Tempat Wisata di Pangkalpinang

Share
Comment 0 reply
Tempat Wisata di Pangkalpinang

Pangkalpinang adalah salah satu kota dari Sumatera tepatnya merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sekaligus menjadi ibukota Provinsi. Banyak tempat wisata menarik di Pangkalpinang yang bisa dikunjungi.

Populasi kota Pangkalpinang didominasi oleh etnis Melayu dan Tionghoa suku Hakka yang datang dari Guangzhou.

Dan juga ditambah dari sejumlah suku pendatang seperti Batak, Minangkabau, Palembang, Sunda, Jawa, Madura, Banjar, Bugis, Madura, Manado, Flores, dan Ambon.

Kota ini memiliki julukan tersendiri yaitu BERARTI (BERsih, Aman, Rapi, Tertib, Indah). Kota ini berpusat di Jalan Merdeka sebagai titik nol kilometer kota.

Pangkalpinang ini menawarkan banyak sekali objek wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Selain terkenal akan pantai yang indah didalamnya, Kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa alam, Sejarah, Religi maupun Kuliener yang tak kalah dengan wisata populer di Sumatera.

Nahh, untuk itu yuk langsung aja kita intip beberapa referensi tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika sedang berada di Pangkalpinang.

Tempat Wisata di Pangkalpinang

1. Danau Kaolin Air Bara

paket wisata pangkal pinang

  • Lokasi : Jl. Raya Gadung, Ranggas, Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 7.30-18.00 (Senin-Minggu).

Tak hanya di Pulau Belitung, Danau Kaolin Air Bara ini juga salah satu danau bekas galian tambang kaolin yang sangat menawan.

Tempat wisata danau kaolin di Pangkalpinang ini sangat berbeda dari danau kaolin lainnya, bentuknya berbukit-bukit, dan uniknya, bukitnya berwarna putih.

Di danau ini terdapat dua warna air danau yang terpisah yaitu warna hijau dan biru.

Dengan warna air yang sangat memukau itu tak jarang Danau ini disebut sebagai Icelandnya Indonesia! Namun wisatawan harus lebih waspada karena ada tanah rawan longsor dan belum ada plang untuk menandai kawasan tanah tersebut.

2. Batu Belimbing

tempat nongkrong di pangkalpinang

  • Lokasi : Kelabat, Kec. Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Batu belimbing merupakan salah satu kawasan wisata alam yang sangat eksotis.

Batu belimbing ini letaknya sangat berdekatan dengan Pantai Batu Perahu, yang juga merupakan salah satu pesona wisata pesisir di Provinsi Bangka Belitung, menjadikan Batu Belimbing layak untuk dikunjungi setiap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Seperti namanya, batu di tempat ini memiliki tekstrus yang mirip dengan bentuk buah belimbing sehingga dinamai Batu Belimbing.

Saat kita berada di tempat ini kita akan disuguhkan berbagai macam pemandangan mulai dari dikelilingi tumbuhan hijau, serta menghadap langsung ke Pantai Batu Perahu.

Membuat betah untuk bersantai sembari menanti matahari kembali ke peraduannya. Menjadikannya salah satu tempat wisata di Pangkalpinang yang menarik dikunjungi.

3. Pantai Pasir Padi

tempat nongkrong anak muda di pangkalpinang

  • Lokasi : Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp Rp 4.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Pasir Padi memiliki pasir berwarna putih yang seolah menyelimuti bibir pantai sejauh 2 km.

Selain itu, keunikan pantai ini terletak pada struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki ataupun menggunakan kenadaraan bermotor.

Panorama yang dipamerkan pantai ini tak kalah saing dengan pantai Bangka lainnya, laut biru, alam asri dan pulau-pulau menarik, tidak jauh dari bibir pantai juga terdapat sebuah daratan kecil yang bernama Pulau Punai rasanya cukup untuk membuktikan bahwa pantai ini memang memukau.

4. Pantai Tikus

pantai tikus pangkalpinang

  • Lokasi : Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dulunya Pantai Tikus sering disebut dengan Pantai Kebun Mangga. Karena, disekitar pantai banyak ditumbuhi oleh pohon mangga.

Namun sekarang, pantai ini terkenal dengan namanya Pantai Tikus. Yang konon katanya dulu pantai ini banyak sekali hewan pengerat ini, namun sekarang entah kemana tikus-tikus itu pergi, dan hilang begitu saja.

Tempat wisata pantai di Pangkalpinang ini memiliki garis yang panjang, dengan pasirnya yang berwarna putih serta halus menyelimuti pantai.

Bagi anda yang menginginkan pantai dengan suasana seperti pantai pribadi, pantai ini sangat cocok untuk menjadi tujuan, karena pantai ini tidak terlalu ramai untuk dinikmati.

Di pantai ini juga terdapat padepokan yang sekaligus menjadi tempat ibadah Puri Tri Agung yang diresmikan pada 2015.

Selain untuk beribadah, padepokan ini juga memperbolehkan para wisatawan untuk menikmati keindahannya.

Dari lantai tiga, wisatawan bisa melihat pemandangan lebih leluasa dan indah serta menyeluruh.

Namun ada peraturan yang berlaku di padepokan ini yaitu wisatawan tidak diperkenankan untuk berfoto di depan patung Budha.

5. Pulau Lampu atau Pulau Pelepas

Pulau Lampu atau Pulau Pelepas

  • Lokasi : Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Propinsi Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : MCK,

Tempat wisata di Pangkalpinang ini cocok bagi anda yang ingin bersantai tanpa diganggu siapaun, pulau ini sangat cocok bagi anda, sebab pulau ini tidak berpenghuni dan masih sangat alami!

Asal-usul nama Pulau Lampu ini adalah adanya mercusuar untuk memandu kapal yang melewati perairan Penyusuk di malam hari yang dijaga oleh petugas dari Kementerian Perhubungan Unit Palembang, sehingga dinamakan Pulau Lampu.

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan melakukan aktivitas snorkeling dan diving.

Mulai dari terumbu karang dan ikan kecil berwarna-warni dapat dengan mudah kita jumpai karena jernihnya air laut yang ada di pulau ini.

Seperti pantai atau pulau lain yang ada di Bangka, hamparan pasir dan bebatuan granit akan menyambut kedatangan para wisatawan di Pulau Lampu.

6. Pantai Matras

Pantai Matras

  • Lokasi : Jalan Pantai Matras, Sinar Baru, Sungai Liat, Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp7.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata di Pangkalpinang ini sudah tidak diragukan lagi akan keindahan alam di dalamnya.

Hamparan pasir yang menyatu dengan bebatuan membuat pantai ini begitu istimewa.

Pantai yang dijuluki pantai rakyat ini juga mempunyai dua view pemandangan berbeda yaitu dari arah utara dan selatan.

Di bagian utara wisatawan dapat melihat pemandangan hamparan pasir yang tak berujung karena merupakan kawasan pantai terbesar di Bangka.

Sedangkan dibagian selatan wisatawan akan melihat ujung tanjung yang terdiri atas batu granit khas Bangka yang menawan. Ditambah dengan sungai air tawar yang terdapat di di sekitar pantai, membuat kesan wah saatmelihatnya.

Hal istimewa lainnya yang dapat kita temukan disini adalah lokasinya yang aman dan tenang akan membuat nyaman para wisatawan yang singgah.

Wisata kuliner juga bisa kita nikmati disini seperti ubi goreng keju, pisang goreng keju, kolak labu merah, dan yang paling istimewa adalah ikan tenggiri bakar segar yang disajikan dengan sambal kecap dan sambal balacan.

7. Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber

  • Lokasi : Uber Bay, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : hotel dengan 10 kamar

Pantai ini diselimuti oleh pasir putih dengan ditemani gugusan bebatuan granit khas Bangka. Ombak yang ada di pantai ini tergolong kecil karena terhalang oleh bebatuan granit.

Airnya yang bersih, ombaknya yang kecil, serta kontur pantai yang landai membuat pantai ini aman untuk dijadikan tempat berenang.

Di pantai ini juga ditumbuhi oleh pepohonan yang menjadikan tempat wisata di Pangkalpinang ini teduh dan sejuk.

8. Pantai Tanjung Bungah

Pantai Tanjung Bungah

  • Lokasi : Ujung selatan pantai Pasir Padi, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : warug makan,

Lokasi yang strategis membuat Pantai Tanjung Bungah ini tidak luput dari kunjugan wisatawan.

Selain pemandangannya yang indah, pantai ini terkenal akan batu karangnya yang berjejer di tepi pantai. Keindahan pantai akan lebih tampak ketika sunset tiba.

Pantai ini di dominasi dengan bebatuan yang memiliki warna kemerahan.

Konon, tempat wisata di Pangkalpinang ini dahulu merupakan kawasan tambang inkonvensional yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri, yang menyebabkan sempat terjadinya kerusakan dibeberapa sisi pantai.

Pantai ini juga memiliki satu kawasan bukit yang tak kalah indahnya, pengunjung seolah bisa melakukan petualanan dengan menyusuri pantai dan alam yang berbukit.

9. Pantai Pukan

Pantai Pukan

  • Lokasi : Jalan Lintas Timur, Selindung, Kec. Gabek, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : kamar mandi, dua buah sumur,

Pukan sendiri diambil dari bahasa Bangka yang artinya mukat atau mencari ikan dengan menggunakan jaring ditebarkan di laut, karena dulunya di daerah Pantai Pukan ini banyak sekali ikannya.

Pantai ini sekilas mirip dengan Pantai Kute di Bali yang berhadapan langsung dengan Selat Karimata.

Seperti Pantai Kute, posisinya yang menghadap ke arah terbitnya matahari, menjadikan pantai ini cocok untuk berjemur dan dan menikmati udara pantai.

Hal lain yang menjadi daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna putih bertekstur halus, dengan bibir pantai yang landai, warna air dengan gradasi hijau biru, serta batuan koral dan karang khas Bangka yang menjadikan tempat wisata di Pangkalpinang ini istimewa.

10. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai

  • Lokasi : Kurau, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 50.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin0-Minggu)
  • Fasilitas : MCK

Pulau seluas 30 hektare ini menjadi salah satu pulau kebanggaan masyarakat Bangka Tengah karena keindahan yang ada didalamnya.

Pulau yang masih asri ini menawarkan sejuta keindahan yang tersembunyi di dalamnya, hal ini pula di manfaatkan oelh wisatawan untuk berfoto ria, melepas penat, bermain bola, hingga menikmai segarnya kelapa muda yang langsung diambil dari pohonnya.

Di tengah laut, wisatawan tida usah khawatir karena air jernihnya yang cukup tenang dipadu dengan hamparan pasir putih menjadikan wisatawan puas untuk berlama-lama di dalamnya.

Wisatawan juga dapat melakukan snorkeling, namun harus membawa peralatannya sendiri.

Di pulau ini pengunjung akan mudah menjumpai cangkang kerang, rumput laut, hingga Burung Camar yang tengah mencari makan. Hal seru lainnya, wisatawan juga dapat membawa teropong untuk bird watching.

Bagi anda yang termasuk dalam aktivis lingkungan, Pulau Ketawai ini merupakan pilihan yang tepat.

Karena disini bisa dilakukan kegiatan seperti menanam rumput laut, menebar rumpon ikan, meneliti ekosistem pantai, memasang rumah terumbu karang, atau sekedar melepas berbagai jenis penyu ke alam bebas.

11. Pulau Penganak

Pulau Penganak

  • Lokasi : Kecamatan Parittiga Jebus Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Bangka Belitung
  • Tiket Masuk :
  • Jam Buka :

Tak banyak yang tahu akan kehadiran tempat wisata di Pangkalpinang yang satu ini. Pantai eksotis tersembunyi ini memilki banyak keidahan alam di dalamnya.

Karena keberadaannya yang jarang diketahui banyak orang, menjadikan pantai ini sangat terjaga kealamian dan kebersihannya.

Airnya yang jernih dengan ombak yang begitu tenang seolah menarik kita agar merasakan segarnya air laut yang berada di pantai ini. Pantai ini dikelilingi batu besar disekitar tepi pantai.

12. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban

  • Lokasi : Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini terletak disisi timur Bangka. Pasirnya yang putih, air yang biru, dan juga batuan khas Bangka semakin mempercantik pantai satu ini.

Hal unik yang membedakan pantai ini dengan pantai Bangka lainnya adalah adanya pohon yan gtumbuh di setiap bebatuan granit disana.

Pantai ini lebih terlihat seperti teluk dengan ukuran pantai yang tidak terlampau panjang.

Namun, wisatawan disarankan lebih berhati-hati ketika sedang menikmati air dipantai ini, karena ombak tinggi bisa saja datang dengan tiba-tiba.

Hal lain yang dapat dilakukan di pantai ini yaitu wisatawan dapat naik ke perbukitan yang berbentuk seperti tanjung di sebelah selatan, seketika wisatawan akan dibuat takjub dengan suguhan tempat wisata di Pangkalpinang ini karena ada sisi lain Pantai Turun Aban yang mengagumkan.

Wisatawan juga bisa naik batuan granit raksasa di bagian utara pantai, dan melihat keindahan laut timur Pulau Bangka, serta kecantikan Pantai Tanjung Kelayang dari kejauhan.

13. Pantai Batu Tambun

Pantai Batu Tambun

  • Lokasi : Jl. Pulau Belitung, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 10.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini memiliki air yang sangat jernih dengan bongkahan batu granit yang menghiasi bibir pantai. Serta, pasir putih eksotik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun, banyak juga hal unik yang tidak diketahui dari pantai ini, karena memang faktor jarak yang jauh di ujung selatan Pulau Pongok serta untuk menuju pantainya pun harus berjalan kaki sejauh 3 km.

Ataupun dengan menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Pongok yang memakan waktu 1 jam.

Pantai ini sendiri mengambil namanya dari bahasa setempat yang diambil dari kata Tambun atau Nambun yang berarti banyak.

Sehingga, pada saat kita berada di pantai ini akan menjumpai berbagai macam bentuk batu yang berjejer disekitar pantai.

14. Pantai Rambak

tempat wisata di sungailiat

  • Lokasi : Kota Sungailiat, Pulau Bangka, Provinsi Bangka-Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai ini merupakan salah satu koleksi pantai dari Kota Sungailat, dimana kota yang banyak sekali menawarkan koleksi pantai indah lainnya di Pulau Bangka.

Pantai ini terlihat sangat sempurna dengan hamparan pasir luas yang bertekstur lembut membentang bergabung mulus ke dalam air pirus Selat Kalimata yang menyilaukan.

Pantai ini juga menawarkan keindahan lainnya berupa pasirnya yang berwarna putih bersih.

Air lautnya yang jernih dengan gradasi warna biru yanng mengagumkan serta ombak yang tenang sangat memanjakan mata dan badan saat berlibur ke pantai ini.

Tak lupa juga ada batu granit pertanda khasnya Bangka semakin membuat kesan eksotis saat berada di tempat wisata di Pangkalpinang ini.

15. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

  • Lokasi : Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 25.000 (Makan dan Minum)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : resort Parai Regency Beach Resort & Spa, maskapai penerbangan, hotel dan penginapan

Pantai yang satu ini sangat wajib untuk anda kunjungi. Pantai ini telah dibenahi sedemikian rupa oleh pemerintah sehingga sangat pas untuk dijadikan tempat liburan.

Dengan pasir berwarna putih, kontur yang landai, serta ditemani bebatuan granit khas Bangka menjadikan wisatawan betah berlama-lama di pantai ini.

Ombaknya yang tidak terllau besar juga menambah nikmat tersendiri bagi para penikmat air laut.

16. Pantai Tapak Hantu

objek wisata pulau bangka

  • Lokasi : Batu Belubang, Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : tempat parkir, pondok makan, saung makan,

Kenapa di namai dengan tapak hantu? Aneh bukan? Pantai ini dinamai dengan Pantai Tapak Hantu dikarenakan adanya beberapa bekas telapak aneh yang membekas di sejumlah bebatuan granit di tepi pantai.

