Atlantis Ancol: Wahana & Harga Tiket Masuk 2022

Share
Comment 2 reply
Atlantis Ancol: Wahana & Harga Tiket Masuk 2022
Loading...
Harga TiketRp80.000 - Rp290.000
Jam Buka08.00 - 18.00 WIB
No Telepon021 29 222 222
AlamatTaman Impian Jaya, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia, 14430

Atlantis Ancol atau juga dikenal sebagai Atlantis Water Adventure merupakan tempat rekreasi keluarga yang menyuguhkan petualangan wisata air.

Kawasan wisata satu ini memiliki tema utama berupa wahana permainan air yang menempati lahan seluas 5 hektar serta memberikan sensasi petualangan pada 8 kolam utama.

Kedelapan kolam tersebut antara lain:

  • Antila
  • Plaza Atlas
  • Poseidon
  • Aquarius
  • Octopus
  • Kiddy Pool
  • Atlantean.

Bertempat di area Ancol Jakarta Baycity, Atlantis dapat kalian jadikan sebagai pilihan destinasi yang cocok untuk wisata berenang.

Cerita Singkat

ancol atlantis

instagram: @yunivarirma

Salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh warga ibukota adalah Atlantis Water Adventure. Yang bertempat di area Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Menurut sejarah Indonesia yang dirangkum dalam Wikipedia, objek wisata yang satu ini telah didirikan sejak pada tahun 1966 oleh Pemda DKI Jakarta sebagai area wisata terpadu.

Berdirinya area yang berada di Jakarta Utara ini tak lepas dari peran ikut serta dari PT Pembangunan Jaya yang menjadi badan pelaksana pembangunan.

Di bulan Juli 2004, wahana wisata Ancol lalu memutuskan untuk diperkenalkan ke layak umum serta resmi berganti nama menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol.

Kepemilikan dari saham miliki ketentuan sebagai berikut:

  • Mayoritas ada di Pemda DKI Jakarta (74 %)
  • PT Pembangunan Jaya Ancol (18%)
  • serta sisanya akan menjadi milik masyarakat (10%).

Sebagai suatu tempat wisata serta rekreasi yang terbesar di Asia Tenggara, Ancol ini terus mengalami perkembangan dengan cara mendirikan berbagai wahana objek wisata rekreasi baru yang menyenangkan.

Salah satu wahana tersebut ialah Atlantis Water Adventure (AWA), yang menjadi theme park kedua dengan menempati lahan seluas 5 hektare.

Baca: Dufan Ancol

Kegiatan Menarik

atlantis water adventures ancol

instagram: @mohamadaliat_

Berikut ini adalah beberapa kegiatan seru dan menarik yang dapat kalian lakukan di dalam kawasan wisata Atlantis Ancol, antara lain:

1. Berenang Melawan Arus

Jika berenang dengan mengikut arus maka hal itu dapat kalian temukan di waterpark mana saja.

Namun untuk memacu adrenalin serta menambah keseruan bermain, maka kalian dapat beradu keahlian berenang untuk melawan arus  di dalam Atlantis Ancol.

Namun perlu kalian catata, kalian juga harus tetap memperhatikan keamanan serta kenyamanan berenang untuk pengunjung yang lainnya.

2. Berenang, Menari, & Menyanyi Bersama di Dalam Air

Water Fun Dance adalah aktivitas tari dan gerak yang sederhana namun seru. Dimana dalam gerakannya mempunyai unsur siram menyiram yang ada di dalam air.

Aktivitas satu ini biasa dinikmati oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan manula sekalipun dapat mengikuti gerakan Water Fun Dance satu ini. Sebab memang gerakan yang diperagakan sangat mudah untuk ditiru.

Daripada kalian bosan untuk berenang, mungkin kalian bersama keluarga dapat bereksperimen untuk melakukan kegiatan satu ini.

Kalian juga dapat lomba tebak lagu dan juga menari di dalam air. Yang lebih seru lagi, ketika kalian menari, kalian juga harus menahan arus air dan juga menjaga keseimbangan tubuh supaya tidak tumbang.

3. Simulasi Penyelamatan

Selain bersenang – senang di waterparknya,  disini juga diajarkan cara antisipasi terjadinya peristiwa tidak terduga pada saat berenang.

Kegiatan tersebut tersedia dengan nama Simulasi Coaching Clinic serta Simulasi penyelamatan orang tenggelam. Yang mana aktivitas ini akan nantinya akan diperagakan oleh sukarelawan serta beberapa Lifeguard. Dengan menonton simulasi penyelamatan ini, tentunya akan sangat bermanfaat.

4. Bermain di Playground Mengapung

Tak hanya sekedar bermain air, di dalam waterpark ini juga telah menyediakan wahana berupa Playground mengapung yang akan membuat pengunjung anak-anak hingga orang dewasa dapat melakukan beragam kegiatan seru disana.

Seperti: memanjat, melompat, berayun serta ber seluncur secara bersamaan.

5. Hiburan Menarik Berhadiah

Selain beberapa kegiatan menarik di atas, disini juga memiliki hiburan menarik lainnya, yaitu kuis berhadiah.

Untuk mengikutinya, kalian dapat mengikuti acara band musik serta beberapa game interaktif. Seperti: Menara, Benteng atlantis, Fun golf, ketapel air, lari matras, serta tebar bola.

Baca: Seaworld Ancol

Objek Wisata

1. Kolam Kiddy I

atlantis water adventure ancol

instagram: @meildadwygubarda

Untuk kalian yang datang bersama si kecil, tidak usah khawatir nantinya si kecil akan merasa bosan.

Sebab di tempat wisata air satu ini telah menyediakan kolam khusus bagi pengunjung anak-anak yang tentunya sangat aman serta seru.

Disini, pengunjung anak – anak dapat bermain di beberapa wahana seru seperti ember tumpah, peluncuran air, dan lorong air.

Tentunya wahana satu ini sangat cocok untuk melatih perkembangan motorik dari sang anak.

Air yang ada di dalam kolam ini pun telah dibuat hanya setinggi betis serta lutut. Sehingga anak – anak bisa berenang tanpa takut akan tenggelam.

2. Kolam Kiddy II

harga tiket masuk atlantis ancol

instagram: @meildadwygubarda

Sebetulnya kolam Kiddy II juga menyambung dengan kolam Kiddy I, maka dari itu, wahan ini memiliki tempat yang luas dan anak – anak akan lebih puas untuk bermain.

Bedanya dengan Kolam Kiddy I, kolam Kiddy II ini para orang tua juga bisa ikut menemani sang anak untuk menikmati keseruan wahana yang ada disana.

Beberapa wahananya antara lain: wahana air mancur, lorong air, selencuran, serta tirai air.

3. Kolam Tanding

promo atlantis ancol

instagram: @udayjaja

Kolam satu ini merupakan kolam terluas yang ada di kawasan Atlantis Ancol. Serta di dalamnya telah tersedia beragam wahana yang cocok untuk dinikmati bersama dengan keluarga.

Kolam tanding satu ini telah dibuat dengan 8 starbox serta lintasan kolam yang menyerupai lintasan perenang internasional.

Wahana tersebut dapat dipakai sebagai media utnuk bertanding berenang serta adu kecepatan.

Selain itu, di kawasan kolam tanding juga tersedia kolam lempar bola, air terjun, serta kolam dengan kedalaman 1,4 meter.

4. Kolam Ombak Poseidon

tiket masuk atlantis ancol

instagram: @uthefirmansah

Sesuai dengan namanya, setiap pengunjung yang datang ke waha satu ini akan diajak untuk merasakan sensasi ombak seperti di pantai.

Layaknya berada di tengah laut, di dalam kolam ini disediakan guncangan ombak yang dapat mencapai tinggi dua meter.

Namun, kolam ombak ini hanya akan beroperasi pada jam – jam tertentu saja. Dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Weekdays ombak: mulai dari pukul 13.00, 15.00 & 17.00 WIB
  • Weekend: mulai dari pukul 11:00 – 17.00 WIB.

Durasi ombak diadakan setiap satu jam sekali selama 15 menit.

5. Kolam Bola (Rainbow Splash)

atlantis water adventure

Advertisement

instagram: @anton.omrooy

Wahana Ancol Atlantis yang satu ini sangat digemari oleh pengunjung anak – anak untuk media melatih kemampuan motorik dengan cara bermain bola.

Sesuai judulnya, kolam satu ini dipenuhi dengan beragam bola warna warni yang ada di suatu keranjang di tengah – tengah kolam.

6. Dragon Race

Dragon Race

instagram: @tasyarief

Wahana permainan yang satu ini berupa seluncuran yang memiliki lintasan sepanjang 116,6 meter serta mempunyai 4 jalur berdampingan.

Di dalam wahana ini, kalian bisa meluncur bersamaan serta mengadu kecepatan dengan pengunjung yang lain. Kalian nantinya akan diberikan matras khusus yang digunakan sebagai papan seluncur supaya sensasi meluncur akan terasa lebih seru.

Wahana satu ini bisa dinikmati oleh pengunjung mulai dari anak – anak yang memiliki tinggi di atas 125 cm.

7. Skybox

Skybox

instagram: @prince_h29

Skybox adalah salah satu wahana air baru berupa seluncuran air.

Dalam wahana satu ini, kalian akan diajak untuk merasakan sensasi seluncur dengan kecepatan tinggi dalam waktu hitungan detik saja. Untuk kalian yang gemar dengan wahana ekstrem, maka wajib untuk mencoba wahana yang satu ini.

Nantinya, kalian akan dimasukan ke dalam suatu tabung kaca, dimana dalam hitungan ke 3 tabung tersebut akan dibuka dan kalian akan dibawa meluncur ke dalam terowongan yang gelap.

Wahana satu ini memiliki ketinggian 14 meter serta kemiringan 80o, yang akan membawa kalian merasakan sensasi meluncur terpanjang yang pernah kalian rasakan.

Bahakan, kecepatan meluncurnya dapat mencapai 56 km/ jam. Dalam waktu hanya 5 detik saja, kalian akan berselancar di dalam terowongan sepanjang ±78,6 meter. Berani mencoba?

8. Crazy ‘The Highest Longest Slide’

Crazy ‘The Highest Longest Slide’

instagram: @wijaya_andreas_fly

Wahana Carzy ‘The Highest Longest Slide’ juga menjadi salah satu wahana ekstrem yang ada di dalam Atlantis Ancol.

Wahana satu ini sangat terkenal sebagai wahana terpanjang di Indonesia yang memiliki 2 jenis seluncuran.

Kedua tipe dari seluncuran tersebut yakni tipe terbuka dengan lintasan 122 m dengan ketinggian 22, 8 meter serta tipe tertutup dengan lintasan 148 m dengan ketinggian 18, 6 meter.

Kalian dapat memilih seluncuran jenis mana yang akan dinaiki.

Sebab banyaknya pengunjung yang minat dengan wahana ini, maka kalian perlu untuk mengantri dengan pengunjung yang lainnya.

Wahana ini sangat tidak dianjurkan bagi pengunjung yang mengidap asma, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan rendah, serta ibu hamil.

9. Water Outbound

Water Outbound

instagram: @gfjaisyaaaa_

Apabila kalian ingin mencoba merasakan wahana yang penuh dengan permainan outbound, maka kolam satu iin menjadi pilihan yang pas.

Wahana satu ini bisa dinikmati oleh semua kalangan pengunjung, mulai dari pengunjung anak – anak, remaja, sampai dewasa.

Pengunjung bisa mencoba beragam wahana outbound seperti:

  • flying fox
  • jembatan tali
  • wall climbing
  • rumah pohon
  • terowongan tali
  • dan lainnya.

Wahana satu ini bisa dijadikan sebagai wahana untuk melatih keberanian serta fisik mereka. Di dalam kawasan wahana ini juga telah dilengkapi dengan arus air yang ada di dalam kolam serta beberapa air mancur.

Baca: Fauna Land Ancol

Fasilitas

  • Wahana permainan air
  • Area Parkir
  • Mushola
  • Loker
  • Kamar Ganti
  • Toilet
  • Tempat sampah
  • Kamar Bilas
  • Gazebo
  • Toilet
  • Loker
  • Tempat Makan
  • Pusat Souvenir

Lokasi

Atlantis Ancol berada di alamat: Taman Impian Jaya, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Rute

Berikut ini adalah rute yang dapat kalian gunakan untuk mencapai lokasi wisata dengan menggunakan kendaraan umum, yaitu:

Bus Reguler

Jam operasional 24 jam
Tarif Variatif
Rute:

  • Blok M – Ancol (terminal Tanjung Priuk)
  • PPD P38 Blok M – Tanjung Priok
  • Steady Safe 948 Kampung Melayu – Tanjung Priok (sambung dengan menggunakan Mikrolet M15 / M 15 A) lalu turun di pintu utama Ancol
  • Bekasi Barat – Mangga dua: Mayasari Bakti 27 (AC) (sambung dengan menggunakan Mikrolet M15 / M 15 A) lalu turun di pintu utama Ancol

Bus Transjakarta

Jam operasional: 05.00 – 22.00 WIB
Tarif maksimal Rp3.000
Rute:

  • Kalian dapat menggunakan Bus Transjakarta Koridor 1 serta Koridor 5 lalu di Halte Ancol.

KRL Commuter Line

Jam operasional: 04.00 – 23.30 WIB
Tarif maksimal Rp7.000
Rute:

  • Bogor – Kampung Bandan (lanjut Mikrolet M15 / M 15 A) lalu turun di pintu utama Ancol- Bekasi – Jakarta Kota (sambung dengan menggunakan Mikrolet M15 / M 15 A) lalu turun di pintu utama Ancol.
  • Serpong – Jakarta (transit tanah abang) – Kampung Bandan (sambung dengan menggunakan Mikrolet M15 / M 15 A) lalu turun di pintu utama Ancol.

Jam Operasional

Atlantis Ancol memiliki jam operasional sebagai berikut:

HariJam Buka
Hari Kerja08.00 – 18.00 WIB
Hari Libur07.00 – 20.00 WIB

Harga Tiket Masuk

Jenis TiketHarga
Tiket RegulerRp. 80.000 (hari kerja) – Rp. 105.000 (hari libur)
Tiket Annual PassRp. 290.000 (hari kerja) – Rp. 290.000 (hari libur)

Promo

Berikut ini adalah beberapa promo yang dapat kalian gunakan ketika berkunjung ke Atlantis Ancol, antara lain:

1. Double Fun: Promo Dufan Januari 2020

Keterangan:

  • Periode 13-31 Januari 2020
  • Akses seluruh wahana Dufan, 7 wahana baru.
  • Mendapat 2 tiket
  • Harga:
    • Rp260.000 (Weekdays)
    • Rp350.000 (Weekend & libur nasional)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

2. Promo Atlantis Januari 2020: HEMAT BEREMPAT (HEBAT)

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Pembelian 13 – 31 Januari 2020 & Pemakaian tiket (E-Voucher) hanya berlaku tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Hanya berlaku pembelian tiket 13 – 31 Januari 2020 di ancol.com
  • Penggunaan tiket (E-Voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Penukaran tiket (E-Voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Dimohon dalam membeli paket promo hebat sesuai dengan hari H/ kunjungan (weekday atau weekend)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp200.000/ empat orang.
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah/ Pekan Liburan): Rp260.000/ empat orang.
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

3. Promo Atlantis Januari 2020: Promo Ulang Tahun

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Berlaku dari tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Promo tidak berlaku di kunjungan tanggal 25 & 26 Januari 2020
  • Membawa pendamping minimal 2 orang, maksimal 5 orang
  • Pengunjung yang berulang tahun Gratis.
  • Pendamping dikenakan membayar tiket dengan Harga Spesial
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp 65.000/ pendamping
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah): Rp 95.000/ pendamping
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

4. Promo Atlantis Januari 2020: KTP Jakarta Utara

Keterangan:

  • Periode promo 13 s.d 31 Januari 2020
  • Berlaku dari tanggal 13 – 31 Januari 2020
  • Promo tidak berlaku pada tanggal High Season (25 & 26 Januari 2020)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp 65.000/ orang
    • Weekend (Sabtu-Minggu/ Tanggal Merah/ Pekan Liburan): Rp 85.000/ orang
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

5. Promo Pelajar Tiket Dufan

Keterangan:

  • Periode 13 Januari s/d 31 Maret 2020
  • Minimal 15 orang
  • Akses semua wahana di Dufan termasuk 7 wahana baru di kawasan Dunia Kartun dan Kereta Misteri
  • Harga: Mulai dari Rp140.000 harga (sudah termasuk Dufan+Gerbang Ancol)
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

6. Harga Khusus Tiket Dufan Rombongan Jabodetabek

Keterangan:

  • Periode s/d 31 Maret 2020
  • Harga Rombongan Umum
    • Weekday: Rp205.000 / orang
    • Weekend: Rp270.000 / orang
  • Harga di atas sudah termasuk dengan pintu masuk Gerbang Ancol dan Dufan
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

7. Harga Tiket Dufan Rombongan Luar Jabodetabek

Keterangan:

  • Periode s/d 29 Februari 2020
  • Harga Rombongan Pelajar
    • Weekdays: Rp170.000
    •  Weekend: Rp195.000
  • Harga Rombongan Umum
    • Weekdays: Rp176.000
    • Weekend: Rp209.000
  • Harga di atas sudah termasuk dengan pintu masuk Gerbang Ancol dan Dufan
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

8. Promo Berempat, Free Satu Kendaraan

Keterangan:

  • Empat Tiket Individu, Gratis Satu Tiket Kendaraan.
  • Penambahan Tiket individu dapat dibeli langsung di gerbang
  • Pembelian via online di alamat: www.ancol.com
  • Harga: Rp100.000
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

9. Promo Atlantis Desember 2019: Bundling Atlantis

Keterangan:
  • Periode promo 1 Desember 2019 s.d 31 Januari 2020
  • Akses Atlantis + Sea World atau Atlantis + Samudra
  • Tanggal High Season 14 Desember 2019 – 12 Januari 2020 dan 25 – 26 Januari 2020
  • Harga Bundling Atlantis + Sea World
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp120.000
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp165.000
    • Premium (Tanggal High Season): Rp185.000
  • Harga Bundling Atlantis + Samudra
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp120.000
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp165.000
    • Premium (Tanggal High Season): Rp185.000
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

10. Promo Atlantis Januari 2020: Cuan Imlek

Keterangan:

periode pembelian tiket 20 s.d 31 Januari 2020

  • Tiket promo cuan imlek hanya dapat ditukarkan s.d 29 Februari 2020
  • Penukaran tiket (e-voucher) TIDAK BERLAKU di tanggal 25 & 26 JANUARI 2020 (berlaku harga Premium High Season)
  • Periode pembelian tiket 20 s.d 31 Januari 2020
  • Periode penukaran tiket (e-voucher) 20 Januari s.d 29 Februari 2020
  • Penukaran tiket (e-voucher) tidak berlaku di tanggal 25 & 26 Januari 2020 (berlaku harga Premium High Season)
  • Harga:
    • Weekday (Senin-Jumat): Rp55.000 per orang
    • Weekend (Sabtu-Minggu): Rp75.000 per orang
  • Syarat & Ketentuan Berlaku.

Tips

  • Sebaiknya datang dengan menggunakan kendaraan pribadi supaya kegiatan liburan kalian lebih fleksibel.
  • Datanglah ketika hari biasa atau hari kerja, sebab ketika hari libur tiba, tempat ini akan ramai dipadati oleh pengunjung yang lain.
  • Membawa uang lebih (cash) untuk membeli makanan dan juga oleh-oleh di dalam tempat wisata.
  • Selalu awasi anak – anak kalian, pastikan tidak jauh dari jangkauan.
  • Membawa baju ganti dan juga peralatan mandi.
  • Membawa kamera dan ponsel dengan keadaan batrai penuh, dan tidak lupa membawa power bank.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Dimana alamat Atlantis Ancol?

Atlantis Ancol terletak di kota Jakarta Utara, tepatnya berada di alamat: Taman Impian Jaya, Jalan Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

Jam buka Atlantis Ancol?

Atlantis Ancol memiliki jam operasional sebagai berikut:
Hari Kerja: 08.00 – 18.00 WIB
Hari Libur: 07.00 – 20.00 WIB

Berapa harga tiket masuk Atlantis Ancol?

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke Atlantis Ancol akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp80.000 – Rp290.000 per orang.

Promo di Atlantis Ancol?

Ada beragam promo yang ditawarkan Atlantis Ancol, salah satunya adalah Promo Atlantis Januari: Cuan Imlek dengan harga:
Weekday (Senin-Jumat): Rp55.000 per orang
Weekend (Sabtu-Minggu): Rp75.000 per orang
Promo selengkapnya ada di dalam ulasan artikel ini.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.