Pantai Ancol Jakarta: Daya Tarik & Tiket Masuk 2024

[man-table-summary id=”pantaiancol”]

Tak hanya terkenal dengan gedung pencakar langitnya, kota Jakarta ini ternyata juga memiliki pantai yang sangat indah. Apa lagi kalau bukan Pantai Ancol.

Pantai Ancol ini adalah sebuah Objek wisata yang berada di pesisir kota Jakarta bagian utara. Suasana yang ditawarkan pantai ini juga sangat tepat untuk menemani pelarian dari hiruk pikuk ibu kota untuk melepas penat yang sudah menumpuk.

Sejarah

pantai marina ancol
instagram: @juhasib

Area wisata Pantai Ancol ini dulunya merupakan rawa-rawa yang tidak dirawat.

Namun, sebetulnya potensi dari kawasan wisata Ancol ini untuk dijadikan sebagai destinasi wisata sudah menarik banyak perhatian pemerintah sejak pada abad ke-17, tepatnya saat masa Hindia Belanda.

Lalu atas inisiatif dari Presiden RI yag bernama Ir. Soekarno, kemudian ditunjuklah seorang Gubernur DKI Jakarta yang bernama dr. H. Soemarno Sosroatmodjo untuk membangun kawasan Ancol pada akhir tahun 1965.

Pada tahun selanjutnya, proyek itu pun dilanjut oleh seorang Gubernur bernama Ali Sadikin bersama PT Pembangunan Jaya yang merupakan Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) dari Wisata Ancol.

Dengan bertambahnya waktu dan juga perkembangan dari perusahaan, pada tahun 1992 BPP, Proyek Ancol pun kemudian diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol.

Proyek Ancol selesai dan berhasil dibuka untuk publik di tanggal 2 Juli 2004 dengan status baru yang disebut sebagai PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Area wisata yang ada di dalam kawasan Ancol meliputi belasan objek wisata, Taman serta Pantai Ancol yang juga masuk di dalamnya.

Tak hanya meliputi berbagai pantai, wisata dari Taman Pantai Ancol ini juga memiliki Danau Impian, dengan panjang kawasan wisata kurang lebih 6.5 km. Serta memiliki promenade pada sepanjang pantainya.

Di kawasan Pantai Ancol ini juga terdapat kawasan Beach Park di Pantai Lagoon yang memiliki sejumlah permainan watersport seperti:

  • Banana dan Donut Boat
  • Swan Pedal Boat
  • Kayak
  • Permainan Aqua Fun.

Kawasan Utama

tiket masuk pantai ancol
instagram: @sansanfir

Perlu kalian ketahui, Pantai Ancol ini ternyata terbagi atas 7 kawasan utama. Diantaranya yaitu:

  1. Pantai Karnaval Ancol
  2. Pantai Festival Ancol
  3. Pantai Ancol Lagoon
  4. Pantai Ria Ancol
  5. Pantai Indah Ancol
  6. Pantai Beach Pool/ Pantai Bende
  7. Pantai Marina Ancol.

Berikut adalah penjelasannya masing – masing:

1. Pantai Karnaval Ancol

Pantai Karnaval Ancol
instagram: @wahyawds

Pantai satu ini disebut sebagai dinamakan Pantai Karnaval Ancol sebab di kawasan pantai ini menjadi pusatnya hiburan serta sering digelar berbagai acara dari skala nasional hingga internasional.

Bahkan pada setiap akhir tahunnya, banyak sekali acara yang digelar di dalam kawasan pantai satu ini.

2. Pantai Festival Ancol

Pantai Festival Ancol
instagram: @melvinkristani

Pantai Festival Ancol mempunyai pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya dan sangat unik.

Tak hanya dimanjakan dengan pemandangan pantainya saja yang indah, disini kalian juga dapat melihat pemandangan yang tak biasa. Yakni pemandangan berupa bangunan pencakar langit yang terlihat menjulang tinggi serta berjajar dengan rapi.

Terlebih lagi pada waktu senja datang, bangunan disana akan terlihat seperti siluet raksasa. Hal itulah yang menjadi ciri khas pantai ini dan sering dijadikan sebagai spot untuk berburu foto.

3. Pantai Ancol Lagoon

Pantai Ancol Lagoon
instagram: @rudday_rudday

Pantai yang satu ini sangat pas untuk kalian yang gemar berfoto. Selain memiliki pemandangan yang indah, di pantai ii juga terdapat atraksi menarik berupa ski air.

Atraksi ski air ini merupakan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisatawan.

Tetapi kalian harus berhati-hati ketika berada di pantai ini, sebab di waktu tertentu banyak sekali ubur-ubur yang muncul di area pantai.

4. Pantai Ria Ancol

Pantai Ria Ancol
instagram: @yessica_ycy

Pembangunan wahana serta fasilitas yang ada di Pantai Ria Ancol sepertinya ditujukan untuk pengunjung anak-anak.

Karena di kawasan pantai ini banyak sekali wahana permainan untuk anak-anak.

Beberapa wahana yang ada di pantai ini diantaranya seperti perosotan serta miniatur kapal-kapalan. Dari atas kapal, pengunjung anak-anak dapat melihat menikmati pemandangan pantai secara jelas.

Tak hanya itu saja, di sekitar pantai juga telah tersedia Stasiun Kereta Api Mini dengan nama Trans Bende. Kereta api satu ini akan membawa kalian untuk berkeliling dari Stasiun Pantai Ria menuju Stasiun Pantai Bende.

5. Pantai Indah Ancol

Pantai Indah Ancol
instagram: @moetzadel_18

Di Pantai Indah Ancol, kalian akan disuguhi dengan indahnya pemandangan pantai yang masih sangat alami lengkap dengan pasir putih yang menyelimuti bibir pantainya.

Di kawasan pantai ini juga banyak terdapat wisatawan domestik serta mancanegara yang tengah berjemur untuk menikmati sengatan matahari.

6. Pantai Bende

Pantai Bende
instagram: @sokat.rachman

Pantai Bende merupakan pantai dengan area suasana yang paling romantis dibandingkan dengan deretan pantai lain di Ancol ini.

Spot pantai satu ini yang paling terkenal adalah keindahan sunsetnya. Dari arah pantai ini, kalian dapat menjumpai matahari terbit secara jelas.

7. Pantai Marina Ancol

Pantai Marina
instagram: @mametbudi

Pemandangan yang unik dari Pantai Marina Ancol yaitu adanya kapal yang terlihat hilir mudik, datang serta pergi silih berganti. Berbagai kapal tersebut merupakan kapal yang datang dari dalam dan juga luar negeri.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat kalian temukan di kawasan pantai, antara lain:

1. Pesona Pantai

pantai ancol jakarta
instagram: @jakarta.awesome

Hal pertama yang dapat kalian lakukan pada waktu berkunjung ke Pantai Ancol yaitu menikmati keindahan yang ada disana.

Disana, kalian akan disuguhi dengan pemandangan pohon Kelapa yang terlihat berjejer rapi di tepian pantai.

Disini kalian juga bisa menjumpai banyaknya kapal nelayan yang tengah bersandar di area dermaga serta kalian juga bisa melihat pemandangan beberapa pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Dan hal yang juga tidak boleh kalian lewatkan adalah melihat sunrise dan juga sunset dari pantai ini, yang tentunya akan membuat kalian terpesona.

2. Wahana

ancol pantai
instagram: @jlo_angelo

Di area pantai juga telah tersedia berbagai permainan seru yang dapat kalian nikmati selama berada di dalam pantai.

Kalian dapat mencoba menaiki permainan banana boat maupun donat boat yang akan membawa kalian merasakan sensasi ombang-ambing di tengah laut.

Disini juga telah tersedia Swan Pedal Boat yang bentuknya seperti sepeda bebek yang dapat kalian pakai apabila kalian tidak ingin bermain permainan yang ekstrem.

Dan untuk kalian yang hobi berenang, disini kalian juga bisa berenang di pantai, sebab ombaknya tidak terlalu besar.

3. Seaworld 

ancol seaworld
instagram: @seaworld.ancol

Di kawasan Pantai Ancol juga menyediakan wahana Seaworld lho.

Wahana seaworld ini akan memberikan wisata edukasi dengan gaya yang menyenangkan. Terlebih lagi, kawasan dari seaworld ini juga sangat ramah untuk pengunjung anak – anak.

Kalian dapat mengedukasi sang anak mengenai beragam biota laut, manfaat, dan juga tentang bagaimana cara untuk melestarikannya.

Tak hanya mengedukasi, disini kalian juga dapat berfoto bersama keluarga dengan latar belakang aquarium raksasa dengan dihiasi ikan warna – warni yang lucu.

Baca: Seaworld Ancol

4. Atlantis Water Adventure

Crazy ‘The Highest Longest Slide’
instagram: @wijaya_andreas_fly

Untuk kalian yang gemar dengan wahana permainan air, maka kalian harus mencoba wahana permainan air yang ada di Atlantis.

Wahana satu ini akan menyuguhkan beragam wahana rekreasi air dengan total jumlah ada 8 kolam. Dalam setiap kolam ini juga telah diberi nama dengan kategori yang berbeda – beda, antara lain:

  • Aquarius
  • Poseidon
  • Antila
  • Octopus
  • Plaza Atlas
  • Kiddy Pool
  • Atlantea.

Disini kalian dapat dengan bebas memilih kolam mana yang ingin kalian coba terlebih dulu. Untuk pengunjung anak-anak, sebaiknya memakai kolam bernama kiddy pool supaya lebih aman.

Baca: Atlantis Ancol

5. Fauna Land

faunaland ecopark ancol
instagram: @andatriadi

Untuk kalian yang ingin melihat keindahan dari flora fauna khas Asia serta Australia, maka kalian wajib untuk mengunjungi wahana Faunaland.

Di dalam wahana ini kalian akan disuguhi dengan taman berkonsep Papua, yang akan mengajak kalian untuk menikmati keindahan alam disana.

Dari beragam jenis flora serta fauna khas, kalian juga bisa berkeliling taman sembari memberi makan para fauna disana.

Beberapa fauna yang dapat kalian jumpai di dalam wahana ini diantaranya seperti:

  • Kasuari
  • Pelikan
  • Burung Dara
  • Kakatua
  • Monyet
  • Rusa.

6. Dufan

ubur ubur di pantai ancol
instagram: @infodufan

Ingin merasakan sensasi berkeliling dunia? Maka kalian harus mampir ke wahana Dufan ketika kalian berkunjung ke Pantai Ancol.

Karana, di wahana Dufan sendiri tersedia area permainan yang terbagi menjadi beberapa tempat yang berbeda, diantaranya seperti area:

  • Indonesia
  • Eropa
  • Amerika
  • Jakarta
  • Yunani
  • Asia
  • Hikayat
  • Balada Kera.

Di kawasan ini, kalian juga akan dimanjakan dengan beragam wahana seru yang sudah memakai teknologi tinggi.

7. Ocean Dream Samudra

harga tiket ocean dream samudra
instagram: @ancoltamanimpian

Ocean Dream Samudra adalah salah satu dari ketiga theme park yang terdapat di area Pantai Ancol.

Di dalam kawasan ODS ini, kalian akan disuguhi dengan wisata edukasi untuk mengenal beragam satwa yang hidup di tengah laut.

Bahkan disini kalian juga bisa menjumpai secara langsung satwa laut seperti: lumba-lumba, anjing laut, serta paus.

Dan disini juga telah disediakan bioskop 4 dimensi. Dimana pada saat hendak masuk ke dalam theater, kalian akan diberikan kacamata 3D oleh petugas. Kacamata itulah yang nantinya akan akan membuat kalian merasakan sensasi yang sama seperti di dalam alur pertunjukkan.

8. Keindahan Pantai

hotel di ancol dekat pantai
instagram: @asutris

Naik gondola atau kereta gantung juga dapat menjadi aktivitas seru selanjutnya yang dapat kalian lakukan disini. Dari atas gondolan ini, kalian dapat melihat keindahan pemandangan dari hamparan pasir pantai, laut, dan juga pepohonan yang terlihat menakjubkan.

Lintasan pada gondola ini sepanjang kurang lebih 2,4 km serta menjadi penghubung antara area wisata yang satu dengan area wisata yang lainnya.

Untuk ketinggiannya sendiri, sekitar 21 meter dari arah permukaan laut serta memerlukan waktu meluncur sekitar 20 menit untuk satu kali lintasan.

9. Swafoto

Mengambil Swafoto Terbaik
instagram: @rakhmatiafadhilah

Pada waktu kalian mengunjungi tempat yang unik dan indah, maka kalian wajib untuk mengabadikan momen di tempat tersebut. Dan di Pantai Ancol juga memiliki berbagai sudut spot foto yang sangat bagus untuk diabadikan.

Beberapa spot andalan yang ada di pantai ini antara lain:

  • spot jembatan yang membentang di atas laut
  • kapal nelayan yang bersandar
  • gemerlap lampu yang membuat suasana romantis saat malam.

Sehingga tak heran apabila area ini kerap dijadikan sebagai tempat lokasi sesi foto prewed untuk pasangan yang hendak menikah.

10. Pasar Seni

harga tiket masuk pasar seni ancol
instagram: @bonsai.palapa

Pasar seni ini adalah pusat kegiatan seni dan juga kerajinan pahat, patung, serta melukis. Disini juga telah terdapat galeri yang memamerkan karya seni dan bahkan biasanya juga digelar pertunjukan seni yang menarik untuk dilihat.

Di area pasar seni juga tersedia suatu sekolah atau juga disebut akademi seni yang mengajarkan beragam hal berkaitan dengan seni.

Sebagai contoh: olah vokal, cara bermain alat musik gitar, biola, drum, serta masih banyak yang lainnya.

11. Taman Pantai

Taman Pantai
instagram: @andikajuniartaa

Untuk kalian yang gemar memancing, di area pantai ini memiliki lahan seluas kurang lebih 150 meter serta garis panjang pantai sejauh 500 meter memiliki banyak sekali ikan di dalamnya.

Tak hanya itu saja, disana juga telah disediakan area jogging track yang dapat kalian gunakan untuk berolahraga sembari menikmati pemandangan indah dari laut Ancol.

12. Alive MuseumAlive Star

Alive Museum
instagram: @1xxuan_

Tempat yang satu ini menyuguhkan beragam macam tipuan atau juga disebut sebagai ilusi lukisan yang menggunakan teknologi digital. 

Siapa pun yang melihatnya pasti akan merasa kagum. Tak hanya itu saja, disana juga terdapat beberapa lilin dari bintang Hallyu Korea.

Serta terdapat poster yang sudah ditandatangani oleh beberapa musisi dan juga artis terkenal.

13. Allianz Ecopark

Bermain Kano
instagram: @elhotelroyalejakarta

Allianz Ecopark merupakan sebuah tempat rekreasi yang menempati lahan seluas 34 hektar dimana di dalamnya berisikan beragam kegiatan yang seru.

Pada mulanya, kawasan dari Ecopark Ancol ini adalah suatu Padang Golf. Namun kemudian Padang Golf tersebut dialihfungsikan menjadi suatu tempat rekreasi wisata dengan memadukan konsep adventure dengan edutainment. Serta di dalam sebuah lokasi yang memakai pendekatan Green Lifestyle sebagai daya tarik utamanya.

Ecopark Ancol ini telah terbagi menjadi empat zona yang berbeda, yakni Eco Care, Eco Energy, Eco Nature, serta Eco Art. Masin. Uniknya, di dalam seluruh zona tersebut telah ditanami beragam jenis tanaman pesisir.

Tujuan atau fungsi dari terciptanya Eco Energy salah satunya yaitu agar masyarakat Ibukota bisa menikmati area hijau, teduh serta udara sejuk juga.

14. Wisata Kuliner

Pergi untuk Wisata Kuliner
instagram: @mamamteros

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata yang satu ini akan menyuguhkan beragam macam restoran yang siap menghidangkan aneka kuliner laut yang menggoda.

15. Bowling

Bermain Bowling
instagram: @dariapajak

Selain beberapa objek wisata di atas, di kawasan Pantai Ancol ini juga memiliki fasilitas berupa lapangan bowling yang nyaman serta sudah dilengkapi dengan AC. Tentunya fasilitas satu ini akan siap untuk memanjakan kalian.

Fasilitas

  • Wahana permainan
  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet/ kamar mandi
  • Ruang ganti
  • Tempat makan dan minum
  • Penginapan (Hotel, Resort, Homestay)
  • Spot foto
  • Spot sunset dan sunrise
  • Toko souvenir dan oleh – oleh

Lokasi

Pantai Ancol berada di alamat: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pandemangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: Playparq Bintaro

Rute

Berikut ini adalah beberapa rute yang dapat kalian gunakan untuk menuju lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan pribadi, antara lain:

Transjakarta

Kalian dapat menggunakan Bus Trans Jakarta dengan rute:

  • 05 : Kampung Melayu – Ancol
  • 5D : PGC 1 – Ancol
  • 5E : Kampung Rambutan – Ancol
  • 5H : Harmoni – Ancol.

Jam Operasional

Pantai Ancol buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHargaHari
Tiket Masuk Taman Pantai AncolRp25.000,00Senin-Minggu
Parkir MotorRp15.000,00Senin-Minggu
Parkir MobilRp25.000,00Senin-Minggu
SegaragaSenin-Jumat
SegaragaRp15.000,00Senin-Minggu

Tips

  • Datanglah ketika hari biasa atau hari kerja, sebab ketika hari libur tiba, tempat ini akan ramai dipadati oleh pengunjung yang lain.
  • Sebaiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi supaya kegiatan liburan kalian lebih fleksibel.
  • Membawa kamera dan ponsel dengan keadaan batrai penuh, dan tidak lupa membawa power bank.
  • Selalu awasi anak – anak kalian, pastikan tidak jauh dari jangkauan.
  • Membawa uang lebih (cash) untuk membeli makanan serta  oleh-oleh di dalam tempat wisata.
  • Membawa baju ganti dan juga peralatan mandi.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di lokasi wisata.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Dimana alamat Pantai Ancol?

Pantai Ancol terletak di DKI Jakarta, tepatnya berada di alamat: Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Dimana saja kawasan utama dari Pantai Ancol?

Perlu kalian ketahui, Pantai Ancol ini ternyata terbagi atas 7 kawasan utama. Diantaranya yaitu:
1. Pantai Karnaval Ancol
2. Pantai Festival Ancol
3. Pantai Ancol Lagoon
4. Pantai Ria Ancol
5. Pantai Indah Ancol
6. Pantai Bende
7. Pantai Marina Ancol

Berapakah harga tiket masuk Pantai Ancol?

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke Pantai Ancol akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp25.000 per orang.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.