Dan konon katanya, bekas tapak kaki itu merupakan bekas tapak kaki setan.

Meski memiliki nama yang terkesan menyeramkan, namun pantai ini juga menyuguhkan pesona alam yang mengagumkan.

Seperti pantai Bangka lainnya, pantai ini memiliki pasir putih dengan air berwarna biru serta ombak tenang dan tak lupa batu granit besar khas Pulau Bangka memperelok pantai satu ini.

Selain itu pantai ini juga banyak ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun sehingga menambah kesan teduh saat berada di pantai ini.

Hal yang bisa wisatawan lakukan disini yaitu bakar-bakaran di sekitar pantai, berfoto ria di bebatuan granit saat air surut, atau hanya sekedar berjalan-jalan menyusuri bibir pantai sambil sesekali menggoda ombak di Pantai Tapak Hantu.

Airnya yang tenang juga membuat orang tua tenang membiarkan anak-anak bermain di salah satu tempat wisata di Pangkalpinang ini.

17. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci

  • Lokasi : Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 25.000
  • Jam Buka : 08.30-18.00 (Senin-Minggu)

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata di Pangkalpinang yang wajib banget untuk para wisatawan kunjungi.

Karena pantai satu ini menampilkan hal menarik yang jarang anda temui di pantai-pantai lainnya.

Seperti Ada De Locomotief yang mnejadi spot unik bagi wisatawan, payung-payung cina yang terpasang dibagian atas sepanjang pintu gerbang, dan juga wisatawan dapat berkunjung ke Museum Gallery melihat karya-karya menakjubkan dari para seniman.

Selain pantainya yang cantik nan bersih, disana juga terdapat penangkaran penyu yang bisa wisatawan kunjungi.

18. Jembatan Emas

Jembatan Emas

  • Lokasi : Ketapang, Pangkal Balam, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Jembatan yang dibangun 6 tahun lalu ini, menjadi ikon baru Kota Pangkalpinag. Jembatan yang menghubungkan antara Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka ini memiliki panjang 785 meter, dengan lebar 23 meter, yang membentang di atas aliran Sungai Pangkal Balam, wilayah Ketapang, Pangkalpinang, dan berdiri sangat kokoh.

Hebatnya jembatan ini merupakan satu-satunya jembatan di Sumatera yang menggunakan teknologi bascule atau sistem buka tutup dengan pengerjaan yang memakai konsultan ahli dari Inggris, sehingga terlihat megah.

Dari atas jembatan ini pengunjung bisa melihat keindahan Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di Komatadya Pangkalpinang, dan PLTU Air Anyir, di Kabupaten Bangka denganjelas.

19. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden

  • Lokasi : Jl. Raya Pasir Padi – Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : rumah makan

Kawasan ini dulunya merupakan pertambangan timah yang ada di Bangka yang dieksploitasi oleh penjajah colonial Belanda sejak awalabad ke 18.

Akibatnya, beberapa bagian lahan sulit untuk ditumbuhi tanaman. Sejak tahun 2006 kawasan ini akhirnya menjelma sebagai lokasi agrowisata yang subur, tenang, dan teduh.

Di dalam BBG terdapat rentetan pohon cemara di tepi jalan lurus tanah merah.

Masuk lagi ke dalam, wisatawan akan menemukan rumah panggung berbahan kayu, yang mencirikan rumah adat orang Melayu. Tak jauh dari rumah panggung terdapat kolam yang berisi berbagai ikan air tawar.

Selain menikmati keindahan di dalamnya, wisatawan juga dapat belanja hasil pertanian dari BBG seperti memetik buah naga langsung dari pohonnya, membeli sayur bayam yang masih segar, menariknya lagi pohon kurma juga tumbuh subur di BBG ini!

Bagi anda yang suka berpacu kuda, jangan khawatir BBG akan siap untuk menyiapkan petualangan dengan lokasi ala koboi Amerika.

Jangan lupa juga, BBG juga identik dengan susu sapi yang diperas langsung dari peternakan. Sapi yang ada di BBG ini merupakan sapi jenis Friesland Holstein yang berasal dai Belanda.

