang sangat mengagumkan!

4. Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso

tempat wisata di karanganyar

  • Lokasi : Dusun Sukuh, Berjo, Ngargoyoso, Tambak, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : masjid, lapangan

Bagi kamu yang sedang mencari lokasi makrab dan menginginkan suasana yang tenang jauh dari keriuhan kota, langsung saja singgah ke Taman Hutan Rakyat Ngargoyoso.

Disini anda akan merasakan suasana pegunungan yang sejuk, lengkap dengan teduhnya pepohonan pinus yang tenang dan sangat jauh dari kesan kebisingan kota.

Selain menawarkan spot yang menarik, istimewanya lagi tempat ini juga memberikan pengalaman istimewa berupa kegiatan memberi makan rusa, karena disini anda dapat bertemu secara langsung dengan rusa yang sedang santai berjalan, unik bukan.

Selain itu, wisata berkuda, memanah, area bermain, fasilitas outbound, wisata religi pun dapat anda lakukan disini loh. Tempat yang sangat pas untuk berlibur bersama teman dan keluarga.

5. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

wisata solo dekat bandara

  • Lokasi : Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 40.000 – Rp 150.000
  • Jam Buka : 08.00-17.30 (Senin-Jum’at dan Minggu), 08.00-22.00 (Sabtu)
  • Fasilitas : Area parkir, Tempat makan, Mushola, Penginapan, Area Outbond, Waterboom, Rumah hallowen, Toilet, Spot foto keren

Banyak orang yang menginginkan wisata di satu tempat sekaligus mendapat banyak hal yang menyenangkan untuk dilakukan seperti di tempat wisata yang lain. Apakah anda salah satunya? Jika iya di tempat wisata yansa satu ini anda bisa mendapatkannya.

Bersama orang terkasih anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain air di mini waterpark yang sejuk dan menyegarkan atau jika anda hanya ingin bersantai anda dapat memanfaatkan taman arsi yang tersedia dan menikmati suasana alam disana.

Tak sampai disitu saja, ada dua lokasi yang wajib anda kunjungi yaitu Rumah Papua dan Kampung Halloween. Di RUmah Papua terapat miniatur rumah-rumah adat khas Indonesia bagian timur. Bentuknya unik, dan pastinya asyik untuk dijadikan latar belakang saat selfie.

Sedangkan di Kampung Hallowen disini anda dapat menjumpai berbagai macam boneka yang mneyerupai hantu khas Indonesia yang siap membuat bulu kuduk anda merinding.

6. Gantole Wonogiri

tempat wisata di boyolalitempat wisata di boyolali

  • Lokasi : Sendang, Wonogiri, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Pernah membayangkan rasanya berada di angkasa dan menyaksikan beragam benda yang terletak dibawahnya sambil ditemani dengan semilir angin yang membisik? Sensasi itu dapat anda rasakan di objek wisata Gantole Wonogiri.

Disini memang menjadi spot awal kegiatan paralayang dilakukan yang tentunya akan membawa anda menyaksikan keindahan cipataan Tuhan yang tak ada habisnya.

Namun jika anda takut akan ketinggian, anda juga dapat bersantai diatas bukit sembari menikmati hamparan keindahan alam dibawahnya. Dengan latar belakang Waduk Gajah Mungkur, serta perbukitan hijau lengkap dengan semilir angin yang sejuk membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

Selain Bukit Cumbri, Wonogiri yang memamerkan keindahan sunrisenya, Gantole Wonogiri juga mempunyai momen terbaik yang bisa anda nikmati yaitu pada saat sunset tiba, anda disuguhkan dengan penampakan sang surya kembali ke peraduan. Keren!

7. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

  • Lokasi : Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Senin-Sabtu), 08.00-17.00 (Minggu)
  • Fasilitas : sewa masker atau snorkel (Rp 10.000), sewa pelampung (Rp 5.000), sewa kaki katak (Rp 5.000), sewa kamera underwater jam atau satu jam (Rp 60.000 atau Rp 100.000)

Ingin merasakan hidup di bawah air, disinilah tempatnya. Disini anda dapat melakukan kegiatan yang biasanya kita lakukan di darat, namun disini anda melakukannya di bawah air!

Seperti naik vespa, berkemah, main laptop, hingga bersepeda dalam satu tarikan napas di bawah permukaan air bisa anda coba disini.

Kesempatan yang tidak boleh anda lewatkan tentunya adalah mengabadikan momen lewat foto-foto gokil yang seru abis!

8. Umbul Cokro Tulung, Klaten

Umbul Cokro Tulung, Klaten

  • Lokasi : Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 11.500 (Weekend & Holiday), Rp 15.000 (untuk 2 orang Weekdays), Rp 3.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : waterboom, kolam renang, arena permainan anak, area flying fox, water slide, area parkir, toilet, tempat beribadah, penjual makanan, penyewaan tikar

Dengan kosep yang sealami mungkin memang menjadi dasar terciptanya objek wisata yang satu ini. Udaranya yang sejuk, airnya yang jernih lengkap dengan pepohonan yang tumbuh menyebar di sekitarnya merukapan racikan yang pas untuk dinikmati saat waktu bersantai tiba.

Airnya yang deras namun aman dinikmati ini membuat sensasi tersendiri untuk anda nikmati. Uniknya lagi, air yang terdapat disini berasal dari sumber alam, yang tepatnya dari sela-sela pepohonan ingas.

