Harga Tiket Kebun Bibit Surabaya

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Kebun Bibit Surabaya
Loading...

Walaupun bernama Kebun Bibit Surabaya, tetapi sejatinya kawasan wisata ini rasanya lebih pantas untuk disebut sebagai taman.

Sebab, kebun bibit satu ini terbagi ke dalam 2 bagian berbeda, yakni Taman Aktif serta Taman Pasif yang mana total keduanya menempati lahan seluas 5.9 hektare.

Pengenalan

kebun bibit 2 surabaya

Advertisement

Bagi kalian yang sedang mencari tempat wisata bersama keluarga atau bersama rekan terdekat di kota Surabaya, maka tempat satu ini akan cocok untuk kalian kunjungi.

Seperti yang kita ketahui, Surabaya terkenal dipadati dengan bangunan yang tinggi serta kemacetan dimana – mana.

Namun jangan salah, kota ini juga masih memiliki tempat wisata ramah lingkungan, yaitu kebun bibit Surabaya yang biasanya juga di kenal sebagai kebun bibit wonorejo.

Apabila kita lihat sekilas, letak dari tempat wisata satu ini berada di kawasan perbukitan tinggi, sehingga kita akan berpikir jika mencapai lokasi, sambutan dari udara tinggi akan langsung terasa.

Tetapi, tidak dengan kebun satu ini. Kebun bibit Surabaya ini terkenal juga dengan udaranya yang lumayan panas. Hanya saja, hal tersebut akan berbeda apabila kita memasuki ke dalam kebun. Karena suasana panas yang kita rasakan tadinya akan berubah seketika menjadi sejuk dan dingin.

seperti yang telah disinggung di atas, kebun bibit Surabaya ini memiliki dua kawasan berbeda.

Di mana pada area pertama berada di daerah yang diberi nama Ngagel Jaya. Sementara untuk area yang kedua berada di area wonorejo.

Tetapi para pengunjung biasanya lebih tertarik untuk berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo, sebab kebun bibit ini juga yang paling terkenal. Hal itu juga disebabkan letak dari kebun wonorejo ini lebih instagenic.

Pada awalnya, kedua wisata alam kebun bibit tersebut sama yakni dimana keduanya sama sama terletak di kawasan perkebunan yang amat luas.

Namun hal tersebut kemudian dirombak serta di tata ulang sampai pada akhirnya menjadi sebuah kota. Lalu, tempat ini kemudian berubah menjadi kawasan hutan kota yang di rombak serta ditata ulang.

Serta sekarang lokasi tersebut tak hanya berfungsi sebagai hutan kota saja, tetapi juga telah beralih fungsi menjadi tempat destinasi wisata.

Kebun Bibit Ngagel Jaya

kebun bibit wonorejo surabaya

Untuk kebun Ngagel Jaya merupakan kebun bibit pertama yang terdapat di kota Surabaya.

Bagi kalian yang hendak berkunjung ke tempat ini, maka hal pertama yang akan kalian jumpai pada waktu tiba di lokasi wisata yaitu tulisan bertuliskan Taman Flora.

Apabila kita pelajar lebih dalam, mengapa taman flora ini kemudian berganti menjadi kebun bibit? Jadi sebetulnya disebut sebagai kebun bibit sebab tempat ini memiliki beragam jenis pohon yang tinggi menjulang.

Dan bahkan di dalamnya juga ada berbagai macam pohon yang tidak akan kalian temui di tempat yang lain. Oleh karena itulah, mengapa tempat ini diprakarsai kemudian berganti nama menjadi kebun bibit.

Pada halaman kebun bibit ini, selain dapat melihat pepohonan, disana kalian juga bisa melihat beberapa jenis hewan yang lucu serta menggemaskan.

Oleh sebab itu, banyak juga yang menyebut tempat ini sebagai kebun binatang mini.

Hanya saja di tempat wisata ini, jumlah binatangnya tak begitu banyak. Disini hanya ada beberapa hewan seperti kelinci, rusa, ikan ikanan, dan juga kancil.

Dan lebih serunya lagi, kalian juga diperkenankan untuk memberikan makan hewan disana. Untuk makanan hewan ini telah disediakan pihak kebun bibit yang bisa kalian beli dengan harga Rp5.000 saja.

Kebun Bibit Wonorejo

kebun bibit 1 surabaya

Advertisement

Kebun Bibit Wonorejo adalah kebun bibit kedua yang terdapat di kota Surabaya.

Perlu kalian ketahui, pada awalnya, kawasan dari kebun bibit yang satu ini merupakan tempat untuk pembuangan sampah.

Namun kemudian lokasinya ditata ulang serta pada waktu penataan ulang ternyata area ini mempunyai luas yang melebihi luas dari kebun bibit pertama.

Oleh sebab itulah, akhirnya kawasan ini kemudian dikembangkan sampai menjadi kebun bibit baru yang ditumbuhi dengan bibit dari tumbuhan asli.

Sebelum kebun bibit ini mulai difungsikan sebagai lokasi wisata, awalnya tempat ini dijadikan sebagai kawasan untuk pembibitan saja.

Namun sebab lokasinya yang ternyata memiliki nuansa dan suasana yang sangat mendukung untuk pariwisata, maka dari itu kemudian pemerintah pun lalu membukanya untuk umum.

Objek Wisata

Ketika kalian berkunjung ke Kebun Bibit Surabaya ini, kalian akan disuguhi dengan beragam kenyaman yang membuat kalian betah.

Kenyamanan tersebut mulai dari suasana yang tenang, sejuk, rindang, hingga fasilitas penunjang yang lengkap.

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau daya tarik yang dapat kalian temui ketika berjunkung ke kebun bibit Surabaya, antara lain:

1. Mini Zoo

lokasi kebun bibit 2 surabaya

Walaupun bernama kebun bibit, tetapi area kebun ini juga memiliki kebun binatang atau mini zoo yang berupa 3 kandang hewan.

Hewan yang terdapat di dalam mini zoo ini antara lain seperti rusa, aneka burung dan juga angsa. Kawasan dari mini zoo ini adalah kawasan favorit anak-anak yang ingin mengenal binatang secara dekat.

Pengunjung yang mengajak anak kecil pada umumnya juga akan memberi makan hewan rusa dengan potongan rumput yang sudah disediakan oleh pihak dari Kebun Bibit.

Apabila kalian hendak rasakan memberi makan hewan disana, kalian cukup unutk membeli makan berupa buah seharga Rp5.000.

Untuk kandang burung, bentuknya berupa sangkar besar dengan isian aneka ragam burung peliharaan, seperti Jalak, kutilang atau yang lainnya.

2. Taman Bunga

kebun bibit bratang surabaya

Taman bunga satu ini terletak di sisi timur dari Kebun Bibit Wonorejo. Tak hanya berisi aneka bunga, namun disini juga dapat dijadikan sebagai tempat istirahat selepas kalian berkeliling di kawasan kebun bibit ini.

Lokasi taman bunga ini juga telah dilengkapi dengan adanya kawasan terapi kaki yang di buat dari bebatuan kecil. Sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat istirahat sembai menyehatkan kaki.

3. Playground Anak

kebun bibit wonorejo rungkut surabaya

Seperti  namanya, area satu ini merupakan kawasan untuk anak-anak. Hampir seluruh permainan anak yang terdapat di dalam sini sangat digemari oleh anak kecil.

Mulai dari ayunan, prosotan, jungkat-jungkit, panjat tebing mini atau yang lainnya.

Sebab pengunjung anak-anak banyak yang datang ke lokasi Kebun Bibit Wonorejo ini, sehingga Pemkot berinisiatif untuk membangun sampai 3 kawasan Playground anak di taman ini.

4. Camping Ground

Camping Ground

Camping ground terletak di kawasan danau kebun bibit. Lokasi ini banyak didatangi oleh para pengunjung yang akan melakukan aktivitas berkemah di kebun bibit.

Camping Ground Kebun Bibit telah disediakan lahan yang lumayan luas untuk bisa didirikan tenda ataupun tempat khusus guna membuat api unggun.

Advertisement

Bagi kalian yang ingin memakai area camping ground ini, maka kalian harus melakukan registrasi di kantor kebun bibit yang terdapat di sisi kanan pintu masuk.

5. Broadband Learning Centre

Broadband Learning Centre

BLC adalah salah satu kawasan tempat pembelajaran komputer serta internet secara gratis.

Kalian di kawasan ini dapat dengan bebas untuk belajar serta nantinya akan didampingi dengan instruktur yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

Pelatihan ini juga berlaku untuk anak-anak sampai lansia. Seluruh pengunjung yang datang dapat belajar di kawasan ini.