Puas dengan kegiatan diatas, wisatawan dapat bersantai sembari memancing di pondok kecil yang berada di tepi danau.

Sungguh ini merupakan tempat wisata di Pangkalpinang yang sangat lengkap untuk anda kunjungi.

20. Menara Air Minum

menara air minum

  • Lokasi : Kompleks Perumahan Timah Bukit Baru, di sisi sebelah Utara jalan Anggrek, berada pada 02º06’49” LS-106º06’26” BT (48 M 0623142 mU-9766332 mT)
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Menara ini juga dikenal dengan sebutan watertoren. Memiliki tinggi 5 meter dengan diameter 8,25 meter menyerupai bentuk tangki ukuran raksasa.

Terdapat banyak pipa besar yang digunakan untuk suplai air masyarakat Pangkalpinang dan dibatasi oleh tugu pembatas dari batuan granit sebanyak 6 buah tugu.

Pembangunan menara ini dimualai pada tahun 1925-1928 pada masa pemerintahan Residen J.E. Edie.

Lalu melakukan penelitian sumber air bersih. Dan akhirnya didapat 3 lokasi sumber air yaitu Gunung Doel, Gunung Mangkoel, dan Sungai Nyelanding.

Namun hanya sumber air dari Gunung Mangkoel yang digunakan karena dianggap sangat layak untuk dijadikan konsumsi sehari-hari.

Pembangunan Menara Air Minum dilanjutkan di tahun 1928-1931 pada masa Residen Hooyer.

Saat ini menara ini telah terdaftar sebagai cagar budaya kota Pangkalpinang.

21. Kelekak Community

Kelekak Community

  • Lokasi : kawasan Hutan Taklok Tuatunu Pangkalpinang, 5 km dari pusat Kota
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-20.00 (Senin_Minggu)

Kelekak Community merupakan kawasan hutan yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar menjadi eksotisme alam berbalut budaya lokal Bangka dengan menghadirkan suasana

Disini para wisatawan dapat menikmati berbagai macam suguhan seperti permainan budaya Bangka, rumah tradisional, peralatan dan perlengkapan tradisional masyarakat Bangka, makanan khas Bangka serta tempat peribadatan masjid kayu yang bercirikan budaya lokal atau bahkan sekedar menikmati keindahan alam hutannya saja.

Setiap wisatawan yang mengunjungi tempat ini akan dibuat terasa istimewa, pasalnya nantinya wisatawan akan disuguhkan tarian khas Bangka sebagai penyambut kedatangan.

Selain itu, disini juga terdapat miniatur Ka’bah yang dapat digunakan sebagai lokasi manasik haji bagi masyarakat Bangka.

22. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

  • Lokasi : Kompleks Giri Sasana Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Rumah pengasingan ini merupakan tempat soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik.

Rumah itu terdiri atas lima ruangan, yaitu 1 ruang tamu, 1 ruang keerja di bagian depan, 1 kamar tidur tamu, dan 2 kamar tidur keluarga.

Strukturnya masih menggunakan kayu yang menandakan rumah itu adalah rumah kuno.

Dirumah itu juga bersemai cinta kasih antara Soekarno dan Fatmawati yang ikut menetukan sejarah negeri ini.

Dan kini rumah pengasingan itu telah dijadikan salah satu objek wisata bersejarah andalan di kota ini.

Di dalam rumah itu wisatawan masih dapat melihat ranjang besi yang pernah dipakai oleh Soekarno dan keluarganya. Terdapat pula buku berbahasa Belanda yang berada di kamar tamu dan ruang tamu.

Selain itu ada juga seragam grup tonil Monte Carlo asuhan Bung Karno di Bengkulu. Foto-foto Bung Karno beserta keluarga juga menghiasi rumah ini.

Dan yang paling menarik adalah adanya sepeda tua miliki Soekarno selama di Bengkulu.

23. Rumah Seribu Jendela

rumah seribu jendela pangkalpinang

  • Lokasi : Kacang Pedang, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Indonesia
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 10.00-22.00

Rumah dengan arsitektur unik ini menjadi salah satu tempat wisata di Pangkalpinang yang tak luput dari para wisatawan.

Rumah ini miliki banyak sekali jendela bekas yang diberi cat warna-warni dan dalam ukuran yang berbeda-beda.

Jendela yang dipasang di rumah ini sebagian berfungsi layaknya jendela sesungguhnya dan sebagian yang lain hanya sebagai elemen dekoratif.

Bagi anda instagramer tempat ini sangat cocok untuk anda kunjungi, karena anda dapat bersantai dan berfoto ria untuk menambah feed yang ada di instagram kalian.

Tak hanya itu, sejumlah benda bernilai seni juga terdapat dirumah ini untuk memberikan pengetahuan tentang seni kepada pengunjung.

24. Kelenteng Dewi Laut

Kelenteng Dewi Laut

  • Lokasi : Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain terkenal dengan pantai khas Bangkanya, kota ini juga memiliki kawasan wisata religi salah satunya adalah Kelenteng Dewi Laut.

Konon katanya tempat wisata di Pangkalpinang ini sudah miliki usia ratusan tahun, sehingga banyak sekali memiliki sejarah didalamnya.

Selain memiliki sejarah di dalmnya, bangunanya yang canti serta pemandangan yang ciamik membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Di depan kelenteng ini terdapat patung-patung seluruh shio yang ada dalam penanggalan Tiongkok, seperti babi, anjing, tikus, kera, kuda, dan shio lainnya.

Keunikan yang lain yaitu dengan ukuran kelenteng yang berukuran raksasa ini juga mengahadap ke arah laut pula dengan tataan yang sangat piawai oleh arsiteknya.

25. Masjid Raya Tua Tunu

Masjid Raya Tua Tunu

  • Lokasi : Tua Tunu, Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Masjid Raya Tua Tunu merupakan masjid kebanggaan masyarakat Bangka Belitung. Masjid ini di daulat sebgai masjid digital pertama yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

Istilah digital disematkan karena mulai dari internet kabel serta nirkabel (hotspot), beberapa perangkat komputer dan laptop ada sebagai penunjang kegiatan, hingga bedug digital.

Masjid ini memadukan arsitektur modern dan tradisional dengan nuansa putih sebagai lambang kesucian.

Tepat dibelakang mimbar juga terdapat kaca patri hias beraneka warna bertuliskan lafaz Allah SWT dan Muhammad SAW yang semakim menciptakan visual yang cukup dramatis dalam ceramah- ceramah keagamaan.

Selain sebgai tempat ibadah, masjid ini diharapkan menjadi tempat studi Islam dan kegiatan lain yang bernuansa Islam.

26. Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia

  • Lokasi : Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-12.00, 13.00-16.00 (Senin-Kamis), 08.00-12.00, 13.00-16.00 (Sabtu-Minggu)

Museum ini merupakan museum timah satu satunya yang berada di Asia bahkan di dunia yang dimiliki oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dibawah PT Timah Tbk.

Museum ini didirikan pada tahun 1958 dengan tujuan mencatat sejarah pertimahan di Bangka Belitung serta untuk memperkenalkan pada masyarakat luas.

Namun, museum ini baru diresmikan pada 2 Agustus 1997.

Di tempat wisata di Pangkalpinang ini pengunjung dapat mengetahui sejarah pertimahan di Bangka Belitung, perkembangan teknologi pertambangan sejak zaman Belanda hingga masa kini.

Sehingga tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi museum ini.

27. Alun Alun Taman Merdeka Pangkalpinang

taman kolong wisata kota pangkal pinang, kepulauan bangka belitung

  • Lokasi : Batin Tikal, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tempat wisata di Pangkalpinang ini terkenal dengan sebutan ATM atau (Alun-alun Taman Merdeka). Terletak di pusat kota Pangkalpinang atau 0 km, menjadikan tempat ini ramai untuk dikunjungi.

Disekitar ATM juga terdapat berbagai penunjang wisata seperti apangan tenis, internet hot spot, serta taman sari yang di dalamnya terdapat panggung hiburan rakyat, tempat permainan anak-anak, lapangan voli, jembatan sehat, lapangan permainan olahraga tradisional Gasing.

28. Gereja Maranatha

Gereja Maranatha

  • Lokasi : Jl. Jendral Sudirman, Opas Indah, Taman Sari, Kota Pangkal Pinang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gereja ini memiliki cri khas unik yaitu terdapat menara jam sehingga orang Bangka sering menyebutnya Gereja Menara Jam.

Mesin jam ini digrakan dengan sistem penggerak otomatis berada pada bagian tengah menara, diproduksi oleh NEDERLANDSCHE FABRIEK VAN TORENUURWERKEN B.E IJSBOUTS ASTEN dengan Nomor 3061 berangka tahun ANNO 1930.

Walaupun berusia ratusan tahun, namun jam ini masih dapat berfungsi dengan baik. Suasananya yang syahdu juga membuat para pengunjung betah berlama-lama disini.

Gereja ini merupakan slaah satu bagian dari Gereja Protestan di Indonesia (GPI), Der Protestansche Kerk in Nedherlandsch-Indie, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Indische Kerk.

29. Masjid Jamik

masjid jamik

  • Lokasi :
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Masjid ini merupakan slaah satu masjid terbesar yang berada di Kota Pangkalpinang. Dibangun pada tanggal 18 Desember 1936 M.

Bangunan masjid ini memiliki tingkat tiga, dimana pada bagian bawahnya digunakan untuk sholat dan pengajian, tingkat tengah digunakan sebagai tempat menyimpan kitab-kitab kuning, buku-buku agama, tikar dan alat perlengkapan masjid lainnya, sedangkan pada tingkat teratas berfungsi sebagai menara untuk Muazin mengumandangkan adzan.

Masjid ini berbentuk seperti piramidabila dilihat dari atas.

Keunikan masjid ini terletak di antara tangga depan yang berbentuk setengah lingkaran dengan atap yang dihiasi oleh tiang penyangga kecil sebanyak 6 tiang yang diartikan sebagai rukun iman.

Selain itu masjid ini juga memiliki 4 tiang utamana sesuai dengan jumalah khalifaturrasyidin, memiliki 5 pintu masuk, 3 di depan dan 1 disamping kiri dan 1 di samping kanan serta terdiri atas 3 undakan atau tingkatan dengan 1 kubah.

Masjid ini termasuk salah salah satu Cagar Budaya Kota Pangkalpinang.

30. Peh Cun

Peh Cun

  • Lokasi : Pantai Pasir Padi (Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung)
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Peh Cun ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Tionghoa yang dilaksanakan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan imlek.

Peh Cun ini dilaksanakan di Pantai Pasir Padi. Setelah sembahyang, masyarakat tionghoa membuang kue chang atau kue yang terbuat dari ketan berisikan daging atau udang ke laut sebagai tanda penghormatan.

Peh Cun ini dilakukan untuk menghormati wafatnya seorang pahlawan Tiongkok bernama Qu Yuan (zaman dinasti Chu, tahun 340 SM) yang sangat dicintai oleh rakyat Tionghoa.

31. Tradisi Nganggung

Tradisi Nganggung

  • Lokasi : Kepulauan Bangka Belitung
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : –

Tradisi ini merupakan kegiatan gotong royong masyarakat dengan membawa makanan lengkap di atas dulang kuningan yang ditutup dengan tudung saji yang berasal dari tiap rumah dan isi makanan sesuai dengan status dan kemampuan keluarga tersebut.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada saat upacara keagamaan, seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha, Mauludan, Nisfu Sya’ban, dan pada kegiatan Muharam.

Dan dilaksanakan di masjid atau di balai desa.

Sebelum isi dulang disantap, nantinya akan dibacakan doa selamat oleh pemuka agama setempat atau masjid kampung.

Itulah beberapa referensi tempat wisata di Pangkalpinang yang dapat anda kunjungi, namun sebelum itu, ada baiknya jika anda para wisatawan memperhatikan apa yang harus dipersiapkan dan barang apa saja yang perlu anda bawa.

Dan ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.