Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

Share
Comment 1 reply
Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo

X

Advertisements

Loading...

Yogyakarta memang memang memiliki sejuta keindahan yang tersimpan di dalamnya, salah satunya adalah Hutan Mangrove Kulon Progo.

Selain memiliki Gunung Kidul dan Bandul yang menyimpan berbagai pantai dan juga bebatuan karang yang menawan.

Daerah Kulon Progo kini juga mulai terkenal dikalangan para wisatawan.

Mulai dari area perbukitan dan juga air terjun yang dapat kalian jadikan wisata, Kulon Progo ini juga memiliki sunset serta dinobatkan sebagai pemilik pesona sunset tercantik yang ada di di Jogja.

Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai pantai di Kulon Progo. Tetapi pesona dari hutan mangrove yang yang ada disana.

Objek Wisata

1. Berada di daerah Pantai Glagah dan Pantai Trisik

Pantai Glagah dan Pantai Trisik

Advertisement

Lokasinya yang berada di kedua pantai tersebut, membuat panorama di hutan mangrove semakin indah, sebab Pantai Glagah memang terkenal akan keindahannya.

Sehingga, kami sarankan setelah berkunjung ke hutan mangrove, kalian mampir ke pantai tersebut.

2. Waktu terbaik untuk berkunjung

waktu terbaik berkunjung

Untuk kalian yang hendak berkunjung kesini, maka kalian harus menentukan mana waktu yang tepat untuk datang kemari.

Advertisement

Yang mana sangat disarankan untuk berkunjung di pagi hari mulai dari pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB untuk pagi hari. Dan sore dari mulai pukul 15.30 WIB.

Sebab kedua waktu tersebut sangat teduh dan tidak ada terik matahari yang menyengat.

Kalian dapat membidik berbagai macam spot dengan hasil yang mengesankan di waktu tersebut. Sebetulnya, siang juga waktu bisa jadi menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung, hanya saja pada waktu itu siang terik matahari sedang terasa sangat menyengat.

3. Jembatan api – api

Jembatan api - api

Spot favorit yang ada disini adalah jembatan api – api.

Jembatan api – api adalah spot yang selalu dipadati oleh pengunjung disini. Keindahan dari jembatan ini juga dapat kalian abadikan lewat wahana permainan yang disediakan seperti ayunan.

Kenapa Jembatan tersebut disebut sebagai Jembatan Si api-api?

Hal tersebut dikarenakan, jenis hutan Mangrove yang ada di area ini merupakan api-api. Oleh sebab itulah, jembatan kebanggan ini disebut dengan nama Jembatan api-api.

4. Ayunan

Ayunan yang ada di area ini juga menjadi spot yang sangat menyenangkan. Tentunya para pengunjung dapat bermain dengan ayunan tersebut.

5. Naik perahu

Hutan Mangrove Kulon Progo

Menikmati keindahan hutan mangrove juga dapat kalian lakukan dengan menaiki perahu.

Terlebih lagi jika kalian datang bersama orang terkasih, dijamin momen yang akan kalian dapatkan sangatlah berkesan dan tak terlupakan.

Advertisement

6. Berjalan di area hutan mangrove

Untuk kalian yang takut untuk menaiki perahu, kalian juga dapat berjalan santai mengelilingi area ini.

Nantinya kalian dapat menjumpai berbagai macam biota laut seperti ikan lucu nan imut yang akan menemani kegiatan berjalan kalian.

Disini juga terdapat kepiting Bakau yang dapat dengan mudah kalian temui. Namun, disini para pengunjungnya dilarang untuk memancing.

7. Goa Mangrove

Goa Mangrove

Di area hutang mangrove juga terdapat Goa Mangrove yang sangat menawan. Goa tersebut masih sangat alami dan asi.

Memiliki hawa yang sangat teduh dan juga sejuk. Tentunya tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk melepas penat dan juga suntuk.

Lantaran goa ini memiliki kondisi yang cukup lembab, maka jangan kaget jika kedatangan kalian akan disambut dengan gigitan nyamuk.

8. Replika menara eiffel

hutan mangrove kulon progo yogyakarta

Advertisement

Di kawasan hutan mangrove juga telah dibangun replika menara eiffel yang terbuat dari bambu. Tentunya spot ini dapat dijadikan sebagai tempat berswafoto yang unik.

9. Menikmati waktu senja

tiket masuk hutan mangrove kulon progo

Jangan lupa untuk menyempatkan menikmati waktu senja sore di kawasan ini. Meski tak semenawan seperti pada Pantai Glagah.

Tetapi, menikmati waktu senja disini juga tak kalah menawan dari tempat lain. Warna langit yang perlahan berubah warna seiring dengan malam yang akan datang menjadi momen yang sangat romantis untuk dinikmati bersama pasangan.

Fakta Unik

  • Hutan Mangrove Kulon Progo adalah salah satu tempat wisata yang baru terkenal belakangan ini.
  • Meskipun baru dikenal dalam waktu beberapa bulan, tetapi area wisata hutan mangrove ini telah mampu menarik ratusan pengunjung pada setiap harinya.
  • Terdapat empat spot favorit yang ada di objek wisata di hutan Mangrove, antara lain: Jembatan Api-Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit dan Maju Lestari .
  • Spit Jembatan Api-Api merupakan spot yang paling banyak menarik perhatian para pengunjung sebab disana terdapat beberapa spot foto yang unik dan juga indah.
  • Para pengunjungnya dapat mengelilingi area hutan mangrove dengan menggunakan perahu wisata yang telah disediakan.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Spot selfie
  • Perahu wisata
  • Mushola
  • Akses rute ke Pantai Congot
  • Warung makan
  • Penginapan

Lokasi

Hutan Mangrove Kulon Progo berada di alamat: Pasir Mendit, Jangkaran, Kec. Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55654. (Obyek wisata ini berjarak sekitar 47 km dari arah titik nol, serta dapat ditempul dalam kurun waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.)

Baca juga: Stonehenge Jogja

Rute

  • Kendaraan Pribadi

Dari arah kota Yogyakarta kalian bisa langsung menuju ke arah Jalan Raya Wates – Purworejo – mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Congot – Jalan Daendels Kecamatan Temon – dilanjutkan ke barat hingga melewati jembatan Sungai Bogowonto – sekitar 100 meter kemudian belok ke arah selatan serta ikuti petunjuk menuju kawasan hutan mangrove.

Jam Operasional

Hutan Mangrove Kulon Progo dibuka setiap harinya (Senin – Jumat) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp3.000
Jembatan api – api (motor)Rp4.000
Jembatan api – api (mobil)Rp5.000
Kamar mandiRp2.000
Perahu wisataRp5.000
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp5.000
Parkir mini bus/ truckRp10.000

Tips Berkunjung

  • Waktu yang sempurna untuk datang ke hutan mangrove yaitu pada waktu pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB atau pada waktu sore hari selepas pukul 15.00, supaya cahaya matahari tidak sedang terik serta kalian dapat berfoto dengan hasil yang lebih bagus.
  • Apabila kalian hendak berkunjung kesana, maka disarankan untuk berangkat dari waktu pagi-pagi sekali supaya sampai di area wisata hutan mangrove cuacanya masih segar serta matahari belum terik.
  • Jangan lupa untuk membawa topi maupun sunglasses. Tak hanya untuk bergaya saja, kedua benda tersebut juga dapat melindungi kepala serta mata kalian dari teriknya sinar matahari.
  • Menggunakan sunblock supaya kulit kalian terlindung dari cahaya matahari.
  • Untuk berjaga-jaga, bawalah pakaian ganti dan juga peralatan mandi.
  • Pastikan jika baterai pada alat elektronik kalian dalam keadaan penuh, sebab disana terdapat spot keren yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.