Tempat Wisata di Cimahi

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Cimahi

Cimahi merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Barat yang terletak ditengah-tengah antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat. Dulu Cimahi merupakan bagian dari Kabupaten Bandung, namun pada tanggal 29 Januari 1976 ditetapkan menjadi kota administratif yang terdiri atas 3 kecamatan dan terbagi atas 15 kelurahan.

Dan kali ini alawisata akan membahas mengenai tempat wisata yang ada di Cimahi.

Seperti halnya kota-kota yang ada di Jawa Barat, Cimahi juga memiliki karakteristik suasana yang teduh, sejuk, asri, nan indah.

Sehingga tak heran, banyak wisatawan dari ibukota yang memilih Cimahi untuk dijadikan sebagai tempat berlibur di akhir pekan maupun libur panjang.

Dengan kondisi geogravis yang sangat bervariasi  menyebabkan Cimahi menyimpan banyak sekali potensi wisata yang jarang diketahui oleh hal layak ramai, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai wisata alam dapat anda temukan semua disini.

Jika anda merencanakan libur akhir pekan di kota Cimahi, jangan khawatir akan keindahan yang akan disuguhkan nantinya.

Nah untuk mempermudah perjalanan liburan anda, kali ini alawisata akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Cimahi yang layak untuk anda kunjungi. Yuk langsung saja simak baik-baik.

1. Curug Bugbrug

tempat hunting di cimahi

  • Lokasi : Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Curug ini mempunyai tinggi kuran glebih tiga meter dan berada di ketinggian 1.050 mdpl. Debit air yang dijatuhkan tergolong besar sehingga akan menimbulkan suara “brug..brug..brug” hal ini juga yang menjadi alasan pemberian nama untuk si curug,

Bagi anda penggemar selfie tempat ini sangat pas untuk dikunjungi, selain lokasinya yang berdekatan dengan Ciwangun Indah Camp (CIC) disini anda juga akan disuguhkan dengan suguhan yang sangat asri nan indah.

Fakta unik dari curug ini yaitu curug ini merupakan saksi biksu atas sejarah Bandung Purba yang dimana konon katanya curug ini terbentuk aliran lava gunung purba yang terbentuk ribuan tahun yang lalu dan merupakan patahan dari jalur Lembang.

Namun parapengunjung tidak disarankan untuk berenang diarea curug ini, karena debit airnya yang tinggi serta kedalaman kolam alami yang mencapai 3-4 meter sangat tidak memungkinkan untuk adanya aktivitas berenang. Walaupun demikian tak usah khawatir, karena anda juga dapat berfoto ria di batu-batu besar yang berada disisi timur curug.

2. Curug Cimahi

Curug Cimahi

  • Lokasi : Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 12.000 (07.00-17.00), Rp 15.000 (17.00-20.00), Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 07-20.00

Fasilitas : dek (geladak kapal) sebagai tempat para pengunjung menikmati pemandangan air terjun dari kejauhan, shelter dan tempat istirahat, warung, mushalla, kamar kecil, area parkir, tempat sampah, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik sate, pusat informasi dan pos jaga

Meskipun akses jalan untuk ke Curug Cimahi mudah untuk dijangkau, namun curug ini termasuk salah satu tempat wisata di Bandung yang belum banyak dikunjungi.

Nama Cimahi diambil dari nama sungai yang mengalir di atas curug yaitu Sungai Cimahi dan berhulu di Situ Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi.

Curug ini berada di ketinggian 1050 meter di atas permukaan air laut dan mempunyai tinggi kuran glebih 71 meter serta suhu kawasan yang berkisar andara 18 – 22 derajat celcius. Sehingga pada saat anda singgah ditemapt ini akan disambut dengan suasana pegunungan yang khas dan sejuk.

Curug ini memang lain dari yang lain, disini ada beberapa hal yang tak akan kalian temui di curug-curug lainya. Seperti saat menjelang sore dan malam hari curug ini akan berubah menjadi air terjun pelangi yang memancarkan cahaya, konsep yang ditata sedemikian rupa sehingga menghadirkan pertunjukan air terjun warna-warni layaknya sinar pelangi sebelum jatuh ke bawah.

Selain itu, curug ini juga merupakan tempat tinggal bagi habitat para monyet sehingga bisa dijadikan tempat alternatif wisata fauna yang ada di Bandung. Serta banyaknya spot foto yang menarik menjadikan curug ini mengalami kenaikan pengunjung setiap tahunnya, mulai dari pengunjung lokal hingga mancanegara.

3. Curug Malela

Curug Malela

  • Lokasi : Curug Malela, Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curug selanjutnya yang akan alawisata bahas adalah Curug Malela. Sumber air dari air terjun ini berasal dari hulu sungai bagian Utara Gunung Kendeng yang terletak di sebuah gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciweday yang telah mati dan kemudian mengalir melintasi sungai cidadap – Gunung Halu.

Curug ini memiliki tinggi 60-70 meter dengan lebar mencapai 70 meter yang siap membuat anda basah kuyup dibuatnya.

AIr yang cukup deras membuat area disekitar curug serasa seperti di pegunungan yang berembun, jika kalian beruntun, kalian akan menjumpai atusan ekor monyet ekor panjang (macaca pasciscularis) yang sedang minum air dan bercengkrama di bawah Curug Malela.

Keistimewaan curug ini ialah curug ini mempunyai 5 buah jalur air terjun dengan ketinggian yang bervariasi, nampak sangat indah sekaligus megah yang mampu membius siapapun ketika melihatnya.

Air terjun ini juga disebut sebut sebagai air terjun niagara mininya Indonesia. Karena keindahan alamnya yang tersembunyi sehingga kealamiannya masih sangat terjaga. Curug Malela ini apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat seperti kilauan benang-benang sutra halus bersinar lengkap dengan tebing eksotis yang beridiri kokoh disampingnya.

4. Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat

  • Lokasi : Jalan Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00
  • Fasilitas : outbond, Body rafting, flying fox, gebuk banal, high rope, jembatan dua tali, menangkap ikan, rakit, shaking bridge, kamar mandi, musholla, warung makan

Pernah mendengar Curug Tilu Leuwi Opat? Mungkin masih terdengar asing ditelinga anda, karena memang objek wisata yang satu ini masih belum dikenal oleh banayk orang, padahal keindahan yang ditawarkan cukup menawan loh.

Area di sekotar curug cukup luas sehingga disediakan tempat untuk melakukan aktivitsa outbond maupun camping. Airnya yang jernih serta lengkap dengan pepohonan yang rindang semakin menambah kesejukan di area curug.

Namun, pengunjung dilarang untuk melakukan aktivitas berenang karena kedalam kolam alaminya yang mencapi 9 meter, meskipun demikian recananya dalam waktu dekat Curug Tilu Leuwi Opat ini akan menata area yang dapat dijadikan berenang bagi para pengunjung.

Selain itu, di kawasan curug ini juga terdapat dua goa yang dapat anda kunjungi yaitu Goa Lalay dan Goa Tokek. Dinamai demikian karena kedua hewan itulah yang banyak menguni bagian dalam gua.

5. Gunung Bohong

Gunung Bohong

  • Lokasi : Padasuka, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mengapa dinamakan dengan Gunung Bohong? Sebenarnya tak ada asul usul ayng jelas mengani hal ini, namun menurut warga setempat Gunung Bohon ini bukanlah sebuah gunung, melainkan bukit yang berbentuk seperti gunugn, sehingga warga menyebutnya sebagai Gunung Bohong.

Gunung Bohong ini memiliki ketinggian 700 mdpl. Tepat dikaki Gunung Bohong ini merupakan lapangan tembak yang sering dugunakan sebagai tempat pelatihan menembak. Gunung ini memiliki hamparan rerumputan yang hijau bak permadani yang sengaja digelar diatas tanah.

Jika anda mencoba untuk mendaki Gunung Ini hingga ke puncaknya, anda akan menjumpai beberapa pohon dan rumput liar di mana-mana. Dan tentunya anda dapat melihat pemandangan lapangan tembak dan pemukiman warga dengan leluasa. Sungguh tempat yang sangat cocok untuk melarikan diri ditengah kebisingan kota.

6. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi

  • Lokasi : Jl. Kolonel Masturi KM.4 No.157, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-21.00

Fasilitas : restaurant, outbond, ATV rider, jembatan gantung, taman bermain anak, flying fox garuda, berkuda atau delman, menangkap ikan di kolam lumpur

Alam Wisata Cimahi biasa disingkat sebagai AWC yang didirikan oleh  CV. Kebun Tani Anugra yang diresmikan pada tanggal 18 oktober 2009. Tujuan awal pembangunan tempat ini ialah sebagai usaha kuliner saja dengan  memberikan sajian tradisional lezat khas Sunda, masakan khas Cina dan juga hidangan modern.

Namun seiring perkembangan AWC membuat objek wisata ini menjadikannya sebagai tempat yang lebih dari sekedar kuliner saja. Oleh sebab itu AWC kemudian menjadi salah satu tujuan favorit di Cimahi.

AWC ini merupakan objek wisata yang mengusung konsep eduwisata. Sehingga para pengunjung disini selain berwisata seklaigus dapat belajar. Mulai dari pendidikan pertanian, peternakan, dan kuliner bisa anda jumpai disini.

7. All About Strawberry

all about strawberry cimahi

  • Lokasi : Jl. Cihanjuang No.24, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 10.00-20.00
  • Fasilitas : rumah koboy, kolam ikan, kolam renang mini, flying fox, kapal terbang strawberri, kolam rakit

All About Strawberry merupakan sebuah objek wisata yang menawarkan tempat rekreasi bertemakan strawberry. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 para pengunjung langsung mendapatkan 1 gelas stoberi segar sekaligus berkeliling di tempat ini.

Meskipun tidak memiliki luas yang tidak begitu besar, para pengunjung dapat merasakan sensasi memetik buah Strawberry langsung di kebun! Ditambah Strawberry disini terkenal akan kualitasnya yang baik serta memliki warna merah dan juga manis. Selain disantap langsung, strawberry disni juga dapat anda bawa pulang sebagai oleh-oleh orang rumah.

Selain itu, kegiatan berkeliling kebun bersama berkeluarga adalah hal yang sangat menyenangkan. Ditemani dengan panorama alam yang mengagumkan lengkap dengan pohon Strawberry membuatnya betah berlama-lama disini.

8. Taman Bunga Cihideung

taman bunga cihideung cimahi

  • Lokasi : No., Jl. Terusan Sersan Bajuri No.37, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, musholla, taman bunga, taman sayur, taman pembibitan benih, warung makan

Cihideung merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Parongpong dan terkenal akan beragam jenis bunga yang tumbuh di dalamnya. Sebagian besarpenduduk Desa Cihideung berprofesi sebagai petani, baik etani bunga hias maupun bunga potong.

Taman seluas 50 hektar ini mempunyai koleksi tanaman hias yang lengkap. Disepanjang perjalanan, anda akan disguhkan aneka tanaman hias milki para warga yang begitu menakjubkan.

Sejauh mata memandang, anda akan dimanjakan dengan warna-warni dari tanaman hias yang ditata sedemikian rupa sehingga sangat nyaman untuk ditatap. Maka tak heran, jika setiap harinya kawasan ini selalu didatangi oleh ratusan pengunjung setiap harinya.

9. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga Rizal

  • Lokasi : Km. 2,4, Jl. Raya Maribaya, Kayuambon, Lembang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-16.00
  • Selain taman bunga Desa Cihideung, di kota Cimahi juga terdapat rumah bunga yang terkenal dengan nama Rumah Bunga Rizal.

Rumah Bunga ini memang terkenal di Jawa Barat karena koleksi bunganya yang tergolong lengkap. Para pengunjungpun dapat berpartisipasi dan melihat cara budidaya bunga, tanaman hias, dan beberapa semak cantik yang juga dibudidayakan.

Bunga anggrek dan tanaman kaktus indoor merupakan tanaman favorit para pengunjung. Pengunjung pun dapat membawa pulang tanaman unik tersebut untuk dijadikan oleh-oleh atau souvenir.

10. Natural Hill Cisarua

alam wisata cimahi 2019

  • Lokasi : Jl. Kolonel Masturi Km 7 Cisarua Kertawangi Lembang, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : outbound, Camping untuk School Program, Company Gathering maupun Family gathering, restaurant

Tempat wisata ini merupakan objek wisata yang menawarkan objek wisata lainnya di dalamnya. Seperti tempat wisata air terjun dengan ketinggian mencapai 50 meter, trekking alam yang menantang, pendidikan cinta lingkungan, outbound, dan juga kolam renang!

Dengan tempat yang memiliki luas mencapai 14 hektar ini, sangat disarankan bagi anda para travelers ibukoa yang haus akan suasana alam dan ingin lari dari hiruk pikuknya kehidupan untuk segera berkunjung ke tempat ini. Pemandangan yang eksotis mampu membuat badan menjadi rileks dan juga menyegarkan otak.

11. Taman Kartini atau Dampo Awang Beach

Taman Kartini atau Dampo Awang Beach

  • Lokasi : Jl. Raya Baros No.6, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 8.000 (Parkir Motor), Rp 15.000 – Rp 20.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama Kartini sendiri merupakan nama dari pahlawan Nasional Indonesia yang gencar memperjuangkan hak-hak kaum wanita yaitu R.A Kartini. Dan beliau dimakamkan di Mantingan, Kabupaten Rembang.

Namun, semenjak tempat ini dikelola oleh pihak swasta Taman Kartini berubah nama menjadi Dampo Awang Beach.

Taman Kartini sendiri merupakan sebuah taman yang terletak dipinggir utara pantai rembang. Karena lokasinya yang strategis, makan kawasan ini dijadikan sebagai wisata keluarga yang indah,menarik, dan menyenangkan.

Selain memandangi pemandangan pantai nan menawan, disini juga terdapat kolam renang yang bisa anda gunakan bersama keluarga anda. Atau bahkan sekedar jalan-jalan ke beberapa pulau kecil di utara pantai ini dengan naik perahu sembari menikmati pemandangan indah yang disuguhkan.

12. Wisata Kuda Paku Haji

taman wisata paku haji cimahi

  • Lokasi : Jl. Haji Ghofur Km. 4, RT02/RW10, Pakuhaji, Ngamprah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 per orang, Rp 10.000 (Setiap Wahana), Rp 2.000 (Parkir Mobil), Rp 1.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 08.00-17.30
  • Fasilitas : outbound, kolam renang, kebun binatang

Wisata Kuda Paku Haji menawarkan penglaman wisata kuda ala Koboi Amerika. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling favorit  di kawasan Cimahi. Banyak para pengunjung yang datang kesini karena sengaja ingin merasakan bagaimana sensasi menaiki seekor kuda. Ditambah para pengunjung juga dapat memilih arena serta kuda yang ingin digunakan.

Tak hanya itu, kegiatan lain yang dapat anda lakukan disini adalah wisata ATV yang membuat anda serasa mengendarai sebuah mobil sungguhan. Serta disini anda juga dapat melakukan kegiatan outbound yang memang telah disediakan ditempat ini.

Jika anda ingin wisata air, disini juga terdapat kolam renang yang berada di areal indoor maupun outdoor sangat menarik untuk anda singgahi. Bahkan di Wisata Kuda Paku Haji juga terdapat Kebun Binantang Mini yang dijamin akan membuat si kecil gembira.

Puas menikmati wahana yang ada di dalam Wisata Kuda Paku Haji, saatnya anda beserta keluarga memanjkan lidah dan perut anda menyantap kuliner nasi liwet khas dari Paku Haji yang terkenal akan kelezatannya yang mendunia.

13. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Ciwangun Indah Camp (CIC)

  • Lokasi : Jl. Kol. Masturi, RT. 03 / RW. 15, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung
  • Tiket Masuk : Teragantung paket yang anda pilih
  • Jam Buka : 07.00-19.30

Ciwangun Indah Camp atau sering disapa sebagai CIC merupakan salah satu objek wisata rekreasi keluarga yang berpadu antara wisata alam, dan kegiatan andalannya seperti outbound, flying fox, kolam renang, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu CIC juga menyediakan tempat pelatihan kepemimpinan dan keberanian para pengunjungnya dengan melakukan aktivitas outbound dan kegiatan diluar alam.

Serta terdapat juga objek wisata alam yang romantis seperti hutan pinus, kebun teh, sungai situ Lembang, lembah dan perbukitan dengan pepohonan rimbun yang dijamin akan memanjakan mata dan benak anda sekalian.

14. Pasar Terapung Lembang

Pasar Terapung Lembang

  • Lokasi : Jl. Grand Hotel No. 33E, Lembang
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 per orang, Rp 30.000 (Parkir Mobil), Rp 5.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 09.00-17.00 (Weekdays), 09.00-20.00 (Weekend)

Pasar ini terkenal dengan sebutan floating market yang mirip dengan pasar apung yang ada di Kalimanta. Bedanya Pasar Terapung Lembang ini hanyamenjual aneka makanan atau kuliner khas Kota Kembang dengan cara jual yang unik dan lain dari yang lain, yaitu di atas perahu-perahu yang berjajar dengan rapi.

Uniknya lagi, para pembeli disni juga harus membeli dengan menggunakan koin yang sebelumnya telah ditukarkan.

Tak hanya itu, Pasar Terapung Lembang juga meyuguhkan pemandangan yang menarik lengkap dengan taman bermain di dekatnya.

15. Pasar Cimindi

Pasar Cimindi

  • Lokasi : Jl. Mahar Martanegara No. 65, Cigugur Tengah, Cimahi Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 05.00-17.00

Pasar selanjutnya yang ada di Cimahi yaitu Pasar Cimindi. Disini para pengunjung dapat berwisata kuliner sekaligus berwisata belanja. Mulai dari souvenir, oleh-oleh, dan pernak pernik khas Cimahi, Jawa Barat dapat ditemukan dengan mudah di pasar yang satu ini.

Bagi para pengguna hijab, disini anda akan menemukan kain, kerudung, jilbab, hingga pasmina berwarna warni dengan banderolan harga yang murah meriah.

Jangan lupa, sajian makanan dan camilan khas Sunda pun tersedia yang sangat sayang jika anda lewatkan.

16. Kampung Adat Cireundeu

objek wisata batujajar

  • Lokasi : Leuwigajah, Kabupaten Cimahi Selatan
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Nama Cireundeu diambil dari nama “pohon reundeu” yang dulu banyak sekali tumbuh di kawasan ini dan digunakan sebagai obat herbal.

Fakta unik yang terdapat di Kampung Adat Cireundeu ini ialah seluruh masyarakatnya memakan singkong sebagai kebutuhan pokok, bukannya beras layaknya masyarakat umum Indonesia. Dan masyarakat disana sangat memegang nilai-nilai moral kehidupan.

Salah spot yang tidak boleh anda lewatkan ketika berkunjung yaitu Hutan Larang dan Hutan Tutupan yang merupakan sebuah kawasan hutan lindung. Dan juga Batu Cadas Gantung. Disepanjang perjalanan, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan singkong yang sangat cantik dan memanjakan mata.

Jika anda berniat liburan ke kota Cilegon, cari juga Tempat Wisata di Cilegon yang tak kalah bagus.

17. Kampung Gajah Wonderland

harga tiket masuk alam wisata cimahi

 

  • Lokasi : Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8 Cihideung Parongpong, Cihideung, Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (Weekdays), Rp 20.000 (Weekend & Holiday)
  • Jam Buka : 09.00-17.00 (Senin-Kamis), 08.00-17.00 (Jum’at-Minggu)
  • Fasilitas : kolam renang waterboom, Bunge Trampolin, Big Tornado, Aqua Boat, Octopus Race, outbound, flying fox, Touring ATV, Fun Bike, , Bumperboat, Child Playground, Mini Buggy, Buggy Family, Buggy Futuristic, Side Car dan lainnya.

Kampung Gajah Wonderland tepatnya berada di bagian utara Bandung yang menawarkan keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk. Walaupun tidak ada satu pun gajah asli yang di dalamnya, namun tempat wisata ini dihiasi dengan patung gajah yang berjejer.

Mulai dari wisata permainan air, wisata kuliner, hingga wisata belanja dapat anda lakukan semua disini. Ratusan wahana permainan yang terdapat di tempat ini dijamin membuat anda betah untuk menhabiskan waktu disini. Tempat wisata keluarga ini sangat cocok didatangi pada saat libur akhir pekan dan menyegarkan otak sebelum beraktivitas kembali di hari Senin.

18. Kolam Renang Brigif Cimahi

Kolam Renang Brigif Cimahi

  • Lokasi : Lingkar, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (Dewasa), Rp 10.000 (Anak-Anak), Rp 6.000 (Tentara)
  • Jam Buka : 08.00-17.45
  • Fasilitas : toilet, kamar mandi bilas, kantin

Kolam Renang Brigif Cimahi merupakan kolam renang yang biasa digunakan oleh para tentara yang ada di daerah Cimahi, namun tak jaran gbanyak juga pengunjung yang memang bukan tentara juga menikmati kolam renang ini.

Kolam ini sangat cocok untuk anda para mommy yang ingin berlibur bersama anak-anaknya dikala akhir perkan tiba.

19. Pandiga Educreation Sport

Pandiga Educreation Sport

  • Lokasi : Jalan Sirnarasa No. 11, Cihanjuang, Cimahi Utara, Cibabat, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : Rp 25.000 (Weekday), Rp 30.000 (Weekend)
  • Jam Buka : 08.00-20.00 (Senin-Sabtu), 08.00-21.00 (Minggu)
  • Fasilitas : waterpark, tempat gathering, reuni dan meeting, outbound, kolam renang, paintball,

Pandiga Educreation Sport ini hadir sebagai salah satu solusi berwisata yang menawarkan anda kebugaran dan kesehatan dengan menggabungkan antara olah raga dengan wisata edukasi, yang pas untuk kebutuhan rekreasi keluarga, peruasahaan atau rombongan.

Pandiga Educreation Sport memberikan kesan asri nan khas alam pedesaan dengan background pegunungan. Selain itu berwisata kuliner dengan menyantap beberapa menu yang dihidangkan oleh Hanjuang Cafe & Resto.

Tak hanya itu, disana juga terdapat wahana beramain dia areal terbukayang konsepnya adalah kawasan wisata terpadu, sehingga anda tidak perlu lagi membuang-buang waktu berharga anda untuk berpindah-pindah lokasi wisata.

Menariknya lagi design bangunanya yang ciamik, seperti lobi yang berdinding kaca, sehingga pengunjung bisa melihat salah satu keasrian miniatur taman di Bandung.

Suasananya yang disuguhkan di tempat ini benar-benara akan membuat anda merasa betah untuk singgah berlama-lama disini.

20. Giggle Box Cimahi

Giggle Box Cimahi

  • Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.11, Karangmekar, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Siapa sih yang ngga tau Giggle Box Cimahi? Pastinya orang Cimahi udah sering denger sola restaurant yang satu ini.

Giggle Box Cimahi merupakan sebuah restaurant hits yang berada di kota Cimahi. Di restaurant ini beragam menu pilihan tersedia dan siap untuk menggoayang perut dan lidah anda. Tak heran, tmepat ini menjadi lokasi favorit bagi para remaja untuk sekedar nongkrong atau pun membunuh waktu di tempat yang satu ini.

21. Masjid Agung Kota Cimahi

Masjid Agung Kota Cimahi

  • Lokasi : Jalan Kaum No.2, Cimahi, Cimahi Tengah, Cimahi, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Fasilitas : akses internet, parkir, taman, gudang, tempat penitipan sepatu atau sandal, ruang belajar (tpa atau madrasah), toko, aula serba guna, perlengkapan pengurusan jenazah, koperasi, perpustakaan, kantor sekretariat, penyejuk udara atau ac, sound system dan multimedia, pembangkit listrik atau genset, kamar mandi atau wc, tempat wudhu

Setalah puas berwisata alam dan juga kuliner, kini saatnya untuk menyiram rohani kita dengan berkunjung ke salah satu masjid yang ada di kota Cimahi yaitu Masjid Agung Kota Cimahi.

Masjid Agung Kota Cimahi ini memiliki sentuhan arsitektur gaya kolonial yang dimana Cimahi sendiri merupakan kota yang kental akan sejarahnya yang tinggi serta terdapat banyak sekali gedung-gedung tua peninggalan pemerintah kolonial Hindia-Belanda, Sehingga tak heran kalau masjid ini pun masih mengandung unsur kolonial di dalamnya.

Uniknya lagi, masjid ini dibangun tanpa tiang tengah. Hanya mengandalkan atap yang ditata sedemikian rupa dengan susunan baja yang saling terhubung. Struktur atap yang sengaja didesain seperti itu menjadikan ruang utama masjid terasa lebih luas sebab tidak terhalang oleh tiang yang umumnya menjadi blind spot view dari beberapa sudut.

22. Masjid Al-Baakhirah

Masjid Al-Baakhirah

  • Lokasi : Jl. Bapak Ampi No. 1E RT. 02 / RW. 06, Baros, Cimahi Tengah, Baros, Cimahi, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid selanjutnya yang alawisata akan bahas yaitu Masjid Al-Baakhirah. Menyerupai sebuah kapal yang bersandar di tengah halaman kampung nan luas, merupakan ciri khas utama dari masjid yang satu ini.

Walaupun bentuk masjid ini menyerupai kapal, namun banugnan itu memang dibangun sejak awal untuk dijadikan sebagai sebuah masjid bukan sebuah kapal. Uniknya lagi di masjid ini juga dilengkapi dengan sebuah menara yang bentuknya menyerupai sebuah mercusuar.

Masjid ini dibangun oleh keluarga mantan nakhoda kapal, H, Budianto dan kemudian diwakfkan agar bisa dipakai ntuk kepentingan warga sekitar. Masjid ini diresmikan pada tanggal 26 April 2016 yang lalu.

Menurut informasi, masjid ini terinspirasi dari kisah Nabi Nuh dan tentu saja karena memang dibangun oleh keluarga pelaut. Yang membuat pembangunannya begitu detil seperti sebuah kapal sungguhan.

Benar-benar menyerupai kapal sungguhan, masjid ini juga memiliki radio komunikasi, Klakson kapal, lampu-lampu navigasi, juga sirine berfungsi yang akan berbunyi disaat waktu buka puasa dan imsak tiba. Selain keunikan dari bangunan masjidnya, para pengurus masjid ini pun mengenakan seragam ala anak buak kapal (ABK). Sungguh menarik bukan?

23. Taman Alun Alun Cimahi

Taman Alun Alun Cimahi

  • Lokasi : Jl.Raya Barat No.57, Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Hawa sejuk dengan ditemani rindangnya pepohonna merupakan salah satu ciri khas setiap taman kota. Tak terkecuali Taman Alun Alun Cimahi, yang tepat berada di pusat kota Cimahi.

Dekorasi alun-alun ini tidak berbeda jauh dengan dekorasi alun-alun kota lainnya. Tempat duduk, lampu penerangan, dan tempat sampah merupakan fasilitas publik yang ada di setiap alun-alun.

Letaknya yang strategis membuat alun-alun menjadi salah satu fasilitas publik favorit warga untuk mengisi waktu senggangnya terutama bagi para perkerja kantoran maupun pertokoan, bagi para pekerjaegarnya suasana alun-alun dinilai mampu mengusir penat setelah beraktivitas sedari pagi.

24. Gedung The Historich

Gedung The Historich

  • Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.19, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-21.00 (Senin-Minggu)

Gedung ini dibangun pada tahun 1886 dan awalnya memiliki nama Sociated for Officied Cimahi . Sebab pada jaman dahulu gedung ini merupakan tempat untuk sarana pertemuan sosial antara tentara dan bangsawan Belanda saat zaman kolonialisme dulu. Dan digunakan sebagai tempat pesta, dansa, minum-minum, main billiard dan pertemuan lainnya.

Arsitektur yang nampak dari bangunan ini pun cukup unik, dimana memakai unsur “Indicy Impire Style” yaitu bangunan yang bergaya kekaisaran Romawi yang berpadu dengan arsitektur tropis Eropa.

Di depan gedung ini terdapat 4 pilar yang berarsitektur Yunani atau gaya romawi kuno. Dengan pilar utama memiliki style ionix sedangkan yang lain memiliki style dorix & orintion.

Memiliki luas 870 meter persegi yang berdiri diatas tanah seluas 3.700 meter persegi. Serta memiliki satu main Hall dan dua sayap, yaitu sayap Timur “East Wing” dan sayap barat “West Wing”.

25. Menara KA Cimahi

Menara KA Cimahi

  • Lokasi : Jl. Gatot Subroto No.53, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pada awalnya menara ini didirikan untuk mensuplai air yang diperuntukkan bagi kereta uap pada masanya, namun sekarang menara itu tidak difungsikan lagi. Meskipun begitu, keberadaan menara ini tetap berdiri kokoh di Stasiun Kereta Api Cimahi dengan arsitekturnya yang begitu detail dan menjadi ciri khas tersendiri bagi menara ini.

26. Cimahi Techno Park

Cimahi Techno Park

  • Lokasi : Jl. Baros No.78, Utama, Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.30-16.00
  • Fasilitas : convention hall, ruang tenant, ruang diskusi, laboratorium, dan Pusat Inovasi Baros (PIB)

Walaupun mempunyai nama “park” yang berarti nama, bukan berarti Cimahi Techno Park ini berada di ruang terbuka serta dapat duduk bersantai di dalamnya. Namun “park” disini diartikan sebagai tempat khusus yang dibuat untuk tujuan tertentu. Cimahi Techno Park ini merupakan ruang khusus yang dibangun dan dibina oleh Pemerintah Kota Cimahi untuk mengembangkan industri ekonomi berbasis teknologi.

Dilansir dari situs resmi Cimahi Techno Park , fokus utama dari Cimahi Techno Park adalah menggandeng perusahaan start up dan para teknopreneur muda untuk memajukan perekonomian Cimahi berbasis IT, terutama bisnis-bisnis di ranah industri makanan-minuman, digital kreatif, kerajinan dan tekstil. Dengan bimbingan dan pengawasan dari BPPT, beberapa teknopreneur Cimahi sudah mulai merangsek pasar nasional, bahkan internasional.

27. Cimahi Mall

Cimahi mall

  • Lokasi : Jl. Gandawijaya No.179, Karangmekar, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-21.00

Cimahi mall ini merupakan sebuah pusat perbelanjaan pertama yang terbesar di kota Cimahi. Berbagai brand bermerk serta tempat tongkrong bisa anda temukan disini. Pas untuk dijadikan tempat membunuh waktu ketika bosan melanda.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat anda kunjungi saat memutuskan untuk liburan di kota Cimahi. Disamping terkenal akan julukannya sebagai “Kota Tentara” dan mengandung banyak sekali sejarah di dalamnya, ternyata Cimahi juga memiliki objek wisata lainnya yang siap untuk menghibur anda.

Namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus dipersiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Cimahi, semoga bermanfaat. Happy trip and always save our earth!

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.