TIRTA SANITA Ciseeng: Aktivitas & Tiket Masuk 2023

Tirta Sanita Ciseeng merupakan salah satu tempat pemandian air panas yang ada di kota Bogor. Tempat wisata satu ini sangat cocok dikunjungi untuk kalian yang lelah setelah seminggu penuh melakukan kegiatan harian yang menguras tenaga.

Pemandian air panas satu ini terletak di atas lahan seluas sekitar 15 hektar. Selepas berganti pengelola, nama dari Tirta Sanita berubah menjadi Tirta Sayaga.

Tetapi hingga sekarang, masih banyak orang yang menyebutnya sebagai Tirta Sanita. Meski dikenal sebagai ‘pemandian air panas’, tetapi terdapat banyak sekali kegiatan seru yang dapat kalian lakukan disini. Selengkapnya simak pembahasan berikut ini.

Cerita Singkat

pemandian air panas tirta sanita ciseeng
instagram: @riyaldi48

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli, pemandian satu ini terjadi sebab adanya letusan gunung berapi yang terjadi ribuan tahun lalu. Serta letusan tersebut mengeluarkan zat kapur, garam serta belerang yang berpadu menjadi satu.

Bentuk letusan dari gunung merapi tersebut menghasilkan lingkungan seperti salju berwarna putih. Sehingga menciptakan pemandangan indah yang terbentuk dengan alami.

Pihak dari Dinas Pariwisata Kota Bogor kemudian memanfaatkan dari letusan gunung itu untuk dijadikan sebagai obyek wisata pemandian air hangat atau juga disebut sebagai hot spring.

Taman wisata Tirta Sanita ini sendiri mulai didirikan di tahun 1990 serta diresmikan sekaligus dibuka untuk umum pada tahun 1992.

Tempat wisata satu ini mengusung konsep “Pesona Wisata Nuansa Alam Menyehatkan” dengan cara membangun taman sekaligus pemandian air hangat.

Sumber air hangat dari pemandian air panas satu ini asalnya dari Bukit Kapur yang telah mengandung senyawa belerang. Dimana senyawa tersebut diyakini mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

Tentunya dengan keunggulan tersebut, banyak sekali yang berdatangan ke tempat ini. Terlebih lagi, kawasan wisata ini juga menyuguhkan pemandangan indah serta sejumlah wahana permainan yang seru.

Di beberapa bagian pemandian air hangat ada yang dibuka untuk umum hingga yang tertutup atau disebut sebagai VIP.

Tak hanya itu saja, disini juga disediakan taman bermain anak yang menyediakan beragam permainan anak seperti ayunan, perosotan,  bebek spiral serta yang lainnya.

Objek Wisata

1. Wahana seru

air panas tirta sanita ciseeng
instagram: @princess_mimi1409
  • Danau buatan

Memasuki ke kawasan taman wisata Tirta Sanita dari arah pintu gerbang barat, kalian akan langsung disambut dengan danau buatan luas.

Danau itu biasanya dimanfaatkan sebagai lokasi untuk bermain berbagai wahana permainan air layaknya bola air dan sepeda air.

  • Bebek air, kapal, dan bola air

Disini, kalian dapat berkeliling danau dengan menggunakan sepeda air bebek. Bahkan untuk merasakan sensasi seru lainnya, kalian juga dapat menyewa bola besar dimana kalian dapat memasukinya dan berguling di dalam bola yang dilemparkan ke tengah danau.

Disana juta telah disediakan kapal yang dapat kalian pakai untuk mengarungi danau bersama dengan rombongan sebab kapal ini dapat dinaiki oleh lebih dari 5 orang.

  • Waterpark

Tepat berada di sebelah danau juga telah tersedia kolam renang anak atau disebut sebagai waterpark. Dimana tempat tersebut memang sengaja dibuat untuk digunakan anak – anak agar tidak bosan dikawasan wisata.

Kolam renang tersebut telah dilengkapi dengan wahana perosotan supaya anak – anak dapat bermain serta meluncur menuju kolam.

