MUSEUM MACAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp80.000 - Rp100.000
Jam Buka10.00 - 15.00 WIB
Nomor Telepon(021) 22121888
LokasiJl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Museum Macan adalah museum dan juga tempat pameran karya seni terkini, dan menjadi tempat wisata serta surganya para seniman atau pecinta seni. Ada sekitar puluhan hingga ratusan karya seni tingkat tinggi yang dipamerkan di sana.

Karya seni tersebut merupakan ciptaan para seniman ternama baik dari dalam maupun luar negeri. Museum dengan nama panjang Museum Of Modern And Contemporary Art In Nusantara ini, lebih dikenal dengan nama Macan karena mudah diingat.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Museum Macan

Ketahui juga Museum Macan harga tiket 2022, jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata menarik di Jakarta tersebut. Biayanya memang agak mahal bagi sebagian orang, dibandingkan dengan museum pada umumnya.

Namun nominalnya sangat sebanding dengan karya seni apa saja yang bisa Anda lihat di sana. Biaya untuk tiket masuknya adalah sebagai berikut:

Biaya-biayaHarga
Tiket Masuk untuk DewasaRp100.000 per orang
Tiket Masuk untuk AnakRp80.000 per orang
Tiket Masuk untuk PelajarRp90.000 per orang

Selain itu wisatawan juga akan diberi kesempatan untuk mendukung museum tersebut dengan mengikuti program, yang dinamakan dengan MACAN Society. Program ini adalah program untuk keanggotaan pengunjung di museum.

Dukung program dari museum seni dan kontemporer pertama yang ada di Indonesia. Kemudian dapatkan juga beragam keuntungan yang eksklusif dan hal menarik lainnya. Daftar keanggotaan di Museum Macan adalah:

  • Individu: Rp300.000
  • Pelajar: Rp180.000
  • Keluarga yang terdiri dari dua dewasa dan dua anak: Rp750.000

Untuk mengikuti daftar keanggotaan tersebut maka Anda harus pesan tiketnya terlebih dulu.

Jam Buka

Jam Buka Museum Macan

Ada ratusan karya seni yang dipajang di museum ini, sehingga membuat banyak orang penasaran dan ingin datang ke sana. Sebanyak 50% karya seni yang dipajang di sana adalah karya dari para seniman yang ada di Indonesia.

Sisa karya lainnya yaitu berasal dari seniman luar negeri misalnya dari Amerika Utara, China, Eropa, dan sebagainya. Jadi bagi Anda yang ingin tahu Museum Macan buka jam berapa karena penasaran dengan tempatnya, jawabannya adalah buka setiap hari.

Awalnya waktu kunjungan dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pagi dari pukul 10.00 sampai 14.00. Sedangkan sesi berikutnya yaitu sesi siang yaitu pukul 14.00 – 19.00. Namun sekarang kunjungan di Museum Macan hanya Hari Selasa sampai Minggu dari pukul 10.00 – 15.00.

Sedangkan untuk Hari Senin museum ini tidak beroperasi atau tutup.

Aktivitas di Museum Macan

Aktivitas di Museum Macan

Selain foto-foto, banyak juga kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di museum ini, yang tak kalah seru lagi. Berikut ini sejumlah aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan selama di museum:

1. Bermain sticker di The Obliteration Room

The Obliteration Room adalah salah satu ruangan yang ada di lantai dua museum, dengan ruangan yang didominasi dengan warna putih. Dekorasi dari ruangan ini sama dengan ruangan di rumah pada umumnya.

Saat masuk ke ruangan ini pengunjung bisa memanfaatkan stiker yang bisa ditempel di manapun.

2. Masuk ke Dunia Baru di dalam Instalasi Seni

Satu hal yang membedakan antara gedung Museum Macan ini dengan museum lainnya adalah banyaknya instalasi deni di dalamnya. Jendela di setiap sisi gedung bisa membuat pengunjung mengintip ada apa saja di dalam.

Kemudian lihat permainan lampu yang indah dan dipantulkan pada kaca yang ada di sekelilingnya. Tak hanya instalasi seni berupa lampu saja tapi ada juga instalasi yang isinya balon/bola.

3. Berbelanja Souvenir Aesthetic

Anda juga masih bisa berbelanja di seputar museum, misalnya belanja souvenir yang aesthetic. Banyak sekali benda-benda unik yang dijual di sana seperti tas, payung, buku, dan sebagainya.

Berbagai souvenir yang dijual di sana memiliki tema yang sama dengan pameran seni yang sedang diselenggarakan. Harga souvenir yang dijual di sana juga beragam dan masih cukup bersahabat.

4. Menggambar dan Mewarnai

Tak hanya menikmati pameran seninya saja, tapi Anda juga bisa membuat karya seni sendiri dengan melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai.

Anda akan menggambar dan mewarnai di sebuah ruangan yang sudah dilengkapi dengan meja, kursi, dan papan aluminium bergambar. Kemudian gambarnya bisa dijiplak dengan pensil warna yang juga sudah disediakan.

5. The Letter Writing Project

Salah satu tempat menarik yang ada di museum adalah spot yang bernama The Letter Writing Project. Spot ini adalah hasil karya dari Lee Mingwei yang memiliki banyak hal unik di dalamnya.

Saat masuk ke spot tersebut, Anda akan menemukan banyak sekali surat yang ditulis oleh setiap pengunjung museum kemudian dipajang di sana.

Bahkan jika pengunjung yang menulis suratnya ingin suratnya disampaikan, surat ini akan dikirim ke alamat yang dituju oleh pihak museum. Tapi jika tidak dikirim, maka surat-surat itu hanya akan dipajang di sana dan boleh dibaca oleh pengunjung lainnya.

Anda juga bisa mencoba menulis surat di sana, baik untuk dipajang atau dikirimkan ke alamat yang dimaksud.

Selain berfoto di sejumlah spot foto yang sangat menarik, ternyata banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan di sana. Maka, jika masih ada yang bertanya ada apa saja di museum tersebut jawabannya tentu sangat beragam. Mulai dari menempelkan stiker hingga menggambar dan mewarnai.

Sejarah Singkat

Sejarah Singkat Museum Macan

Kita bahas sedikit saja tentang sejarah dari museum yang sedang hits tersebut. Awalnya museum ini didirikan di tahun 2017 lalu tepatnya di Bulan November. Kemudian ada sekitar 800an karya seni baik seni modern atau kontemporer.

Sejumlah 90 karya seni lainnya dipajang di sebuah ruang pameran. Museum Macan Indonesia ini juga berperan sebagai panggung, bagi sejumlah karya seni instalasi dan karya seni pertunjukkan.

Beberapa pertunjukkan karya seni khususnya seni instalasi yang pernah diselenggarakan di sana diantaranya yaitu:

  • Life Heart Rainbow oleh Yayoi Kusama
  • Art Turns, World Turns, Exploring the Collection
  • Dunia Dalam Berita
  • One Million Years oleh On Kawara
  • The Past Has Not Passed oleh Arahmaiani
  • Seven Stories oleh Lee Mingwei

Fasilitas

Fasilitas Museum Macan

Sarana dan juga prasarana yang tersedia di museum ini juga sangat lengkap dan tentu memadai. Fasilitas toiletnya pun terdiri dari dua jenis toilet yaitu toilet biasa untuk pengunjung pada umumnya, dan toilet khusus yang ditujukan untuk penyandang disabilitas.

Fasilitas parkirnya pun sangat luas dan nyaman, karena keamanannya pun sudah terjamin. Fasilitas lain yang tersedia di sini adalah tempat berbelanja souvenir dan oleh-oleh. Beragam oleh-oleh yang bisa Anda beli di sana seperti tas, kaos, gantungan kunci, buku, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Museum Macan

Alamat museum seni ini berada di AKR Tower Level M Jl. Panjang Nomor 5 Jakarta Barat. Jika Anda berasal dari luar Kota Jakarta misalnya dari Kota Bekasi dan menggunakan kendaraan umum, naik KRL saja yang menuju ke daerah Manggarai.

Kemudian transit sebentar lalu perjalanan akan dilanjutkan ke Kampung Bandan, dan turun di Tanah Abang. Walaupun rute Museum Macan ini tidak terlalu sulit, tetapi cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Tunggu apa lagi, Anda bisa berwisata ke Museum Macan sekarang juga dan nikmati ratusan karya seni keren dan menarik di sana.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar