Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

2 min read

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang terletak di daerah Cianjur, Jawa Barat. Tempat wisata ini menyajikan keindahan panorama alam yang hijau dan serasi dengan view pegunungan yang eksotis, ditambah dengan udara segar yang menyejukkan karena berada di ketinggian 1.275 m diatas permukaan laut yang membuat tempat wisata ini nyaman untuk dikunjungi.

Kebun Raya Cibodas memiliki luas kurang lebih 80 hektare. Hamparan taman hijau dengan rindangnya deretan pohon dan rerumputan yang terawat dapat dijadikan tempat untuk bersantai. Selain itu juga terdapat beberapa kolam air mancur yang dapat membuat wisatawan merasa betah.

Harga tiket masuk Kebun Raya Cibodas pun tergolong murah. Ditambah dengan beberapa spot yang menarik dan fasilitas yang memadai membuat tempat ini ramai untuk dikunjungi. Simak ulasan dibawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Spot Menarik

Terdapat beberapa spot keren yang dapat anda nikmati ketika mengunjungi Kebun Raya Cibodas seperti berikut:

1. Taman Sakura

harga tiket kebun raya cibodas

Tidak perlu bepergian ke Jepang bila hendak melihat bunga sakura, cukup berkunjung ke Kebun Raya Cibodas dan nikmati keindahan taman sakura. Tumbuhan sakura yang seharusnya hanya tumbuh di tempat yang memiliki empat musim saja, namun di Kebun raya ini dapat tumbuh dengan subur karena memiliki ketinggian lebih dari 1400 meter diatas permukaan laut.

Waktu terbaik untuk menyaksikan bunga sakura berada pada bulan Januari – Februari dan Juli – Agustus. Pada bulan tersebut bunga akan bermekaran selama dua minggu dan setelah itu akan layu dan mati. Berbeda dengan Jepang yang hanya tumbuh tiap satu tahun sekali.

2. Rumah Kaca

Kebun Raya Cibodas sakura

Selain taman sakura yang indah, terdapat juga rumah kaca. Bila anda masuk ke dalam rumah kaca, maka terdapat lebih dari 4000 contoh macam tanaman yang terdiri dari 350 jenis kaktus, 360 jenis anggrek, dan berbagai macam tanaman unik yang tersedia di rumah kaca tersebut.

3. Air Terjun Cibeureum

air terjun kebun raya cibodas

Air terjun ini berada di kawasan taman nasional gunung Gede Pangrango. Untuk sampai ke air terjun Cibeureum pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Pengunjung akan melihat banyak sekali papan petunjuk jalan untuk sampai ke air terjun tersebut. Air terjun ini berada di ketinggian 1675 meter diatas permukaan air laut, dan memiliki tinggi air sekitar 50 meter.

4. Taman Lumut

Kebun Raya Cibodas memiliki sebuah taman yang unik, yaitu taman lumut. Taman lumut disini memiliki koleksi sebanyak 235 jenis lumut.

Berwisata juga ke: Hobbit Hill Cileungsi

5. Araucaria Avenue

Arucaria Avenue merupakan sebuah jalan batu yang tertata rapi dari wisma tamu hingga kolam besar. Tempat ini juga terbilang mengesankan, karena terdapat pohon Araucaria yang sudah ada sejak tahun 1866 di sepanjang jalan tersebut. Bila dihitung, pohon ini telah berumur lebih dari 1 abad.

6. Jalan Air

Jalan air disini merupakan sebuah aliran sungai Cibogo yang berasal dari gunung Gede. Tidak mengherankan bahwa air yang mengalir disini sangat dingin dan jernih. Hal itulah yang menyebabkan tempat ini dijadikan sebuah wahana bermain untuk anak-anak yang menyenangkan.

7. Taman Rhododendron

Wisata Kebun Raya Cibodas

Taman Rhododendron merupakan sebuah taman bunga yang memiliki beragam variasi warna bunga yang sangat indah. Bunga-bunga tersebut berasal dari negara seperti Indonesia, Jepang, dan China.

8. Bunga Bangkai Raksasa

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas

Bunga ini sangat terkenal dengan bau bangkainya dan ukurannya yang sangat besar. Bunga ini dibawa dari Jambi pada tahun 2000. Bunga bangkai ini juga berbunga tiap empat tahun sekali.

9. Koleksi Tumbuhan Paku

Kebun Raya Cibodas memang memiliki banyak sekali tumbuhan, seperti tumbuhan paku. Tumbuhan paku sejatinya dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan, bahan makanan, dan lain sebagainya. Kebun Raya ini memiliki sebanyak 34 jenis paku-pakuan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sudah coba wisata outbound: Citra Alam?

10. Kolam Besar

Pesona terakhir dari Kebun Raya Cibodas adalah kolam besar. Kolam ini digunakan untuk koleksi tumbuhan air dan dibangun sekitar tahun 1901.

Fasilitas

Selain wahana diatas, terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan pengunjung seperti :

  • Tempat parkir
  • Ruang informasi
  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat bermain anak
  • Pendopo
  • Camping ground

Lokasi

Alamat Kebun Raya Cibodas terletak di Sindanglaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Berjarak beberapa kilometer setelah istana Cipanas dari arah Bandung dan kawasan puncak Bogor jika dari arah Jakarta.  Jika dari Jakarta, anda memerlukan waktu 1-2 jam tergantung kepadatan lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Cibodas

TiketHarga
Tiket MasukRp16.500
Tiket Parkir MotorRp5.000
Tiket Parkir MobilRp16.000

Kebun Raya Cibodas dibuka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Tips Berkunjung

  1. Datang lebih awal agar dapat lebih lama menikmati kesejukan alam di Kebun Raya Cibodas.
  2. Bila hendak melihat bunga sakura, datang pada waktu yang tepat. Seperti yang telah dijelaskan diatas.
  3. Membawa bekal dari rumah.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *