Taman Flora Surabaya: Review & Harga Tiket 2022

Harga TiketGratis
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
No Telepon-
AlamatSentra kuliner RMI kebun bibit, Kota Surabaya, Jawa Timur

Adanya ruang terbuka yang ada di kota Surabaya tentunya akan memberikan sedikit kesejukan di tengah – tengah padatnya kota metropolitan ini. Salah satu ruang terbuka tersebut berupa taman, yaitu Taman Flora Surabaya.

Taman satu ini menjadi salah satu taman favorit warga Surabaya untuk menghabiskan waktu sore atau pagi hari disini karena memiliki fasilitas penunjang yang memadai. Sehingga tak heran jika taman ini tidak pernah sepi pengunjung.

Sekilas

taman flora bratang surabaya

Taman Flora menempati lahan seluas 2,4 Hektar yang dulunya merupakan kawasan Kebon Bibit, Bratang Surabaya yang sekarang kian bagus penataannya.

Selain menyuguhkan suasana sejuk nan rindang karena adanya ratusan jenis pohon serta tanaman, taman satu ini juga disebut sebagai Techno Park. Hal tersebut disebabkan taman ini sudah dilengkapi dengan adanya fasilitas teknologi internet.

Lahan seluas 33.810 m2 di Taman Flora sendiri telah dihiasi dengan adanya beragam tanaman, seperti teh-tehan, telo-teloan, kana, erva merah, spider lili, pandanus, zig-zag, adam eva, dan juga gandarusa.

Taman ini sendiri sudah diresmikan sejak bulan Agustus 2007 lalu dengan dilengkapi adanya suatu ruangan dengan ukuran sekitar 5×10 meter persegi.

Ruangan tersebut difungsikan sebagai ruangan untuk belajar IT dengan adanya 6 line jaringan komputer yang tersambung langsung dengan internet.

Di ruangan itu juga telah dilengkapi dengan software dengan beragam games interaktif untuk sosialisasi mengenai lingkungan serta masalah sampah.

Techno Park satu ini memang bersifat sangat interaktif, dimana dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan anak sekolah dalam praktek atau bisa juga untuk membentuk komunitas IT.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat kalian temukan ketika berkunjung ke Taman Flora, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Wahana Permainan Anak

taman flora di surabaya

Apabila kalian datang bersama anak – anak, maka tidak usah khawatir, sebab taman ini sangat cocok dikunjungi untuk rekreasi bersama dengan keluarga ataupun anak-anak.

Dalam taman ini sudah tersedia aneka ragam arena bermain yang terdiri atas ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, sampai area khusus outbound.

Uniknya lagi, wahana disana juga tidak hanya bisa dinikmati oleh anak – anak, orang dewasa juga bisa ikut menikmatinya.

Baca: Kebun Bibit Surabaya

2. Mengenal Fauna

taman flora kebun bibit surabaya

Selain terkenal akan nama floranya, taman ini juga memiliki beragam fauna di dalamnya.

Setiap jenis fauna disana telah ditempatkan dalam lingkungan khusus sesuai dengan habitat aslinya. Penantaannya telah dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat sangat bersih dan juga terawat.

Di taman ini kalian dapat menjumpai adanya rusa dan juga beragam jenis ikan serta unggas. Salah satu hal yang paling menarik yaitu kandang rusa.

Kandang tersebut menempati lahan yang cukup luas serta dihiasi dengan pepohonan rindang serta nampak sangat bersih.

Disana kalian dapat memberi makan si rusa dengan wortel serta dedaunan yang telah disediakan disana.

Taman Flora juga mempunyai tempat penangkaran burung yang juga cukup luas.

Disana telah terdapat beragam unggas yang dapat kalian lihat. Mulai dari kasuari, merak, kalkun, kakak tua, ayam, serta jenis unggas yang lainnya.

Seluruh fauna yang ada di taman ini nampak terawat dengan baik, sehat dan juga cantik.

3. Mengenal Flora

alamat taman flora surabaya

Taman Flora pada mulanya adalah lokasi dari kebun pembibitan di Surabaya, yang sekarang telah berpindah ke Kebun Bibit Wonorejo. Lokasi dari kebun tersebut ada tepat di jantung kota, tepatnya berada di Jalan Manyar no. 80A.

Di Taman Flora sendiri kalian dapat menjumpai berbagai koleksi tanaman serta pepohonan yang tumbuh subur di dalamnya.

Jenis dari floranya pun sangat bervariasi, mulai dari perdu/semak, tanaman pelindung, langka, dan juga palem.

Beberapa jenis flora yang lumayan banyak ditemukan di taman ini antara lain seperti: asam Jawa, beringin, lengkeng, mundu, matoa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca: Taman Harmoni Surabaya

4. Ramah Difabel

taman flora wonorejo surabaya

Salah satu hal yang harus kita apresiasi untuk taman kota di kota Surabaya yaitu adanya ketersediaan fasilitas khusus untuk kaum difabel.

Setiap pengunjung yang menderita difabel ini juga tetap dapat berjalan-jalan santai tanpa merasakan kesulitan.

Disana telah disediakan jalur khusus untuk para pengguna kursi roda, lengkap dengan adanya pagar pembatas.

5. Wisata Edukasi

Broadband Learning Center (BLC)

Taman ini juga mempunyai beragam fasilitas edukasi, salah satu fasilitasnya ialah perpustakaan umum.

Seluruh pengunjung disini dapat mengaksesnya secara gratis serta buka setiap hari, mulai dari pukul 07.30 sampai 16.00 WIB.

Di dalam perpustakaan tersebut juga telah tersedia berbagai jenis bacaan yang menarik. Adanya perpustakaan ini juga diharapkan dapat menolong untuk meningkatkan minat baca dalam masyarakat Kota Pahlawan.

Tak hanya itu, di taman ini juga telah tersedia Broadband Learning Center (BLC) yang merupakan tempat pembelajaran teknologi informasi dengan menggunakan sarana komputer.

BLC Taman Flora juga mempunyai 20 buah komputer yang biasanya digunakan oleh anak-anak putus sekolah guna menambah ilmu pengetahuan.

Tidak hanya itu saja, mereka juga nantinya akan didampingi dengan tutor dari Dinas Komunikasi dan Informasi Surabaya.

Baca: Taman Prestasi Surabaya

6. Wisata Kuliner

Sentra Kuliner

Setelah kalian merasa puas berkeliling taman, pastinya kalian akan merasakan haus dan juga lapar, jangan khawatir.

Sebab disana tersedia sentra kuliner yang berada di samping area parkir motor.

Disana telah berjejer warung atau kedai makanan dan minuman yang menyediakan aneka jenis makanan serta minuman, dan juga beberapa camilan serta buah segar.

Fasilitas

  • Wisata edukasi
  • Wisata kuliner
  • Area parkir
  • Kawasan flora dan fauna
  • Wahana permainan
  • Broadband Learning Center (BLC)
  • Ramah difabel
  • Perpustakaan
  • WiFi
  • Tempat duduk
  • Kolam ikan
  • Outbound area

Baca: Surabaya North Quay

Lokasi

Taman Flora Surabaya berada di alamat: Sentra kuliner RMI kebun bibit, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Rute

Taman Flora lokasinya memang cukup jauh dari arah pusat Kota Surabaya, berjarak sejauh 8, 3 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 23 menit waktu perjalanan.

Meski demikian, akses jalannya sudah sangat mudah.

Kalian dapat melalui dua pilihan rute yakni Jalan Dinoyo atau Jalan Tunjungan.

Jika berdasarkan jarak, kalian akan sampai lebih cepat menuju lokasi apabila menggunakan rute di Jalan Dinoyo.

Dari arah Jalan Pahlawan, kalian cukup mengarahkan kendaraan ke Jalan Kawatan IV. Kemudian lurus terus hingga tiba di Jalan Gemblongan – Jalan Tunjungan – Jalan Gubernur Suryo sampai melewati Tunjungan Plaza Surabaya.

Selepas itu kalian belok menuju arah Jalan Panglima Sudirman kemudian lurus hingga tiba di Jalan Sumoharjo-Jalan Raya Darmo, kemudian belok kiri sekitar 400 meter ke Jalan Polisi Istimewa.

Selepas itu kalian ambil jalur kanan untuk dapat belok ke Jalan Dinoyo. Dari arah Jalan Dinoyo kalian lanjutkan dengan belok kiri ke arah Jalan Bung Tomo.

Lalu lurus terus hingga ke Jalan Ngagel Jaya Selatan sejauh 1,1 kilometer. Selepas kalian menjumpai ujung Jalan Ngagel Jaya Selatan, kemudian belok ke kanan ke arah Jalan Bratang Binangun.

Selepas itu kalian belok kanan hingga tiba di Jalan Manyar, tak jauh dari situ kalian akan sampai di lokasi tujuan yakni Taman Flora.

Jam Operasional

Taman Flora Surabaya buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Setiap pengunjung yang datang ke Taman Flora tidak akan dipungut biaya apa pun, alias gratis.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Satu pemikiran pada “Taman Flora Surabaya: Review & Harga Tiket 2022”

Tinggalkan komentar