Seiring dengan perkembangannya, tempat ini sudah di lengkapi dengan waterpark yang sangat cocok dijadikan tempat berlibur anda dan keluarga.

Namun jika anda enggan untuk basah-basahan, coba saja berpose dengan background jembatan gantung, hammock di pinggir pemandian, di antara pepohonan Ingas atau bahkan di bawah air, yang hasilnya pasti keren. Tertarik untuk mencoba? Yuk datang langusng aja ke Umbul Cokro Tulung, Klaten

9. Telaga Biru, Sukoharjo

Telaga Biru, Sukoharjo

  • Lokasi : Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Geneng, Candi Rejo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, MCK, musholla, penginapan

Wisata air memang selalu menarik untuk disinggahi, terutama wisata air alami salah satunya adalah Telaga Biru, Sukoharjo.

Telaga ini merupakan bekas galian pertambangan kapur yang tergenang air dan menjadi semacam danau ataupun telaga, namun uniknya disetiap galiannya memilki warna air yang berbeda-beda. Dan mayoritas airnya berwarna kehijauan karena merupakan bekas galian batu kapur dan sewaktu waktu air ini akan berubah menjadi berwarna biru.

Keberadannya juga sangat menarik karena menyuguhkan pemandangan yang alami serta lanskap nan eksotik. Perpaduan warna antara dinding tebing berwarna putih kecoklatan, birunya air, serta pepohonan hijau amatlah sempurna.

Tak hanya itu, disini anda juga dapat menyaksikan momentum sunrise dan sunset yang tak kalah indah. Kurang lengkap rasanya jika anda berkunjung namun tidak mengabadikan momennya.

10. Randubang, Wonogiri

Randubang, Wonogiri

  • Lokasi : Dusun Randubang, Desa Pare, Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Meski biasanya spot foto menarik buatan tangan manusia. Namun tak jarang juga alam ikut turun tangan memberikan sentuhan destinasi wisata selfie buat Anda si pecinta fotografi. Salah satu tempatnya ialah Randubang, Wonogiri.

Disini anda akan melihat tebing-tebing kapur berformasi unik yang sekilas menyerupai Planet Krypton. Batu kapur yang berdominasi berwarna putih lengkap dengan gradasi warna biru gelap dan kemerahan benar benar unik dan langka!

Seolah tak puas memerkan keindahan tebingnya, saat sore menjelang, sang surya juga memberikan sentuhanyang kian menonjolkan karakter dinding batu ini dan membuat kesan dramatis. Pokoknya keren deh!

11. Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng

Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng

  • Lokasi : Dusun Suroteleng, Desa Samiran, Kecamatan Selo , Boyolali, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika sedang berada di Boyolali, coba deh kunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Gardu Pandang Bukit Batur Suroteleng. Disini anda dapat menikmati pemandangan dari gabungan keindahan Gunung Merbabu dan Gunung Sindoro serta Kota Boyolali yang berbalut pepohonan hijau, dijamin akan menyita pandangan anda

Hawa dingin serta kabut tipis akan menyapa anda saat anda tiba dilokasi. Tak hanya disuguhkan dengan pemandangan alamnya yang luar biasa, disini anda juga dapat menyaksikan sunrise yang tak kalah memukau dari lokasi lainnya. Sangat cocok sekali buat anda yang ingin selfie dengan landscape gunung dan alam sekitar yang menyilaukan mata.

12. Taman Hutan Rakyat (Tahura)

Taman Hutan Rakyat (Tahura)

  • Lokasi : Sukuh, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : masjid, MCK, villa, outbound

Karena akses jalan menuju lokasi wisata cukup menanjak karena berada di kawasan kaki Gunung Lawu, jadi pastikan bahwa kendaraan anda dalam keadaan yang fit.

Pada saat anda tiba di lokasi anda akan disambut dengan berbagai jenis vegetasi dan juga tak kurang dari 34 jenis satwa yang bisa anda saksikan sambil menikmati kesejukan alam yang disuguhkan lereng pegunungan.

Selain digunakan untuk tempat berwisata, kawasan ini juga digunakan sebagai tempat untuk melakukan penelitian dan kegiatan perkemahan. Bahkan di tempat ini, pengunjung dapat memberi makan rusa liar loh! Menarik bukan?

Atau jika kamu adalah penghobi berkuda, disini kamu juga dapat berkuda sambil menyisir hutan, serta juga terdapat area outbound yang dijamin seru untuk kamu nikmati.

Tak hanya menikmati pemandangan alamnya saja, disini kamu pun dapat menemukan berbagai spot foto yang menarik dan sangat sayang jika kamu lewatkan.

13. Kebun Strawberry Karanganyar

Kebun Strawberry Karanganyar

  • Lokasi : Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, musholla, MCK, penginapan

Ingin mengajak keluarga anda berlibur ke tempat sejuk sekaligus seru? Mungkin Kebun Strawberry Karanganyar bisa menjadi alternatif destinasi liburan anda nantinya.

Dengan lahan yang memilki luas kurang lebih 2.000 meter persegi yang ditanami dengan pohon strawberry serta lengkap dengan pemandangan perbukitan disekitarnya, argowisata ini menawarkan sensasi liburan seru yang asik dan berkesan.

