Tempat Wisata Pangalengan

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata Pangalengan

X

Advertisements

Loading...

Bandung tka melulu soal Lembang, namun masih terdapat banyak sekali daerah lainnya yang mempunyai banyak sekali tempat wisata menarik di dalamnya, salah satunya adalah Pangalengan.

Pangalengan  memiliki banyak sekali tempat wisata alam, sejarah, religi dan lainnya yang dapat kalian telusuri satu persatu.

Dengan nuansa yang masing sangat sangat alami nan menenangkan, kota satu ini pastinya akan membuat waktu berlibur kalian semakin lengkap.

Maka dari itu, berikut ini akan kami berikan berbagai tempat wisata di Pangalengan yang populer dan harus kalian kunjungi, antara lain:

1. Penangkaran Rusa Kertamanah

tempat wisata ciwidey

Advertisement

Tidak hanya ada di kawasan Ranca Upas Ciwidey, di daerah Pangalengan juga memi

liki tempat wisata berupa penangkaran Rusa yang lokasinya masih ada di dalam kawasan PTPN VIII Kertamanah.

Di tempat wisata satu ini, sekiranya terdapat 20 ekor Rusa yang terpelihara dengan sangat baik disini, salah satu rusa yang jinak diberi nama dengan Ujang.

Menariknya lagi, kalian juga bisa membeli makanan rusa yang tersedia seharga Rp2.000 untuk memberi makan si Ujang sembari berfoto dengannya.

Alamat: Jln. PTPN VIII, Kertamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB.

2. Glamping Cileunca

tempat wisata pangalengan wayang windu

Glamping Cileunca adalah salah satu tempat wisata sekaligus penginapan terkenal yang masih terdapat di dalam area wisata Situ Cileunca.

Apabila kalian berminat untuk berkunjung ke Glamping Cileunca, maka kalian harus memakai perahu, sebab lokasi wisatanya ada di tengah – tengah danau, tepatnya ada di Desa Parabon.

Sama halnya dengan glamping pada umumnya, tempat ini pun telah menyediakan berbagai fasilitas seperti: Tempat berkemah eksklusif (camping serta glamping), flying fox 200 m lintas danau, cottage, paintball war games, arung jeram, lapangan luas untuk kegiatan gathering perusahaan, archery, 2 aula yang memiliki kapasitas masing – masing 60 orang, serta tersedia spot foto yang unik dan cantik.

Alamat: Kp. Parabon Desa Wanasari, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung Selatan, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp15.000
Jam Operasional: 24 jam.

3. Situ Cileunca

wisata pangalengan kebun teh

Situ Cileunca adalah tempat wisata yang berupa danau buatan dengan luas 1400 hektar yang lokasinya ada di Desa Wanasari Pangalengan.

Danau satu ini mempunyai panorama alam yang sangat eksotis, terlebih lagi apabila kalian berkunjung pada saat cuaca tengah cerah, maka kalian bisa menikmati matahari terbit (sunrise) serta matahari terbenam (sunset) dari arah tepi danau.

Hanya dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau, kalian sudah dapat menjelajahi sekaligus menggunakan berbagai spot yang ada di danau Situ Cileunca.

Beberapa fasilitas yang ada disana diantaranya seperti perahu, agrowisata lokal arbei dan jeruk, serta spot foto cantik.

Alamat: Jalan Situ Cileunca, Danau Pangalengan, Wanasari, Bandung Selatan, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp2.500 – Rp5000
Jam Operasional: 07.00 – 18.00 WIB.

4. Rafting Sungai Palayangan

tempat wisata bandung

Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk kalian yang gemar akan wisata menantang.

Dengan lintasan arung jeram paling sepanjang kurang lebih 5 km, kalian nantinya akan diajak untuk menyusuri sungai di Sungai Palayangan.

Setiap pengunjung yang ingin mencoba wahana satu ini akan dikenakan tarif sebesar Rp175.000 per orangnya (sudah meliputi 1x makan siang serta snack).

Sebab sumber air sungainya berasal dari danau, membuat aliran airnya tidak deras dan bebas banjir bandang.

Dengan kondisi demikian, maka kegiatan arung jeram ini dapat diikuti oleh peserta pemula dengan minimal umur 10 tahun.

Alamat: Unnamed Road, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp135.000 – Rp195.000
Jam Operasional: Tergantung jadwal.

5. Perkebunan Teh Cukul

cukul pangalengan

Untuk kalian yang mempunyai hobi foto pada landscape maupun pemandangan, maka perkebunan teh cukul dapat menjadi lokasi pilihan untuk kegiatan hunting.

Cukul mempunyai suguhan panorama alam yang sangat menakjubkan, dimana kalian dapat melihat hamparan bukit – bukit perkebunan teh yang dikelilingi dengan pegunungan.

Di kawasan ini juga terkenal dengan sebutan negeri diatas awan. Hal tersebut disebabkan lokasi wisatanya yang ada di atas ketinggian 1600 Mdpl yang membuat iklim daerah ini menjadi sangat sejuk.

Alamat: Jalan Cukul, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

6. Jembatan Cinta

wisata curug di pangalengan

Masih ada di dalam kawasan Situ Cileunca, jembatan cinta ini juga menjadi lokasi populer di kalangan fotografer sebab lokasinya yang sangat unik di tengah – tengah danau Situ Cileunca yang sangat luas.

Jembatan satu ini memiliki warna merah.

Yang menjadikannya terkenal ialah posisi jembatannya yang sangat pas untuk mengambil foto dengan latar belakang bintang – bintang atau milky way.

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp5.000
Jam Operasional: 07.00 – 19.00 WIB.

7. Situs Sejarah Rumah Bosscha

perkebunan teh cukul pangalengan

Situs Sejarah Rumah Bosscha merupakan tempat wisata di Pangalengan berupa rumah dengan gaya Eropa milik KAR. Bosscha yang lokasinya ada di kawasan perkebunan teh malabar.

KAR Bosscha sendiri merupakan pendiri sekaligus pengelola perkebunan teh malabar yang juga merupakan pendiri Gedung Merdeka Bandung serta penggagas Observatorium Bosscha untuk lokasinya peneropongan langit di daerah Lembang.

Di dalam rumah Bosscha ini, kalian dapat melihat adanya peninggalan serta ornament asli milik Bosscha pada setiap sisi ruangannya.

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi untuk kalian yang suka akan wisata edukasi, khususnya seputar antariksa.

Alamat: Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.
Harga Tiket: Rp15.000 – Rp20.000
Jam Operasional: 09.00 – 14.30 WIB.

8. Gunung Nini

kebun teh pangalengan

Gunung Nini adalah destinasi wisata yang lumayan terkenal di area Pangalengan.

Lokasi gunung tersebut ada di kawasan perkebunan teh malabar, yang mana pada zaman dahulu kala, KAR Bosscha telah menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat untuk mengawasi perkebunan teh miliknya.

Di tempat wisata ini, kalian dapat menjumpai serta menjangkau seluruh kawasan perkebunan teh malabar yang nampak seperti permadani hijau raksasa yang sangat menawan.

Alamat: Perkebunan Teh Malabar, Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: –
Jam Operasional: 24 jam.

9. Perkebunan Teh Malabar dan Teh Jangkung

Advertisement

wisata pangalengan

Perkebunan teh satu ini memang sudah tidak usah lagi diragukan keindahannya.

Berkunjung ke tempat ini, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan perkebunan teh malabar yang nampak seperti permadani yang luas, seluas mata memandang.

Hampir setiap hari libur tiba, perkebunan teh ini tidak pernah sepi didatangi oleh para wisatawan.

Di tempat satu ini, kalian dapat melakukan berbagai kegiatan seru seperti teawalk, bersepeda, outbound, hingga berkunjung ke makam serta rumah tua KAR. Bosscha, atau sekedar untuk memandangi keindahan alam serta menghirup udara segarnya.

Untuk kalian yang tertarik bermalam di lokasi wisata, disini juga telah tersedia penginapan wisma malabar tea house yang dapat kalian huni.

Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp2.000
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB.

10. Rumah Pengabdi Setan

pangalengan kebun teh

Pernahkah kalian melihat film horor Pengabdi Setan? Pangalengan menjadi salah satu lokasi syuting film tersebut, yang mana lokasi itu sekarang telah dijadikan sebai kawasan wisata.

Tempat wisata yang dimaksud adalah Rumah Pengabdi Setan yang lokasinya ada Desa Kertamanah Pangalengan atau sekitar 40 menit dari arah objek wisata Situ Cileunca.

Lokasi rumah ini juga berdekatan dengan tempat penangkaran Rusa, sehingga kalian bisa berwisata ke 2 tempat wisata sekaligus.

Rumah satu ini banyak sekali dikunjungi oleh para wisatawan untuk berfoto karena terkenal sangat menegangkan.

Bagi kalian yang suka akan petualangan horor, maka wajib untuk berkunjung ke rumah wisata satu ini.

Alamat: Desa Margamukti, Pangalengan, Bandung.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

11. Kawah Burung Gunung Wayang Windu

wayang windu pangalengan

Kawah Burung Gunung Wayang Windu merupakan tempat wisata di Pangalengan yang berada di sekitar gunung berapi kembar yang ada di bagian timur kota Pangalengan dengan ketinggian 2241 Mdpl.

Tempat wisata satu ini cocok bagi kalian yang mempunyai hobi hiking.

Tak hanya mempunyai kawah sabit yang sangat luas, gunung satu ini juga mempunyai suguhan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dengan view hamparan perkebunan teh serta gugusan gunung – gunung yang ada di sekitarnya.

Untuk dapat mendaki gunung satu ini, kalian disarankan untuk melewati titik start yang lokasinya ada di dekat pembangkit panas bumi Wayang Windu.

Alamat: Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 06.00 – 18.00 WIB.

12. Hutan Pinus Rahong

ketinggian pangalengan

Hutan Pinus Rahong lokasinya ada di tengah – tengah perkebunan teh serta tempat finish arung jeram Sungai Palayangan.

Dengan kondisi demikian, tempat wisata ini dapat dikatakan sangat strategis yang membuatnya biasa menjadi lokasi untuk kegiatan petualangan seperti mountain bike, fun offroad, paintball, serta flying fox.

Dan menariknya lagi, kalian juga dapat mengadakan kemah untuk bisa lebih intim dengan ditemani suasana khas pegunungan yang menenangkan.

Alamat: Pulosari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp5.000
Jam Operasional: 06.30 – 18.00 WIB.

13. Curug Panganten

villa pangalengan

Curug Penganten menjadi lokasi wisata air terjun yang sangat terkenal di wilayah Bandung.

Terdapat di dalam Desa Margamulya atau 1 Jam dari arah pusat kecamatan Pangalengan, curug ini diberi nama Panganten (pengantin) sebab morfologinya yang mempunyai 2 aliran jatuhan air yang berdampingan.

Lalu dengan kondisi tersebut, masyarakat sekitar menganalogikan menjadi seperti sepasang pengantin.

Untuk dapat tiba di lokasi wisata, kalian akan melalui jalan perkebunan serta hutan dengan ditemani pemandangan alam yang sangat eksotis.

Alamat: Margamulya, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp5.000
Jam Operasional: 24 jam.

14. Situ Cisanti (KM 0 Citarum)

wisata pangalengan terbaru

Situ Cisanti adalah salah satu danau buatan yang memiliki luas sekitar 10 hektar dimana difungsikan sebagai lokasi penampungan 7 mata air utama yang ada di Sungai Citarum.

