RIUNG GUNUNG Pangalengan: Pesona & Tiket Masuk 2023

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor HP-
LokasiKp. Riung Gunung, Desa, Pulosari, Pangalengan, Bandung, Jawa Barat

Daerah Pengalengan, Jawa barat memang sudah bukan wilayah yang asing, terutama bagi mereka yang suka melancong ke daerah berhawa dingin. Ada banyak sekali tempat wisata yang ada di wilayah ini, salah satunya adalah Riung Gunung Pangalengan.

Perpaduan antara suasana alam yang syahdu, hawa dingin serta obyek wisata atraktif tentu menjadi daya tarik yang tidak bisa ditolak. Setiap akhir pekan atau hari libur, tempat ini selalu dapat menyedot pengunjung hingga ribuan orang.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Riung Gunung

Harga tiket untuk masuk ke wilayah Nuansa Riung Gunung sendiri sebenarnya sangat murah, hanya Rp10.000 saja. Namun, masih ada biaya tambahan jika Anda ingin masuk ke wilayah camping ground. Berikut adalah tabel lengkapnya:

Jenis TikethargaKeterangan
Tiket masuk Nuansa Riung GunungRp10.000Setiap hari
Tiket Masuk Camping GroundRp25.000Setiap hari
Paket CampingRp400.000Menyesuaikan
Paket LengkapRp600.000Menyesuaikan

Harga tiket berlaku untuk semua kelompok umur kecuali balita. Jika Anda ingin berkemah, maka tidak perlu membawa tenda sendiri. Anda dapat menyewa dengan kisaran harga mulai dari Rp50.000 tergantung dari besar tenda.

Atau jika ingin kemah sekaligus menikmati fasilitas yang disediakan, seperti makan dan lain sebagainya, Anda dapat memilih fitur paket, baik paket hemat/camping atau paket lengkap.

Jam Buka

Jam Buka Riung Gunung

Jika Anda ingin menikmati malam di Nuansa Riung Gunung, maka lebih menyenangkan jika memilih untuk berkemah. Apalagi tempat ini dibuka selama 24 jam khusus bagi tamu yang menginap. Untuk jam operasional selengkapnya adalah sebagai berikut:

Jenis KegiatanJam OperasionalHari
Wisata ke Nuansa Riung Gunung07.00 – 17.00Setiap hari
Berkemah24 jamSetiap hari

Tidak ada perbedaan yang berarti jika Anda datang pada hari biasa maupun akhir pekan atau hari libur. Hanya saja, jika hari libur tentu pengunjung yang datang lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa.

Maka jika Anda ingin berkemah, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak pengelola yaitu di nomor 081294411209.

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Daya Tarik Riung Gunung Pangalengan

Sebagai tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, tempat ini memang menawarkan daya tarik yang tidak akan mudah untuk dilupakan.

1. Perkebunan Teh

Nuansa Riung Gunung berdiri di tengah perkebunan teh seluas 30 hektar. Maka saat datang ke mari, Anda akan disuguhi hamparan pohon teh yang luas dan hijau. Pemandangan ini sangat memanjakan mata.

Jika Anda datang pada saat panen, Anda dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh yang tidak akan bisa dijumpai di perkotaan.

2. Suasana Asri

Tentu saja karena berada di dataran tinggi, hawa sejuk akan selalu menemani Anda setiap saat. Selain itu, karena sebagian besar masih berupa perkebunan teh, maka udara di tempat ini juga masih sejuk.

Jika malam hari tiba, Anda akan dapat menikmati suasana syahdu dan tenang sembari ditemani dengan suara binatang khas perkebunan. Tempat ini bisa jadi lokasi melepaskan penat dan stress yang cukup mujarab.

Air pegunungan yang dingin dan sejuk juga dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda. Itulah alasan tempat wisata alam Pangalengan ini merupakan salah satu tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung.

3. Jembatan Kayu Ikonik

Bagi mereka yang suka berswafoto, tempat ini juga menyediakan tempat yang cukup ikonik dan instagramable. Lokasi tersebut adalah sebuah jembatan kayu panjang yang melintang di tengah kebun teh.

Pada awalnya, jembatan ini dibangun agar pengunjung bisa merasakan suasana di tengah perkebunan teh dan mengamati kegiatan di sana. Namun, lama-kelamaan lokasi ini lebih banyak digunakan sebagai ajang foto.

Selain karena berada di luar ruangan, yang artinya pencahayaannya bagus, jembatan ini juga dikelilingi oleh pemandangan yang indah. tentunya ini adalah kombinasi yang sempurna untuk menghasilkan foto yang layak diunggah di media sosial.

4. Dekat Objek Wisata Lain

Daya tarik lainnya dari Riung Gunung Pangalengan ini adalah lokasinya yang juga dekat dengan objek wisata lainnya. Hal ini membuat pengunjung yang datang dari jauh bisa lebih menghemat waktu jika ingin menjelajahi lebih dari satu objek wisata.

Beberapa tempat wisata lain yang dekat dengan tempat ini antara lain Kertamanah Water Park, Curug Panganten, Gunung Malabar, Situ Cisanti dan masih banyak lagi. Biasanya tempat-tempat ini dijadikan satu tujuan oleh para agen perjalanan yang membuat tur Pangalengan.

Fasilitas

Fasilitas Riung Gunung

Meskipun berada di tengah perkebunan teh, namun tempat ini memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Kamar mandi
  • Lokasi Berkemah
  • Mushola
  • Area parkir
  • Spot foto
  • Tempat makan

Beberapa fasilitas memang tidak bisa diakses 24 jam, meskipun lokasi ini buka selama itu. Hal ini dikarenakan beberapa fasilitas tersebut dikelola oleh penduduk setempat, sehingga jam operasional tergantung dari pemilik fasilitas tersebut.

Tempat yang pernah menjadi primadona utama kawasan Pangalengan ini lebih baik dikunjungi saat musim kemarau. Hal ini disebabkan tidak banyak saung maupun gazebo yang disediakan oleh pengelola.

Jadi jika Anda datang di saat musim hujan, lebih baik untuk membawa payung agar tidak kehujanan saat sedang berada di area tersebut.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Riung Gunung

Nuansa Riung Gunung sendiri berada di daerah Pulosari, RT.02/RW.02, Riung Gunung. Obyek wisata ini berada di kecamatan Pangalengan. Jika Anda dapat dari pusat kota Bandung, maka Anda hanya perlu sekitar dua jam perjalanan untuk bisa sampai ke tempat ini.

Untuk bisa mencapai tempat yang berjarak 57,1 km dari kota Bandung ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ada dua rute yang biasa digunakan.

  • Rute pertama adalah rute setelah keluar dari gerbang tol Pasir Koja. Dari sini lurus saja mengikuti jalan hingga sampai ke persimpangan. Ambil jalan menuju jalan raya Gading Tutuka, atau dengan kata lain belok kiri dari jalan menuju Tol Soroja.
  • Selanjutnya pilih jalan yang mengantarkan ke Jalan Pahlawan – jalan raya Soreang Banjaran. Belok kanan ke arah Cimaung – Pangalengan jika sudah sampai di pertigaan Pasar Banjaran. Kemudian ikuti saja papan penunjuk jalan yang mengarahkan ke Nuansa Riung Gunung.
  • Rute alternatif kedua adalah belok kanan sekeluar dari gerbang tol Buah Batu, yaitu menuju arah jalan raya Bojongsoang – Dayeuhkolot/Baleendah – Banjaran. Kemudian ambil jalan ke arah Pangalengan.

Teruskan perjalanan hingga sampai ke bundaran dan pilih rute yang mengantarkan ke jalan Situ Cileunca. Dari sini perjalanan hanya tinggal sebentar, yaitu kurang lebih 5 km saja. Atau jika Anda ingin lebih mudah, Anda bisa mengikuti peta di bawah:

Menikmati pemandangan di Riung Gunung Pangalengan cocok dijadikan sebagai salah satu agenda liburan. Tempat yang nyaman dan akses yang mudah membuat tempat ini cocok digunakan sebagai tempat wisata keluarga.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar