Waduk Sermo: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp2.000 - Rp5.000
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
No Telepon-
AlamatSremo tengah RT: 63/23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55653

Yogyakarta. Kota yang terkenal dengan berbagai macam wisata dan tentunya sangat mengagumkan. Salah satunya Waduk Sermo ini.

Sebenarnya waduk ini digunakan untuk irigasi persawahan disekitar waduk dan sebagai sumber air baik minum maupun yang lainnya. Oleh karena itu harga tiket Waduk sermo masih sangat murah.

Waduk yang sudah ada sejak tahun 1996 diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 20 November. Akan tetapi Waduk Sermo baru hits akhir – akhir ini.

Waduk Sermo terletak di Sermo Kulon Progo Yogyakarta. Letak yang cukup strategis. Dekat dengan hutan wisata (cagar alam), banyak pepohonan yang memberikan kesan sejuk, terletak dianara dua bukit yang sangat indah, serta terdapat jalan yang melingkarinya.

Selain letak yang strategis dan pemandangannya yang indah, waduk ini menyediakan berbagai hal yang harus dicoba. Seperti perahu gethek dan perahu motor.

Bahkan di waduk ini kita dapat memancing. Namun harus berhati – hati karena ada tempat yang berbahaya dan tidak diperbolehkan untuk memancing. Harga tiket Waduk Sermo belum mencangkup semuanya.

Kebanggaan tersendiri jika telah berkunjung disini. Karena waduk ini dinilai sebagai waduk terbaik di Indonesia.

Banyak spot – spot menarik yang biasanya diincar oleh para remaja generasi milenial saat ini. Tentunya mengincar agar dapat berfoto dan memamerkan ke teman – temannya. Hasilnyapun akan sangat menakjubkan.

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah sore hari. Kita dapat menikmati indahnya terbenamnya matahari yang disebut juga sunset.

Wahana

1. Bumi Perkemahan Waduk Sermo

Perkemahan salah satu kegiatan yang populer di pramuka. Nah Waduk Sermo ini sering digunakan untuk kegiatan perkemahan pramuka.

Tempatnya sangat cocok dan mendukung untuk kegiatan tersebut.

Baca: Air Terjun Kedung Pedut

2. Camping

fasilitas waduk sermo

3. Perahu Gethek

Perahu yang dulunya dijadikan transportasi ini sekarang dijadikan objek wisata. Terbuat dari bambu yang dijajar, disusun, dan dikaitkan satu sama lain, serta ditambah bahan pendukung agar gethek tersebut dapat mengapung dan digunakan.

Cara menggunakannya yaitu dengan kita mendayung – dayungkan dayung di permukaan air ke arah yang kita inginkan.

Menaiki Perahu Gethek diharapkan kita dapat merasakan bagaimana menyebrang sebuah sungai. Pengalaman yang sangat tak terlupakan. Tapi ingat, kita harus selalu berhati – hati. Berbahaya kalau kita sampai tercebur kedalam waduk.

Kunjungi juga : Jogja Bay Waterpark

4. Perahu Mobil

Perahu yang lebih modern ini sudah menggunakan mesin untuk menggerakkannya. Kita hanya duduk sambil menikmati hempasan angin yang mengenai tubuh kita.

Serta manikmati pemandangan alam yang telah disuguhkan oleh wisata alam ini. Sangat menyenangkan.

5. Gazebo Rumah Jamur

Bentuk gazebo ini menyerupai rumah jamur sebab itu dinamakan Gazebo Rumah Jamur. Kita dapat bersinggah disini setelah lelah menikmati semua yag ada di Waduk Sermo ini.

6. Gazebo Rumah Panggung

Sama dengan Gazebo Rumah Jamur. Namun berbeda bentuk saja.

Baca: Hutan Mangrove Kulon Progo

Spot Foto

1. Taman Bambu Air

tiket masuk kalibiru

Taman ini berada ditengah waduk. Terbuat dari rangka besi dan tong plastik yang tentunya aman. Jangan khawatir akan bosan disini, karena tempat ini dilengkapi dengan berbagai hal tempo dulu.

Seperti saung bambu lengkap dengan meja kursinya serta ada lampu untuk penerangan pada masa itu.

Saung tak lengkap jika tidak ada hiasan pot berisikan bambu disertai sepeda ontel. Tenang, saung ini ada kok. Spot yang lagi hits yaitu spot bulan sabit berwarna kemerahan juga terdapat disini.

2. Taman Piring Kuning

Spot love, tampir, dan rumah bambu adalah 3 spot favorit bagi kalangan yang suka berfoto.

3. Taman Munggur

Keindahan luar biasa yang dapat dinikmati dari ketinggian. Ditambah dengan adanya dua panorama yaitu Waduk Sermo itu sendiri dan perbukitan manoreh yang cantik.

4. Bukit Pethu

wisata kulon progo

Disini kita juga dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian. Bedanya kita hanya bisa melihat satu panorama yaitu Waduk Sermo namun lebih dekat. Kita juga diharuskan memakai tali pengaman ketika naik diatasnya agar lebih aman.

5. Akar Liar

waduk sermo 2019

Area yang memiliki sensasi berada diatas panggung kayu disertai dengan akar – akar liarnya. Juga sebuah kano yang dilengkapi dengan dayungnya.

6. Pulau Terapung

Sama halnya dengan Taman Bambu Air. Akan tetapi disini hanya dapat dinaiki maksimal 8 orang dewasa. Tempat ini juga sering digunakan untuk prewedding berkonsep alam.

7. Gumuk Sri Tinon

Sebuah gardu pandang disertai denga saung – saung yang terhampar luas dan juga dilengkapi jembatan bambu.

8. Jangkang Hill

Spot yang dibuat ditempat pohon jangkang tumbuh. Berkonsep sama dengan gerdu pandang. Dilengkapi juga dengan tali pengaman untuk pengunjung yang menaikinya.

Konon katanya jika waduk ini diambil gambar dari atas ketinggian, akan berbentuk menyerupai manusia raksasa. Dan kita juga akan menemukan sesosok penampakan ikan red devil yang berasal dari sungai amazon. Adapula jenis ikan lainnya, seperti mujahir, nila, dan lainnya.

Baca: Waduk Selorejo

Fasilitas

  • Warung makan
  • Toilet
  • Gazebo (Rumah Jamur & Rumah Panggung)
  • Peralatan untuk memancing beserta umpannya
  • Villa
  • Bengkel
  • Penyewaan perahu (Gethek / Mobil)

Lokasi

Sremo tengah RT: 63/23, Sremo Tengah, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

Berjarak kurang lebih 40km dari pusat kota. Dengan waktu tempuh kurang lebih 60 menit atau bahkan kurang dari itu. Waktu tempuh yang dapat dibilang cepat untuk menikmati berbagai keindahan yang ada Waduk Sermo Kulon Progo.

Jam Operasional

Waduk Sermo dibuka mulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB atau sebelum adzan maghrib dikumandangkan.

Tips Wisata

  1. Membawa barang seperlunya saja.
  2. Lebih baik datang di sore hari agar dapat melihat sunset.
  3. Mempersiapkan kamera serta memori yang cukup.
  4. Menggunakan maps atau mungkin dapat bertanya jika tdak mengetahui tempat ini.
  5. Berhati – hati dan waspadalah karena bahaya dapat mengancam siapa saja dan dimana saja.

Harga Tiket Waduk Sermo Kulo Progo

Harga Tiket Waduk Sermo Kulon Progo
TiketKategoriHarga
Tiket MasukAnak – anakRp2.000
DewasaRp5.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp3.000
Bus / TrukRp5.000
WahanaSewa PerahuRp30.000 /perahu
Keliling Waduk SermoRp6.000 /orang
Gerdu PandangRp10.000 /orang

Note :

Harga tiket Waduk Sermo dapat berubah sewaktu – waktu.

Jadi kapan nih mau mengunjungi waduk yang sangat menarik ini? Jangan lupa ajak orang – orang terdekat yang ada sayangi agar dapat merasakan keindahannya sama – sama. Mengabadikan moment pun jangan sampai terlewatkan. Semoga bermanfaat. Terima kasih 🙂

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar