Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Seaworld Ancol

7 min read

seaworld ancol

Untuk kalian yang hendak melihat beragam satwa laut dan juga air tawar, atau beragam ikan maka kalian harus berkunjung ke Seaworld Ancol.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini menyuguhkan beragam satwa laut yang berada di dalam akuarium dan kolam sesuai dengan jenisnya.

Masih dalam satu kawasan dengan Ancol, tempat wisata satu ini juga memiliki beberapa wahana seru yang dapat kalian coba.

Cerita Singkat

cerita singkat

instagram: @ranilinarty09

Wahana wisata yang ada di Ancol ini menyuguhkan hiburan yang berupa koleksi beragam biota laut serta biota air tawar yang tersaji di dalam konsep yang sangat memukau mata.

Di tempat ini, kalian dapat menjumpai sekaligus mempelajari 11 ribu lebih dari biota laut serta 7 ribu lebih biota air tawar yang diantaranya terdiri atas 48 Jenis ikan serta 1 jenis reptil.

Tercatat terdapat sekitar 11.500 ekor biota laut. Diantaranya merupakan 138 jenis ikan serta di sektor avertebrata terdapat 3 jenis reptil.

Seluruh biota tersebut telah ditempatkan di dalam 28 display dengan tema serta nuansa yang berbeda – beda. Ke 28 display itu terdiri atas 19 akuarium laut, 9 akuarium air tawar dan juga 4 kolam terbuka.

Untuk memudahkan para pengunjungnya guna memilih jenis biota yang hendak mereka lihat sekaligus dipelajari. Seaworld Ancol juga sudah menempatkan 28 display itu ke dalam tiga zona berbeda. Ketiga zona tersebut antara lain:

  1. Zona pesisir
  2. Zona air tawar
  3. Zona laut.

Objek Wisata

1. Terowongan Bawah Air

seaworld ancol promo
instagram: @seaworld.ancol

Kegiatan di dalam Seaworld yang paling diminati oleh setiap pengunjungnya adalah melihat ribuan biota laut lewat terowongan kaca raksasa bernama Antasena.

Terowongan tersebut terbuat dari kaca dengan panjang 80 meter serta memiliki pemandangan bawah laut yang sangat cantik.

Di dalam terowongan ini juga telah tersedia eskalator yang akan memudahkan pengunjungnya untuk dapat menikmati wahana ini secara santai.

Koleksi biota laut yang ada di dalam terowongan ini pun sangat beragam. Serta kalian bisa menjumpai adanya informasi lengkap lewat papan informasi yang tersedia disana.

Dengan sensasi seperti berada di bawah laut, melakukan hunting foto tentunya akan menjadi hal wajib yang harus kalian lakukan.

2. Ribuan Satwa Laut

tiket masuk seaworld ancol
instagram: @seaworld.ancol

Ketika berkunjung ke Seaworld Ancol, kegiatan utama yang perlu kalian lakukan yaitu berkunjung ke area Main Aquarium.

Main Aquarium atau akuarium utama adalah akuarium terbesar dengan ukuran 38 × 24 meter, yang di dalamnya telah menampung sampai 5 juta liter air laut.

Di dalam akuarium tersebut, kalian bisa menjumpai adanya 35.000 ikan laut dari 35 spesies yang berbeda.

Mulai dari ikan yang lucu, cantik, hingga ikan terganas di lautan juga ada di dalam akuarium ini. Salah satu ikan terbesar serta terganas yang ada disana adalah Ikan Hiu Perawat Raksasa yang memiliki panjang ± 3,5 meter.

3. Glow Theater

ancol seaworld
instagram: @seaworld.ancol

Apabila kalian datang berombongan seperti pelajar yang tengah melakukan study tour, maka kalian juga harus berkunjung ke wahana Glow Theater.

Seperti namanya, wahana satu ini adalah sebuah teater yang memutarkan beberapa film edukasi berkaitan dengan Sea Turtle Story.

Pembawaanya yang ringan serta jenaka, akan membuat siapa saja terhibur dan juga gampang untuk meresap pelajaran di dalam film tersebut.

Terlebih lagi, pada saat film diputar, akan muncul warna – warni cantik dari lampu.

4. Touch Pool

touch pool
instagram: @seaworld.ancol

Touch Pool adalah sebuah wahana yang memungkinkan kalian untuk bisa menyentuh biota laut di dalam kolam. Seaworld Ancol mempunyai 3 area kolam terbuka yang bisa kalian sentuh.

Untuk area yang pertama adalah kolam yang berisi biota bintang laut yang bisa kalian sentuh maupun kalian angkat tubuhnya.

Pada kolam kedua, kalian bisa menyentuh hewan langka dengan umur yang panjang yakni penyu laut. Di area ini kalian bisa memegang cangkang, tungkai, hingga kepalanya. Namun dengan catatan, kalian harus berhati – hati supaya si penyu tidak terluka maupun stres.

Dan kolam yang ketiga kalian bisa menjumpai satwa buas layaknya ikan hiu serta ikan pari. Namun, disini kalian dapat menyentuhnya sebab ikan hiu maupun ikan parinya masih berukuran kecil atau muda.

Kalian juga akan dibatasi untuk hanya dapat menyentuh sisi punggungnya, sebab meskipun kecil mereka juga berpotensi membahayakan.

Dan menariknya lagi, disini kalian juga dapat bebas untuk berfoto bersama beberapa satwa tersebut.

5. Ikan Air Tawar Terganas

promo seaworld
instagram: @seaworld.ancol

Tidak hanya menyuguhkan biota lautnya saja, namu di dalam seaworld ini juga tersedia beragam ikan air tawar yang sangat cantik.

Ikan air tawar yang ada di dalam sini berasal dari beberapa negara di belahan dunia. Bahkan ada yang didatangkan langsung dari sungai Amazon, yaitu ikan piranha.

Ikan piranha atau ikan terganas air tawar ini dapat kalian lihat di dalam sebuah akuarium. Kalian juga dapat melihat atraksi para ikan ini yang sedang ganas melahap santapannya.

Beberapa ikan air tawar lain yang ada di tempat ini yaitu ikan sirip dan arapaima.

6. Jelly Fish

Jelly Fish
instagram: @seaworld.ancol

Disini, kalian dapat menyaksikan ubur – ubur dengan bentuk menyerupai payung lengkap adanya tentakel yang menjulur dan bertenaga listrik. Lokasi untuk melihat atraksi tersebut berada di Jelly Fish Exhibit Seaworld Ancol.

Pengunjung bisa menjumpai beragam jenis ubur – ubur seperti: Upside Down, Blubber, serta Sea Neattle Jelly Fish.

Tak hanya itu saja, kalian juga akan dimanjakan dengan pemandangan cahaya dari ubur – ubur yang tengah berenang bebas di kegelapan. Dan tentunya juga bisa menjadi latar belakang foto yang cantik.

7. Fun Dive

Fun Dive
instagram: @seaworld.ancol

Untuk kalian yang hendak merasakan keseruan untuk menyelam bersama ikan, maka kalian bisa merasakannya dalam wahana Fun Dive.

Fun Dive disini tak hanya akan menantang kemampuan dari menyelam kalian, tetapi juga akan memberi hiburan yang tidak terlupakan.

Sembari menyelam, kalian nantinya juga dapat sembari merasakan sensasi Feeding Show atau memberi makan ikan secara langsung.

Untuk kalian yang hendak mencoba wahana ini harus dapat memenuhi persyaratan tertentu guna menjamin keselamatannya.

8. Museum Seaworld Ancol

Museum Seaworld Ancol
instagram: @seaworld.ancol

Seaworld Ancol juga memiliki museum yang dapat kalian kunjungi untuk melihat berbagai biota perairan laut dalam.

Di dalam museum Seaworld Ancol ini, ada beberapa jenis hewan laut yang sudah diawetkan serta dimasukan ke dalam kaca.

Salah satu ikan laut dalam yang sudah diawetkan disana yaitu Ikan purba – Coelacanth (Ikan Raja Laut).

Museum ini bisa menjadi sarana edukatif untuk pengunjung dalam mengenal beragam jenis ikan dan biota laut dalam.

Fasilitas

  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang P3K
  • Photo Shop tempat mencetak foto dikreasikan dalam bentuk kaos ataupun gelas
  • Ruang Baby Care
  • Teater
  • Museum
  • Fish Spa (yang akan dilakukan oleh ikan Garru Ruffa. Ikan tersebut nantinya akan memakan sel – sel kulit yang sudah mati. Dengan durasi 30 menit).
  • Perpustakaan
  • Food court
  • Toko souvenir
  • Papan Informasi

Lokasi

Seaworld Ancol berada di alamat: Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Kontak: (021) 29222222 

Rute

Berikut ini adalah beberapa rute yang dapat kalian gunakan untuk mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan umum, antara lain:

Transjakarta

Kalian dapat menggunakan bus TransJakarta dengan rute Blok-M ataupun Koridor 5 lalu turun di Halte Ancol.

Bus

Kalian dapat menggunakan bus umum dengan jalur Blok-M jurusan Ancol, atau PPD P38 dengan jurusan Terminal Tanjung Priok.

KRL

Dari arah Bekasi, kalian dapat menggunakan KRL menuju Stasiun Jakarta Kota, lalu lanjutkan perjalanan dengan memakai Mikrolet M15 atau M15A.

Dari arah Serpong atau Bogor, kalian dapat menggunakan KRL dengan tujuan Kampung Bandan, lalu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan Mikrolet M15 atau M15A.

Kalian yang memakai kendaraan umum, nantinya akan tiba di pintu utama Ancol Jakarta Baycity, dan dapat kalian lanjutkan ke arah kawasan Seaworld Ancol dengan menggunakan shuttle bus.

Jam Operasional

Seaworld Ancol memiliki jam operasional dengan ketentuan sebagai berikut:

HariJam Buka
Senin – Jum’at09.00 WIB – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu09.00 WIB – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Jenis TiketSenin – JumatSabtu/ Minggu/ Libur
RegulerRp80.000Rp100.000
Reguler PremiumRp115.000Rp115.000
Bundling Sea World dan Ocean Dream SamudraRp135.000Rp180.000
Bundling Sea World dan Atlantis Water AdventureRp115.000Rp160.000

*)Seaworld juga kerap menyediakan tiket masuk secara bundling yang mana dapat kalian manfaatkan untuk memasuki tempat wisata lain seperti Atlantis Ancol, Dunia Fantasi,atau Samudra Ancol.

Baca juga: Atlantis Ancol

Promo

Berikut ini adalah beberapa promo yang dapat kalian gunakan ketika berkunjung ke kawasan wisata Ancol, antara lain:

1. Double Fun: Promo Dufan Januari 2020

Keterangan:

  • Periode 13-31 Januari 2020
  • Akses seluruh wahana Dufan, 7 wahana baru.
  • Mendapat 2 tiket
  • Harga:
    • Rp260.000 (Weekdays)
    • Rp350.000 (Weekend & libur nasional)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

2. Promo Atlantis Januari 2020: Promo Ulang Tahun

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Berlaku dari tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Promo tidak berlaku di kunjungan tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Membawa pendamping minimal 2 orang, maksimal 5 orang
  • Pengunjung yang berulang tahun Gratis.
  • Pendamping dikenakan membayar tiket dengan Harga Spesial
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp 65.000/ pendamping
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah): Rp 95.000/ pendamping
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

3. Promo Atlantis Januari 2020: HEMAT BEREMPAT (HEBAT)

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Pembelian 13 – 31 Januari 2020 & Pemakaian tiket (E-Voucher) hanya berlaku tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Hanya berlaku pembelian tiket 13 – 31 Januari 2020 di ancol.com
  • Penggunaan tiket (E-Voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Penukaran tiket (E-Voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Dimohon dalam membeli paket promo hebat sesuai dengan hari H/ kunjungan (weekday atau weekend)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp200.000/ empat orang.
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah/ Pekan Liburan): Rp260.000/ empat orang.
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

4. Promo Atlantis Januari 2020: KTP Jakarta Utara

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Berlaku dari tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Promo tidak berlaku pada tanggal High Season (25 & 26 Januari 2020)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp 65.000/ orang
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah/ Pekan Liburan): Rp 85.000/ orang
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

5. Harga Khusus Tiket Dufan Rombongan Jabodetabek

Keterangan:

  • Periode s/d 31 Maret 2020
  • Harga Rombongan Umum
    • Weekday: Rp205.000 / orang
    • Weekend: Rp270.000 / orang
  • Harga di atas sudah termasuk dengan pintu masuk Gerbang Ancol dan Dufan
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

6. Promo Pelajar Tiket Dufan

Keterangan:

  • Periode 13 Januari s/d 31 Maret 2020
  • Minimal 15 orang
  • Akses semua wahana di Dufan termasuk 7 wahana baru di kawasan Dunia Kartun dan Kereta Misteri
  • Harga: Mulai dari Rp140.000 harga (sudah termasuk Dufan+Gerbang Ancol)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

7. Promo Berempat, Free Satu Kendaraan

Keterangan:

  • Empat Tiket Individu, Gratis Satu Tiket Kendaraan.
  • Penambahan Tiket individu dapat dibeli langsung di gerbang
  • Pembelian via online di alamat: www.ancol.com
  • Harga: Rp100.000
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

8. Promo Atlantis Desember 2019: Bundling Atlantis

Keterangan:
  • Periode promo 1 Desember 2019 s.d 31 Januari 2020
  • Akses Atlantis + Sea World atau Atlantis + Samudra
  • Tanggal High Season 14 Desember 2019 – 12 Januari 2020 dan 25 – 26 Januari 2020
  • Harga Bundling Atlantis + Sea World
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp120.000
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp165.000
    • Premium (Tanggal High Season): Rp185.000
  • Harga Bundling Atlantis + Samudra
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp120.000
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp165.000
    • Premium (Tanggal High Season): Rp185.000
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

9. Harga Tiket Dufan Rombongan Luar Jabodetabek

Keterangan:

  • Periode s/d 29 Februari 2020
  • Harga Rombongan Pelajar
    • Weekdays: Rp170.000
    •  Weekend: Rp195.000
  • Harga Rombongan Umum
    • Weekdays: Rp176.000
    • Weekend: Rp209.000
  • Harga di atas sudah termasuk dengan pintu masuk Gerbang Ancol dan Dufan
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

10. Promo Atlantis Januari 2020: Cuan Imlek

Keterangan:

periode pembelian tiket 20 s.d 31 Januari 2020

  • Tiket promo cuan imlek hanya dapat ditukarkan s.d 29 Februari 2020
  • Penukaran tiket (e-voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 JANUARI 2020 (berlaku harga Premium High Season)
  • Periode pembelian tiket 20 s.d 31 Januari 2020
  • Periode penukaran tiket (e-voucher) 20 Januari s.d 29 Februari 2020
  • Penukaran tiket (e-voucher) tidak berlaku di tanggal 25 & 26 Januari 2020 (berlaku harga Premium High Season)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp55.000 per orang
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp75.000 per orang
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

Tips

  • Datanglah pada saat hari biasa atau hari kerja, karena pada waktu hari libur tiba, tempat ini akan ramai dipadati oleh wisatawan yang lain.
  • Sebaiknya kalian datang dengan memakai kendaraan pribadi agar kegiatan liburan lebih fleksibel.
  • Selalu awasi anak – anak, pastikan tidak jauh dari pandangan dan jangkauan kalian.
  • Membawa uang lebih (cash) untuk membeli makanan serta oleh – oleh di dalam tempat wisata.
  • Membawa kamera serta ponsel dengan kondisi batrai penuh, serta tidak lupa membawa power bank.
  • Membawa baju ganti serta peralatan mandi, jika kalian nantinya tertarik untuk bermain air di kawasan Ancol.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di lokasi wisata.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa saja yang ada di Seaworld Ancol?

Sesuai dengan namanya, Seaworld Ancol menyuguhkan beragam satwa laut yang berada di dalam akuarium dan kolam sesuai dengan jenisnya.

Wahana yang ada di Seaworld Ancol?

Berikut ini adalah beberapa wahana atau objek wisata yang dapat kalian temukan di dalam seaworld ancol, antara lain:
1. Terowongan Bawah Air
2. Ribuan Satwa Laut 
3. Glow Theater
4. Touch Pool
5. Ikan Air Tawar Terganas
6. Jelly Fish
7. Fun Dive
8. Museum Seaworld Ancol

Alamat Seaworld Ancol?

Seaworld Ancol terletak di kota Jakarta Utara, tepatnya berada di alamat: Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Jam operasional Seaworld Ancol?

Seaworld Ancol memiliki jam operasional dengan ketentuan sebagai berikut:
– Senin – Jum’at: 09.00 WIB – 17.00 WIB
– Sabtu – Minggu: 09.00 WIB – 18.00 WIB

No telepon Seaworld Ancol?

No. Telepon(021) 29222222

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tirta Sanita Ciseeng

Dwi Okta
5 min read

Goa Agung Garunggang

Dwi Okta
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *