Bukit Panguk Kediwung: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga TiketRp11.000
Jam Buka05.00 - 18.00 WIB
No Telepon-
AlamatKediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55783

Bukit Panguk Kediwung merupakan salah satu tempat wisata eksotis yang ada di kota Jogja, tepatnya ada di daerah Bantul.

Mempunyai topografi berbukit yang diselingi dengan aliran sungai yang terlihat meliuk-liuk membelah tebing menjadikan nuansa pagi di area bukit akan terasa begitu menakjubkan.

Berada di kawasan Dlingo, biasanya ada kabut tebal yang memenuhi area lembah di mana di dataran rendahnya kalian dapat merasakan sensasi negeri di atas awan.

Dan sensasi tersebut tentunya dapat kalian dapatkan di Bukit Panguk Kediwung.

Objek Wisata

1. Mulai dibuka pada tahun 2016 lalu

bukit panguk jogja

Mungkin untuk kalian yang belum mengetahui tempat wisata ini, Bukit Panguk Kediwung berada tak jauh dari kawasan wisata Kebun Buah Mangunan.

Bukit ini telah dibuka untuk umum pada pertengahan 2016 tahun lalu oleh warga setempat.

Oleh sebab itu, bukit ini masih kalah terkenal daripada Kebun Buah Mangunan maupun Hutan Pinus Mangunan walau berada di satu lokasi yang berdekatan.

Baca: Kebun Buah Mangunan

2. Menikmati sunrise di puncak bukit

bukit panguk

Bukti Panguk Kediwung menyuguhkan keindahan sunrise dengan sensasi negeri di atas awan. Sunrise ini juga akan terlihat sangat jelas sebab lokasi dari Bukit Panguk Kediwung yang menghadap langsung ke arah ufuk timur.

Momen terbaik untuk menikmati panorama sunrise dari bukit ini yaitu pada waktu jam 05.00 pagi.

Semantara untuk musim terbaik untuk berkunjung kesini yaitu ketika musim kemarau tiba. Namun apabila musim hujan tiba, sebaiknya kalian datang ketika hujan telah benar-benar reda.

Keindahan panorama alam yang terbagus di Bukit Panguk Kediwung yakni pada saat matahari terbit di mana terdapat gumpalan kabut yang terlihat menyelimuti matahari.

Gumpalan kabut tersebut berupa gumpalan awan, sehingga kerap disebut sunrise di bukit ini terasa seperti sedang berada di negeri di atas awan.

Baca: Puncak Becici Jogja

3. Berswafoto di spot foto Bukit Panguk Kediwung

swafoto di bukit

Disini terdapat lebih dari 6 spot foto yang bisa kalian pakai untuk berswafoto ria. Beberapa spot foto yang di Bukit Panguk Kediwung adalah spot foto berbayar yang nantinya akan dimintai tarif oleh pengelola sesaat selepas kalian berfoto.

Spot foto yang tersedia di bukit ini semuanya menghadap ke arah tebing. Di mana view tersebut berhadapan langsung dengan arah hutan lebat dan juga di bawahnya terdapat Sungai Oya yang terlihat meliuk liuk.

Sehingga, jika kalian belum berkesempatan untuk menikmati keindahan dari sunrise di atas bukit, kalian juga bisa menikmati spot foto yang ada.

Beberapa spot foto yang ada di bukit ini diantaranya seperti: spot foto kupu-kupu, perahu kertas istana langit, dan spot unik lainnya.

Baca: Hutan Pinus Mangunan

4. Wisata kuliner

kuliner Dlingo

Tak hanya dapat menikmati sunrise serta berswafoto ria disana, kalian juga bisa sembari menyantap kuliner khas masyarakat Dlingo yang bisa kalian beli di komplek Bukit Panguk Kediwung.

Kalian bisa menikmati kuliner ini untuk sarapan sesaat selepas melihat sunrise serta berswafoto disana.

Fasilitas

  • Spot foto
  • Area parkir
  • Toilet
  • Wisata kuliner
  • Musholla
  • Warung makan dan minum
  • Gardu pandang

Lokasi

Bukit Panguk Kediwung berada di alamat: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55783.

Baca juga: Goa Jomblang

Rute

  • Kendaraan Pribadi

Apabila kalian berasal dari arah pusat Kota Yogyakarta, maka kita gunakan patokan dari arah kawasan Imogiri atau tepatnya berada di Jalan Imogiri Timur – Pasar Imogiri – Mangunan – Makam Raja Mataram – Wisata Dlingo – Kebun Buah Mangunan.

Sesudah kalian sampai di pertigaan yang menghadap ke arah Kebun Buah Mangunan, perjalanan selanjutnya dapat kalian lanjutkan dengan memperhatikan papan petunjuk yang sudah tersedia hingga sampai ke Bukit Panguk Kediwung.

Jarak lokasi wisata dari arah pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 27 km.

Hingga sekarang, kawasan bukit ini baru hanya dapat diakses dengan memakai kendaraan pribadi saja. Kendaraan besar layaknya bus belum bisa mengakses rute dari Bukit Panguk Kediwung.

Jam Operasional

Bukit Panguk Kediwung buka setiap harinya (Senin – Minggu) dari mulai pukul 05.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp11.000
Spot fotoRp2.000
Parkir motorRp5.000
Parkir mobilRp3.000

Tips Berkunjung

Setiap tempat wisata tentunya mempunyai keunikan sendiri, sehingga membutuhkan persiapan khusus sendiri.

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung, berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian ikuti, antara lain:

  • Pakailah alas kaki yang nyaman. Jangan mengenakan sepatu hak tinggi ataupun celana pendek, sebab suhu udara disana sangat dingin.
  • Pakailah pakaian yang dapat membuat kalian merasa nyaman, serta alas kaki yang juga memadai. Serta bawalah pakaian hangat untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil dan hangat.
  • Pastikan batrai peralatan elektronik kalian dalam keadaan full dan juga membawa powerbank. Sebab disana telah tersedia sangat banyak sekali spot foto dan angle yang indah.
  • Sebaiknya kalian berkunjung ketika pagi hari, serta pastikan cuaca hari H dalam keadaan cerah. Apabila ramalan cuaca menyebutkan akan hujan, maka sebaiknya kalian tunda dulu untuk berkunjung ke bukit ini.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, ataupun merusak lokasi sekitar.
Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

2 pemikiran pada “Bukit Panguk Kediwung: Aktivitas & Tiket Masuk 2022”

Tinggalkan komentar