Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Pasar Sukawati

7 min read

Pasar Sukawati

Pasar Sukawati merupakan salah satu tempat belanja di Gianyar Bali yang sudah terkenal hingga ke penjuru dunia. Saking terkenalnya, setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali pastinya akan menyempatkan diri untuk berbelanja di tempat ini.

Bahkan sebagian besar paket tour yang ada di Bali sudah menjadwalkan rutenya untuk berkeliling ke pasar ini.

Sejarah

sejarah pasar sukawati

instagram: @infowisatabali

Perlu kalian ketahui, jika pasar seni yang ada di bali ini telah berdiri sejak lama serta menjadi pasar tradisional yang yang menjadi tempat jual beli warga bali hingga sekarang.

Sekitar pada tahun 1980-an, Pasar Sukawati Bali ini kemudian mengalami perkembangan yang pesat sehingga banyak pengunjung yang datang beramai ramai dari pengunjung lokal hingga mancanegara.

Oleh karena kejadian tersebut, pada akhirnya pasar ini kemudian mulai dijadikan sebagai pusat tempat jual beli beragam produk kerajinan tangan yang khas dari Pulau Dewata Bali.

Dan di zaman sekarang, Pasar Sukawati sudah dikenal menjadi pasar seni yang amat terkenal di Bali, sekaligus menjadi pasar seni terbesar dan juga terlengkap yang ada di Pulau Dewata.

Popularitas dari pasar ini adalah tempat yang lengkap untuk berbelanja kerajinan tangan atau barang seni untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas Bali.

Keunikan

pasar seni sukawati
instagram: @infowisatabali

Berikut ini adalah beberapa keunikan yang akan kalian jumpai ketika berkunjung ke Pasar Sukawati, antara lain:

1. Pasar Seni Sukawati 2

Pasar Seni Sukawati sendiri pada waktu sekarang sudah terbagi menjadi 3 lokasi tempat untuk berjualan para pedagangnya.

Ketiga lokasi tersebut antara lain:

  1. Pasar Sukawati Satu
  2. Pasar Seni Sukawati 2
  3. Pasar Sukawati 3

Tapi, ketiga tempat berjualan di atas, lokasinya tidak saling berjauhan. Namun untuk ketiga lokasi tersebut, pasar seni sukawati 1 merupakan tempat yang paling padat dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Pusat oleh – oleh khas Bali 

Pasar seni satu ini terkenal karena menawarkan berbagai macam baju dan juga aneka kerajinan tradisional khas Bali.

Salah satu jenis barang yang banyak diincar oleh para wisatawan khususnya bagi wisatawan asing yakni pakaian batik dengan ornamen dan corak khas Bali.

Namun selain batik yang khas dari Bali, di tempat ini kalian juga bisa mendapatkan barang lainnya berupa celana ataupun kaos pantai yang nyaman.

Dan biasanya, para wisatawan lokal sengaja datang ke pasar sukawati ini hanya untuk membeli celana sekaligus baju pantai disana.

Ternyata hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab apabila beli di sekitaran Pantai yang ada di Bali, harga baju ataupun celananya akan jauh lebih mahal.

Sehingga banyak orang yang datang kesini sengaja untuk memborong pakaian seperti celana ataupun kaos pantai untuk dijadikan sebagai buah tangan atau souvenir untuk dibagikan kepada sanak saudara dirumah.

Untuk kisaran harga bajunya sendiri, dibandrol mulai dari harga Rp50.000.

3. Barang yang dijual

Untuk barangnya sendiri, terdapat beragam barang yang dijual di pasar ini, mulai dari pakaian, kerajinan, dan yang lainnya.

Namun menariknya lagi, selain disini dijual berbagai baju dengan corak Balinya yang khas, di pasar ini juga menjual lukisan asli dari para seniman bali.

Harganya sendiri, lukisan yang ditawarkan di Pasar Seni Sukawati Gianyar ini tergantung dari jenis serta ukuran dari lukisan itu sendiri.

Sebagai tips, kami sarankan apabila kalian hendak membeli lukisan disana, kalian beli lukisan tanpa bingkai. Selain harganya akan lebih murah, kalian juga akan lebih mudah untuk membawanya ketika pulang.