6. Pembibitan Tanaman

kebun bibit 2 wonorejo surabaya

Pembibitan tanaman merupakan fungsi asli dari didirikannya Kebun Bibit Surabaya. Dari kawasan inilah, seluruh tanaman yang terdapat di berbagai taman Kota Surabaya berasal.

Di tempat ini juga sudah terdapat berbagai petak bibit tanaman yang disemai serta siap untuk kemudian ditanam di semua pelosok Kota Surabaya.

7. Outdoor Gym Area

Outdoor Gsym Area

Seperti namanya, kawasan ini memiliki berbagai peralatan yang dapat kalian gunakan untuk berolahraga. Peralatan yang ada telah diberi tanda berwarna kuning.

Bahkan kawasan ini juga selalu ramai didatangi oleh pengunjung yang rela mengantri untuk mencoba berolahraga dengan menggunakan alat yang ada disana.

8. Pengolahan Sampah

Pengolahan Sampah

Unit pengolahan sampah adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan Kebun Bibit Surabaya.

Kawasan ini adalah hasil kerjasama dari Indonesia dengan Jepang. Di tempat inilah, hasil semua pemotongan pohon-pohon yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya kemudian diolah untuk dijadikan sebagai pupuk.

9. Danau

Danau

Danau ini terletak di tengah-tengah Kebun Bibit Surabya yang menjadi lokasi paling favorit untuk para pengunjung.

Pada area sekeliling danau juga sudah disediakan jogging track yang dapat kalian pakai untuk berlari maupun berjalan santai untuk mengitari danau.

Advertisement

Untuk kalian yang gemar dalam berfoto selfie, maka danau ini juga menyediakan 2 buah dermaga beton yang dapat kalian jadikan sebagai latar belakang berfoto.

Pada umumnya, lokasi danau ini juga dijadikan sebagai lokasi pilihan untuk sesi pemotretan foto pre-wedding.

10. Air Langsung Minum

Air Langsung Minum

Jika kalian merasa haus, tak usah khawatir, Kebun Bibit Surabaya ini juga sudah menyediakan air yang dapat kalian langsung minum dan tentunya gratis.

11. Sentra Kuliner

Sentra Kuliner

Sesudah kalian puas seharian berkeliling di Kebun Bibit Surabaya, kini saatnya mengisi kekosongan perut di Sentra Kuliner.

Sentra Kuliner ini terletak di bagian sebelah barat kebun bibit. Disana telah tersedia beragam menu makanan serta minuman yang siap untuk mengisi perut kalian.

Menu yang disuguhkan pun sangat bervariasi, mulai dari makanan tradisional berupa rujak cingur, hingga camilan kekinian.

Untuk harganya sendiri juga sangatlah terjangkau, mulai dari Rp5.000, kalian sudah bisa mencicipi beragam kuliner yang ada di dalam sentra kuliner.

Fasilitas

  • Air minum gratis
  • Danau
  • Spot foto
  • Dermaga
  • Wall climbing
  • Arena bermain anak
  • Kawasan internet dan belajar gratis
  • Jogging track
  • Mini zoo
  • Taman bunga
  • Camping ground
  • Outdoor gym area
  • Sentra kuliner
  • Tempat sampah
  • Kuersi
  • Area parkir

Lokasi

Kebun Bibit Surabaya berada di alamat: Kebun Bibit, Jl. Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Surabaya City, East Java 60296.

Rute

Rute yang dapat kalian gunakan jika berangkat dari arah Terminal Bungurasih menuju Taman Flora, yaitu:

Terminal Bungurasih – Jalan Panjang Jiwo – Kali Jagir – Jalan Sukarno – Jalan baruk utara XI – Jalan Kendalsari -setelah itu kalian jalan lurus kurang lebih selama 3 menit. Nantinya kalian akan melihat pintu masuk Kebun Bibit Surabaya.

Jika kalian hendak memakai transportasi umum, maka kami sarankan untuk memakai kereta api kemudian turun di Stasiun Wonokromo.

Lalu kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan memakai ojek yang nantinya akan langsung mengantarkan kalian ke lokasi tujuan.

Jam Operasional

Kebun Bibit Surabaya buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Kebun Bibit Surabaya, maka kalian tidak akan dikenakan biaya masuk alias gratis.

Selamat berlibur!

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.