Hutan Bambu Surabaya: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
Hutan Bambu Surabaya: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022
Harga TiketGratis
Jam Buka24 Jam
No Telepon-
AlamatJl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60111

Selain wisata sejarahnya yang terkenal, Surabaya juga memiliki wisata alam lainnya yang dapat kalian kungjungi, salah satunya adalah Hutan Bambu Surabaya.

Hutan bambu yang satu ini memang sengaja dibuat oleh pemerintah Surabaya untuk dijadikan sebagai tempat wisata, sehingga tempat wisata sangat terjaga dengan baik.

Sekilas

hutan bambu keputih surabaya

Kontur tanah yang ada di tempat wisata ini memiliki tekstur yang empuk sehingga akan sangat nyaman untuk dipijak ketika berada di bawah pepohonan bambu.

Hembusan angin sepoi-sepoi juga akan menjadi sambutan pertama ketika kalian berkunjung ke hutan bambu Surabaya.

Selain akses jalannya yang sangat mudah karena berada di dekat Terminal Keputih, suasana yang ada di dalam hutan inilah yang membuatnya selalu dikunjungi oleh para wisatawan.

Berada di atas lahan seluas 8,5 hektar, Hutan Bambu Keputih memang tidak begitu luas. Tetapi didalamnya sudah terdapat jalur penjelajahan yang berbeda serta bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan penat sembari berfoto ria.

Menariknya lagi, Hutan Bambu Keputih ini pada mulanya adalah tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Sebelum pada akhirnya ditata sedemikian oleh Pemprov Surabaya menjadi suatu kawasan hutan bambu dan juga taman bermain yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat berekreasi.

Baca: Surabaya North Quay

Objek Wisata

1. Taman Sakura

tiket masuk hutan bambu surabaya

Apabila kalian telah puas bermain di kawasan Hutan Bambu Keputih, kalian juga dapat mampir di Taman Sakura di seberang hutan bambu. Disana kalian bisa bersantai sembari menikmati pemandangan elegan bunga hias seluas 100 meter.

Untuk kalian yang berlibur membawa buah hati, maka tidak usah khawatir sebab di Taman Sakura mempunyai fasilitas yang lengkap.

Disana sudah tersedia beraneka ragam permainan anak, mulai dari ayunan, perosotan, dan yang lainnya.

Tak hanya fasilitas untuk anak, di taman ini juga telah  disana juga terdapat fasilitas yang dapat kalian gunakan, salah satunya adalah batu refleksi.

Batu refleksi tersebut tersebar di beberapa titik taman. Batu refleksi ini terbuat dari bebatuan kecil atau biasa kita sebut sebagai kerikil. Namun bedanya batu tersebut yang tertata rapi sehingga bisa dipakai untuk dijadikan alat terapi ala pijat refleksi.

Tak hanya itu saja, di taman ini juga terdapat spot menarik lainnya yakni Tugu Air Mancur.

Baca: Kebun Binatang Surabaya

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman Bungkul berada di alamat:Jl. Raya Darmo, Surabaya berjarak 7 km dari arah Hutan Bambu.

Taman bungkul ini sendiri menempati lahan seluas 900 m2. Dengan dilengkapi berbagai fasilitas antara lain: amfiteater yang mempunyai diameter sekitar 33 M, jogging track, taman bermain untuk anak, lokasi bermain papan seluncur, serta WiFi.

Taman ini juga sering disebut sebagai paru-paru kota Surabaya. Sebab lokasinya yang berada di tengah hiruk pikuk kota yang terlihat hijau nan asri.

Nama dari taman ini diambil dari salah seorang tokoh dari agama Islam yang bernama mbah Bungkul. Bungkul sendiri adalah julukan atau panggilan, sedangkan nama asli beliau adalah ki Sopo.

Ki Sopo ini sendiri pada semasa hidup hidupnya ada di masa kerajaan majapahit sekitar pada abad 15 yang merupakan saudara ipar dari Sunan Ampel atau Raden rahmat.

Baca: Food Junction Surabaya

3. Pakuwon Food Festival

hutan bambu

Puas berjalan seharian, kini saatnya mengisi perut dengan berkunjung ke Pesta Makanan Pakuwon atau Pakuwon Food Festival yang berada di dekat hutan bambu.

Lokasi dari food festival ini tepatnya ada di Pakuwon City di alamat: Jl. Kejawan Putih Tambak, Surabaya.

Spot wisata kuliner satu ini memang selalu padat dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak menikmati berbagai sajian menu lezat yang menggoda.

Untuk kalian yang datang berkunjung juga tidak akan dikenakan tarif tiket masuk Pakuwon Food Festival, namuan kalian harus membayar parkir kendaraan saja.

Pakuwon Food Festival sendiri adalah salah satu bagian dari Pakuwon City Mall yang sudah beroperasi sejak pada tahun 2008. Setidaknya di dalam tempat ini telah menyediakan 100 stand kuliner yang dapat kalian coba satu persatu.

Disini, kalian bisa menemukan beraneka macam kuliner lezat mulai dari:

  • Nasi bakar
  • Lontong balap
  • Kupang lontong
  • Chinese food
  • Western food
  • France food

Pokoknya, semuanya tersedia disini mulai dari appetizer, main course, sampai dessert serta makanan cepat saji, seluruhnya dapat kalian temukan disini!

Sembari kalian menunggu makanannya datang, disini juga telah tersedia tempat duduk.

Selain menyediakan beragam stand makanan, disini juga sudah tersedia berbagai wahana hiburan untuk semua kalangan usia.

Jika kalian datang dengan anak kecil, maka kalian dapat mengajaknya untuk mencoba wahana trampolin, kereta kelinci, komedi putar, sepeda tandem, serta mobil kayuh.

Pakuwon Food Festival ini dapat kalian kunjungi mulai dari pukul 5 sore hingga 12 malam. Jangan heran jika semakin malam kalian datang, maka tempat ini akan semakin ramai.

Disini kalian juga dapat berswa foto ria diantara cahaya-cahaya lampion indah yang berjajar di di sepanjang area Food Fest.

Namun apabila kalian ingin masuk ke dalam area Festival of light, maka kalian harus membayar biaya masuk sebesar Rp20.000.

Di tempat ini kalian juga bisa menemukan adanya beberapa komunitas anak muda seperti pet lovers, fotografi, motor atau yang lainnya.

Bahkan apabila kalian beruntung, kalian dapat menyaksikan acara spesial disini seperti festival sate ataupun durian!

Kamu juga pat tak akan rugi berkunjung ke tempat ini dan betah untuk berlama-lama sebab sudah disediakan fasilitas WiFi gratis yang dapat kalian gunakan. Lengkap bukan?

Baca : Monumen Kapal Selam

Fasilitas

  • Area parkir
  • Batu refleksi
  • Bangku
  • WiFi gratis
  • Pusat kuliner
  • Permainan anak
  • Spot foto

Lokasi

Hutan Bambu Surabaya berada di alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111.

Rute

Untuk mencapai lokasi, kalian dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Dan pada umumnya kalian akan berjalan melewati Jalan Arief Rahman Hakim sampai ke arah Keputih.

Kemudian kalian lanjutkan perjalanan dengan mengikuti papan pentujuk ke ‘terminal keputih‘. Dari arah sana kalian dapat belok kanan serta tak jauh kalian akan segera melihat Hutan bambu disana. Lokasinya ada persis di seberang terminal.

Atau kalian juga dapat menjadikan RS Bersalin Putri untuk dijadikan sebagai patokan. Dari arah sana, kalian bisa menuju ke arah Perumahan Araya sejauh 2,2 kilometer sampai tiba di pertigaan. Kemudian kalian lanjutkan dengan mengambil jalur kanan menuju Terminal Keputih. Sama seperti rute sebelumnya, lokasi Hutan Bambu ini terdapat di seberang Terminal.

Jam Operasional

Hutan Bambu Surabaya buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KategorHarga
HTMGratis
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.