Disebelah kolam anak ini juga terdapat lokasi kolam terapi ikan.

2. Kegiatan menarik

taman wisata air panas tirta sanita ciseeng
instagram: @fitridunda
  • Transportasi mini

Selepas kalian puas bermain air, disini kalian juga dapat beralih menuju area permainan. Disna terdapat beragam wahana seru yang telah disediakan oleh pihak pengelola Tirta Sanita.

Diantaranya seperti gokart mini, kereta mini dan juga ATV. Kalian dapat menggunakan ketiga transportasi tersebut untuk berkeliling kawasan wisata sembari menikmati pemandangan disana.

  • Outbound

Untuk kalian yang ingin merasakan keseruan outbond yang menantang, maka disini juga telah tersedia untuk kalian.

Disini kalian dapat sedikit menguji jiwa adrenalin dengan mencoba wahana flying fox. Serta juga ada wahana paint ball yang dapat kalian nikmati bersama keluarga serta kerabat untuk ‘berperang’.

  • Selfie

Jangan lupa juga ketika berkunjung ke tempat wisata untuk mengabadikan momen pada saat disana.

Disini, kalian dapat berswafoto ria dengan latar gundukan endapan kapur putih yang terletak tidak jauh dari arah pintu masuk.

Gundukan tersebut merupakan Bocca Travertin, yang merupakan hasil endapan dari bebatuan kapur yang dibawa oleh air panas dari dalam perut bumi.

Endapan putih tersebut bentuknya seperti bukit kecil yang sekaligus menjadi karakteristik khas dari objek wisata Tirta Sanita.

3. Terapi Kesehatan 

Terapi Kesehatan 
instagram: @fitridunda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di kawasan ini juga menyediakan kolam terapi ikan.

Namun selain itu, di tempat ini juga mempunyai jasa untuk terapi lintah maupun bekam. Terapi ini memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola dengan tarif biaya terpisah.

Saran, apabila kalian hendak melakukan terapi di atas, maka sebaiknya melakukannya selepas mandi air panas, sebab hasil terapi akan lebih efektif untuk kesehatan.

Melalui sarana bekam ataupun lintah, darah kotor nantinya akan dikeluarkan melalui tubuh untuk melancarkan sistem peredaran darah.

Proses terapi ini akan dilakukan maksimal satu jam serta penggunaan jumlah media akan disesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita oleh setiap pengunjungnya.

Terapi satu ini konon dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit atau hanya sekadar untuk menghilangkan pegal serta kaku otot.

4. Kolam Alami

Kolam Alami
instagram: @chenozerr
  • Ruang terbuka

Keunikan dari Tirta Sanita daripada pemandian air panas yang lain yaitu penampakannya yang sangat alami.

Kolam air panas yang ada di kawasan wisata ini letaknya di area gunung kapur. Beberapa kolam serta tempat berendam bahkan terbentuk secara alami dari fenomena alam dan waktu yang berlalu.

Air panas nya pun berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung tiga unsur penting untuk kesehatan, yaitu: kapur, belerang, serta garam.

Terletak di tengah gunung kapur serta alam terbuka, Tirta Sanita ini juga menyuguhkan pengalaman berendam yang tak biasa.

Sembari berendam di dalam air panas yang tentunya menyehatkan tubuh, kalian juga akan disuguhi dengan pemandangan sawah, hutan, serta bukit dan gunung yang indah.

  • Ruang tertutup/ VIP

Apabila kalian hendak menikmati manfaat berendam secara privat, kalian juga dapat memilih untuk berendam di dalam pemandian tertutup atau VIP.

Pemandian satu ini dibangun dalam bentuk pavilion terpisah yang terbagi menjadi dua, yaitu: Pemandian Teratai serta Bougenville.

Dalam masing – masing ruang rendam telah diisi dengan satu bak air panas yang hanya dapat dipakai oleh satu orang dewasa. Uniknya lagi, bak mandi itu juga memiliki warna putih karena adanya endapan kapur.

Penginapan

1. Hotel Duta Berlian

Alamat: Jl. Raya Dramaga no.1 km 8, Bogor 16680. Jarak dari hotel ke arah wisata Tirta Sanita sekitar 15 km serta membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 15 menit.

2. Bogor Icon Hotel and Convention

Alamat: Jl. Raya Baru no.1 Bukit Cimanggu City, Bogor 16168.

Jarak dari arah hotel menuju lokasi wisata sekitar 17 km atau membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit. 

Hotel dengan menggunakan nama Tirta Sanita di Indonesia

1. Hotel Horison Tirta Sanita

Alamat: Jl Raya Panawuan No.98, Sangkanhurip, Kuningan Jawa Barat, Indonesia.

Jarak dari arah hotel dari arah kota Cirebon sekitar 23 km serta mudah untuk dijangkau dengan memakai kendaraan bermotor.

2. Tirta Sanita Hotel & Convention 

Alamat: Jl. Pramuka No.30, Pandeyan, Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161.

Hotel yang terletak di kota Jogja ini mempunyai fasilitas Spa and Resort dan juga biasa dimanfaatkan sebagai gedung pertemuan maupun hall.

Fasilitas

  • Spot foto
  • Area parkir
  • Toilet
  • Penginapan
  • Tempat ibadah
  • Kolam renang/ waterpark
  • Wahana permainan
  • Outbound
  • Paintball
  • Kolam rendam air panas umum dan private
  • Kios makanan
  • Taman
  • Danau
  • Gedung serba guna
  • Kreatifitas seni (membuat patung dengan tanah liat, melukis, membuat layang – layang, seni tari jaipong serta bermain angklung)
  • Tempat budidaya ikan

Lokasi

Tirta Sanita Ciseeng berada di alamat: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat 16330.

Rute

  • Kendaraan Pribadi

Dari arah Jakarta:

Tol Lingkar Luar Pondok Indah – Serpong – Puspitek – Pasar Prungpung atau Lebak Bulus – Parung – Pasar Prungpung.

Dari arah Terminal Bojonggede:

Billabong – Selabenda – Semplak – Gunung Sindur.

Jam Operasional

KeteranganJam Operasional
Setiap Hari07.30 – 17.000 WIB

*)Untuk kalian yang hendak berendam dengan alasan kesehatan, maka akan sangat dianjurkan untuk berendam antara pukul 10 sampai pukul 2 siang.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
Tiket MasukRp10.000
Tiket BerendamRp10.000
Tarif Parkir MotorRp7.000
Tarif Parkir MobilRp15.000
Pemandian TertutupRp15.000 per orang
Pemandian VIPRp10.000
Terapi LintahRp100.000 – Rp125.000
OutbondRp25.000 – Rp35.000 per orang
Wahana PermainanRp5.000 – Rp50.000
PenginapanRp130.000 – Rp200.000

Tips

  • Datanglah ketika hari biasa atau hari kerja, sebab ketika hari libur tiba, tempat ini akan ramai dipadati oleh pengunjung yang lain.
  • Memakai kendaraan pribadi untuk mempersingkat waktu perjalanan.
  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, sebab akses menuju lokasi lewat tanjakan serta turunan yang cukup curam.
  • Bawa peralatan fotografi untuk mengambil momen di spot foto yang sudah tersedia disana.
  • Membawa baju ganti dan juga peralatan mandi.
  • Waspada banjir jika hujan sedang turun.
  • Selalu waspada dengan barang bawaan kalian.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Menaati seluruh peraturan yang berlaku di tempat wisata.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Alamat Tirta Sanita Ciseeng?

Tirta Sanita Ciseeng berada di alamat: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kec. Parung, Bogor, Jawa Barat 16330.

Jam operasional Tirta Sanita Ciseeng?

Tirta Sanita Ciseeng buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.30 – 17.000 WIB.

Harga tiket masuk Tirta Sanita Ciseeng?

Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang.

Fasilitas di Tirta Sanita Ciseeng?

Wahana permainan, outbound, kolam rendam air panas, waterpark, terapi kesehatan.

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar