Taman Langsat: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022

Harga TiketGratis
Jam Buka06.00 - 18.00 WIB
No Telepon-
AlamatJl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12130

Taman Langsat merupakan salah satu paru – paru kota yang letaknya tak jauh dari Jalan Barito, Jakarta Selatan yang berada di atas lahan seluas 3,6 hektar.

Meskipun dekat dengan Jalan Barito, tetapi tidak ada nama plang jalan yang tepat untuk menuju taman ini. Sehingga untuk memudahkannya, taman ini berada persis di belakang Pasar Burung Barito (tepatnya ada di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan).

Sejarah

sejarah taman langsat
instagram: @one_transport_travel_bandung

Taman Langsat ini juga kerap disebut sebagai Taman Barito.

Pada mulanya, taman ini adalah sebuah area yang digunakan sebagai tempat untuk penanaman bibit-bibit tanaman kepunyaan Pemerintah Kota DKI Jakarta yang disimpan.

Namuan pada tahun 2012, Taman ini kemudian dirubah serta dipercantik lagi dengan diberikan beragam fasilitas penunjang yang memadai.

Tempat ini juga dikenal sebagai Hidden Park atau taman tersembunyi, sehingga membuat taman ini sangat tenar kala itu. Terlebih lagi, taman ini juga telah dihiasi dengan adanya aneka pernak-pernik yang bisa dijadikan sebagai latar belakang foto.

Tetapi entah karana perihal apa, taman ini kemudian direnovasi kembali sehingga membentuk taman yang pada umumnya. Tidak ada hiasan atau pernak-pernik seperti pada awal pembuatan.

Melainkan fungsi dari taman ini ditingkatkan, dengan menjadi kawasan untuk penyuluhan penanaman. Meski arsitekturnya sedikit berubah, di kawasan taman masih dapat terdapat area yang luas serta dipenuhi dengan pepohonan yang rindang.

Misteri Taman Langsat

misteri taman langsat
instagram: @vincentagnes

Menurut cerita yang diyakini oleh masyarakat setempat jika Taman Langsat ini banyak dihuni dengan makhluk gaib.

Bahkan tempat ini juga pernah didatangi langsung oleh seorang paranormal terkenal berma Ki Joko Bodo. Dimana ia juga membenarkan jika terdapat hantu yang sering menampakan wujudnya di Taman Langsat.

Serta Ki Joko Bodo juga berpesan kepada para pengunjung yang datang ke Taman Langsat ini agar tidak memiliki niat yang nyeleneh ketika berada di taman.

Sebab, konon katanya taman ini memiliki energi supranatural yang besar. Sehingga siapapun yang melakukan tindakan asusila dapat tertimpa sial.

Banyak dari warga setempat yang meyakini banyak makhluk gaib yang muncul seperti kuntilanak serta pocong di kawasan Taman Langsat.

Saking horornya, banyak warga setempat yang memilih untuk memutar balik kendaraannya agar tidak melewati area taman pada waktu malam hari.

Diceritakan ada seseorang yang sempat melihat sosok tinggi besar serta memiliki mata merah disana. Orang tersebut melihatnya pas di depan kaca mobilnya ketika berada di depan pintu gerbang taman.

Pada waktu malam hari, di kawasan taman ini juga sering terdengar suara lolongan anjing sangat kencang. Tak hanya itu saja, banyak orang yang kesurupan sewaktu berada di Taman Langsat sebab mereka melakukan tindak asusila atau bahkan hanya melamun.

Bahkan tak jarang para pengunjung di taman ini juga sudah terbiasa mencium aroma wangi yang muncul dengan tiba-tiba. Terlebih lagi juga sering terdengar suara tertawa kencang tetapi dengan sumber yang tidak jelas.

Menurut penuturan warga setempat, kawasan taman akan sangat sepi selepas matahari terbenam. Karena waktu tersebut terdapat kuntilanak yang nangkring di pepohonan area Taman.

Hawa angker juga akan semakin terasa pada waktu malam hari, sebab taman ini memang banyak ditumbuhi dengan pepohonan yang umurnya sudah berumur sangat tua. Seperti pohon beringin besar berusia ratusan tahun.

Meski menyimpan segudang cerita mistis di dalamnya, keindahan dari taman ini pada waktu siang hari sangatlah indah.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau keunikan di Taman Langsat, antara lain:

1. Spot foto

taman langsat mayestik
instagram: @antyrianti

Selain dijadikan sebagai tempat untuk penampungan bibit tanaman, namun ternyata tempat ini juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi foto prewedding.

Banyak para fotografer yang juga datang untuk hunting foto-foto dengan suasana hutan kota yang asri di area taman. Tak heran apabila banyak pasangan yang kemudian memilih taman ini untuk dijadikan sebagai lokasi foto prewed.

Taman yang terletak di kawasan Mayestik ini memang mempunyai pesona tersendiri di luar cerita mistis di dalamnya.

Pepohonan rindang serta suasana asri yang ditampilkan pun seolah membawa pengunjungnya serasa berada di luar negeri.

Baca: Taman Ismail Marzuki

2. Film Taman Langsat

film taman langsat mayestik
instagram: @nugrohogito

Ternyata kisah seram yang ada dibalik taman ini juga mengundang salah satu rumah Produksi Indonesia yakni K2K Production untuk membuat full movie yang mengangkat tema mengenai Taman Langsat ini sendiri.

Film ini dibintangi oleh Ki Joko Bodo dan juga Metta Permadi yang menceritakan mitos serta misteri dari Taman Langsat.

Tak hanya itu saja, ternyata Taman Langsat ini juga sempat menjadi tempat untuk shooting uji nyali dari salah satu stasiun tv swasta.

Namun, kegiatan uji nyali tersebut akhirnya dibatalkan. Sebab tempat ini memiliki efek aura negatif yang sangat tinggi.

Karena energi negatif tersebut dapat membuat orang-orang yang ada di kawasan tersebut mengalami kesurupan sebab tidak kuat serta penghuni taman yang merasa terganggu dengan adanya kegiatan tersebut.

Baca: Taman Cattleya

3. Kegiatan menarik

Kegiatan menarik
instagram: @ramboeracing

Di waktu pagi hari, taman ini sering digunakan sebagai area olahraga sebab memiliki nuansa yang sangat asri serta memiliki udara yang sangat segar.

Bahkan saking indahnya, taman ini juga sempat dijadikan sebagai tempat untuk pelaksanaan suatu kegiatan bertema garden party.

Tak hanya waktu pagi dan siang, di waktu sore hari juga banyak komunitas yang berkumpul di taman ini.

Lokasinya yang berdekatan dengan Terminal Blok M serta Pasar Mayestik membuat taman ini sering dikunjungi oleh para wisatawan hanya untuk sekedar melepas lelah sebelum kemudian melanjutkan kegiatannya.

Baca: Taman Menteng

4. Danau Buatan & Pasar Burung Barito

Pasar Burung Barito
instagram: @rahneputri

Bagaikan oase yang ada di tengah kota, taman ini juga menyuguhkan keindahan danau buatan yang lengkap dengan adanya sungai mengalir yang nampak sedang membelah taman.

Tempat ini sangat tepat dikunjungi untuk dijadikan spot berpiknik bersama keluarga.

Selepas kalian merasa puas berjalan-jalan di area taman, disini kalian juga bisa berjalan menuju Pasar Burung Barito. Sebab lokasi taman yang memang terletak persis di bagian belakang Pasar.

Disana kalian dapat menjumpai beragam hewan peliharaan, mulai dari anjing, kucing, hamster, atau yang lainnya.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Jogging track dengan lintasan sepanjang 750 meter & lebar 2 meter serta rute turun naik layaknya di perbukitan.
  • Tempat pembudidayaan Pohon Palem Raja
  • Tempat pameran Flora & fauna di alam terbuka
  • Fasilitas lansia
  • Arena permainan anak (Ayunan & Perosotan)
  • Area koleksi tanaman
  • Taman Teratai
  • Lapangan tenis
  • Kolam Teratai
  • Aliran Sungai
  • Danau

Lokasi

Taman Langsat berada di alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130.

Rute

Untuk menuju Taman Langsat kalian dapat memakai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

1. Kendaraan Pribadi

Untuk kalian yang datang dengan memakai kendaraan pribadi, kalian dapat melewati jalan tol JORR atau juga bisa Jagorawi. Apabila kalian menggunakan tol JORR, kalian bisa keluar di arah pintu tol Cipete maupun Pondok Indah.

Setelah itu, kalian kemudian pilih jalur dari arah RS Fatmawati/ Radio Dalam menuju pasar Mayestik.

Sementara untuk kalian yang memilih tol Jagorawi, dapat keluar lewat Semanggi serta melanjutkan perjalanan menuju Blok M.

Dari arah sini kalian belok kanan kemudian lurus hingga tiba di lokasi wisata.

2. Kendaraan Umum

Apabila kalian datang dengan menggunakan kendaraan umum, maka kalian dapat menggunakan bus Trans Jakarta dengan jurusan Blok M.

Dari sini kalian dapat melanjutkan perjalanan dengan memakai bus Metro Mini jalur 72 menuju Barito & Mayestik atau dapat menggunakan Kopaja.

Tak hanya itu, kalian juga dapat menggunakan ojek online.

Jam Operasional

Taman Langsat buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke Taman Langsat tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Tips

  • Apabila kalian datang dengan membawa anak – anak, pastikan tidak jauh dari jangkauan kalian.
  • Menggunakan pakaian yang sopan.
  • Bersikap sopan ketika berada di area taman.
  • Membawa uang cash secukupnya.
  • Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di tempat wisata.
  • Jangan datang dengan membawa pikiran atau niat yang buruk.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Dimana alamat Taman Langsat?

Taman Langsat terletak di kota Jakarta Selatan, tepatnya berada di alamat: Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130.

Film Taman Langsat?

Kisah seram yang ada dibalik taman ini juga mengundang salah satu rumah Produksi Indonesia yakni K2K Production untuk membuat full movie yang mengangkat tema mengenai Taman Langsat ini sendiri.
Bahkan, tv show bertakjub uji nyali juga sempat mengadakan shooting di tempat ini.

Berapa harga tiket masuk Taman Langsat?

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke Taman Langsat tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Satu pemikiran pada “Taman Langsat: Daya Tarik & Tiket Masuk 2022”

Tinggalkan komentar