Pantai Watu Leter: Daya Tarik & Harga Tiket 2022

Share
Comment 0 reply
Pantai Watu Leter: Daya Tarik & Harga Tiket 2022
Harga TiketRp10.000
Jam Buka24 Jam
No Telepon-
AlamatRowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176

Nama wisata dari Pantai Watu Leter mungkin belum familiar layaknya tempat wisata Pantai Goa Cina. Padahal kedua pantai tersebut tepat bersebelahan.

Banyak yang datang berkunjung ke Pantai Goa Cina yang lebih terkenal serta ramai sebab memiliki akses jalan yang jauh lebih mudah.

Cerita Singkat

pantai watu leter malang

instagram: @ujifirdaus

Pantai satu ini tergolong sepi dari kunjungan, padahal di dalamnya menyimpan segudang keindahan yang sangat menawan.

Ombak yang ada di pantai ini sangat tenang serta memiliki air laut yang sangat jernih dan dingin jika dibandingkan dengan Pantai Goa Cina.

Tak hanya itu saja, Pantai Watu Leter juga diselimuti dengan pasir lembut bersih serta bebatuan karang yang terlihat menjulang tinggi.

Sebetulnya pantai satu ini bentuknya lebih menyerupai kolam renang. Dimana telah dihiasi dengan pepohonan yang berada di pinggir pantai yang lumayan rimbun serta hijau.

Hal tersebut juga yang membuat suasana di pantai sangat nyaman untuk berteduh pada saat matahari sedang terik.

Disana kalian juga dapat menjumpai adanya hutan mangrove yang dengan air payau dari Sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter.

Kalian dapat menyusuri sungai tersebut dengan memakai perahu yang telah tersedia. Bahkan pantai ini juga sering dijadikan sebagai lokasi pendaratan penyu bertelur.

Sejarah

lokasi pantai watu leter

instagram: @amazingmalang

Sejarah dari asal – usul nama pantai ini berkaitan erat dengan adanya tebing batu yang berada di sekeliling pantai. Tebing batu itu mempunyai bagian yang datar pada ujungnya.

Tebing tersebut berada di tengah laut yang membuatnya sangat mencolok sebab bentuknya yang sangat datar tersebut.

Dari eksistensi tebing itulah lalu pantai ini dijuluki sebagai Pantai Watu Leter. Atau dalam bahasa loka dari kata Watu yang berarti batu, serta Leter yang berarti datar.

Tak hanya nama Watu Leter saja, masyarakat setempat juga terkadang menyebutnya sebagai Pantai Ngleter.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat kalian temukan di Pantai Watu Leter, antara lain:

1. Pantai Asri 

pantai watu leter malang selatan

instagram: @hestimariana

Sebab lokasinya yang memiliki jalur yang lumayan sulit dan sempit, Pantai Watu Leter ini memiliki suasana yang jauh lebih tenang serta sepi apabila kita bandingkan dengan Pantai Goa Cina.

Dengan kondisi tersebut, ada nilai plus sendiri dimana pantai ini memiliki kondisi pasir yang lebih bersih serta lembut dan juga air lautnya yang jauh lebih hijau serta jernih.

Tak hanya itu saja, keindahan pantai ini pun dilengkapi dengan pemandangan batuan karang yang nampak hilang dan muncul disapu dengan gelombang.

Baca: Pantai Goa Cina

2. Hutan Bakau 

peta pantai watu leter

instagram: @wisatapantaiketapang

Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang masih alami, disana juga terdapat hutan bakau yang lengkap dengan air payaunya.

Pemandangan indah serta unik dari hutan bakau ini hanya dapat kalian temui di beberapa Pantai yang berada di kota Malang.

Dari arah hutan ini juga terdapat sebuah tempat muara sungai Sitiarjo yang dapat kalian telusuri dengan menggunakan perahu.

Baca: Pantai Batu Bengkung

3. Berenang

pantai watu leter malang jawa timur

instagram: @dedyharmanto

Dengan arus ombaknya yang sangat tenang, membuat pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berendam dan juga berenang.

Tak hanya itu saja, pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih, sehingga menjadikan kegiatan kalian disana terasa lebih aman dan menyenangkan.

Perpaduan dari air jernih dengan ombak yang tenang, membuat pantai ini jauh lebih mirip dengan kolam renang air asin raksasa.

Baca: Pantai Tiga Warna

4. Snorkeling 

Snorkeling

instagram: @fit_beka

Tentu saja aktivitas yang satu ini sudah sangat lumrah dilakukan di berbagai pantai.

Terlebih lagi air yang berada di pantai ini sangatlah jernih, sehingga cocok untuk berenang sekaligus bersnorkeling ria dengan sensasi yang jauh lebih seru.

Pemandangan bawah laut pantai ini dihiasi dengan terumbu karang dan juga ikan kecil warna – warni yang akan menemai kalian berlibur di pantai.

5. Penyu 

Penyu

instagram: @alur_kadalpetualang

Seperti yang telah dijelaskan di bagian atas, pantai satu ini juga menjadi salah tempat untuk penyu bertelur.

Sebab area pantai ini masih sangat sepi oleh manusia, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai lokasi melihat kedatangan penyu sekaligus untuk melepas penyu abu – abu kecil menuju alam bebas.

Hal tersebut juga yang membuat Pantai Watu Leter ini dijadikan sebagai pusat ekowisata dari kawasan pelestarian penyu.

6. Berkemah 

Berkemah

instagram: @dr.dawnbolger

Selain beberapa objek wisata di atas, untuk kalian yang ingin bermalam di area pantai juga dapat mengadakan camping disana.

Kalian tinggal mencapai area mana yang nyaman untuk mendirikan tenda.

Di waktu malam hari, kawasan pantai akan semakin terasa asri yang tentunya pengalaman seperti ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Dan tak ketinggalan, kalian juga dapat menikmati fenomena sunrise dan sunset yang menakjubkan.

Fasilitas

Seperti yang telah kita ketahui, pantai ini memang belum banyak yang mengetahui, sehingga akses menuju ke Pantai Watu Leter pun cukup susah.

Serta belum terdapat fasilitas yang tersedia layaknya musholla dan juga warung makan. Maka dari itu, kalian harus membawa bekal sendiri pada saat akan berlibur di pantai satu ini.

Meski demikian, disini telah tersedia area parkir dan WC sederhana.

Lokasi

Pantai Watu Leter berada di alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176.

Baca juga: Pantai Tamban

Rute

Rute menuju lokasi pantai belum dapat dilalui oleh kendaraan umum seperti angkot atau sejenisnya. Namun untuk kalian yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan rute di bawah ini:

  • Apabila kalian berangkat dari arah kota Malang, kalian dapat ambil jalan ke arah Malang Selatan – Sumber Manjing Wetan.
  • Lalu kalian ikuti petunjuk jalan ke arah Pantai Sendang Biru.
  • Ketika kalian menjumpai pertigaan yang mempunyai papan penunjuk jalan ke arah Pantai Bajul Mati serta Goa Cina, kalian ambil ke arah Goa Cina.
  • Lokasi pantai Watu Leter ini tidak jauh dari arah Pantai Goa Cina.

Jam Operasional

Pantai Watu Leter buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir Roda 2Rp5.000
Parkir Roda 4Rp10.000
Parkir Bermalam+ Rp3.000

Tips

  • Cari informasi sebanyak mungkin tentang pantai satu ini, jangan sampai kalian tersesat ketika hendak menuju Pantai.
  • Siapkan kendaraan yang prima, sebab pantai ini memiliki trek yang lumayan sulit, sehingga kalian membutuhkan tenaga yang besar ketika akan melewatinya, tak hanya itu saja kalian juga akan memerlukan kewaspadaan yang tinggi.
  • Hindari untuk mengunjungi Pantai Watu Leter pada saat musim hujan, sebab rute yang terletak di kawasan lokasi sangat licin pada saat musim hujan
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Pantai ini tidak mempunyai banyak fasilitas layaknya warung, sehingga kalian disarankan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.