Terdapat di kawasan kaki Gunung Wayang, Desa Tarumajaya Kertasari, danau satu ini dikelilingi dengan hutan yang rimbun serta udara yang menyegarkan.

Dengan hanya membayar tiket masuk sangat terjangkau, kalian sudah bisa menjelajahi setiap sudut danau tersebut serta memanfaatkan fasilitas di dalamnya seperti perahu, memancing, hingga berkemah (camping).

Alamat: Neglawangi, Kertasari, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40386.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

15. Curug Ceret

wisata pangalengan kebun teh

Curug Ceret adalah air terjun yang lokasinya ada di tepi jalan dekat area PLTA Indonesia Power di Desa Plengan.

Bahkan sakit dekatnya dengan jalan raya, air yang berjatuhan dari atas air terjun selalu membasahi jalanan yang disekitarnya.

Dengan kondisi tersebut, lalu masyarakat menyebutnya sebagai Curug Ceret  atau dalam bahasa Indonesia berarti airterjun ciprat.

Curug satu ini mempunyai ketinggian sekitar 5 m dengan sumber aliran air yang berasal dari mata air yang keluar lewat celah – celah batu serta akar pohon.

Keindahan dari air terjun ini akan semakin apik pada saat sinar matahari menimpa tempias air yang menghasilkan pelangi ukuran kecil.

Alamat: Desa Margamukti, Pangalengan, Bandung.
Harga Tiket: –
Waktu Kunjung Terbaik: 07.00 – 16.00 WIB.

16. Curug Mega

penginapan di pangalengan

Curug Mega menjadi salah satu lokasi wisata air terjun yang baru dikenal dan masih berlokasi di dalam Desa Margamulya.

Untuk bentuk air terjun ini juga sangatlah unik, sebab berbentuk lebar serta mengembang di sisi bawah air terjun, yang membuatnya nampak menyerupai sebuah selendang yang tengah dikibaskan.

Diberi nama sebagai Curug Mega sendiri konon katanya disematkan oleh seorang pengunjung yang datang kesini kemudian menyebarkannya di sosial media.

Alamat: Pangalengan, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp13.000 – Rp60.000
Jam Operasional: 07.00 – 17.00 WIB.

17. Rumah Putih Cukul (Villa Jerman)

tempat wisata alam di pangelengan

Bangunan rumah satu ini memiliki gaya klasik tradisional eropa yang lokasinya ada di Desa Sukaluyu.

Disekitar lokasi wisata ini, kalian juga bisa melihat perkebunan teh Cukul di sepanjang perjalanan masuk rumah tersebut.

Advertisement

Dibalik dengan desain arsitekturnya yang sangat megah, belum terdapat satu orang pun yang bisa menerangkan nilai historis bangunan ini pada waktu zaman Belanda dahulu kala.

Banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk berfoto ria dengan latar belakang vintage yang megah.

Alamat: Sukaluyu, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 08.00 – 18.00 WIB.

18. Gunung Artapela

tempat wisata sejarah di pangalengan

Gunung Artapela mempunyai ketinggian 2194 Mdpl dan menjadi gunung tropis yang sudah tidak aktif lagi

Gunung satu ini terkenal di kalangan pendaki pemula, sebab medan untuk menuju puncaknya tidak sesulit gunung lainnya.

Di sekitar lokasi wisata, kalian akan dimanjakan dengan suguhan keindahan padang rumput dimana lokasi tersebut menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset dan sunrisenya yang sempurna.

Tak hanya itu saja, disini kalian juga bisa melihat dengan jelas keindahan danau Aul yang berada tepat di bawah puncak gunungnya.

Untuk kalian yang mempunyai hobi berkemah (camping), maka Gunung Artapela siap untuk menjadi lokasi baru yang patut untuk dicoba.

Alamat: Sukapura, Kertasari, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp5.000 – Rp15.000
Jam Operasional: 24 jam.

19. Situs Rumah Adat Cikondang

tempat wisata hits di pangalengan

Berada di Desa Cikondang Lamajang, Rumah Adat Cikondang miliki Bapak Anom Sangsa  ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar.

Menurut tradisi setempat, konon Rumah Adat satu ini telah berdiri sejak 200 tahun yang lalu.

Di tempat wisata ini, kalian bisa melihat berbagai kegiatan tradisi budaya yang diselenggarakan setiap pada tanggal 15 muharram.

Alamat: Lamajang, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: –
Jam Operasional: 24 jam.

20. Riung Gunung

tempat wisata religi di pangalengan

Riung Gunung lokasinya berjarak hanya 200 meteran dengan arah cagar alam Gunung Tilu.

Tempat wisata satu ini merupakan salah satu lokasi perkebunan teh yang mempunyai Landscape alam menawan seperti di dalam negeri teletubbies.

Destinasi wisata ini juga menjadi salah satu penghasil teh putih yang menjadi jenis teh yang biasa diminum oleh bangsawan Inggris serta menjadi lokasi penghasil kopi arabika terbaik yang ada di area Ciwidey – Pangalengan.

Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

21. Curug Conggeang

tempat wisata kebun teh di pangalengan

Tidak jauh berbeda seperti Curug Mega, Curug Conggeang lokasinya juga sangat sulit untuk ditemukan. Namun, kalian dapat bertanya arah menuju lokasi wisata kepada warga sekitar untuk lokasi tepatnya.

Untuk tiba di lokasi, kalian juga harus melewati medan yang sangat berat, sehingga fisik kalian juga harus cukup kuat.

Sebagai saran, kalian membawa bekal yang cukup, sebab di lokasi wisata tidak terdapat warung makanan.

Alamat: Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Harga Tiket: –
Jam Operasional: 24 jam.

22. Curug Bangku

Curug Bangku

Sebelum kalian tiba di lokasi air terjun ini, kalian harus berjalan kaki selama kurang lebih 50 menit dengan medan yang lumayan sulit. Maka dari itu, kalian harus mempersiapkan fisik dengan prima.

Setibanya di lokasi wisata, kalian akan langsung disambut dengan cantiknya air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan udara yang terasa sangat sejuk.

Alamat: Desa Margaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 08.00 – 17.00 WIB.

23. Kampung Singkur

Kampung Singkur

Kampung Singkur memberikan fasilitas berupa banyak spot foto yang sangat instagramable. Selain itu, kalian juga dapat menikmati beragam wahana outbond serta arung jeram.

Sambil menikmati udara yang sejuk yang ada, kalian juga dapat mencicipi kuliner lezat disana. Serta juga ada tempat penginapan serta camping yang siap untuk kalian manfaatkan.

Alamat: Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

24. Gunung Puntang

Gunung Puntang

Gunung Puntang mempunyai ketinggian 2.223 meter di atas permukaan laut, sementara untuk area bumi perkemahannya terletak di atas ketinggian 1.300 mdpl.

Advertisement

Lokasinya yang ada di Bandung Selatan, Jawa Barat, gunung satu ini menjadi salah satu bagian dari pegunungan Malabar.

Walaupun kalah populer dengan Ciwidey serta Ranca Upas, keindahan serta kesejukan alamnya tidak perlu kalian ragukan lagi.

Dengan pemandangan yang sangat indah nan asri, ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa kalian lakukan disini seperti trekking, berkemah, atau bersepeda.

Yang membuatnya lebih menarik, di kawasan Gunung Puntang juga terdapat Air Terjun Siliwangi yang menambah daya tarik tersendiri.

Alamat: Desa Mekarjaya, Kecamatan Banjaran, Bandung, Jawa Barat.
Harga Tiket: Rp2.000 – Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

25. Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas terletak di jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah.

Kampung satu ini berada di atas lahan seluas 215 hektar yang dikelilingi dengan hutan lindung serta beraneka ragam tanaman, seperti Jamuju, Pohon Huru, Kihujan, Pohon Kurai, Hamirug, Kitambang, Puspa, dan Pasang.

Sementara untuk fauna yang ada di sana terdiri dari berbagai jenis burung serta jenis satwa lainnya.

Yang menarik di tempat ini yakni dimana kalian dapat berinteraksi secara langsung bersama rusa disana.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973.
Harga Tiket: Rp22.000 – Rp55.000
Jam Operasional: 24 jam.

26. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang lokasinya ada di atas ketinggian 1450 mdpl, yang berada di Desa Wayang Windu, dekat dengan Perkebunan Teh Malabar.

Dengan sumber air langsung dari Gunung Windu, air panas yang mengalir juga mengandung belerang serta mineral alami yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Bahkan kegiatan berendam di dalam air panas kalian juga akan semakin seru dengan ditemani indah dan sejuknya alam sekitar yang sangat menenangkan.

Alamat: Desa Wanasuka, Pangalengan, Wanasuka, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp2.000 – Rp20.000
Jam Operasional: 24 jam.

27. De Bloem Lakeview Villa

De Bloem Lakeview Villa

De Bloem Lakeview Villa adalah sebuah villa yang mempunyai view pemandangan yang sangat indah dimana lokasinya berada persis menghadap ke arah danau.

Panorama alam dari Situ Cileunca dapat kalian lihat dari arah halamannya yang memberikan kesan romantis.

Dengan kondisi yang demikian, membuat villa satu ini banyak diburu oleh para pasangan untuk menjadi lokasi foto prewedding.

Terlebih lagi, sekarang juga telah dibuka empat buah cottage De Bloem yang posisinya menjorok langsung ke kawasan danau, sehingga menambah magnet untuk wisatawan Situ Cileunca yang ingin menginap di dalam cottage.

Alamat: Jl. Situ Cileunca, Warnasari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Kamar: Rp1500.000 – Rp3.000.000/ malam.
Jam Operasional: 24 jam.

28. Wayang Windu Panenjoan 1800 Sky Park

Wayang Windu Panenjoan 1800 Sky Park

Wayang Windu Panenjoan 1800 merupakan tempat wisata di di Pangalengan yang memberikan pengalaman wisata alam di dataran tinggi pegunungan serta perkebunan teh.

Saat kalian disini, kalian akan dimanjakan dengan eksotisme wisata dari hijaunya Perkebunan Teh yang berpadu dengan birunya laut di Bandung selatan.

Bahkan pada beberapa spot, kalian juga dapat melihat pemandangan indah kota kecil Pangalengan dari atas ketinggian.

Adapun beberapa kegiatan menarik yang dapat kalian lakukan di Wayang Windu Panenjoan 1800, seperti bersepeda di Bike Park, hiking, foto selfie di jembatan kayu, serta melihat sunset.

Alamat: Banjarsari, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp10.000
Jam Operasional: 24 jam.

29. Kertamanah Water Park

Kertamanah Water Park

Kertamanah Water Park menjadi tempat wisata di Pangalengan yang sangat cocok untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

Hal tersebut disebabkan, di dalam tempat ini sudah banyak tersedia fasilitas dan juga wahana seru yang bisa dicoba semuanya.

Mulai dari wahana ATV circuit, flying fox, waterboom, danau buatan, futsal, dan beberapa wahana permainan seru lainnya.

Selain itu, kalian juga dapat melakukan kegiatan menantang seperti arung jeram dan camping yang bisa kalian lakukan bersama keluarga tercinta.

Alamat: Margamukti, Kec. Pangalengan, Bandung, Jawa Barat 40378.
Harga Tiket: Rp20.000
Jam Operasional: 24 jam.
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.