Disini anda dapat melihat secara langsung proses penanaman bibit strawberry dan juga perawatannya. Bahkan anda juga dapat memetik buah strawberry langsung dari pohonnya untuk dimakan ataupun dibawa pulang sebagai buah tangan. Harga untuk satu kilogramnya dipatok dengan harga Rp 35.000,-

14. Telaga Madirda

Telaga Madirda

  • Lokasi : Dusun Tlogo, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Propinsi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-17.30

Salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Karanganyar adalah Telaga Madirda. Meskipun keberadaanya belum diketahui oleh banyak orang, telaga ini memilki penorama alam yang cukup mengagumkan.

Lokasinya yag berada di lereng Gunung Lawu membuat keberadaan telaga ini seperti sebuah harta karun tersembunyi yang susah untuk dicari, namun saat ketemu langsung bisa bikin jatuh hati.

Suasana alami khas pegunungan yang sejuk dan menenangkan membuat anda betah berlama-lama disini. Disekitar telaga ini anda juga dapat melihat hamparan pohon rindang serta sawah yang berundak-undak yang sekilas nampak seperti emandangan di Ubud, Bali. Hijau dan asri banget!

Uniknya, saking beningnya air yang terapat di telag ini, kamu bisa melihat ikan-ikan lucu berenang bebas di telaga dengan mata telanjang. Wow!

Tak hanya itu, disini anda juga dapat melakukan kegiatan camping yang memang biasa dijadikan sebagai tempat untuk traveler melakukan kemping atau para anggota komunitas menjalani pelatihan.

15. Bukit Gancik Selo Boyolali

Bukit Gancik Selo Boyolali

  • Lokasi : Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Selo, Dusun I, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika di gardu pandang Batur anda akan disuguhi dengan pemandangan lereng pegunungan Merbabu dan Sindoro, maka lain halnya dengan Bukit Gancik Selo Boyolali ini, disini anda akan disuguhkan dengan pemandangan Gunung Merapi, yang terkenal kokoh dan garang bila sudah waktunya aktif.

Selain melihat panorama gunung merpai, anda juga dapat melihat keindahan perkebunan yang asri, hijau dan menyejukkan. Bukit yang berada di ketinggian 2.000 mdpl ini tak pernah lupur dari incaran para wisatawan karena memiliki banyak spot foto yang unik dan menarik.

16. Arena Edukasi Intan Pari

Arena Edukasi Intan Pari

  • Lokasi : Jl. Jend. Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Selain dijadikan destinasi tempat berneng, tempat wisata ini juga memiliki daya tarik utama berupa pesawat terbang Boeing 737-300 asli yang terparkir di sebelah sebuah kolam renang yang dimana tak jauh dari lokasi pesawat terbang tersebut juga dijumpai sebuah helikopter jenis Bolco.

Tak hanya itu, para wisatawan juga mengunjungi tempat ini karena ada hal unik lainnya yaitu, disana disediakan spot khusus yang dapat anda manfaatkan untuk berfoto dan anda dapat bergaya di depan pesawat atau heli dengan mengenakan pakaian khas Korea Selatan atau negara lainnya. Jadi selain berenang, anda juga dapat narsis di beberapa spot yang tersedia.

17. Candi Plaosan

Candi Plaosan

  • Lokasi : Jalan Candi Plaosan, Dusun Bugisan, Desa Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Jika anda sudah berkunjung ke candi Prambanan, jangan lupa mampir ke Candi Plaosan, karena letaknya tak jauh dari Candi Prambanan tersebut. Konon katanya, Candi Plaosan dibangun sebagai bukti cinta Rakai Pikatan kepada Pramodyawardani.

Namun beberapa pendapat juga mengatakan bahwa candi ini merupakan simbol cinta universal, menembus batas-batas perbedaan yang sangat mendasar, terutama terkait hal ideologis, yaitu agama.

Terlepas dari hal tersebut, candi ini sendiri memiliki pemandangan yang begitu natural, klasik nan eksotik. Letaknya yang berada di tengah persawahan, membuat candi ini terlihat sangat kokoh. Bahkan dari beberapa sudut, anda daoat menyaksikan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

18. Candi Sewu

Candi Sewu

  • Lokasi : Jl. Raya Solo KM.16, Klurakbaru, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Tiket Masuk : Rp 30.000,- (satu paket dengan tiket ke Candi Prambanan)
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Meskipun bukan terletak di Surakarta, candi ini letaknya tak jauh dari kota tersebut. Keindahan candi ini memang tak tebantahkan, hampir semua pengunjung mengagumi akan keindahan dan keistimewaan candi tersebut.

Akses kalsik nan eksotik terlihat jelas di berbagai sisi dari candi ini. Istimewanya, selain fisiknya yang sangat menawan, candi ini juga menyimpan ceirta ironi yang mengiringinya, bila dihubungkan dengan kisah romantisme.

Siapa yang masih ingat dengan legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang? Yup, candi ini konon katanya masih bagian dari seribu candi dalam legenda tersebut. Oleh sebab itu dinamakan “Sewu” (seribu dalam Bahasa Jawa).

19. Omah Jungkir

Omah Jungkir

  • Lokasi : Desa Sendang, Waduk Gajahmungkur, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Selain Bali, ternyata Klaten juga memiliki rumah terbalik yang dinamakan Omah Jungkir yang dalah bahasa Indonesia berarti Rumah Terbalik. Seperti namanya, tempat wisata ini menyuguhkan berbagai perabotan dan ruang rumah yang terbalik.

Sebut saja kursi, meja dan sebagainya berada di langit-langit dan bukannya di lantai. Meski tempat wisat aini tergolong baru, namun wisata ini sudah mengundang banyak wisatawan untuk mengunjunginya dan tentunya berpose di dalam Omah Jungkir. Bagaimana dengan Anda?

20. Bendungan Colo

Bendungan Colo

  • Lokasi : Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ingin berpose tapi tidak ingin mengeluarkan modal yang besar? Sepertinya Bendungan Colo ini dapat anda jadikan refernsi liburan akhir pekan anda yang murah meriah. Lantas apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata bendungan? Pastinya hamparan air plus saluran irigasi untuk mengalirkannya? Tak salah, karena hal itu juga akan anda lihat di bendungan ini, namun yang membuat istimewa, bendungan ini memiliki susunan beton-beton pemecah arus yang simetris dan tertata amat rapi.

Saat hujan tiba, beton ini akan menjalankan tugasnya sebagai penahan dan pemecah derasnya arus sehingga tidak terlalu berbahaya. Namun lain halnya jika musim kemarau datang, karena susunan beton ini beralih fungsi sebagai spot foto keren yang sayang untuk dilewatkan.

Tak hanya itu, bandungan ini juga menawarkan pemandangan alami yang menenangkan. Bahkan di dekat bendungan ini juga terdapat taman dengan pohon-pohon rindang yang asik untuk leyeh-leyeh. Tak hanyaitu, di sini juga menjadi spot yang istimewa bagi para penggemar mancing karena banyaknya jenis ikan yang hinggap di sana.

21. Pandawa Water World

Pandawa Water World

  • Lokasi : Jl. Cemara Raya Solo Baru, Gedangan, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 80.000 (Weekdays), Rp 100.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Eits jangan sakah, waterpark ini bukan berada di Bali melainkan waterpark ini berada di Sukoharjo. Siapa sih yang tak suka bermain air, dari anak kecil hingga dewasa pun sangat menyukai wahana air. Di waterpark ini akan menawarkan berbagai pengalaman yang seru dan menarik.

Mulai dari level biasa hingga level excitement yang luar biasa bisa dapat anda rasakan disini. Contohnya wahana Blackhole, yang dimana anda akan diajak untuk melakukan seluncuran di slide tertutup dengan durasi dan jarak yang cukup panjang.

Atau bila anda ingin melakukan bapalapan bersama kawan anda, anda dapat berselncur secara berdampingan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Dan jangan lewatkan juga Raft Slide dan Body Slide yang tentunya akan memberikan sensasi berbeda.

Tak ingin terlalu ekstrim? Yuk bergeser ke Wave Pool, atau Earth Shower dan rasakan sensasi mandi di tengah air mancur. Untuk si buah hati juga ada kolam ramah anak seperti Kunti Pool atau Bima Slide serta Waterplay Ground yang tak kalah asyiknya.

Di dukung dengan fasilitasnya yang sangat lengkap memudahkan para pengunjung untuk melakukan berbagai macam aktivitas dan betah untuk mengabiskan waktunya disini.

22. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat

  • Lokasi : Baluwarti, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (WNI), Rp 15.000 (WNA)
  • Jam Buka : 09.00-15.00 (Sabtu-Kamis)

Selanjutnya ada wisata sejarah yang sayang untuk dilewatkan yaitu Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II tepatnya di Desa Sala (Solo) yang pada saat itu merupakan pelabuhan kecil di tepi Sungai Bengawan Solo.

Dan hingga saat ini, keraton ini masih dijadikan sebagai tempat tinggal Raja serta masih menjalankan tradisi dari kerajaan tersebut.

Di sebagian komplek keraton difungsikan sebagai tempat penyimpanan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan, termasuk berbagai hadiah dari raja-raja Eropa dan juga replika pusaka keraton, kereta kencana serta gamelan. Sedangakan dibagian tengah keraton terdapat sebuat sumur yang konon ceritanya digunakan raja sebagai tempat untuk bersemedi.

Jika anda hendak berwisata ke keraton ini, anda harus wajib mematuhi segala peraturan yang berlaku disana, seperti tidak boleh mengenakan celana pendek, kacamata hitam, topi, sandal jepit maupun jaket.

Dan jika anda kebetulan memakai celana pendek, anda disarankan untuk meminjam kain bawahan selama berwisata ke keraton. Dan tentunya, disana para pengunjungnya juga dilarang untuk merokok selama mengunjungi keraton serta membawa makanan ke dalam kompleks keraton.

23. Taman Sriwedari

taman sriwedari

  • Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : wahana permainan, restaurant, satand penjual souvenir

Taman Sriwedari merupakan aman Hiburan Rakyat (THR) yang berada di tengah-tengah kota Surakarta. Tempat wisata ini menyajikan berbagai atraksi kesenian dan hiburan bagi masyarakat. Mulai dari pertunjukan wayang orang, pentas musik hingga pertunjukan dance.

Dan disni juga terdapat fasilitas penunjunag seperti wahana permainan seru, restoran dan juga stand-stand penjual souvenr yang siap untuk anda kunjungi.

24. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

  • Lokasi : Jalan Mangkunegara, Bojonegoro, Ngijo, Tasikmadu, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Fasilitas : melihat proses pembuatan gula, taman, kolam renang, futsal mini, flying fox, taman lalu lintas, kolam terapi ikan, mandi bola, giling air cerdas, rumah pohon, panjat dinding, jaring laba-laba, area untuk jalan refleksi, akuarium air tawar, reaturant, toilet

Sebenarnya kawasan wisata ini merupakan sebuah pabrik gula, namun dari tahun ketahun dialihfungsikan sebagai salah satu objek wisata seru di kota Surakarta. Dengan suasana alamnya yang masih sangat asri serta lengkap dengan pepohonan rindang di dalamnya membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang haus akan sajian pemandangan yang menyejukkan.

Berbagai fasilitas pendukung juga menjadi salah satu tujuan mengapa para wisatawan singgah ke tempat ini.

25. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

  • Lokasi : Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 (WNI), Rp 20.000 (WNA)
  • Jam Buka : 08.30-14.00 (Senin-Jum’at), 08.30-13.00 (Minggu)

Wisata sejarah ini dibangun pada tahun 1757 oleh KGPAA Mangkunegara II dengan memadukan antara gaya tradisional Jawa dan sentuhan arsitektur Eropa. Selain dapat menikmati keindahan arsitektur bangunan, disini anda juga dapat menyaksikan berbagai koleksi benda seni dan bersejarah di lokasi ini.

26. Kampung Wisata Batik Kauman

Kampung Wisata Batik Kauman

  • Lokasi : Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-20.00

Seperti namanya, disini anda akan disuguhkan dengan deretan showroom batik dan rumah-rumah yang memproduksi batik yang sekaligus menjualnya kepada para wisatwan yang datang. Pada awalnya kampung ini digunakan sebagai sebagai tempat untuk pembuatan kain batik bagi keluarga keraton.

Namun kini, kampun ini sudah dapat dinikmati oleh kalangan manapun. Perbedaan anatara batik kauman dengan batik lainnya terletak pada warnanya yang cendurung gelap. Dan menariknya lagi, produksi batik dari kampung ini sampai dijual ke luar negeri.

27. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi

  • Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.261, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 35.000 (Umum), Rp 15.000 (Pelajar dan Mahasiswa)
  • Jam Buka : 09.00-16.30

Seperti namanya, museum ini menyuguhkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak, dari seluruh nusantara. Baik dari corak batik klasik, kontemporer, hingga corak modern. Menariknya lagi, disini para pengunjung juga dapat menyaksikan bagaimana proses membatik secara langsung serta mempraktekannya.

28. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market

  • Lokasi : Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 16.00-23.00

Dibuka mulai sore hari, tempat wisata ini menawarkan sensasi liburan seru malam hari di kota Surakarta yang menyenangkan. Selain menyuguhkan wisata belanja, disini juga sangat rekomended untuk dijadikan sebagai tempat wisata kuliner khas Solo yang menggiurkan.

Konsep pasar malam yang begitu kental dengan penataan rapi serta teratur membuat lokasi wisata malam ini disebut-sebut menyerupai Orchied Road di Singapura. Jangan lewatkan tempat satu ini ya guys!

29. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun Binatang Taru Jurug

  • Lokasi : Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Weekdays : Rp 15.000
    • Weekend : Rp 20.000
    • Holiday : Rp 20.000
    • *Tinggi Diatas 80 Cm Dikenakan Biaya Tiket Penuh
  • Jam Buka : 07.30-16.00

Tempat wisata selanjutnya yang mengusung konsep wisata alam dan edukasi adalah

Bosan berkeliling area kebun binatang, anda dapat beristirahat dan memafaatkan berbagai fasilitas di dalamnya seperti taman bermain, kereta mini serta ada juga pertujukan seni berupa reog atau kesenian lainnya.

30. Taman Balekambang

Taman Balekambang

  • Lokasi : Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Taman ini memiliki luas mencapai lebih dari 9,8 hektare yang telah berdiri sejak tahun 1921 yang dibangun oleh Mangkunegoro VII untuk dipersembahkan bagi kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Taman yang di dominasi dengan pepohonan rindang ini memberikan nuansa teduh dan asri, dan fakta unik dari berbagai pohon di tempat ini yaitu mereka telah berusia ratusan tahun dan masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Selain teduh nan asri, pengelola juga melepaskan beberapa satwa jinak yang dapat menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung. Beberapa satwa tersebut diantaranya yakni angsa, rusa, beberapa jenis ayam hias dan satwa lucu lainnya.

Dan dibeberapa bagian sudut taman juga disediakan bangku yang dapat anda gunakan untuk duduk sembari mengobrol santai dan menikmati sejuknya angin yang berhembus.

31. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional

  • Lokasi : Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Monumen ini sudah dibangun sekitar pada tahun 1918 dan dikenal sebagai “Societeit Sasana Soeka” yang baru diresmikan pda tahun 1978 dengan dilengkapi beberapa bangunan. Pada awalnya musemun ini digunakan sebagai tempat pertemuan bagi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Museum ini memiliki berbagai benda bersejarah diantaranya seperti koleksi koran dan majalah, mesin ketik kuno, hingga kamera dan benda-benda lain. Dan untuk menggiatkan kembali aktivitas museum, pihak pengelola secara rutin mengadakan seminar tentang pers, media serta komunikasi termasuk kompetisi fotografi yang cukup diminati oleh warga dan wisatawan.

32. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka

  • Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.30-15.00 (Selasa-Sabtu), 08.30-13.00 (Minggu)

Museum ini sudah berdiri sejak tahun 1890 namum pada tahun 1913, museum ini dipindahkan. Museum ini menyimpan berbagai koleksi berharga berupa peninggalan sejarah Keraton Mataram, serta juga beberapa benda lainnya yang erat kaitannya dengan kota Solo atau Surakarta.

Diantara peninggalan tersebut seperti gamelan, arca perunggu, keramik, pusaka tradisioal, dan batu yang merupakan peninggalan zaman Hindu Budha. Salah satu koleksi yang paling di cari dan terdapat di museum ini ialah buku Wulang Reh karya Pakubuwono IV yang berisi tentang petunjuk pemerintahan.

Selain itu, disini juga terdapat porselen antik yang merupakan hadiah dari Napoleon Bonaparte untuk Susuhunan Pakubuwono V.

33. Benteng Vastenburg Fort

Benteng Vastenburg Fort

  • Lokasi : Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun sejak tahun 1774-1779 di kota Surakarta. Bangunan ini dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff yang digunakan sebagai pusat untuk mengontrol pemerintahan Keraton Surakarta.

Konon katanya, selain digunakan sebagai tempat mengawasi pemerintahan Keraton Surakarta, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat diadakannya kegiatan pesta pora dan penyiksaan terhadap pribumi.

Yuk cari juga Tempat Wisata di Purwokerto yang tak kalah menarik dari kota Bekasi.

34. Pasar Antik Triwindu

Pasar Antik Triwindu

  • Lokasi : Ngarsopuro, Jl. Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Bagi anda para penggemar barang antik, anda tentunya tidak boleh melewatkan pasar yang satu ini yaitu Pasar Antik Triwindu. Disini, anda dapat dengan mudah menemukan berbagai koleksi lawas antik yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Mulai dari kain batik kuno, lukisan, uang serta koin kuno, ornamen wayang di papan kayu antik, onderdil otomotif yang sudah langka pun ada semua di tempat ini.

Bagi anda yang mencintai barang antik, pastinya anda sudah tau cara untuk menemukan benda antik yang benar-benar kuno dan memiliki nilai seni tinggi. Sehingga diperlukan ketelitian dan kemampuan melakukan kegiatan tawar menawar dengan penjual agar mendapatkan barang antik dengan harga yang lumayan “miring”.

Asiknya lagi, selain menggunakan uang cash, di pasar ini juga masih memberlakukab sistem barter terutama bagi kamu yang ingin menukarkan barang antiknya dengan barang yang diinginkan sesuai kesepakatan.

35. Taman Cerdas Kelurahan Jebres

Taman Cerdas Kelurahan Jebres

  • Lokasi : Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dengan mengeluarkan kocek sebesar lima ribu rupiah anda sudah mendapatkan destinasi wisata seru dan sarat dengan muatan edukasi yang sangat bermanfaat. Berdiri di atas tahan seluas 2000 meter persegi, taman ini memiliki berbagai fasilitas dan permainan yang megedukasi, baik fasilitas outdoor maupun indoor.

Dibagian outdoor terdapat panggung terbuka yang digunakan sebagai media untuk aktulisasi diri anak serta terdapat patung tokoh pewayangan dan beberapa relief serta patung tembaga dari beberapa tokoh nasional Indonesia, seprti Ir. Soekarno, Bung Hatta dan juga Ki Hajar Dewantara.

Adanya patung dinosaurus dan manusia purba juga tak kalah menariknya untuk dijadikan spot foto sekaligus digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak.

Selain itu, menariknya lagi di tempat ini juga terdapat lukisan 3D seperti gajah, angkasa raya, dengan beberapa planetnya, teleskop, dua ekor burung yang hendak terbang, dan juga buku yang seolah berada di balik dinding. Dan tak kalah serunya dibagian lantai terdapat lukisan 3D panorama kehidupan bawah laut yang terlihat penuh warna yang bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang foto yang asik.

36. Candi Sukuh

Candi Sukuh

  • Lokasi : Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Candi ini merupakan salah satu candi yang dijadikan sebagai warisan dunia ata usulan UNESCO sejak tahun 1995. Situs ini ditemukan pertama kali pada tahun 1815 oleh Johnson saat melakukan tugas untuk mengumpulkan data guna penyusunan buku History of Java yang diperintah oleh Thomas Stanford Raffles.

Bentuk candinya sendiri cukup sederhana seperti bentuk trapesium yang mirip dengan kuil Suku Maya Chichen Itza di Meksiko versi tidak rapinya.  Keberadaan candi ini cukup menjadi kontroversi karena terdapat beberapa relief yang menggambarkan erotisme yang cukup vulgar. Bahkan konon katanya candi ini memiliki kaitan erat dengan kesetiaan pasangan.

37. Candi Cetho

Candi Cetho

  • Lokasi : Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar, provinsi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Sama halnya dengan Candi Sukuh, candi ini juga merupakan salah satu candi yang dibangun pada masa kerajaan Majapahit. Dan juga menampilkan sisi erotisme yang cukup vulgar namun tidak sebanyak yang ada di Candi Sukuh.

Candi ini masih aktif digunakan sebagai tempat untuk melakukan ibadah bagi umat Hindu yang berada di sekitar kawasan candi, sehingga bagi para wisatawan hendak mematuhi segala peraturan yang berlaku disana. Salah satunya adalah dengan mengenakan kain poleng yang ditempatkan di pinggang yang akan diserahkan petugas saat anda membayar tiket.

Berada di salah satu jalur pendakian, membuat suasana yang tercipta di sekitar candi sangatlah sejuk dan menyegarkan, terlebih lagi lokasinya terletak di atas perkebunan teh di ketinggian sekitar 1.496 Mdpl. Ketika anda berkunjung ke wisata ini, anda juga dapat mampir ke Rumah Teh Ndoro Donker untuk menikmati secangkir teh serta mencicipi menu lezat yang disajikan.

38. Agrowisata Amanah

Agrowisata Amanah

  • Lokasi : Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, 3, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karang Wetan, Karang, Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 100.000, Rp 15.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : outbound, penginapan, tempat makan, kolam renang

Satu lagi tempat wisata rekreasi keluarga yang patut untuk dikunjungi adalah Agrowisata Amanah. Tempat wisata ini menyuguhkan sensasi liburan yang seru dan mengedukasi dengan menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Sebut saja outbound, penginapan, tempat makan enak, hingga kolam renang dan perkebunan yang tertata apik semuanya bisa anda dapatkan di tempat ini.

39. Oemah Bamboo

Oemah Bamboo

  • Lokasi : Plalangan, Dusun III, Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Wisata ini terbilang lain dari yang lain, karena hampir keseluruahan dari bangunan yang ada di tempat ini terbuat dari bahan dasar bambu. Tempat wisata ini tergolong baru, namun sudah sangat terkenal di media sosial karena banyaknya orang yang mengunjungi tempat ini dan engabadikan setiap momen serunya di lokasi ini.

Pasalnya, disini memang terdapat banyak sekali spot asik untuk menikmati pemandangan alam sekitar, termasuk lereng gunung Merapi dari kejauhan.

40. Dung Grujug Water Falls

Dung Grujug Water Falls

  • Lokasi : Doyong, Miri, Bulu, Doyong, Sragen, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sedikit geser ke kota Klaten, disini anda dapat menjumpai ir terjun tersembunyi yang mana pada saat musim hujan tiba akan semakin memamerkan keindahannya bak Niagara. Selain itu, panorama pemandangan alam sekitarnya juga sangat indah cukup untuk membujuk menarik para wisatawan untuk senantiasa berwisata seru di Kedung Grujuk ini.

41. Umbul Manten

Umbul Manten

  • Lokasi : Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : bilik ganti baju, musholla, area parkir, kolam, warung makan

Umbul lainnya yang wajib untuk anda kunjungi adalah Umbul Manten, karena seperti umbul sebelumnya, disini juga memiliki kolam dengan air sejernih berlian yang sangat asik digunakan sebagai spot bermain air yang kece dan kekinian.

Namun apabila anda ingin mengerti lebih tentang sejarah umbul ini juga boleh saja, karena ada informasi historis yang panjang dan menarik untuk dinikmati disana.

42.Taman Bunga Bono

Taman Bunga Bono

  • Lokasi : Jl. Tlogowono, Bono, Tulung, Area Sawah, Bono, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka : 09.30-23.00

Ternyata masih ada lho, lokasi wisata yang menyuguhkan pemandangan hamparan bunga yaitu Taman Bunga Bono. Pada awalnya kawasan taman ini merupakan sawah milik para warga yang kemudian diubah menjadi taman untuk beragam jenis bunga penuh warna. Disini para pengunjung dapat melakukan kegiatan berswafoto tanpa takut diganggu oleh siapapun sampai mati gaya!

43. Gunung Besek

Gunung Besek

  • Lokasi : Setren, Bugelan, Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : *seikhlasnya
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang, wajib banget deh datang ke Gunung Besek ini. Bagaimana tidak, disini anda akan disuguhi dengan pemandangan lanskap pedalaman Wonogiri yang berbukit, hijau namun tetap eksotis dan menawan. Sejumlah spot juga cukup asyik untuk dijadikan sebagai latar belakang foto anda.

44. Kalitalang

Kalitalang

  • Lokasi : Area Gn., Balerante, Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Salah satu tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan Gunung Merapi di lain sisi adalah Kalitalang. Dari sudut pandang di Kalitalang ini, kemegahan dan lanskap dari Gunung Merapi yang artistik akan terlihat jelas dan menjadikan gunung itu semakin terlihat eksotik.

45. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

  • Lokasi : Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.30

Fasilitas : wahana permainan, jungkat jungkit, ayunan, bola panjat, kios makanan

Tempat ini disebut-sebut sebgai bagain kecil dari surga yang ada di Karanganyar, mengingat karena memang air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah engan atmosfer dan nuansa yang ditawarkan sangatlah sejuk dan menenangkan.

Melihat air terjun sembari menikmati nuansa udara yang sejuk dan hawa pegunungan yang adem, anda akan dibuat kesusahan untuk segera beranjak pulang.

46. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

  • Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Tawangmangu Beji, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 17.000
  • Jam Buka : 06.15-17.00

Untuk menikmati air terjun ini, anda memerlukan perjuangan yang sedikit lebih ekstra karena nantinya anda harus melewati ratusan anak tangga yang licin dan memerlukan kewasapadaan tentunya.

Sesekali, disepanjang perjalanan anda akan digoda dengan sosok monyet yang berkeliaran dan berlarian sebelum akhirnya anda dapat menyaksikan air terjun dengan ketinggian lebih dari 20 meter dengan debit air yang besar. Curahan airnya yang menggelegar dan efek embun yang ditimbulkan memberikan sensasi yang asik untuk dinikmati.

47. Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler

  • Lokasi : Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Regency Central Java
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Tak mau ketinggalan ada Umbul Kapilaler yang juga akan memanjakan anda dengan sensasi airnya yang sebening kaca. Disini anda akan mendapatkan suguhaan “kemewahan” dan kesegaran air yang tak ada duanya. Yang tentunya akan mampu menyegarkan hati dan pikiran anda yang sedang kalut.

48. Umbul Sigedang

Umbul Sigedang

  • Lokasi : Dk, Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Selanjutnya masih ada Umbul Sigedang yang memiliki mata air yang masih alami dan sama sekali belum tercemar oleh paparan polusi limbah rumah tangga. Dan fakta unik dari umbul ini ialah umbul ini merupakan , sumber mata air yang digunakan oleh produsen Air mineral Aqua yang dimana merupakan air mineral yang sudah ngehits di Indonesia.

Meskipun memiliki suhu yang dingin, namun dijamin sensasi yang ditawarkan akan membuat anda ketagihan untuk berenang di tempat ini.

49. Bukit Hope

Bukit Hope

  • Lokasi : Jalan Dusun Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Sawah, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, spot foto, musholla, toilet, panggung seni, warung makan

Spot foto menarik memang tak ada habisnya di kota ini, sebut saja Bukit Hope. Tempat ini menyuguhkan bukan hanya keindahan panorama alam Karanganyarnya saja, namun juga memiliki beragam spot berswafoto yang kekinian dan ngehits tentunya. Pokoknya sangat sayang untuk dilewatkan!

50. Paralayang Kemuning

Paralayang Kemuning

  • Lokasi : Segorogunung, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : *mulai dari Rp 300.000 (Paralayang)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Sudah pernah berkhayal terbang seperti burng? Kali ini, anda tidak perlu untuk berkhayal, tapi anda langsung dapat melakukannya di Paralayang Kemuning ini. Dengan membayar mulai dari 300,000 IDR, anda sudah dapat merasakan keseruan terbang layaknya burung dan melihat panorama alam Karanganyar dari atas ketinggian.

Kegiatan ini tentunya sangat mengasikan bagi anda para pecinta wisata adrenalin.

51. Taman Bintang

Taman Bintang

  • Lokasi : Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : musholla, toilet, penginapan, pusat oleh-oleh, gardu pandang

Selain tea walk, anda juga dapat menjelajahi taman asik di kebun teh Ngargoyoso, Karanganyar, lho! Satu lagi, ada Taman Bintang Kemuning,tempat ini dipenuhi dengan wahana berselfie, lengkap dengan gardu pandang serta pemandangan alam yang sangat instagenic. Rugi deh jika kalian tidak membidikan lensa di tempat ini.

52. Rumah Pohon Banyu Anyep Wonorejo Jatiyoso

Rumah Pohon Banyu Anyep Wonorejo Jatiyoso

  • Lokasi : Wonorejo, Jatiyoso, Sawah, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Karnaganyar memang memiliki keindahan yang luar biasa, sehingga terdapat banyak objek wisata yang menyuguhkan pemandangan kota ini dari atas ketinggian salah satunya adalah Rumah Pohon Banyu Anyep Wonorejo Jatiyoso.

Disini anda dapat meilihat dengan jelas pemandangan kota Karanganyar yang begitu tenang yang tentunya ditempat ini juga dilengkapi dengan beragam spot selfie yang asik yang siap untuk menambah koleksi foto anda.

53. Tenggir Park

Tenggir Park

  • Lokasi : Area Sawah, Kemuning, kampung tenggir, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Fasilitas : Spot Sepeda Layang, Spot Rumah Honai, Spot Ranjang Layang, Spot Ranjang Air terjun Bidadari, Taman Bunga, Spot Gardu Pandang atau Rumah pohon., Kolam Renang, Permadani atau karpet terbang,, Mushola, Kantin atau warung makan dan minuman., Kamar mandi, Area parkir

Tenggir Park ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan rumah adat honai dari khas Papua. Yang dimana bentuknya sendiri berbentuk kerucut dan terbuat dari jerami yang disusun rapi. Letaknya yang berada di tengah hutan, tentunya suasana yang tercipta sangatlah sejuk dan segar.

Tempat wisata ini sangatlah terkenal dikalangan wisatawan ataupun traveler karena keunikannya tersebut. Selain itu, berbagai fasilitas penunjang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Bagaimana? Ternyata kota Surakarta juga memiliki berbagai wisata yang tak kalah asik dari kota lainnya. Mulai dari wisata alamnya yang siap untuk memukau mata, hingga wisata sejarahnya yang memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda di setiap objeknya. Dijamin anda tidak akan menyesal untuk berkunjung ke kota ini.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Surakarta, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *