Air Terjun Blangsinga: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
Air Terjun Blangsinga: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga TiketRp15.000
Jam Buka06.30 - 18.30 WITA
No Telepon-
AlamatJl. Raya Blangsinga, Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, 80581

Biasanya, Bali terkenal akan wisata alam pantainya yang menawan, namun ternyata Bali juga memiliki wisata air terjun alami yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Blangsinga.

Destinasi wisata air terjun satu ini amat populer di area Bali Tengah. Sebab lokasinya yang sangat strategis serta akses jalannya yang mudah untuk dijangkau sehingga menjadi tujuan tour wajib yang ada di Pulau Dewata.

Pengenalan

air terjun blangsinga bali

Air Terjun Blangsinga merupakan salah satu destinasi wisata air terjun terkenal yang ada di Pulau Dewata yang berada di wilayah Gianyar.

Akses jalan untuk menuju tempat wisata ini juga sangat mudah untuk dijangkau. Oleh karena itu, air terjun ini selalu dipenuhi dengan para wisatawan yang ingin menghabiskan harinya disini.

Di air terjun ini, para wisatawan hanya diperkenankan untuk mandi serta berenang di kolam alami yang berada di bawah air terjun dengan tinggi air terjun kurang lebih 15 meter.

Objek Wisata

1. Hiking Menuju Air Terjun

blangsinga air terjun

Untuk sampai di lokasi air terjun Blangsinga, maka kalian harus berjalan kaki dengan menyusuri lembah serta jalannya yang menurun dan cukup terjal.

Suguhan pemandangan pepohonan alam akan menjadi teman sepanjang rute perjalanan kalian. Sesampainya kalian dari lokasi parkiran, kalian akan langsung disambut dengan ratusan anak tangga untuk menuruni lembah.

Di area parkiran tersebut kalian juga sudah bisa melihat air Terjun Blangsinga di gazebo.

Pada bagian dasar lembah, kalian akan menjumpai pemandian dengan air jernih di dalamnya. Pemandian ini hingga sekarang masih digunakan oleh penduduk setempat sebagai tempat untuk mengambil air.

2. Air Terjun Bertingkat Tiga

air terjun blangsinga kabupaten gianyar bali

Air Terjun Blangsinga sendiri memiliki 3 tingkatkan.

Menurut pengelola setempat, area dari jatuhnya air masih terbilang berbahaya untuk dijadikan sebagai tempat berenang.

Namun, masih ada saja pengunjung yang bandel karena nekat untuk berenang di kawasan tersebut. Alhasil, sang Pecalang kemudian menegur “keras” sebab takut terjadi akan berbagai hal yang tidak diinginkan terlebih lagi pada waktu musim hujan.

Larangan tersebut “mungkin” akan bisa berubah pada waktu musim kemarau tiba, sebab debit air terjunnya lumayan berkurang.

Baca: Tegenungan Waterfall

3. Bungee Jumping

Bungee Jumping

Buat kalian yang menggemari wahana memacu adrenalin, maka kalian dapat mencoba untuk menikmati wahana Bungee Jumping disana.

Tidak hanya digemari oleh wisatawan lokal saja, namun ada juga banyak wisatawan asing yang juga menjajal untuk menikmati bungee jumping di tempat ini.

Hal itu berarti, air terjun ini menjadi kawasan terkenal oleh turis asing. Nah, maka dari itu, kalian yang berani mencoba, maka wajib untuk mencobanya.

Lokasi Bungee Jumping ini berlokasi di dekat Air Terjun Blangsinga. Sehingga, pada waktu kalian melompat, kalian akan disuguhi dengan pemandangan air terjun dan alam sekitarnya.

Apabila wahana bungee jumping ini kebetulan sedang tutup, atau kalian tidak berani akan ketinggian besar, maka kalian juga bisa mencoba lompat tebing.

Pengunjung dapat melompat dari atas tebing kedua dengan ketinggian sekitar 16 meter.

Air di bawah tebing ini memiliki kedalaman sekitar 8 m, sehingga secara teknis lompatan kalian akan aman untuk dilakukan

4. Air Suci (Holy Water) untuk Obat

air suci

Air Terjun Blangsinga memiliki area “Holy Water” atau dalam bahasa Indonesia berarti air suci.

Advertisement

Di kawasan air suci ini, sering diselenggarakan persembahyangan oleh masyarakat beragama Hindu di Bali.

Keadaan tersebut terbukti dengan adanya sesaji berbahan janur yang berupa canang. Kawasan ini ada di tingkat teratas air terjun dimana bentuknya menyerupai bak mandi kecil lengkap dengan pancuran kecil di dalamnya.

Apabila kalian mau, kalian juga bisa meminum airnya secaa langsung.  Air suci tersebut diyakni dapat mengobati beragam penyakit seperti pegal linu sampai syaraf  kejepit.

Baca: Tanah Lot

5. Spot foto

tiket masuk air terjun blangsinga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Air terjun Blangsinga mempunyai debit air yang cukup besar. Meskipun tidak tinggi, besarnya dari debit airnya mampu menimbulkan percikan air yang indah yang terasa di dasar lembah.

Gemuruh dari suara air juga seolah membawa pesan damai dari alam untuk wisatawan yang berkunjung. Terlebih lagi, air terjun ini juga dihiasi dengan tebing bebatuan yang semakin menambah kesan alami dari tempat wisata satu ini.

Sebab memiliki panorama yang indah, tempat ini sering menjadi incaran bagi para pecinta fotografi.

Banyak sudut foto menarik yang dapat kalian temukan untuk dijadikan sebagai latar berswa foto. Mulai dari atas air terjun, tebing tingkat ke dua, serta di bawah air terjun.

Untuk spot favorit para wisatawan ada di tingkat kedua dimana tebingnya sering dijadikan sebagai latar air meluncur yang eksotis.

6. Kesejukan air terjun

sejuk

Di bagian bawah air terjun terdapat suatu cekungan yang terbentuk dari aliran air terjun itu sendiri.

Cekungan tersebut bentuknya menyerupai kolam lengkap dengan pancuran air dengan debit yang sangat besar di belakangnya.

Air yang ada di kolam ini pun sangatlah jernih, sehingga sering dijadikan sebagai tempat mandi ataupun berenang oleh para wisatawan yang datang.

Tetapi apabila musim hujan datang, para wisatawan dilarang untuk mandi disini, sebab debit airnya semakin meningkat.

Untuk kalian yang tidak ingin mengambil resiko menikmati air di cekungan tersebut, kalian dapat memanfaatkan pemandian yang sudah disediakan disana.

Pemandian ini juga sering dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai tempat untuk mengambil air di pagi serta sore hari.

7. Pusat kuliner & belanja

Pusat kuliner & belanja

Di area air terjun juga telah tersedia banyak warung makan hingga restoran.

Warung serta restoran tersebut menawarkan beragam jenis menu khas Bali terutama makanan khas daerah Blangsinga.

Varian menunya yang dapat kalian coba antara lain: Dadar Gulung, Kue Ikan Bali, Sate khas Bali, dan makanan khas lainnya.

Beberapa restoran disana bahkan mempunyai suguhan pemandangan yang langsung menghadap ke arah Air Terjun Blangsinga.

Puas menyantap olahan khas Bali, kalian juga dapat membeli oleh-oleh yang sudah dijajakan di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Oleh-oleh yang dijajakan ada pada kios-kios yang sudah berjejer disana. Biasanya, oleh – oleh yang dijajakan disana berupa hasil karya kerajinan tangan dari penduduk setempat.

Apabila kalian beruntung serta pandai menawar, kalian akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Baca: Garuda Wisnu Kencana

Fasilitas

  • Warung makan dan minum
  • Restaurant
  • Toilet
  • Area parkir
  • Spot foto
  • Bungee jumping
  • Life guard
  • Kios oleh – oleh
  • Tempat pemandian
  • Ruang ganti
  • Sarana transportasi dokar

Lokasi

Air Terjun Blangsinga berada di alamat: Jl. Raya Blangsinga, Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali 80581.

Baca: Wisata Kintamani

Rute

Apabila kalian berangkat dari arah Kota Denpasar, maka jalanlah 200 meter sebelum menuju Pasar Blahbatuh kalian belok kanan untuk menuju lokasi wisata. Atau kalian akan menempuh perjalanan sejauh 1 km.

Dari arah kota Ubud, kalian akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan serta sekitar 1 jam waktu perjalanan jika berangkat dari arah Seminyak ataupun Canggu.

Di Bali kalian juga bisa menyewa skuter dengan tarif Rp50.000 per hari yang dapat kalian gunakan untuk mencapai lokasi wisata.

Atau juga bisa menyewa mobil lengkap dengan pengemudi sebesar Rp500.000 per hari.

Jam Operasional

Air Terjun Blangsinga buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 06.30 – 18.30 WITA.

Harga Tiket Masuk

KategoriHarga
Masuk kawasan Air Terjun BlangsingaRp15.000
Turun air terjunRp10.000
ToiletRp3.000
Parkir motorGratis
Parkir mobilRp5.000

Happy holiday!

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.