PANTAI GESING: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDukuh Panjomulyo, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gunung Kidul, Yogyakarta memang terkenal dengan deretan pantainya yang indah. Salah satu pantai terkenal di Gunung Kidul adalah Pantai Gesing. Keindahan pemandangan alam serta warna-warni kapal nelayan membuat suasana di pantai ini cukup menarik.

Walaupun merupakan desa nelayan, sama seperti di pantai Baron, namun pantai ini terlihat lebih bersih, Salah satunya karena pasir pantainya yang berwarna putih. Ombaknya juga bersahabat sehingga tempat ini cocok digunakan sebagai tempat liburan bagi semua usia.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Pantai yang juga dikenal dengan nama Buron Gesing ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah harga tiket yang relatif terjangkau. Tidak ada perbedaan harga tiket untuk hari biasa maupun hari libur.

Jenis TiketHargaKeterangan
Tiket masuk hari biasa dan liburRp10.000Untuk semua umur, kecuali balita

Harga tiket tersebut bisa dibayarkan saat memasuki area wisata pantai Gunung Kidul ini. Tiket tersebut adalah tiket sekali jalan. Jadi sekali membayar, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai lainnya yang dekat dengan tempat ini.

Hanya saja, harga tersebut belum termasuk harga tiket parkir. Jadi, jika Anda berkunjung ke tempat-tempat berbeda, maka harus membayar tiket parkir kembali di tempat yang Anda datangi. Untuk biaya tiket parkir di pantai Buron Gesing ini juga murah.

Anda hanya perlu membayar sebesar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Selain itu, biaya lain-lain yang musti dikeluarkan adalah biaya untuk ke kamar mandi, yang berkisar antara Rp2.000 – Rp5.000.

Hal ini dikarenakan kebanyakan kamar mandi dikelola oleh swasta, yaitu penduduk sekitar. Sehingga tarif ditentukan oleh pemilik rumah atau warung makan tempat kamar mandi tersebut berada.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Gesing

Sama seperti pantai di sebagian besar pantai Selatan pantai Buron Gesing juga buka selama 24 jam seminggu. Pantai ini bisa didatangi kapanpun, terlebih jika Anda ingin berkemah di dekat tempat ini.

Aktivitas di Pantai Gesing

Aktivitas di Pantai Gesing

Sebagai tempat tujuan wisata, tentu saja pantai satu ini memiliki berbagai macam daya tarik, Tempat ini menyuguhkan berbagai macam kemudahan bagi Anda yang inging mengeksplorasi pantai dengan cara yang seru.

1. Bermain Air dan Pasir

Tentunya hal wajib yang harus dikerjakan ketika datang ke pantai adalah bermain air dan pasir. Apalagi air laut di tempat ini sangat jernih sehingga membuat badan terasa segar ketika dibasahi dengannya.

Selain itu pasir putih yang menghampar luas sangat menggoda untuk dimainkan. Anda dapat membuat istana pasir, berjemur di atas pasir, atau menulis kata-kata di atas pasir seperti di film-film. Ombak di pantai ini juga cukup tenang, namun tentu anak-anak harus tetap dalam pengawasan.

2. Trekking

Pantai Buron Gesing dibentengi oleh barisan bukit karang kokoh yang penuh pesona. Di bawah dekat karang, Anda bisa bermain air tanpa kepanasan karena terlindung bukit. Tidak hanya itu, puncak bukit juga menawarkan keindahan yang memanjakan mata.

Hanya saja untuk bisa sampai ke atas bukit, Anda harus sedikit berjerih lelah. Siapkan stamina Anda karena perjalanan akan cukup menantang. Bebatuan terjal dan terkadang licin harus Anda taklukkan. Selain itu, di beberapa bagian memang cukup curam.

Namun semua keringat akan terbayar dengan hawa sejuk dan pemandangan indah di atas karang. Spot ini juga kerap dijadikan sebagai spot foto karena latar belakangnya yang menarik. Jika ingin mendaki bukit, pastikan Anda membawa air minum sebab tidak ada warung atau penjual minuman di atas sana.

3. Berfoto

Setiap tempat di pantai ini sangat Instagramable, termasuk kapal nelayan warna-warni yang menambah nuansa di setiap foto. Namun jika Anda ingin mencoba spot foto kekinian, Anda dapat mengambil lokasi di jembatan cinta.

Jembatan ini membentang di atas bukit dengan pemandangan laut yang indah. Jembatan cinta ini dinamakan demikian bukan karena bentuknya yang menyerupai hati. Jembatan ini merupakan jembatan kayu biasa yang disusun memanjang. Hanya saja, banyak pasangan yang menghabiskan waktu mereka di tempat ini.

Tidak ada tarif khusus jika ingin mengambil foto di sini. Hanya saja Anda harus mengantri dan bergantian dengan pengunjung lain, terutama jika Anda datang di musim liburan. Walau demikian, Anda tidak akan menyesal pernah berfoto di sini.

4. Menikmati Matahari Terbenam

Salah satu aktivitas lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati matahari terbenam. Lokasi tempat ini sangat strategis, sehingga Anda bisa menyaksikan proses tenggelamnya matahari di ufuk barat dengan sempurna.

Suasana akan lebih menyenangkan jika Anda berada di tempat ini bersama pasangan dan keluarga. Terlebih lagi tempat ini buka selama 24 jam jadi Anda tidak perlu terburu-buru menikmati keindahan alam yang ada.

5. Menawar Hasil Laut

Pantai Gesing merupakan sebuah pantai di desa nelayan, maka tidak heran jika didirikan sebuah Tempat Pelelangan Ikan di tempat ini. Jika Anda penyuka makanan laut, maka tidak ada salahnya ikut menawar di TPI.

Di tempat ini sudah bisa dipastikan ikan dan hasil laut lainnya dalam keadaan segar karena baru saja ditangkap. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan jika sudah sampai di pasar.

Ada berbagai jenis ikan dan udang-udangan, jika beruntung Anda juga bisa mendapatkan teripang, gurita dan masih banyak lagi. Untuk bisa mendapatkan hasil laut yang masih lengkap, Anda harus datang pagi-pagi.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Gesing

Beberapa fasilitas umum yang disediakan di tempat ini adalah :

  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Gesing

Pantai Buron Gesing berada di Dukuh Panjomulyo, Desa Girikarto. Wilayah ini berada di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jika berangkat dari titik nol, maka Anda hanya perlu waktu sekitar 69 menit untuk bisa sampai ke mari.

Dengan adanya perbaikan yang terus dilakukan, jalan menuju Pantai Buron Gesing juga jauh lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. meskipun masih belum ada angkutan umum yang melintasi tempat ini, tapi paling tidak jalannya sudh halus.

Dari pusat kota Jogja, ambil jalan menuju jalan Wonosari dengan mengambil rute jalan Kusumanegara – Jalan Gedongkuning. Jika sudah sampai ke jalan Wonosari, ambil arah ke jalan Nasional III dan ke kiri lurus.

Setelah terlihat papan penunjuk jalan Playen- Gading, ambil arah kanan menuju Kecamatan Panggang. Ambil kiri ke arah jalan Pantai Selatan Jawa hingga sampai ke jalan Paliyan-Saptosari. Jika sudah sampai di jalan ini, perjalanan akan cukup rumit.

Hal ini dikarenakan ada banyak pantai yang ada di sekitar pantai Buron Gesing. Jadi Anda harus mengambil belokan yang tepat. Anda bisa melihat panduan lewat peta berikut ini:

Atau jika Anda ragu, lebih baik meminta petunjuk dari warga sekitar yang melintas. Hal yang penting diingat adalah pantai ini berada di sisi kanan jalan setelah pintu masuk utama.

Berada di Pantai Gesing dengan segala keindahannya membuat siapapun enggan untuk beranjak. Ditambah lagi dengan keramahan penduduk dan juga hasil lautnya yang melimpah, pantai ini adalah surga bagi mereka yang ingin berlibur membawa keluarga.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar