Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

1 min read

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Jika Anda ingin berlibur sembari belajar, mengunjungi Museum Geologi Bandung akan menjadi opsi yang tepat. Walau harga tiket masuk Museum Geologi Bandung ini murah. Anda akan mendapatkan berbagai informasi yang mungkin belum pernah diketahui mengenai bumi.

Museum Geologi akan memberi pengetahuan tentang alam hingga sumber daya di seluruh dunia. Tempat ini sudah biasa dikunjungi oleh komunitas hingga rombongan sekolah yang ingin melihat secara langsung fosil sejak zaman purba.

Tempat ini dilindungi langsung oleh pemerintah. Pembangunannya dimulai sejak 16 Mei 1928 dan menjadi salah satu bangunan bersejarah yang ada di Bandung. Lalu, apa saja yang bisa dilihat di Museum Geologi Bandung. Mari simak informasi lengkapnya:

Koleksi Museum Geologi Bandung

Dengan hanya membayar harga tiket museum geologi bandung seharga Rp2.000-Rp3.000. Anda bisa menikmati ragam koleksi di tempat ini meliputi fosil, bebatuan, serta bahan mineral. Ada beberapa ruangan yang menyuguhkan koleksi berbeda, diantaranya:

1. Ruangan Orientasi (Lantai 1)

harga tiket masuk museum geologi bandung

Ruang ini berisi peta geografis Indonesia. Bentuknya adalah relief layar lebar yang akan menayangkan berbagai macam kegiatan geologi. Serunya, Anda akan melihat kegiatan tersebut dalam bentuk animasi.

2. Ruang Sayap Barat

tiket masuk museum geologi bandung

Ruangan ini menyajikan informasi mengenai geologi Indonesia. Ada hipotesis terjadinya bentuk bumi dalam tata surya hingga keadaan geologi negara Indonesia.

3. Ruang Sayap Timur

harga tiket museum geologi bandung 2019

Di ruang ini, Anda akan menemui kumpulan fosil dari tengkorak manusia yang ditemukan di Nusantara. Terdapat pula informasi pembentukan danau di bandung pada masa Purba yang telah melegenda.

4. Ruang Tengah (Lantai 2)

Museum Geologi Bandung

Informasi mengenai pertambangan emas terbesar di Dunia akan Anda ketahui di tempat ini. Nah, tahukah Anda jika negara ini sangat kaya? Ya, Pegunungan Tengan Iria Jaya-lah pemilik petambangan tersebut.

Jangan lupa nikmati keindahan kota bandung di malam hari dari Bukit Moko Bandung.

Anda akan menyadari betapa banyak potensi Indonesia dari bidang pertambangan melalui koleksi di Museum Geologi Bandung.

Fasilitas

Tak hanya bisa melihat berbagai koleksinya saja, di Museum Geologi Bandung ada fasilitas penunjang yang akan membuat Anda betah. Diantaranya:

  1. 3D Museum.
  2. Penggalian fosil bagi anak-anak.
  3. Taman Batu.
  4. Auditorium untuk seminar, pemutaran film, dan ceramah.
  5. Ruang edukasi berkapasitas 40 orang.
  6. Souvenir shop.
  7. Masjid.
  8. Poliklinik.

Lokasi

Alamat Museum Geologi Bandung bertempat di Jl. Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat 40122.

Untuk menghubungi pihak Museum, Anda bisa mengirim email ke museum-geologi@grdc.edsm.go.id atau di nomor telepon (022) 7203822. Follow akun Twitter resminya di @geomuzee untuk mendapatkan informasi kegiatan menarik di tempat ini.

Tips Wisata

Jika berencana untuk mengunjungi Museum Geologi Bandung, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Anda bisa memilih diantara dua jalur untuk menuju Museum Geologi, yaitu Pintu Selatan dan Pintu Utara dengan menggunakan angkutan berwarna hijau – hitam. Pastikan angka angkot yang Anda tumpangi adalah 05 jurusan Cicaheum – Ledeng
  2. Perhatikan jam operasional tempat ini, yaitu Senin – Kamis pukul 09.00 – 15.30 WIB, dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 13.30 WIB
  3. Pada hari Jum’at dan hari libur nasional, Museum Geologi tidak dibuka
  4. Anda harus siap mengantri jika mengunjungi tempat ini pada weekend.

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

TiketHarga
Tiket Masuk/orang (pelajar)Rp2.000
Tiket Masuk / orang (umum)Rp3.000
Tiket Masuk wisatawan asingRp10.000

Wah, murah sekali, bukan? Segera agendakan liburan tanpa menguras isi kantong ke Museum Geologi Bandung. Bukan Cuma berlibur saja, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan yang membuat semakin cinta pada negara Indonesia.

Nah, hal penting lain yang perlu diperhatikan adalah mengenai jam operasional Museum ini. Catat kapan Anda akan pergi. Jangan sekali-kali datang di hari libur nasional ya! Karena Anda hanya akan melihat gerbang yang tertutup.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *