WANA GRIYA: Aktivitas & Tiket Masuk 2023

Harga Tiket MasukRp7.500
Jam Buka08.30 - 16.00 WIB
Nomor HP0813-2220-3633
LokasiJl. Gotong Royong, Cogreg, Kec. Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Wana Griya merupakan sebuah tempat wisata terpadu yang menyajikan bukan hanya danau buatan tetapi juga wahana permainan yang menyenangkan. Meski terbilang baru, namun tempat ini tidak kalah dengan tempat wisata yang lebih dulu ada.

Dulunya, tempat ini hanyalah tempat pemancingan biasa. Namun, melihat potensi pengunjung yang selalu meningkat, pihak pengelola pun mengembangkan kawasan ini menjadi objek wisata kekinian dengan harga terjangkau.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk

Seperti yang sudah dibahas di atas, tempat ini memiliki harga tiket yang sangat murah. Tiket tersebut berlaku untuk semua kategori usia dan juga setiap hari, baik hari libur maupun hari baisa/

Jenis TiketHargaKeterangan
Tiket masukRp7.500Setiap hari

Harga yang tercantum tersebut hanya merupakan tiket masuk ke kawasan objek wisata saja. Nantinya ada biaya tambahan jika Anda ingin naik ke wahana maupun menyewa perlengkapan. Selain itu ada juga biaya parkir.

Untuk kendaraan roda dua, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat. Harga ini bisa saja berubah, tergantung dari kebijakan pengelola tempat wisata.

Jam Buka

Jam Buka

Tempat wisata danau buatan ini buka setiap hari dari jam 08.30-16.00. Namun khusus untuk kolam pemancingan galatama, sering buka hingga malam, terutama jika sedang ada perlombaan memancing.

Aktivitas di Wana Griya

Aktivitas di Wana Griya

Dengan kawasan seluas 8 hektar, tentunya ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Area yang luas ini juga memungkinkan untuk menampung banyak pengunjung sehingga Anda bisa lebih nyaman untuk liburan mengajak keluarga.

1. Santai di Pinggir Danau

Hal yang menarik dari tempat ini adalah danau buatan yang memang sengaja dibuat agar penduduk sekitar bisa merasakan bermain air ala-ala pantai. Bukan hanya danau buatan yang luas saja, bahkan pasir pantainya pun didatangkan untuk menunjang suasana ini.

Spot yang satu ini sangat disukai oleh pengunjung. Anda juga bisa rehat sejenak di pinggir danau sambil bermain air. Di sini juga terdapat wahana perahu bebek yang bisa disewa selama 30 menit. Dengan perahu ini, Anda bisa mengelilingi danau dengan santai.

Di tengah danau juga terdapat jembatan yang kerap dijadikan sebagai spot foto. Ada pula sot foto berbentuk huruf I dan U dan ditengahnya papan berbentuk hati. Umumnya pengunjung yang datang berpasangan yang sering berfoto di titik ini.

2. Piknik

Setelah lelah bekerja dan beraktivitas, piknik bersama keluarga maupun teman terasa menyenangkan. Di tempat ini, Anda boleh membawa makanan dan minuman dari luar, asalkan tidak mengotori area wisata.

Tidak perlu membawa tikar, sebab di tempat ini juga ada tempat persewaan tikar. Anda dapat menggelar tikar di taman kemudian menikmati makan dan minum sambil menikmati pemandangan. Lokasinya yang luas membuat Anda bebas menentukan untuk piknik di area tertentu.

3. Rumah Kurcaci

Wahana terbaru dari Wana Griya ini pasti akan disukai anak-anak. Pasalnya tempat ini bukan hanya indah tetapi juga terdapat kelinci yang berkeliaran sehingga bisa menjadi hiburan tersendiri. Tidak ada biaya masuk untuk menikmati fasilitas di dalam rumah kurcaci.

Anda juga dapat menjadikan rumah kurcaci sebagai spot foto gratis. Lukisan dan desain rumah kurcaci memang didesain instagramable sehingga cocok dijadikan latar foto untuk unggahan di media sosial.

4. Memancing

Pada awalnya tempat ini memang merupakan kolam pemancingan yang dibuka untuk umum. Maka meskipun sudah dibangun, kolam pemancingan bersejarah ini tidak lantas dihilangkan. Sebab masih banyak pengunjung yang datang memang bertujuan untuk memancing.

Ada tiga jenis kolam yang ada di tempat ini. Ketiganya ditebari benih ikan yang berbeda sehingga umpan ikannya juga berbeda. Setiap ikan yang terpancing dan ingin dibawa pulang akan ditimbang dan ditentukan harganya. Adapun jenis kolam tersebut antara lain:

Kolam Mancing Harian

Kolam ini merupakan kolam yang paling kecil diantara kolam lainnya. Kapasitas pengunjung yang dapat ditampung di tempat ini adalah sekitar 60 orang saja. Sedangkan untuk jenis ikannya, Anda dapat menemukan ikan mas berukuran besar.

Tiap ikan memiliki berat rata-rata sebesar 2 – 3 kilo. Setelah memancing, Anda dapat membayar ikan dan membawanya pulang.

Kolam Mancing Galatama

Sesuai namanya, maka kolam yang satu ini kerap menjadi tempat untuk perlombaan memancing. Kegiatan memancing pun terjadwal dan dibagi ke dalam tiga ronde. Untuk ronde pertama, pemancingan dibuka pukul 15.00 dan ditutup pada pukul 17.00

Sedangkan untuk ronde kedua akan dimulai pada pukul 20.00 dan ditutup pada pukul 22.00. Untuk ronde terakhir digelar paling malam, yaitu mulai pukul 22.00 hingga 24.00. Jika ada pemancing yang bisa memecahkan rekor bobot ikan hari dan di periode tersebut maka akan mendapat hadiah.

Jenis ikan yang ditebar di tempat ini adalah ikan lele. Walaupun terkesan sepele, namun ikan lele memiliki kesulitan tersendiri untuk dipancing. Hal inilah yang membuat perlombaan ini mengasyikkan untuk diikuti.

Kolam Mancing Setu Cogreg

Kolam terakhir yang juga kerap dikunjungi adalah Setu Cogreg yang berdiri di dekat wahana wisata tirta. Berbeda dengan dua kolam sebelumnya, jenis ikan di kolam ini lebih bervariasi. Anda dapat menjumpai ikan mas, mujair dan lele di dalam satu kolam.

Untuk jenis umpannya, biasanya pemancing menggunakan cacing, pelet, cacing hingga lumut. Di tempat ini tersedia umpan yang bisa digunakan, namun umumnya pemancing sering membawa umpan racikan mereka sendiri.

Dan di kolam Setu Cogreg, ikan yang disebar adalah ikan mas, mujair, nila, dan lele. Sedangkan umpan yang digunakan adalah pellet, cacing, dan lumut. Kolam ini bersebelahan dengan wahana wisata air.

Fasilitas

Fasilitas

Demi kenyamanan pengunjung, tempat ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas penunjang seperti berikut ini:

  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Area parkir
  • Tempat makan
  • Sewa tikar
  • Wahana permainan
  • Kolam renang
  • Bioskop 3D
  • Sewa otopet
  • Dll

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute

Objek wisata danau buatan ini terletak sekitar 50 menit perjalanan dari kota Bogor, tepatnya ada di Desa Cogreg, Parung, Bogor. Tempat wisata yang baru diresmikan tahun 2018 kemarin ini bisa didatangi menggunakan kendaraan pribadi.

Rute yang biasa dipilih adalah rute dari arah timur Bogor yaitu melalui jalan Rumah Sakit – Malabar. Di akhir jalan Malabar, Anda harus berbelok ke arah kanan dan masuk ke jalan Pajajaran dan ambil jalan ke arah pasar Ciseeng.

Jika sudah sampai di pasar, maka sebentar lagi Anda akan memasuki daerah Cogreg dan artinya Anda sudah dekat dengan tujuan. Atau jika Anda ingin panduan dari peta maka Anda dapat mengikuti denah berikut ini:

Jika Anda ingin berlibur di tempat yang menyajikan kegiatan memancing, wahana permainan sekaligus taman, maka Wana Griya memberikan hal yang Anda perlukan. Selain akses yang mudah, tempat ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menunjang liburan Anda.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar