Harga Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memang mempunyai segudang tempat wisata alam, salah satunya yaitu Sendang Geulis Kahuripan yang mana juga sempat viral di media sosial.

Sendang Geulis Kahuripan ini menawarkan tempat wisata berupa kolam berisi air jernih nan sejuk.

Dan konon katanya, air yang ada di kolam ini mampu menghambat penuaan pada kulit serta mengobati berbagai macam penyakit.

Sejarah

mitos sendang geulis kahuripan

Secara administratif tempat wisata kolan ini terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan.

Serta termasuk juga ke dalam kawasan RPH Cikalong Wetan Perum Perhutani KPH Bandung Utara.

Nama dari Sendang Geulis Kahuripan ini mempunyai arti “Danau di tengah-tengah pegunungan yang memberikan kehidupan”.

Sampai sekarang belum diketahui dari mana mulanya nama sendang tersebut disematkan. Terkadang warga sekitar juga memanggil tempat wisata ini dengan nama lain yakni Cikahuripan.

Di dalam kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, kata Sendang sendiri mempunyai arti kolam yang terdapat pegunungan serta sumber airnya berasal dari mata air yang terdapat di dalam gunung itu.

Air yang berasal dari sendang biasanya dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk beberapa keperluan seperti: mencuci, mandi, hingga dikonsumsi.

Sebab air yang dihasilkan sendang ini sangatlah bersih, jernih, dan mengalir deras setiap harinya. Di dalam bahasa sunda, penggunaan kata Sendang lebih sering dilafalkan dengan ucapan Sindang.

Adapun arti yang lain seperti kata Geulis yang berarti cantik di dalam bahasa Sunda. Sementara untuk kata Kahuripan berarti sebuah kehidupan.

Nah, jika kita artikan dengan menggunakan kalimat penuh dari nama Sendang Geulis Kahuripan artinya kolam yang memiliki aliran air yang berasal dari arah pegunungan. Serta mata air tersebut dilengkapi dengan pemandangan yang terdapat di sekitar sangatlah cantik sehingga mampu memberikan kehidupan untuk orang-oarang.

Objek Wisata

Objek Wisata

Kata geulis yang tersematkan di dalam nama kolam ini memang sangatlah pas, sebab tempat wisata ini benar-benar mempunyai daya tarik yang indah.

Kolam yang terdapat di kawasan Sendang Geulis Kahuripan ini juga mempunyai ukuran yang cukup luas, yakni sekitar ukuran 7 x 12 meter.

Tak hanya cocok untuk dijadikan sebagai tempat berendam, di kawasan Sendang Geulis Kahuripan ini juga telah disediakan kolam renang khusus.

Air yang berada di dalam kolam renang pun berasal dari sumber mata air pegunungan asli.

Sehingga, air yang ada di kawasan Sendang Geulis Kahuripan memang terbukti segar.

Tentunya dengan airnya yang sangat jernih dan juga bersih mampu menyegarkan badan serta setiap pengunjung yang datang kesini.

Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat selain mampu menyegarkan badan, air disini juga diyakini mampu untuk menyehatkan tubuh.

Hal tersebut didasari dari airnya yang berasal langsung dari mata air pegunungan, sehingga diyakini mempunyai kadar oksigen yang amat bagus.

Tak hanya anak muda yang sering berkunjung ke tempat ini, terkadang juga terdapat orang tua yang mandi dengan tujuan utama menyembuhkan diri dari sakit yang mereka alami.

Keunikan

sendang geulis kahuripan bandung

Sendang Geulis merupakan mata air alami yang membentuk suatu kolam. Memiliki ukuran yang tak cukup besar, dan di dalamnya terdapat air yang sangat jernih.

Saking jernihnya, apabila kalian menyelam di dalam kolam ini, maka kalian akan terlihat dari atas.

Bahkan banyak dari para wisatawan yang datang kesini hanya untuk berselfie ria di dalam air.

Sendang Geulis Kahuripan ini memang sudah sangat terkenal karena keindahannya untuk di jadikan sebagai tempat berfoto, atau dalam bahasa gaulnya disebut instagramable banget!

Tak hanya jernih airnya saja, air disini juga sangatlah segar serta bersih.

Sebab memang berasal dari daerah mata air alami pegunungan yang belum terkontaminasi oleh berbagai polusi.

Suasana yang ada disekitar lokasi sendang juga masih sangat alami, sehingga akan membuat betah siapapun yang mengunjunginya.

Adanya pepohonan hijau rindang yang tumbuh di area wisata juga membuat udara di area sendang sangatlah sejuk.

Cocok buat dijadikan sebagai tempat pelepas penat!

Fasilitas

  • Warung penjual makanan dan juga minuman
  • Saung peristirahatan
  • Toilet
  • Tempat ganti pakaian
  • Area parkir
  • Tempat bilas

Lokasi

Sendang Geulis Kahuripan berada di alamat: Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat  40556.

Rute Menuju Lokasi

  • Dari arah Jakarta

Sebagai patokan kita menggunakan arah dari Tol Cipularang.

Tol Cipularang – keluar lewat pintu Cikamuning- Cikampek – padalarang – jalan raya cikalong – arahkan kendaraan menuju arah timur ke kawasan cikalong wetan – belok ke kanan – lurus sejauh 3 km hingga ke perbatasan kecamatan serta menjumpai pertigaan yang mana terdapat gapura ditengahnya berbentuk nanas – arahkan kendaraan sejauh 4km (hati-hati karena jalan masih bebatuan dan licin) – parkirkan kendaraan di SD – berjalan kaki hingga sampai ke lokasi wisata.

  • Dari arah Bandung

Kalian bisa langsung dengan menuju ke arah cikalong wetan lewat perkebunan teh panglejar. Kemudian akan kalian temukan pertigaan selanjutnya belok ke kanan melalui pasar tengek (Cisomang) Kantor desa wangunjaya, selanjutnya melewati kantor desa banjarsari.

Kurang lebih dengan jarak 10 kilometer dari kantor desa ini, kalian akan segera sampai di tempat wisata sendang ini.

Jam Operasional

Jam operasional Sendang Geulis Kahuripan dibuka setiap harinya (Senin – Minggu) dari mulai pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp10.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir MotorRp3.000

Tips Berkunjung

  • Datanglah ketika musim cerah tiba.
  • Cek kembali kendaraan yang akan kalian gunakan untuk menempuh perjalanan.
  • Pastikan kalian datang dengan kondisi badan yang fit, sebab kalian harus berjalan cukup jauh untuk mencapai lokasi sendang.
  • Jangan lupa untuk mencoba foto underwater dengan latar air yang jernih ala Sendang Geulis Kahuripan.
  • Selalu menjaga kebersihan.
  • Sesampainya disana, selalu awasi pijakan kalian, sebab alasnya sangatlah licin.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.