Tips Berbelanja

pasar sukawati bali
instagram: @syahrun_attila

Berbagai barang yang ditawarkan di pasar ini memang memiliki kualitas yang bagus dan tak kalah saing dengan barang yang dijual di tempat lain.

Namun, sebelum kalian berbelanja kesana, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Datanglah lebih pagi

Upayakan untuk datang sepagi mungkin, atau jika perlu kalian datang sewaktu pasar ini baru buka atau bahkan beberapa menit sebelum buka.

Sebab, masyarakat Bali percaya, jika pembeli yang datang pertama kali merupakan penglaris untuk dagangan mereka dalam satu hari penuh

Sehingga, biasanya para pedagang tersebut akan memberikan diskon besar bagi kalian yang berbelanja sebagai pelanggan pertama.

Dan asiknya lagi, apabila kalian datang di pagi hari, maka kondisi pasar masih sepi.

2. Borongan

Sebetulnya, untuk memperoleh diskon ataupun harga murah akan sangat sulit apabila kalian hanya membeli barang dengan jumlah yang sedikit.

Oleh sebab itu, jika kalian ingin mendapatkan harga yang miring, kalian beli barang dalam jumpah yang banyak.

Sebab, para pedagang bisanya akan memberikan potongan harga bagi siapa saja yang beli dengan sistem borongan atau membeli banyak.

3. Bersikap ramah

Usahakan kalian untuk bersikap ramah kepada para pedagang disana, sebab dengan keramahan kalian, nantinya akan menimbulkan keakraban serta kalian akan dianggap seperti saudara.

Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan harga lokal dari para pedagang dengan selisih harga yang cukup banyak.

4. Survei harga terlebih dahulu

Sebelum kalian menjatuhkan pilihan kepada barang yang akan kalian beli. Sebaiknya kalian juga mensurvei harga barangnya terlebih dulu di beberapa toko.

Sebab disana terdapat beberapa toko yang berani memberikan harga dengan yang jauh lebih murah. Sehingga, kalian juga harus berhati – hati dalam menawarnya supaya tidak menyinggung para pedagang disana.

5. Pintar Menawar

Tips terakhir yang dapat kalian terapkan dalam berbelanja di Pasar Sukawati adalah kalian harus pandai untuk menawar harga disana.

Kondisi tawar menawar ini dapat dikatakan sebagai suatu medan perang. Sebab, para pedagang pasar sukawati biasanya cukup susah atau alot. Mereka biasanya akan tetap mempertahankan harga yang dipasarkan.

Objek Wisata Terdekat

Berikut ini adalah beberapa objek wisata dekat Pasar Sukawati yang dapat kalian datangi, antara lain:

1. Tempat wisata di Ubud

grosir baju bali pasar sukawati
instagram: @sewamobil.bali

Objek wisata terdekat dengan Pasar Sukawati pertama yang mudah untuk diakses adalah kawasan wisata Ubud.

Kawasan wisata Ubud menyuguhkan beragam objek wisata. Mulai dari objek wisata sejarah seperti Museum di Bali yang terkenal (Museum Neka, Museum Puri Lukisan, Museum Arma, dan Museum Blanco Renaissance).

Selanjutnya wisata alam Botanical Garden, Sawah Terasering Tegalalang, Bukit Campuhan, Ubud Forest Monkey sampai tempat Rafting Bali di kawasan Ayung Rafting.

Dan tak ketinggalan juga menawarkan pusat kuliner Bali yang terkenal seperti Green Kubu Tegalalang Cafe serta Bebek Tepi Sawah Restaurant dan yang lainnya.

2. Bali Bird Park (15 menit)

pasar seni sukawati bali
instagram: @sha_tanya

Waktu tempuh yang diperlukan dari pasar Sukawati menuju lokasi Bali Bird Park, sekitar 15 menit perjalanan.

Alamat: Jalan Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Tiket Masuk: Rp 150.000 / dewasa, Rp 75.000 / anak (umur 2-12 tahun).
Jam Buka: 09:00 – 17:30.

3. Bali Zoo Park (10 menit)

harga baju di pasar sukawati bali
instagram: @silviawinny

Sesuai dengan namanya, daya tarik utama di tempat wisata yang satu ini adalah kebun binatang dengan segala macam koleksi satwa di dalamnya.

  • Alamat: Jalan Raya Singapadu, Banjar Seseh Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.
  • Jam operasional: 09:00 – 17:00 WITA.
  • Harga Tiket Masuk: Rp110.000 (1 dewasa), Rp85.000 anak (Umur anak, 2 – 12 tahun).

4. Goa Gajah 

pasar sukawati di bali
instagram: @jcamacho08

Goa gajah merupakan alah satu wisata sejarah yang menarik untuk ditelusuri di Pulau Bali. Dengan tiket masuk Rp30.000, kalian sudah bisa berkunjung kesana.

Alamat: Ubud, Bedulu, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

5. Tegenungan Waterfall (15 menit)

pasar sukawati online
instagram: @juli_makeup_hair

Apabila kalian berangkat dari arah pasar seni Sukawati ke arah objek wisata air terjun Tegenungan, maka kalian akan menempuh waktu perjalanan sekitar 15 menit.

  • Alamat: Jalan Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • Jam Operasional: 07:00 – 19:00.
  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000/ 1 orang.

6. Green Kubu Tegalalang Cafe

Green Kubu Tegalalang Cafe
instagram: @drishtijourneys

Untuk kalian yang hendak mencari tempat wisata kuliner dengan menawarkan suasana seperti di Tempat Makan Halal di Kuta, maka kalian bisa datang ke Cafe Green Kubu yang ada di daerah Tegalalang.

Cafe yang ada di daerah Ubud Bali yang ini terkenal akan daya tarik wisata kuliner makannya yang berada di tengah kawasan persawahan nan asri, nyaman dan juga murah.

Alamat: Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561.

7. Hidden Canyon Beji Guwang (10 menit)

Hidden Canyon Beji Guwang
instagram: @yourbaliexperience

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke lokasi wisata ini, maka kalian akan menempuh waktu perjalanan sekitar 10 menit dari arah Pasar Sukawati.

Daya tarik utama yang ditawarkan tempat ini adalah ada pada pemandangan tebing batu dan juga aliran sungai yang berwarna biru langit.

Tinggi tebing batu yang ada disana kira-kira setinggi 25 meter.

  • Alamat: Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.
  • Jam Buka: 07:00 – 18:00.

8. Desa Celuk Pusat Kerajinan Perak

Desa Celuk
instagram: @gajamaste

Apabila kalian hendak membeli kerajinan perak khas Bali maka kalian harus mengunjungi Desa Celuk.

Lokasi dari desa Celuk ini berdekatan dengan pasar Sukawati, kalian hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai di lokasi desa Celuk.

  • Alamat: Jalan Raya Celuk, Sukawati, Kabupaten Gianyar.

9. Tempat wisata lain

Rimba Reptil Singapadu
instagram: @tropicalislandidea

Selain beberapa tempat lokasi wisata di atas, ada juga tempat wisata lainnya dekat dengan Pasar Sukawati yang dapat kalian datangi, antara lain:

  • Rimba Reptil Singapadu pusat beragam reptil dari seluruh penjuru di dunia.
  • Pantai Secret Ketewel terkenal menjadi tempat untuk para peselancar beraksi.
  • Pasar Seni Guwang pasar seni tradisional yang menawarkan aneka ragam barang seni serta hasil kerajinan. Hampir sama dengan yang ada di Pasar Seni Sukawati namun berbeda lokasi.
  • Pertunjukan Tari Barong Batubulan
  • Air Terjun Tegenungan
  • Kemenuh Butterfly Park

Serta untuk tempat makannya sendiri kalian dapat mengunjungi:

  • Mie Kober
    Alamat: Jalan Batuyang No.72, Sukawati
  • Starbhoga Restaurant
    Alamat: Jalan Raya Singapadu Sukawati
  • Warung Special Sambal “SS”
  • Fortune Cookie
  • Dapur Malabar
  • Sama Suka Resto Bali

Penginapan

Berikut ini adalah beberapa penginapan yang dekat dengan lokasi Pasar Sukawati, antara lain:

Nama HotelAlamat
Batu Alam Villa JogloJalan Pasekan No.88, Batubulan, Ubud, Sukawati.
Bhanuswari Resort & SpaBr.Tengkulak Tengah, Kemenuh, Sukawati.
Bali Vidi VillaJalan Pasekan No. 68, Batubulan, Sukawati, Sukawati.
The Swaha HotelJalan Pasekan No. 29 B, BR. Tubuh, Batubulan, Gianyar, Sukawati
The Sawah VillaIr. Sutami Street, Tengkulak-Kemenuh-Sukawati.
Gangga BlesstaBanjar Sumampan Kemenuh, Sukawat.
Yana Villas KemenuhJalan Raya Sumampan, Desa Kemenuh Gianyar, Sukawati.
Villa Nian LuxuryJalan Ir. Sutami, Tegenungan, Mas – Gianyar Bali, 80571, Sukawati.
Khayangan Kemenuh VillasJalan Raya Ir. Sutami, Tegenungan, Kemenuh, Gianyar, Sukawati.
Yoga Amertham VillaJl.Raya Bona, Gianyar, Bali, Sukawati.
Airy Eco Sukawati Sutami Sumampan BaliSumampan Village (melalui Jl. Raya Ir. Sutami), Sukawati.
Wadari Retreat Villa Ubud,Kengetan Street Singakerta Ubud – Bali, Sukawati, Gianyar.
Arsuma Guest HouseJl. By Pass Dharma Giri, Bitera, Kec. Gianyar, Sukawati.
Bona Village InnJalan Kresna Bona Kelod – Blahbatuh , Sukawati.
Bali Masari Villas and SpaJalan Saba, Banjar Gelumpang,Sukawati-Gianyar.
Bali Sunshine Home Stay and GalleryJl, Insinyur Sutami, Banjar tengkulak Kelod, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.
Airy Blahbatuh Permata Pering 88 Gianyar BaliJalan Permata Pering No 88 Gianyar, Sukawati.
Omah ApikDesa pejeng, tampaksiring, Sukawati, Blahbatuh.
Sudama Guest HouseJln. Batuyang, Gang Elang No 1, Batubulan, Sukawati.
Vision Villa ResortJalan Pantai Masceti, Medahan, Blahbatuh, Gianyar, Bali, Sukawati.

Lokasi

Pasar Sukawati berada di alamat: Jalan Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582.

Rute

Dari arah Bandara Ngurah Rai menuju lokasi pasar, kalian akan menempuh jarak 30 km atau membutuhkan waktu sekitar 55 menit waktu perjalanan.

Rute menuju Pasar Sukawati dapat kalian mulai dengan menuju jalan tol madara – By Pass Ngurah Rai – Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang ada di Kota Denpasar.  Kemudian kalian tetap berada di jalan tersebut kurang lebih sejauh 18 km atau 23 menit sampai 30 menit waktu perjalanan.

Kemudian kalian lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Guwang dan kemudian masuk ke jalan raya sukawati. Selepas itu, kalian akan tiba di titik lokasi.

Jam Operasional

Pasar Sukawati buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 06.00 – 16.00 WITA.

Harga Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang datang kesini tidak akan dikenakan tarif biaya masuk. Namun untuk harga barang yang ada di pasar ini dibandrol mulai dari Rp15.000.

Tips

  • Apabila kalian tertarik untuk membeli kerajinan perak, maka kalian datang ke Desa Celuk di Kecamatan Sukawati. Sebab kalian akan menjumpai berbagai kerajinan seperti perhiasan, alat dapur, serta pajangan yang terbut dari bahan perak disana.
  • Pada saat kalian sedang berbelanja di Pasar Seni Sukawati, maka kalian coba untuk akrab dengan pedagang disana, survei harganya, belanja borongan, serta tawar gila-gilaan.
  • Pada umumnya, penjual yang ada di Pasar Seni Sukawati akan memberikan harga khusus untuk pelanggan awal ketika buka pada pukul 8.00 WITA. Hal tersebut dilakukan sebagai tanda penglaris untuk dagangan mereka.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *