Taman Cattleya: Aktivitas & Harga Tiket Masuk 2022

Harga TiketGratis
Jam Buka10.00 - 22.00 WIB
No Telepon-
AlamatJl.Letjend S.Parman, Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480

Letaknya yang berada di perempatan Tomang – menuju Tol Kebon Jeruk membuat Taman Cattleya juga sering disebut sebagai Taman Tomang.

Taman ini adalah suatu objek wisata alam terbuka yang ada di tengah – tengah padatnya kota Jakarta Barat. Tempat ini biasa dimanfaatkan sebagai lokasi berkumpul anak – anak muda ibu kota atau juga dijadikan sebagai lokasi bersantai masyarakat setempat.

Bahkan di taman ini juga telah disediakan fasilitas kebugaran dan kesehatan yang diberikan secara gratis selama 24 jam.

Sejarah

taman cattleya 2020
instagram: @temantaman.jkt

Keberadaan Taman Cattleya sebenarnya sudah ada sejak lama. Namuan utamanya, taman ini lebih dikenal dengan nama Taman Tomang.

Pada waktu itu, taman tomang dikenal sebagai lokasi taman yang kumuh, mesum, , rusak serta tak terawat. Sehingga, besar kawasan taman ini pun ditutup dengan menggunakan semak belukar dan juga seng.

Tetapi sejak pada tahun 2013, kemudian pemerintah daerah mulai serius untuk fokus kepada taman yang terbengkalai satu ini.

Sehingga kawasan taman pun akhirnya dirawat serta dipermak, dan juga direnov besar – besaran. Sebagai salah bagian dari proses perombakan taman tomang, nama dari taman pun kemudian dirubah menjadi taman Cattleya.

Kata Cattleya diambil dari salah satu genus yang ada di Tanaman Anggrek, dimana karena taman ini letaknya memang tepat berada di seberang barat Mall serta Apartment Taman Anggrek yang megah.

Sampai sekarang, taman ini menempati lahan seluas 3 hektar lebih yang telah tertata rapi dan juga indah. Bahkan di dalamnya juga sudah dilengkapi beragam fasilitas penunjang untuk kegiatan masyarakat.

Namun sayangnya, pada masa awal pembukaan taman ini, aktivitas yang dilakukan para pengunjung masih kerap terdengar.

Hingga pada akhirnya, taman ini dibuka 24 jam serta dijaga juga selama 24 jam keamanan area taman, untuk menghindari hal tersebut terus berulang kembali.

Tak hanya itu saja, pencahayaan taman juga telah ditata sedemikian rupa sehingga menjadi lebih baik. Hal itu ditingkatkan guna untuk memberikan kenyamanan serta keamanan untuk seluruh pengunjung, khususnya ketika suasana sudah mulai gelap.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata atau kegiatan menarik yang dapat kalian lakukan di taman ini, antara lain:

1. Ruang Interaksi Sosial

taman ayodya
instagram: @farihfotografi

Sejak diresmikan ulang oleh Gubernur Jakarta yang bernama Ahok, taman ini lebih ramai dikunjungi oleh para pengunjung. Baik yang datang hanya untuk berolahraga ataupun hanya sekedar untuk menghabiskan waktu sembari beristirahat.

Bahkan tak jarang juga ada orang yang terlihat sedang berlatih baris berbaris serta beladiri. Yang mana memang taman ini luas serta rindang, sehingga tak akan panas pada waktu siang hari.

Bahkan karena keindahan yang dimiliki taman, taman ini sering dijadikan sebagai lokasi shooting untuk FTV.

Baca: Taman Menteng

2. Memancing

taman suropati
instagram: @aminullahaziz

Yang menarik dari tempat ini adalah adanya kolam ikan yang bebas untuk dipancing oleh siapa pun yang berkunjung ke taman ini.

Terdapat beberapa yang hobi memancing untuk berusaha mencoba peruntungan di kolam ikan ini.

Uniknya lagi, untuk para pemancing yang datang kesini juga biasanya datang bersama kelompok. Dimana merkea akan patungan untuk membeli ikan hidup. Lalu ikan  – ikan tersebut dimasukkan ke dalam kolam yang ada di taman.

Selepas itu, kemudian mereka memancing secara beramai-ramai. Sungguh suatu cara menghibur diri yang sangat murah meriah serta sehat secara sosial juga.

Terlebih lagi pada waktu libur akhir pekan tiba, mulai dari pukul 14.00, pasti daerah kolam sangatlah ramai. Sebab, pada hari Minggu biasanya diadakan kegiatan memancing bersama.

Bahkan dulu juga sering diselenggarakan acara dari lembaga, seperti PMI. Kegiatan tersebut berupa acara memancing bersama pengunjung, dan nantinya ikan yang dipancing telah disediakan oleh panitia yang menyelenggarakan acara.

Baca: Taman Ismail Marzuki

3. Area fitness outdoor

Area fitness outdoor
instagram: @instagram: @kevinfamz11

Disini kalian dapat melakukan kegiatan fitness di ruang terbuka ditemani dengan udara yang cukup segar legkap dengan suasana yang “hening”. Sebab memang lokasi taman ini menjorok dari arah jalan raya serta tol.

Disini sudah dilengkapi fasilitas seperti lapangan serta beragam alat olahraga lainnya yang dapat kalian gunakan sepuasnya secara gratis.

Trek jalan yang tersedia di taman ini juga terlihat sangat rapi, maka tidak heran sering dijadikan sebagai trek jogging waktu sore hari.

Baca: Taman Kalijodo

4. Wisata Kuliner 

kuliner
instagram: @llaaura.__

Berikut ini adalah beberapa kuliner yang dapat kalian temukan di lokasi Taman Cattleya, antara lain:

1. Waroenk Kito Tomang

Berada di alamat Jalan Tawakal Raya No. 36, Tomang, resto yang satu ini memiliki hidangan makanan yang ciamik.

Beberapa kuliner yang dapat kalian pesan antara lain:

  • Tomyam
  • Udang Mayonaise
  • Udang Telor Asin
  • Jamur Crispy
  • Salad
  • Sup Iga
  • Nasi Goreng Keju
  • Serta Ayam Bakar.

Waroenk Kito juga mempunyai menu paket Ngeliwet yang dapat kalian pesan secara berkelompok lebih dari 5 orang.

2. Ayam Panggang Bang Ndut

Tempat makanan yang satu ini telah ada sejak pada tahun 2015, yang berada di alamat Jalan Mandala Raya No.26, Tomang.

Menu andalan yang ada di resto ini adalah boneless, ayam bakar madu, serta rica rica.

Untuk harganya juga cukup terjangkau, cukup dengan dibandrol mulai dari harga Rp20.000 – Rp22.000. Menariknya lagi, resto ini juga telah sukses mengikuti berbagai event seperti bazaar, pameran, serta yang lainnya.

3. Mie Keriting Ketapang Tomang

Mie Keriting Ketapang memang memiliki keunikan sendiri apabila dibandingkan dengan jenis mie yang lain.

Hal tersebut disebabkan mie ini dibuat dengan menggunakan racikan bubu home made. Telur yang dipakai juga berbeda. Dan juga mie yang digunakan begitu kenyal dan lembut yang menjadi karakteristik khas dari mie keriting yang satu ini.

Nur Solichatun yang merupakan pemiliki kedai juga menuturkan jika ia memberikan inovasi berupa tambahan varian toping seperti bakso, pangsit rebus, dan juga cincangan daging ayam.

Pilihan menu mie yang tersaji di tempat ini dibagi menjadi dua, yakni mie ayam original serta mie ayam yamin. Alamatnya berada di Jalan Mandala Raya.

4. Iki Isoku

Apabila kita melihat namanya, pasti kita sudah tahu jika tempat makan satu ini merupakan resto makanan Jepang. Meski demikian, sajian menu yang disuguhkan disini juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Kalian cukup merogoh kocek mulai dari Rp10.000 – Rp50.000, kalian sudah bisa mencicipi hidangan yang ada di dalam resto ini.

Adapun menu andalan dari resto ini, yaitu Gyu Tandon (lidah sapi) yang mana resep pembuatan makanan ini diperoleh langsung dari seorang Chef Jepang asal Kyoto.

Alamatnya berada di Jalan Biak Raya No. 29, Cideng.

5. Saoenk Kito Kamboja Tomang

Saoenk Kito merupakan tempat makanan yang menyajikan makanan khas tradisional Jawa – Sunda dan juga aneka olahan Seafood.

Tempat ini juga memiliki berbagai cabang yang tersebar di kawasan Jakarta, Tomang.

Alamatnya berada di Jalan Kamboja Raya No. 40 Tomang.

6. Dapur Serundeng

Dan resto yang terakhir ini adalah resto yang menyuguhkan kuliner khas berbagai daerah yang diolah menggunakan bumbu tradisional.

Resto ini memiliki beberapa cabang, dan salah satunya berada di Tomang, tepatnya berada di alamat Jalan Biak Raya No.33.

Fasilitas

  • Fasilitas kesehatan & kebugaran (trek jogging, fitness outdoo)
  • Mushola
  • Area parkir
  • Toilet
  • Tempat duduk
  • Tempat sampah
  • Spot foto
  • Kolam ikan
  • Permainan anak

Lokasi

Taman Cattleya berada di alamat: Jl.Letjend S.Parman,, Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480.

Baca juga: Taman Langsat

Rute

1. Kendaraan Pribadi

Cawang

Untuk kalian yang berangkat dari arah Cawang dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka sebelum lampu merah tomang kalian pelankan kendaraan sebab lokasi taman terletak sebelum perempatan atau tol kebun jeruk.

Roxy/ Tanah Abang

Untuk kalian yang berangkat dari arah roxy atau arah tanah abang, kalian harus memutar arah lumayan jauh yaitu dengan memutar di kolong jembatan Slipi Petamburan.

2. Kendaraan Umum

  • Busway

Untuk kalian yang berangkat dengan naik Busway, kalian dapat turun di Halte Rumah Sakit Harapan Kita. Lalu kalian lanjutkan perjalanan menuju perempatan Tomang sebelum sampai Taman Anggrek (apabila dari arah semanggi).

Sekitar jarak 200 meter, kalian akan segera tiba di lokasi taman Cattleya yang letaknya sebelum perempatan tomang.

  • BUS/ Kendaraan Umum

Bogor atau Cawang

Seluruh kendaraan yang berasal dari arah Bogor maupun Cawang ke arah Grogol pasti akan melewati lokasi taman. Kalian bisa meminta turun di perempatan Tomang.

Tangerang/ Kalideres

Untuk kalian yang berangkat dari arah Tangerang atau Kalideres dengan jurusan semanggi nantinya juga akan melewati taman ini tetapi letaknya ada di seberang jalan pemberhentian kalian.

Sehingga kalian bisa berhenti tepat di perempatan taman cattleya atau tomang kemudian tinggal menyeberang menuju lokasi taman.

Jam Operasional

Taman Cattleya dulunya dibuka selama 24 jam. Namun untuk sekarang ini taman ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB setiap harinya (Senin – Minggu).

Harga Tiket Masuk

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke taman ini tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Tips

  • Sebaiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi agar kegiatan kalian di taman lebih fleksibel.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman ini adalah ketika pagi dan sore hari, sebab suasananya lebih sejuk.
  • Tidak membuang sampah sembarangan.
  • Kalian dapat membawa bekal dari rumah agar lebih hemat.
  • Jaga barang bawaan kalian.
  • Apabila datang dengan membawa anak – anak pastikan tidak jauh dari pandangan dan jangkauan kalian.
  • Memakai sunblock.
  • Membawa uang cash secukupnya.
  • Membawa antiseptik atau obat yang diperlukan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Dimana alamat Taman Cattleya?

Taman Cattleya terletak di kota Jakarta Barat, tepatnya berada di alamat: Jl.Letjend S.Parman,, Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480.

Jam buka Taman Cattleya?

Taman Cattleya dulunya dibuka selama 24 jam. Namun untuk sekarang ini taman ini memiliki jam operasional mulai dari pukul 10.00 – 22.00 WIB setiap harinya (Senin – Minggu).

Memancing di Taman Cattleya?

Di Taman Cattleya memang telah disediakan kolam ikan yang bebas untuk dipancing oleh siapa pun yang berkunjung ke taman ini.

Fasilitas di Taman Cattleya?

Taman Cattleya telah dilengkapi dengan beragam fasilitas penunjang lengkap yang dapat dimanfaatkan oleh setiap pengunjungnya. Sebagai salah satu contohnya adalah fasilitas kesehatan dan kebugaran yang dapat digunakan selama jam buka taman secara gratis.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar