PANTAI MUTUN: Aktivitas & Tiket Masuk 2023

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiSukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung

Keindahan Pantai Mutun di Bandar Lampung memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Airnya yang bersih dan berwarna biru serta hamparan pasir putihnya yang luas membuat pemandangan di tempat ini sungguh menenangkan.

Terlebih lagi sekarang kawasan ini sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang yang membuat siapapun betah berada di sini. Harga untuk sewa wahana dan peralatan pun masih bisa dianggap murah dan terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Mutun

Sebenarnya tidak ada harga tiket yang dipatok oleh pihak pengelola. Biaya yang perlu dikeluarkan pengunjung adalah biaya parkir serta biaya lain-lain, meliputi biaya sewa alat-alat maupun pengeluaran untuk makan dan sebagainya.

Jenis KendaraanBiaya Parkir
Kendaraan roda duaRp10.000
Kendaraan roda empatRp30.000
Bus KecilRp75.000
Bus besarRp100.000

Jam Buka

Jam Buka Pantai Mutun

Untuk mengakses pantai, maka pengunjung bisa datang setiap hari selama 24 jam. Tidak ada perbedaan antara hari biasa dan hari libur. Namun, untuk mengakses beberapa fasilitas, misalnya kamar mandi, ada beberapa yang beroperasi mengikuti jam kerja warung makan di sekitarnya.

Aktivitas di Pantai Mutun

Aktivitas di Pantai Mutun

Tempat wisata dengan garis pantai yang panjang ini memiliki banyak sekali aktivitas yang ditawarkan. Baik tua maupun muda bisa berkegiatan dengan menyenangkan di sini.

1. Bermain Air dan Pasir

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai MS ini terkenal akan airnya yang jernih. Selain itu, ombak di pantai ini kecil dan landai. Hal ini membuat pantai MS sangat nyaman digunakan untuk bermain air dan berenang.

Walau demikian, jika berjalan di pantai usahakan mengenakan alas kaki. Sebab di beberapa bagian pantai masih banyak terdapat bulu babi. Walaupun populasinya tidak cukup mengganggu, namun jika kaki menginjak bulu babi maka dapat menyebabkan demam.

Pasir di pantai ini juga cukup halus sehingga menyenangkan ketika disentuh. Bagi Anda yang tidak terlalu suka berenang, maka Anda dapat menghabiskan waktu dengan membuat istana pasir atau berjemur.

2. Snorkeling

Mutun Beach memiliki banyak terumbu karang serta biota laut yang indah. Ditambah dengan air birunya yang jernih dan bersih, maka tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi snorkeling. Aktivitas ini merupakan aktivitas yang banyak dipilih para pengunjung pantai.

Jika belum mahir dalam snorkeling, Anda dapat meminta paket belajar snorkeling yang dibuka oleh beberapa tempat di pantai. Dengan mengikuti kursus singkat, Anda tidak hanya mendapatkan cara snorkeling yang benar dari profesional tapi juga sewa alat gratis.

3. Menyelam

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam bawah laut yang lebih mempesona, maka Anda bisa memilih untuk menyelam. Sebagian besar lokasi di pantai kekinian ini bisa digunakan untuk lokasi menyelam.

Jangan kuatir tentang peralatan menyelam. Ada banyak tempat di sini yang menyewakan alat selam yang terjamin kualitasnya. Biaya sewa peralatan selam ini tergantung dari lama pemakaian. Selain itu, biaya sewa alat belum termasuk biaya sewa perahu untuk sampai ke lokasi penyelaman.

4. Memancing

Anda butuh waktu sendiri sambil memancing? Tempat ini bisa dikatakan sebagai surga bagi para pemancing. Airnya yang tenang dan terumbu karang yang masih banyak menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan.

Selain peralatan snorkeling dan menyelam, tempat persewaan di pantai ini juga banyak yang menyediakan peralatan memancing beserta dengan umpannya. Anda juga dapat sekalian meminta petunjuk lokasi memancing yang nyaman dan banyak ikannya.

5. Kemah

Selain menyediakan penginapan, Pantai Mutun juga menyediakan lokasi untuk berkemah. Beberapa titik memang sengaja dibuat untuk para pengunjung yang ingin datang dan berkemah. Lokasinya juga tidak jauh dari pantai sehingga Anda tetap bisa menyaksikan keindahan pantai pada malam hari.

6. Waterboom

Dengan dibukanya lokasi pantai yang kedua, maka bertambah pula wahana yang disediakan oleh pihak MS Corporation sebagai pengelola pantai. Di sini Anda dapat menikmati wahana seperti yang ada di waterboom, seperti seluncuran, banana boat dan berbagai permainan air lainnya.

7. Bermain Kano

Ingin coba menjelajahi pantai dengan kano? Cukup sediakan sekitar Rp10.000 hingga Rp30.000 untuk tiap 30 menit persewaan kano beserta peralatan keselamatannya. Biaya ini sebanding dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan.

8. Berlayar ke Pulau Tangkil

Ada beberapa lokasi wisata lain yang ada di sekitar pantai ini, salah satunya adalah Pulau Tangkil. Jika Anda ingin mencoba objek wisata ini, maka Anda hanya perlu menyewa perahu dengan harga yang bervariasi.

Umumnya untuk satu kapal berkapasitas 10 – 15 orang, harga yang dibanderol adalah sekitar 300 – 500 ribu. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau jika pandai menawar

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Mutun

Pada tahun 2016 yang lalu, pantai ini pernah ditutup sementara oleh pemerintah daerah setempat. Pasalnya beredar kabar ada buaya air asin yang berkeliaran dan dianggap membahayakan pengunjung.

Buaya sepanjang 3 meter tersebut diperkirakan adalah hewan peliharaan seorang pengusaha. Namun belum diketahui secara pasti penyebab buaya tersebut terlepas. Menurut penduduk, buaya dengan sifat ganas tersebut sudah pernah tertangkap namun bisa melepaskan diri.

Hingga sekarang belum ada kabar lagi mengenai keberadaan buaya tersebut. Karena sudah tidak pernah terlihat dan tidak pernah ada kejadian pengunjung yang terluka disebabkan buaya ini, mka pantai pun dibuka kembali.

Beberapa orang menganggap bahwa buaya tersebut adalah buaya jadi-jadian karena bisa tidak terdeteksi keberadaannya. Walau demikian, kabar tersebut belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Mutun

Pantai Mutun sebenarnya terdapat dua lokasi, yaitu Pantai Mutun I dan Pantai Mutun II. Lokasi pantai kedua bersebelahan dengan pantai pertama, jadi banyak orang yang menyangka bahwa keduanya tidak berbeda.

Hal yang membedakan antara kedua pantai ini hanya ada pada wahana yang disediakan. Untuk di lokasi pantai kedua, Anda bisa menemukan wahana seperti seluncuran, speed boat dan semacamnya lebih banyak dibandingkan lokasi pertama.

Namun, untuk fasilitas umum lainnya, kedua pantai ini memiliki fasilitas yang serupa yaitu:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Tempat makan
  • Toko souvenir
  • Camping ground

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Mutun

Pantai yang memiliki luas sekitar 100 hektar ini berada di Pesawaran, Lampung. Lebih tepatnya pantai elok ini berada di desa Sukajaya, Lempasing. Jika dari pusat Kota Bandar Lampung, jarak ke tempat ini hanya sekitar 25 kilometer.

Maka tak heran jika banyak orang yang gemar mengunjungi tempat ini karena hanya butuh berkendara sekitar 30 hingga 60 menit untuk bisa sampai ke tempat ini. Akses menuju lokasi juga sangat mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Rute dengan angkutan umum bisa dimulai dengan menggunakan angkutan warna ungu dari arah Ramayana menuju Teluk Betung. Anda dapat berhenti di depan pabrik Gudang Garam. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju pantai dengan naik angkutan satu kali lagi dengan jurusan Lempasing.

Jika Anda ingin menggunakan kendaraan pribadi dari arah bandar Lampung, maka Anda dapat menggunakan panduan peta berikut ini:

Bermain air, berkemah dan kegiatan mengasyikkan lain bisa dilakukan di Pantai Mutun. Bahkan jika tidak ingin melakukan apapun, pemandangan alam yang indah serta suasana yang tenang tetap bisa menjadi pelepas penat yang manjur.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar