Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Magelang

27 min read

Tempat Wisata di Magelang

Siapa sih yang gak kenal dengan Kota Magelang, kota yang terkenal akan SDM nya yang cerdas serta berkualitas rata-rata berasal dari kota satu ini. Selain terkenal akan Candi Borobudurnya yang dimana merupakan candi terbesar dan termegah yang masuk dalam salah satu 7 keajaiban dunia, namun tak jarang orang yang salah menyebutkan beahwasannya candi ini berada di kota Yogyakarta, tapi sebenarnya candi ini berada di kota Magelang, untuk itu kami akan memberikan infromasi lengkap mengenai tempat wisata di kota Magelang ini. Taukah kamu? Jika Magelang juga merupakan kota tertua ke dua yang ada di Indonesia lho, menarik ya!

Magelang sendiri dikelilingi oleh lima gunung sekaligus yaitu gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, dan Menoreh hal ini merupakan fenomena menarik yang ada di dunia. Maka tak mengherankan kalau Magelang merupakan kota yang relatif sejuk. Selain gunung, ternyata banyak juga lho potensi wisata lainnya, mulai dari wisata sejarah, alam, budaya, hingga kuliner yang dapat kamu rasakan. Penasaran?

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata di Magelang yang dapat kamu kunjungi.

Konten

1. Curug Watu Ploso

tempat wisata di magelang yang sedang hits

  • Lokasi : Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, gazebo, bangunan berbentuk kapal, tempat duduk berbentuk tangan, bangunan keris yang tertancap ke tanah

Curug Watu Ploso merupakan objek wisata menarik yang berada di kawasan perbukitan yang berdekatan dengan Candi Borobudur Magelang. Curug ini sendiri memiliki tiga tingkatan dengan tinggi yang bervariasi dengan ketinggian sekitar 10-12 meter dan air terjun pertama atau grojogan 1 sebagai daya tarik utamanya.

Selain digunakan untuk tempapt wisata, air terjun ini juga dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai sumber mata ait utama karena airnya masih sangat bersih dan belum tercemar.

2. Curug Delimas Girimulyo

wisata magelang 2019

  • Lokasi : Dusun Kuadaan, Desa Girimulyo, Kecamatan Windusari, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-05.00
  • Fasilitas : toilet, tempat istirahat, gardu pandang, spot foto

Selanjutnya ada Curug Delimas Girimulyo, air terjun ini cukup menarik perhatian para wisatawan karena menyuguhkan pemandangan yang indah lengkap dengan suhu udara yang segar.

Curug ini juga semakin digemari para wisatawan karena tak hanya menyuguhkan wisata airnya saja melainkan disini juga terdapat banyak sekali spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang foto. Keindahan berupa sajian kawasan tanaman hijau tentunya sangat mengagumkan apalagi buat kalian yang tinggal diperkotaan dimana akan jarang sekali menemukan tempat seperti ini.

3. Curug Lawang Kori

Curug Lawang Kori

  • Lokasi : Windusari Kidul, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, spot foto, gazebo, tangga

Curug Lawang Kori tergolong tempat wisata yang masih baru dan belum terlalu ramai dikunjungi oleh orang banyak. Air terjun ini berada di tengah-tengah hutan bambu dan memiliki debit air yang tak terlalu deras.

Sebelum anda sampai ke lokasi air terjun anda akan melewati jalan setapak berupa tangga serta bebatuan yang cukup unik karena memiliki bentuk persegi panjang berdiri tegak dan terlihat seperti ada sebuah pintu di antara sela-sela batu tersebut.

4. Curug Silawe

wisata magelang muntilan

  • Lokasi : Area Sawah, Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang
  • Tiket Masuk : Rp 6.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : jalan setapak, anak tangga

Untuk sampai ke lokasi air terjun anda akan membutuhkan perjuangan ekstra pasalnya letak air terjun ini sedikit tersembunyi serta akses jalannya yang tergolong sulit. Karena hal itu pula, air terjun ini banyak yang belum mengenalnya dan membuat kawsan air terjun masih terlihat sangat indah dan alami.

Rasa lelah anda akan langsung terbayarkan dengan sambutan udara sejuk bercampur uap air yang beterbangan lengkap dengan pemandagan pepohonan rindang yang membuat betah untuk singgah diwaktu yang lama.

Kawasan ini juga sangat bersih dan belum tercemar dari sampah modern. Jadi bagi anada yang sedang mencari kawasan wisata yang ramah serta jauh dari kebisingan, anda harus berkunjung ke curug ini karena bunyi jatuhan air terjun membuat suasana terasa damai dan nyaman untuk bersantai.

5. Air Terjun Kedung Kayang

wisata magelang kopeng

  • Lokasi : Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00
  • Fasilitas : penginapan, camping area

Air Terjun Kedung Kayang terletak di ketinggian 950 mdpl tepatnya di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sehingga suasana yang tercipta di kawasan ini terasa sangat segar. Air terjun ini memiliki ketinggian yang cukup tinggi, meskipun demikian air terjun ini masih relatif aman untuk mandi di bawah air terjun.

Kolam alami dibawah air terjun ini juga tidak dalam karena air yang jatuh dari puncak air terjun langsung mengalir ke sebuah sungai kecil berbatu. Hanya ada suara gemuruh air terjun serta canda tawa para pengunjung yang akan terdengar di sekitar area air terjun. Suasana seperti ini sangat ideal untuk berkontemplasi seraya menyegarkan pikiran agar kembali kreatif saat kembali ke rutinitas.

6. Curug Gleyor

wisata magelang dan tiket masuk

  • Lokasi : Brigasang, Pasangsari, Windusari, Area Sawah/Kebun, Pasangsari, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Curuh ini terletak di 300 m dibawah Dusun Brigasan Kidul, 400 m dibawah Dusun Kwayuhan Lor dan 700 m dari Dusun Cengkirangan. Ketinggian Air Terjun kurang lebih 15 m dengan  jumlah debit air yang tidak terlalu besar saat musim penghujan serta musim kemarau.

Air yang dihasilkan air terjun ini tidak begitu jernih, namun disekitar area air terjun terdapat bebatuan yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan sebagai pijakan atau tempat bersantai sejenak.

7. Curug Sikencling

Curug Sikencling

  • Lokasi : Sikencling, Dampit, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-16.22
  • Fasilitas : spot foto, toilet

Kemudian ada Curug Sikencling yang berada di Desa Wisata Dampit. Curug ini masih tergolong baru dan masih dalam tahap pembangunan area wisata oleh penduduk sekitar. Lokasinya yang berada di tengah-tengah pemukiman penduduk membuat kawasan air terjun mudah untuk ditemui.

Meskipun demikian, air terjun ini masih tergolong alami dikarenakan jarang pengunjung yang datang kesini. Suasananya sangat sejuk dan tempat yang pas untuk menyatu dengan alam. Walaupun debit airnya tidak tergolong besar, tapi untuk dijadikan tempat bersantai ya bolehlah hehe.

8. Kedung Sembrani

Kedung Sembrani

  • Lokasi : Grogol, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kedung Sembrani merupakan sebuah Air terjun yang memiliki tinggi 4 meter sekaligus spot petualangan yang tersembunyi di Magelang. Dibilang tersembunyi karena letaknya berada di tengah-tengah hutan pinus yang lebat.

Jadi, kalau biasanya air terjun itu tinggi menjulag serta diapit oleh dua tebing tinggi, maka berbeda dengan Kedung Sembrani yang mempunyai keindahan alam hutan pinus disekitarnya. Bagi anda yang sedang mencari spot untuk menghilangkan stress dan penat dari rutinitas pekerjaan harian, Kedung Sembrani adalah salah satu spot yang direkomendasikan untuk anda datangi untuk memenuhi tujuan petualangan anda. Keren!

9. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar

  • Lokasi : Area Kebun, Gondangsari, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 – Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Sudah berkunjung ke Kedung Sembrani? Sebab Air Terjun Grenjengan Kembar ini terletak tidak jauh dari air terjun tersebut. Hanya perlu trekking selama 15 sampai 20 menit anda dapat sampai ke Air Terjun Grenjengan Kembar.

Air terjun ini cukup unik sebab mempunyai debit air yang cukup besar dari tiga jalur berbeda. Air terjun Grenjengan Kembar ini memiliki ketinggian yang berbeda. Satu yang sedikit memisah dari dua lainnya yang mempunyai ketinggian paling tinggi.

10. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

  • Lokasi : Area Kebun atau Hutan, Tlogorejo, Grabag, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter yang mampu menebarkan butiran-butiran air ke wajah para pengunjung. Meskipun tersembunyi di antara lereng Gunung Andong dan Gunung Telomoyo, spot petualangan ini cukup ramai dikunjungi oleh banyak petualang saat menjelang atau akhir pekan karena keindahan panorama alamnya yang sangat menawan.

Terlepas dari itu, Air Terjun Sekar Langit ini masih melekat dengan sebuah cerita legenda yang sempat terkenal dan populer di tanah Jawa. Legenda tersebut yaitu tentang Jaka Tarub, salah satu ksatria yang ada di tanah Jawa.

11. Air Terjun Ngesong

Air Terjun Ngesong

  • Lokasi : Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Sebelum anda sampai ke lokasi air terjun, anda harus melewati perkebunan masyarakat setempat dan hutan pinus. Sesampainya anda di lokasi air terjun, anda akan dibuat kagum dengan kemegahan air tejrun yang satu ini. Memiliki debit air yang besar serta airnya yang sangat dingin dan segar.

Disekitar air terjun ini juga masih terlihat sangat alami dan sangat cocok untuk dijadikan background foto. Dinginnya air membuat badan yang sempat lelah hilang seketika serta membuat anda betah untuk berlama-lama disini.

12. Air Terjun Sumuran atau Air Terjun Seloproojo

Air Terjun Sumuran atau Air Terjun Seloproojo

  • Lokasi : Seloprojo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 6.000
  • Jam Buka : 06.30-17.00

Lokasi air terjun ini tak jauh dari Air Terjun Ngesong karena berada pada trek yang sama untuk mencapai lokasi. Air terjun ini memiliki ketinggian 30 meter yang dilengkapi dengan dua kolam buatan yang berhiaskan tiga patung candi yang menambah kesan magis di area air terjun tersebut.

Air yang dihasilkan air terjun ini juga sangat jernih, jadi sangat aman untuk mandi atau hanya sekedar bermain-main diatasnya. Air Terjun Seloprojo wajib untuk anda datangi nih. Pasalnya air terjun ini memiliki keindahan alam yang cukup berbeda dari air terjun sebelumnya. Di sini anda dapat melihat terasering persawahan yang indah.

13. Curug Sigetik

Curug Sigetik

  • Lokasi : kopeng wetan, Kopeng Wetan, Sutopati, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-16.00
  • Fasilitas : ruang ganti

Curug ini merupakan salah satu curug yang tidak terlalu tinggi tetapi air yang mengalir cukup deras. Disekitar area air terjun juga ditumbuhi oleh pepohonan bambu dan juga pepohonan rindang lainnya yang membuat kesan eksotis di area air terjun. Meskipun belum dikelola dengan baik, wisata air terjun ini cocok dijadikan tempat untuk menyegarkan pikiran dan pelepas penat aktivitas sehari-hari.

14. Curug Bujet

Curug Bujet

  • Lokasi : kopeng wetan, Kopeng Wetan, Sutopati, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-16.00

Berada dilokasi yang sama dengan Curug Sigetik juga memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi. Saat anda berkunjung kesini anda akan melawati jalan yang berada di bawah rimbunan pohon. Sehingga terik matahari tidak akan langsung mengenai kepala kita karea terlindungi oleh pepohonan.

Debit yang dihasilkan air terjun ini juga tergolong besar dan cukup jernih. Disini anda dapat berenang, mandi atau pun sekedar bersantai diantara bebatuan disekitar air terjun.

15. Gunung Andong

Gunung Andong

  • Lokasi : Tlogorjo dan desa Ngablak , Grabag, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : gazebo, gardu pandang

Menurut data geografis gunung Andong, memiliki tinggi kurang lebih 1726 mdpl serta secara etimologi gunung Andong memiliki aktivitas magma vulkanik aktif dan sebagai gunung perisai melingkari daerah Magelang. Gunung ini sangat cocok bagi anda para pendaki pemula, karena medannya yang menyeangkan serta tidak terlalu sulit seperti gunung lainnya.

Gunung ini menawarkan panorama keindahan alam yang menakjubkan, hal tersebut terlihat dari banyak nya pendaki yang merupakan pemburu keindahan sunrise dan sunset di puncak wisata gunung Andong.

Sesampainya anda di puncak, maka anda bisa melihat secara jelas pemandangan gunungtinggi lainnya diantaranya seperti gunung Merbabu, Merapi, Tidar, Telomulyo dan sebagainya. Tak hanya itu, gunung ini juga relatif aman diantara gunung sekitar karena di puncak gunung ini jarang terjadi badai.

16. Gunung Giyanti

Gunung Giyanti

  • Lokasi : Dusun Malanggaten, Desa Balesari Windusari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Air bersih yang mengalir langsung dari Sumber mata Air, warung makan, musholla, kios, kamar mandi, area parkir, tempat istirahat

Gunung Giyanti adalah gunung yang berada di antara diantara Sumbing dan Merbabu serta memiliki ketinggian 1200 m, cocok bagi sapa saja yang suka dengan wisata alam. Dari puncak Gunung Giyanti, para pengunjunga dapat menyaksiakan keindahan Kota Magelang, Temanggung, dan Jogjakarta serta dibawahnya terletak candi selogriyo.

Menariknya lagi para pengunjung juga dapat merasakan bermalam di puncak atau hanya sekedar TikTok menikmati suasana sekitar Gunung Giyanti .

17. Gunung Tidar

Gunung Tidar

  • Lokasi : Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gunung ini terletak di tengah-tengah kota Magelang. Asal usul nama tidar sendiri banyak sekali versinya, salah satunya menyebutkan bahwa nama itu berasal dari kata “Mati dan Modar”. Sebab, a kalau ada orang mendatangi gunung tersebut kalau tidak Mati ya Modar.

Karena tempatnya ynag cukup mistis, jadi setiap kali ada orang yang mau mendaki harus ijin dulu ke juru kunci, hal tersebut sebagai bentuk rasa hormat kepada juru kunci Gunung Tidar. Gunung ini sering di datangi oleh para peziarah, karena Gunung Tidar sendiri memang merupakan rumah dari beberapa makam para ulama yang mungkin dianggap penting oleh para peziarah.

Salah satunya adalah makam Syaikh Subakir yang dipercaya sebagai penakluk jin di Gunung Tidar. Hal unik dari Gunung ini adalah adanya Tugu Pahlawan di punca gunung yang dipercaya sebagai pakunya tanah Jawa. Konon, jika tidak dipaku, seluruh pulau jawa akan hanyut terbaya air laut. Dan kebetulan, posisi dari monumen ini memang berada di tengah-tengah Pulau Jawa.

Karena suasananya yang cukup mistis, Gunung ini tak jarang dimanfaatkan sebagai tempat yang pas untuk “ngadem” di daerah Magelang. Karena memang hawanya sangat nyaman untuk mencari suasana tenang seraya mencari inspirasi.

18. Bukit Kertojoyo

Bukit Kertojoyo

  • Lokasi : Jalan Bandongan – Tempuran, Pringombo, Bandongan, Hutan, Krinjing, Kajoran, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Mencari wisata alam terbuka yang kekinian? Datang saja ke Bukit Kertojoyo. Sebelum anda sampai ke lokasi wisata, di seoanjang perjalanan anda akan ditemani dengan pemandangan indah mulai dari area persawahan hingga menembus hutan pohon mahoni, di tambah lagi dengan kontur jalan yang naik turun dan berkelok, dijamin anda tidak akan ngantuk deh.

Sesampainya di lokasi wisata, anda langsung disambut dengan hamparan hutan pinus yang eksotis lengkap dengan udara yang sejuk dan segar. Tak ketinggalan, disini juga terdapat spot foto menarik dan tentunya sangat kreatif.

FYI, di kawasan Bukit Kertojoyojuga terdapat kawasan perlindungan habitat hewan trenggiling loh, kalau kalian beruntung, kalian dapat menjumpai kawanan trenggiling itu dengan cukup mudah.

19. Bukit Sleker Asri

Bukit Sleker Asri

 

  • Lokasi : Grenjeng, Gandusari, Bandongan, Grenjeng, Gandusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 4.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00
  • Fasilitas : flying fox, rumah pohon, taman edukasi lalu lintas, gazebo, jalan setapak di hutan pinus, bumi perkemahan

Tempat wisata yang saat ini sedang digandrungi masyarakat Magelang selanjutnya adalah Bukit Sleker Asri. Kawasan wisata Bukit Sleker Asri ini dikelola oleh masyarakat yang tergabung dalam LMDH atau Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Karena dinilai memiliki potensi wisata yang cukup baik, masyarakat setempat bergotong-royong memanfaatkan lahan hutan pinus kepunyaan Perhutani untuk dijadikan destinasi wisata. Dengan beberapa fasilitas di dalamnya, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat eduwisata bagi keluarga tercinta.

20. Bukit Dagi

Bukit Dagi

  • Lokasi : Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan Candi Borobudur dari view yang berbeda, Bukit Dagi akan memberikan pengalaman melihat kemegahan Candi Borobudur dari ketinggian di atas bukit Dagi.

Ditambah lagi dengan suasana alamnya yang nyaman, tenang, sejuk dan sangat mempesona semakin menambah rasa kagum terhadap kemegahan Candi Borobudur.

21. Bukit Rhema

Bukit Rhema

  • Lokasi : Karangrejo, Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bukit yang satu ini berbeda dengan bukit pada umumnya sebab, bukit ini merupakan Gereja Ayam Borobudur yang memiliki 7 lantai, dimana masing-masing lantinya memiliki cerita yang berbeda.

Menceritakan Perjalanan Spiritual Manusia, Makna Doa, kebaikan Tuhan, Mujizat dan Kearifan Lokal. Bukit Rhema ini didirikan dengan sebagai tempat yang multifungsi, diantaranya sebagai tempat wisata religi, wisata edukasi, dan wisata alam.

Jadi tak usah khawatir, karena bukit ini masih memiliki pemandangan yang indah. Dan tak heran kalau Bukit Rhema ini menjadi salah satu spot melihat sunrise terindah di Magelang.

22. Bukit Grenden

Bukit Grenden

  • Lokasi : Pakis-Ngablak, Kuwiden, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 05.00-17.00
  • Fasilitas : spot foto, rumah kurcaci, hammock, gardu pandang, gapura, kursi, meja

Bukit yang tak kalah hits dengan bukit-bukit sebelumnya ada Bukit Grenden. Kawasan bukit ini juga masih masuk ke dalam kawasan jalur baru pendakian ke Merapi. Kepopuleran bukit ini disebabkan karena terdapat banyak sekali spot foto menarik seperti menara kursi, bulan sabit, love dan yang lainnya.

Tak hanya itu, disini anda juga dapat menyaksikan panorama sunset dan sunrise dari ketinggian yang tentu saja sulit untuk diabaikan.

23. Wisata Kulon Ndeso

Wisata Kulon Ndeso

  • Lokasi : Jl. Soko No.2, Desa, Suko 2, Sokorini, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Kendaraan), Rp 12.000 *paket hemat dengan membawa pasangan
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Kulon Ndeso sendiri diambil dari bahasa jawa kulon yang berarti barat, dan ndeso yang berarti desa, jadi kalo diartikan Wisata Kulon Ndeso ini berarti obyek wisata yang letaknya disebelah barat desa. Objek wisata yang satu ini menyuguhkan spot foto yang sangat instagramable yang dimana lokasi ini merupakan tempuran atau pertemuan sungai belan dan sungai progo.

Tak hanya itu, objek wisata ini juga menawarkan hamparan sawah yang indah lengkap dengan padi yang dimana para pengunjung dapat menelusuri sawah tersebut dengan menggunakan jembatan yang di desain se apik mungkin. Selain itu, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan deretan pegunungan yang sangat indah sekali.

24. Karesidenan Kedu

Karesidenan Kedu

  • Lokasi : Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Karesidenan Kedu sendiri merupakan nama dari salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Temanggung yang dimana kode pengarsipan pada wilayah tersebut berkode AA untuk plat kendaraan.

Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi salah satu potensi wisata yang menarik dan sekaligus dijadikan sebuah museum. Gedung ini memiliki nuansa jadul nan eksotis, sehingga sering disewakan untuk kegiatan seperti pernikahan, wisudawan dan sebagainya.

Tempat ini juga memiliki pemandangan yang sangat menarik yaitu saat sore tiba Gunung Sumbing yang dengan kokohnya menjulang keatas akan terlihat dari sebelah barat gedung ini. Menariknya lagi, disini terdapat padang rumput hijau yang luas yang di dalamnya terdapat rusa-rusa berkeliaran bebas kesana-kemari. Menarik ya!

25. Taman Bunga Matahari atau Taman Dewari

Taman Bunga Matahari atau Taman Dewari

  • Lokasi : Dusun Seloboro, Desa Seloboro,Kecamatan salam, Kabupaten Magelang
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Bagi anda para instagramer, anda wajib mengunjungi taman yang satu ini, yaitu Taman Bunga Matahari atau biasa dikenal dengan nama Taman Dewari. Disini anda dapat menyaksikan keindahan bunga matahari yang sangat memesona yang sekaligus dapat anda jadikan sebagai background foto yang epik!

Buat kalian yang ingin membawa pulang si bunga matahari ini, kalian cukup menambah biaya Rp 25.000 saja.

26. Punthuk Mangir Gunung Payung

Punthuk Mangir Gunung Payung

  • Lokasi : Area Hutan, Bawang, Tempuran, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.30
  • Fasilitas : gardu pandang, gazebo, spot foto, area parkir

Dengan mengaopsi konsep wisata kekinian, Punthuk Mangir Gunung Payung ini menyajikan spot-spot untuk berfoto-foto. Disini anda dapat melakukan kegiatan berfoto dengan berbagai background yang berbeda, salah satu spot yang sangat di gandrungi adalah spot foto payung merah.

Karena letaknya yang berada di tengah hutan, maka suasana yang tercipta di lokasi wisata pun sangatlah segar dan teduh. Menariknya lagi, disini disini anda dapat melihat pemandangan kota Magelang dari atas ketinggian ditemani dengan kicauan burung yang terdengar sangat merdu.

27. Taman Hanya Untukmu

taman magelang

  • Lokasi : Giyanti, Bojong, Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 3.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 09.00-17.00
  • Fasilitas : spot foto, live music performance, toilet umum, tempat duduk

Taman Hanya Untukmu merupakan salah stau tempat wisata baru yang ada di Magelang, karena memang baru dibangun pada tahun 2018. Disini anda akan disuguhkan dengan spot foto menarik seperti spot tanaman hias, spot payung dan spot merpati.

Hal yang paling menarik dari taman ini adalah setiap weekend selalu ada live music performance yang berbeda dengan hari-hari biasa, sehingga tak heran puncak keramaian taman ini pada saat weekend tiba. Selain keindahan yang disajikan, taman ini juga memiliki a berbagai macam kuliner kekinian dan kuliner tempoe doeloe yang siap memanjakan perut para pengunjungnya.

28. Balkondes Ngadiharjo

Balkondes Ngadiharjo

  • Lokasi : Ngabehen, RT01 RW05, Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Unik dan luar biasa adalah kesan pertama yang akan membuat anda jatuh hati ke balai perekonomian desa alias Balkondes milik desa Ngadiharjo ini. Di dalam bangunan yang megah ini terdapat pilar-pilar batu unik dan amfiteater mini ala Romawi kuno.

Serta terdapat panggung teater yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukan. Tak ketinggalan ada juga pendopo yang semakin menambah eksotisme sang Balkondes Ngadiharjo.

Jangan khawatir, disini juga ada spot foto menarik yang akan mendukung kegiatan berswafoto anda. Ditambah lagi, tempat ini berhadapan langsung dengan adanya deretan pegunungan Menoreh yang hijau dan indah. Nah, selain modelnya, latar belakang hasil jepretan Anda juga dijamin mantap!

Tak hanya itu, di kawasan ini anda juga dapat berburu kuliner khas yang pantang untuk dilewatkan yaitu jet coolet, seperti namanya, panganan yang berbahand dasar singkong ini juga memiliki rasa yang sangat cool! Ohya satu lagi, disini anda juga dapat berburu kerajinan dari bambu, mulai dari kerai hingga perabotan. Dijamin asli dan berkualitas tinggi lho.

29. Desa Banyuroto

Desa Banyuroto

  • Lokasi : Banyuroto, Sawangan, Magelang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Seperti desa pada umunya, Desa Banyuroto ini akan menyuguhkan suasana khas pedesaan yang asri nan sejuk. Namun di desa ini terdapat berbagai spot foto menarik yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya.

Tak hanya itu, di desa ini jgua terdapat perkebunan strawberry yang dijamin akan membuat anda senang dan betah berlama-lama menghabiskan waktu di desa.

30. Hutan Pinus Wisata Mangli

Hutan Pinus Wisata Mangli

  • Lokasi : Grabag Ngablak, Area Hutan/Kebun, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Camping Ground / Lahan Perkemahan, Wahana Permainan, Spot Selfie yang keren, Toilet

Magelang memang cocok buat kalian yang hobi traveling dengan suasana alamterbuka  yang sejuk. Wisata Alam Hutan Mangli Magelang ini berada di kawasan lereng pegunungan Andong, jadi kalau kamu berniat mengunjungi Gunung Andong jangan lupa untuk singgah di Kawasan Wisata Alam Hutan Magli ini.

Meskipun aslinya hutan ini termasuk hutan alam hujan tropis, akan tetapi vegetasi pepohonan utama yang ada di hutan Mangli adalah tanaman pinus.

Sesampainya di lokasi wisata, kamu akan disambut dengan sebuah pintu gerbang gapura Yang bertuliskan hutan wisata mangli dan tepat di kiri area masuk kawasan hutan mangli terdapat sebuah dusun yang dinamakan dengan dusun mangli.

Memasuki kawasan hutan, kamu akan dikelilingi oleh rimbunan pohon pinus yang menjulang tinggi dan juga terdapat aliran sungai yang tepat mengalir di pintu masuk gapura tersebut.

Melihat hijaunya ribuan pohon pinus dan gemercik aliran sungai mampy membuat pikiran dan hati kita terasa adem dan nyaman apalagi dengan suasana sejuk udara pegunungan ini menambah petualangan wisata menjadi tentram dan damai dari kebisingan kota.

31. Jurang Jero

Jurang Jero

  • Lokasi : Randu Ijo, Jurang Jero, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 – Rp 3.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Wisata Jurang Jero merupakan hutan lindung dan cagar alam ini di sulap oleh beberapa orang kreatif menjadi destinasi wisata yang apik. Disini terdapat rumah pohon yang lain dari pada yang lain karena menyuguhkan latar belakang gunung Merapi, merbabu dan gunung Sumbing sebagai daya tarik utamanya.

Selain itu, disini juga terdapat kursi-kursi unik yang di bentuk dengan ranting serta batang pohon yang membentuk seni yang menarik, cocok sebagi media berfoto dan ber-selfi, selain itu masih banyak lagi obyek keren yang bisa dijadikan media berfoto.

32. Kebun Jagung

Kebun Jagung

  • Lokasi : Bronjolan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Setelah viral dengan kebun mataharinya, Magelang juga memiliki kebun jagung yang tak kalah populernya tepatnya di Desa Bronjolan terdapat kebun jagung yang difungsikan sebagai latar foto yang keren dan instagramable.

Jadi jangan ngaku instagramer deh kalo belum berfoto di kebun jagung yang satu ini, sebab gradasi warna kuning oren serta wara kunig pucat dari batang dan daun pohon jagung semakin menambah eksotisme background berfoto anda.

33. Punthuk Kendhil Kamal

Punthuk Kendhil Kamal

  • Lokasi : gunakan, Kamal, Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : spot untuk menikmati sunrise, gubug sebagai tempat duduk melepas lelah, toilet, warung, area parkir

Seperti tempat wisata sebelumnya,Punthuk Kendhil Kamal ini juga menyuguhkan spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Namun lain dari yang lain, bukit ini dapat anda tempuh dengan menggunakan sepeda motor, jadi asikan tidak usah bercapek-capek nantinya.

Di atas bukin ini, kalian dapat melihat pemandangan kota Magelang dengan leluasa, tentunya dengan suasana yang segar dan sejuk yang dapat membuat anda betah berlama-lama di bukit ini.

34. Persawahan Permitan

Persawahan Permitan

  • Lokasi : Permitan, Powasan, Bondowoso, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :-
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi kalian warga perkotaan mestinya merindukan kawasan yang segar serta jauh dari kata-kata bising, ayo mampir saja ke Persawahan Permitan. Disini anda dapat merasakan ketenangan serta kesegaran khas pedesaan lengkap dengan landskap alam yang asri dan gunung tinggi yang menjulang.

Di jamin, suasana seperti ini akan membuat anda rileks dan enggan untuk segera beranjak kaki.

35. Punthuk Mongkrong

Punthuk Mongkrong

  • Lokasi : Desa Giritengah, Kec. Borobudur, Olgung, Giripurno, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Siapa sih yang tak suka dengan pemandangan matahari terbit atau terbenam dari ketinggian? Nah, di kota ini anda akan diajak menyaksiakan pemadanagn matahari terbit atau terbenam lengkap ditemani dengan pemandangan Candi Borobudur, menarik kan?

Tepatnya berada di Punthuk Mongkrong, yang terletak sekitar 5km dari Candi Borobudur. Lukisan alam yang terlihat dari sini termasuk Gunung Merapi, Merbabu, dan pegunungan Menoreh yang indah. Istimewanya lagi, disini juga terdaat jembatan berbentuk huruf v yang menjorok keluar.

Tempat nongkrong yang paling sempurna untuk “mengejar matahari” sekaligus mengejar koleksi foto keren untuk Instagram Anda.

36. Ketep Pass

wisata magelang ketep

  • Lokasi : Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • Tiket masuk per orang : Rp 8.000
    • Volcano teater : Rp 7.000
    • Teropong : Rp 3.000
    • Parkir Motor : Rp 2.000,00
    • Parkir Mobil : Rp 5.000
    • Parkir Bus : Rp 7.000 – Rp 12.000
  • Jam Buka : 06.00-17.00

Gunung Merapi dan Merbabu memang memiliki daya pikat tersendiri yang mampu memikat siapapun yang melihat keindahannya. Dan untuk  “pedekate” dengan kedua gunung ini, Ketep Pass-lah tempat yang paling cocok!

Berada di Bukit Sawangan yang dimana langsung berhadapan dengan Gunung Merapi serta Merbabu, tempat ini juga memiliki gardu pandang luas dan teropong agar kegiatan “pedekate” Anda semakin berkesan.

Ta hanya itu, disini anda juga dapat melakukan pendekatan dengan pelataran pancaarga yang secara harfiah berarti “lima gunung” karena mata Anda akan dimanjakan dengan lima puncak gunung sekaligus: Gunung Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro, dan Slamet!

Dan jangan khawatir, bagi anda yang merasakan kelaparan ditempat ini, anda dapat menyantap berbagai makanan hangat yang bisa Anda cicipi, tetapi yang paling utama adalah jagung bakarnya yang dijamin jos!

37. Bandongan

Bandongan

  • Lokasi : Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :  –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bandongan merupakan nama daerah yang berada di kota Magelang, yang dimana memiliki banyak sekali wisata alam di dalamnya. Yang paling menojol dari Bandongan ini adalah adanya sebuah tempat dimana menyajikan hamparan ilalalng atau alang-alang yang menghiasai kawasan tersbut yang sering kali dimanfaatkan sebagai lokasi berfoto para anak hits kota Magelang.

38. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

  • Lokasi : Jl.Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 (WNI), Rp 25.000 (WNA)
  • Jam Buka : 04.00-17.30 (Weekdays), dibuka 24 jam saat weekend

Eksotisme panorama mentari yang terbit di pagi hari dapat anda rasakan di Punthuk Setumbu. Bukit 400 mdpl ini dulunya adalah area persawahan penduduk setempat. Namun setelah menjadi kawasan wisata, pemandangan cantik sunrise Borobudur tersaji cantik dan tersbagi di berabagai sosial media, tempat ini pun mulai hits dikunjungi wisatawan untuk menananti sunrise.

Bagi kamu yang ingin berkunjungi ke sini, disarankan menuju lokasi saat fajar tiba atau sekitar pukul 05.00 WIB. Waktu ini adalah  waktu terbaik menanti sanag mentari yang menyembul perlahan dari Gunung Merapi.

39. Bakorwil II Magelang

Bakorwil II Magelang

  • Lokasi : Jalan Pangeran Diponegoro, Cacaban, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bakorwil II Magelang adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati panorama kota Magelang. Tempat ini biasa dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan acara resepsi pernikahan, outbond, photo session, pelatihan, dan juga upacara.

Meskipun masih sangat kental dengan nuansa bangunan tempo dulu, namun tempat ini memiliki nuansa alam yang sangat tenang dan menyegarkan, sehingga area ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan akhir pekan di alam terbuka yang asik bersama keluarga. Menariknya lagi, anda juga dapat menyapa rusa yang sering menampakan diri di area Bakorwil II Magelang.

40. Pesona Cempurung

Pesona Cempurung

  • Lokasi : Sowanan, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 ja

Disini anda akan disambut dengan tangga pelangi yang memandu ke gardu pandang di sebuah bukit. Tak dipungkiri memang, pesona keindahan dari tempat ini selalu menarik para pengunjung setiap harinya. Ntah hanya ingin berfoto ria atau hanya sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu di sore hari.

41. Gardu Pandang Cepogo

Gardu Pandang Cepogo

  • Lokasi : Kuadran I, Girimulyo, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 08.00-18.00

Gardu Pandang Cepogo ini adalah destinasi unggulan terbaru di Girimulyo yang sedang ngehits di kalangan anak muda kota Magelang.

Meskipun tergolong tempat wisata baru, namun para wisatawan lokal sudah banyak yang berkunjung berkat kepopulerannya di media sosial. Tak jauh dari lokasi wisata ini, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun delimas yang berada tiak jauh dari lokasi.

42. Gardu Pandang Cepogo

Gardu Pandang Cepogo Magelang

  • Lokasi : Kuadran I, Girimulyo, Windusari, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka :24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, tempat duduk, spot foto

Sesampainya anda disini, anda akan disambut dengan suasana yang segar khas pegunungan. Seperti tempat wisata yang lainnya, tempat wisata yang satu ini juga memiliki spot selfi yang unik sehingga banyak orang yang berkunjung untuk mengabadikan momen dengan latar belakang yang unik.

Yang menrik dari gardu pandang ini adalah bentuk nya menyerupai jaring laba-laba yang mmebuatnya beda dari yang lain.

43. Taman Garengpong Bringin Kulon

Taman Garengpong Bringin Kulon

  • Lokasi : Bringin Kulon, Bringin, Srumbung, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor)
  • Jam Buka : 09.00-17.30

Taman bunga sudah biasa dimana bunga bertumbuh mekar didalamnya,tetapi bagaimana dengan taman bunga Garengpong

Nama taman bunga ini memang masih terdengar asing bagi masyarakat Jawa Tengah mengingat taman ini baru didirikan beberapa waktu yang lalu. Kini wisatawan Jawa Tengah tidak usah jauh-jauh ke kota untuk melepas penat di tengah taman bunga, taman bunga yang ada di Magelang ini tak kalah indahnya kok nama taman tersebut ialah Taman Wisata Garengpong.

Taman Garengpong indah menawan betapa tidak tanaman hias yang ada ditaman ini sederhana dari mulai tanaman hias Keningkir yang ditata sedemikian rupa lalu dipadukan dengan gazebo unik berbentuk bulat dikelilingi bunga yang menarik membuat daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, terdapat pula  sejumlah ornamen bangunan yang unik yang dibangun dikawasan taman membuat taman Garengpong pun menjadi berbeda , tak biasa dan istimewa .

Taman bunga Garengpong yang berada di Desa Bringin Kulon, Bringin, Kecamatan Srumbung , Kabupaten Magelang ini memiliki lias sekitar 3000 meter yang sangat indah mempesona.

Asyik sebagai tempat swafoto atau selfie yang berkesan apalagi dihiasi bunga warna – warni bermekaran menjadi surga indah buat berfoto ria.Tak kalah menarik taman Garengpong dihiasi gemercik air diatas bebatuan alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

44. Kebun Bibit Senopati

Kebun Bibit Senopati

  • Lokasi : Jl. Panembahan Senopati, Jurangombo Utara, Magelang Sel., Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Berwisata sambil belajar dapat anda lakukan di Kebun Bibit Senopati. Destinasi wisata ini memang menawarkan pengalaman rekreasi dengan menyuguhkan pemandangan alam yang indah. Penataan pepohonan dan tanaman bunga hias warna-warni memang menjadi daya tarik utaman di Kebun Bibit Senopati ini.

Sangat tepat dijadikan sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran sekaligus berswafoto ria dengan latar belakang yang ciamik abis. Dengan konsep eduwisata, kebun ini juga mengajak para pengunjungnya untuk belajar dalam hal bercocok tanam, seperti sistem belajar menanam bonsai, hidroponik dan lainnya.

45. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu

  • Lokasi : Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Satu lagi taman bunga di kota Magelang yang tak kalah indah yaitu Taman Ramadanu. Taman ini memang masih tergolong wisata baru sebab baru didirikan pada bulan Juni 2018 lalu serta mengambil konsep taman bunga.

Meskipun baru, karisma dari taman bunga ini sudah menarik banyak wisatawan setiap harinya. Selain taman bunga, disini juga dihiasi dengan miniatur rumah baling-baling khas Belanda. Karena masih baru taman ramadanu ini sampai saat ini masih dalam peluasan taman dan penambahan beberapa tanaman bunga.

Beberapa bunga yang terdapat di taman ini adalah bunga zinna dan bunga celosia, dimana bunga-bunga ini akan di padukan sehingga akan memberikan warna yang sangat menarik. Suasana udara dan panorama di taman ramadanu ini juga sangat bagus karena berada di antara persawahan, selain mempercantik pemadangan juga menimbulkan kesejukan udara disana.

46. Candi Borobudur

Candi Borobudur

  • Lokasi : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk :
    • *Dewasa
      • WNI : Rp 30.000
      • WNA : 15 USD
    • *Anak-anak
      • WNI : Rp 12.500
      • WNI : 8 USD
  • Jam Buka : 06:00-17:00

Jalan-jalan ke kota Magelang kurang pas rasanya kalau tidak berkunjung ke objek wisata yang satu ini, apalagi kalau bukan Candi Borobudur. Candi yang masuk dalam salah stau keajaiban dunia ini memiliki pesona yang luar biasa.

Susunan balok vulkanik dan pahatan reliefnya merupakan sebuah karya seni yang tak tertandingi nilainya. Candi ini juga menjadi bukti nyata kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur, teknologi dan seni sastra.

Tak hanya bangunan candinya saja yang menarik perhatian, namun juga pemandangan alam di sekitarnya juga mengambil perhatian para wisatawan. Di sebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang jika dilihat bentuknya menyerupai seseorang dalam posisi tidur.

Selain Bukit Manoreh, masih ada lagi Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang mengelilingi bangunan megah ini.

46. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo

  • Lokasi : Dusun Selogriyo, Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 08.00-16.00

Candi ini memang sedikit jual mahal dan perlu usaha untuk mencapai lokasinya. Bagaimana tidak jual mahal, akses jalan ke lokasi candi ini cuma ada satu trek hiking sejauh 2 km di tengah hijaunya sawah dan indahnya pegunungan. Namun disitulah keistimewaanya, di mana lagi Anda bisa berpetualang menuju ke candi antik dan memikat?

Selain bangunan candinya yang unik, setelah sampai di lokasi candi anda juga akan disambut dengan pelataran luas, udara sejuk, dan pemandangan gunung nan indah. Candi ini sendiri diperkirakan sudah dibangun pada abad ke-8 dengan lima relung berisi arca para dewa.

Arca-arca tersebut yakni Durga Mahisasuramardini (Utara), Ganesha (Barat), Agastya (Selatan), serta Nandiswara dan Mahakala (Timur). Satu lagi, di dekat candi ini juga terdapat mata air yang konon bisa membuat awet muda lho. Penasaran kan?

47. Candi Pawon

Candi Pawon

  • Lokasi : Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 09.00-17.30

Candi mungil ini menjadi titik tengah antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Candi mungil ini juga berada di tengah pemukiman warga yang mana memiliki arsitektur berbeda dari candi lainnya dan tentunya juga menyimpan kisah yang menarik. Candi Pawon memiliki bentuk persegi empat dengan atap bertingkat.

Di dalamnya terdapat sebuah bilik yang cukup kecil, lebih kecil dari bilik yang dimiliki oleh Candi Mendut. Yang paling menarik dari semuanya adalah keberadaan lubang angin di bilik candi. Candi ini juga memiliki nama lain yaitu Candi Brajalanan.

Disekitar candi ini para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang seru seperti berwisata budaya dan sejarah, bersepeda, dan tentunya anda dapat mengabadikan momen di area candi dengan background rerumputan hijau yang terlihat sangat rapi.

48. Candi Ngawen

Candi Ngawen

  • Lokasi : Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Magelang memang memiliki wisata sejuta candi yang memiliki ciri khas unik yang berbeda di setiap candinya, salah satunya adalah Candi Ngawen. Candi Ngawen ini memiliki ornamen dan hiasan yang khas lain dari candi sebelumnya. Di candi ini terdapat sebuah gapura yang terpisah dengan badan situs yang bertujuan agar nampak lebih luas dan indah.

Tak hanya itu, di candi ini juga terlihat berdirinya arca Singa Jantan di setiap sudut. Arca tersebut berdiri dengan posisi berdiri di atas batu bulat yang dipahat. Makna arca ini sendiri ialah penjaga untuk menangkal pengaruh jahat. Hiasan ini terdapat juga di Candi Kidal yang terletak di daerah Malang, Jawa Timur.

Walaupun berbagai sumber sejarah menyebutkan bahwa arca ini sulit ditemukan pada bangunan candi di Jawa. Tapi dapat ditemui di beberapa kuil di wilayah Mathura di India.

Fungsi Candi Ngawen tidak jauh berbeda dari candi-candi pada umumnya. Sesuai dengan coraknya, candi ini juga berfungsi sebagai tempat peribadahan umat Budha. Yang menjadi pembeda dari Candi Ngawen ini adalah frekuensi digunakannya. Walaupun sama-sama sebagai tempat peribadatan, namun candi ini cenderung jarang dikunjungi.

49. Telaga Bleder

Telaga Bleder

  • Lokasi : Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 7.000
  • Jam Buka : 08.00-17.00
  • Fasilitas : area parkir, gazebo, sewa wahana permainan air, toilet, kolam renang

Telaga Bleder ini memang lain daripada yang lain, sebab telaga ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata alam keluarga yang dirancang dan dikembangkan untuk liburan keluarga. Jadi jika anda mengajak buah hati anda, tempat ini sangatlah aman.

Saat memasuki area telaga, anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam asri dan sejuknya udara. Di salah satu sisi, dapat dilihat juga latar belakang telaga yang merupakan Gunung Andong serta beberapa bukit kecil di sekitarnya.Tempat ini sangatlah cocok dijadikan sebagai tempat bersantai yang asik di pagi, sing, sore, hingga malam hari.

50. Camera House Borobudur

Camera House Borobudur

  • Lokasi : Majaksingi 8, Borobudur, Karang Bawang, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Ingin merasakan rasanya di dalam sebuah kamera raksasa? Datang saja ke Camera House Borobudur, disini kalian akan disuguhkand dengan berbragai lukisan yang sangat kreatif dan lucu, dijamin deh kalian tidak akan bosan dan lelah untuk menelusuri sudut demi sudutnya.

Di rumah ini total memiliki 3 lantai yang dapat kalian kunjungi semuanya dengan menggunakan  tangga dan tentunya di sepanjang tangga anda akan ditemani dengan lukisan serta gambar yang telah dicetak. Dan yang paling manarik adalah anda dapat menyaksikan keindahan pemandangan desa yang masih sangat asri di top floor bangunan ini.

Jika anda ingin liburan ke kota Mojokerto, kunjungi juga Tempat Wisata di Mojokerto yang tak kalah bagus.

51. Klenteng Liong Hok Bio

Klenteng Liong Hok Bio

  • Lokasi : Jalan Alun Alun Selatan No. 2, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Dilihat dari bangunanya sendiri, kelenteng ini menghadap ke utara atau ke arah alun-alun. Klenteng yang berdiri besar dan megah ini sering dikunjungi oleh para peziarah dan juga umat Tri Dharma (Tao, Konghucu, dan Buddha) sebagai tempat ibadah.

Bangunan yang didominasi warna merah ini juga melengkapi kawasan alun-alun dengan nuansa tempat peribadatan dan deretan heritage yang ada di Kota Magelang. Kemegahan klenteng ini akan semakin nampak ketika malam hari tiba, sebab pancaran dari tataan lampu membuat klenteng ini terlihat sangat megah dan mewah.

52. Jembatan Gantung Srowol

Jembatan Gantung Srowol

  • Lokasi : Sawah, Adikarto, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bagi kalian yang ingin mengunjungi kota Magelang dari arah Kulon Progo, sebaiknya anda mengambil ruas jalan menuju jembatan ini, sebab jembatan ini akan membantu perjalanan anda lebih cepat dan mudah. Namun ketika musim hujan tiba, para pengendara di sarankan untuk lebih berhati-hati sebab jembatan ini akan amat sangat licin.

Jembatan gantung ini juga memiliki spot view yang sangat indah, sehingga tak jarang masyarakat setempat memanfaatkan jembatan ini untuk bersantai di sore hari sembari memancing.

53. OHD Museum

OHD Museum

  • Lokasi : Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 50.000
  • Jam Buka : 10.00-17.00

Museum pribadi ini dimiliki oleh seorang kolektor seni bernama Oei Hang Djien (OHD). Museum ini memiliki lebih dari 2000 karya seni yang terdiri dari lukisan, patung, pahatan hingga new media art. Beberapa karya dari seniman besar seperti Affandi, Hendra Gunawan hingga S. Sudjojono dan Widayat pun terdapat di museum ini.

Museum ini juga salah satu museum terlengkap yang ada di Indonesai, jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi museum yang satu ini ya guys.

54. Museum Sudirman

museum sudirman

  • Lokasi : Potrobangsan, Magelang Utara, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Museum ini salah satu museum yang menyimpan koleksi benda bersejarah termasuk beberapa benda pribadi  peninggalan Jenderal Sudirman, seperti kelengkapan dinas kemiliteran dan juga kursi tandu yang pernah digunakan untuk menggotong Jenderal Sudirman.

Berada di museum ini, akan memberikan anda pengalaman berwisata sejarah yang berarti untuk mengisi waktu kosong liburan anda.

55. Museum Diponegoro

museum diponegoro

  • Lokasi : Kompleks Karesidenan Kedu Magelang, Jl Diponegoro No 1 Magelang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Seperti namanya, museum ini menyimpan koleksi benda bersejarah yang berkaitan dengan peristiwa perundingan Pangeran Diponegoro dengan Jenderal De Kock. Beberapa benda bersejaran diataranya adalah meja kursi, jubah berbahan kain shantung, cangkir, tempat sholat, dan koleksi lainnya.

56. Museum Taruna Abdul Jalil

Museum Taruna Abdul Jalil

  • Lokasi : Subroto Komplek AKMIL, Kota, Jl. Jend. Gatot Soebroto, Jurangombo Selatan, Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00 (Senin-Jum’at)

Salah satu julukan kota Magelang adalah kotanya sang tentara. Ini disebabkan karena kita dapat dengan mudah menemukan basecamp para tentara.DI utara ada ARMED 3/105 Nagapakca, di Timur ada markas Rindam IV Diponegoro, di Barat ada SECABA, dan di selatan ada kompleks AKMIL, Panca Arga & SMA Taruna Nusantara.

Untuk museum Taruna Abdul Jalil ini memang tidak dibuak untuk umum, para pengunjung perlu reservasi dengan mengirimkan surat resmi kepada Gubernur Akmil. Museum ini menyimpan segala macam pernak pernik taruna & sejarah berdirinya AKMIL.

57. Museum Badan Pemeriksa Keuangan

Museum Badan Pemeriksa Keuangan

  • Lokasi : Jalan Pangeran Diponegoro, Magelang, Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-15.00 (Senin-Jum’at)

Seperti namanya, museum ini menyimpan berbagai benda bersejarah berdirinya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada 28 Desember 1946. Kantro pertamam BPK juga di dirikan di kota ini, lokasinya masih satu kawasan dengan Museum Diponegoro.

58. Museum Jenderal Sudirman

museum jenderal sudirman

  • Lokasi : Taman Badakan, Jl Ade Irma Suryani No C 7 Magelang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-15.00

Museum Jenderal Sudirman ini menyimpan benda-benda bersajarah yang dahulunya di pakai oleh Panglima Besar Tentara Republik Indonesia yaitu Jenderal Sudirman.

Benda bersejarah tersebut meliputi tempat tidur ketika Jenderal Sudirman wafat, meja yang digunakan untuk memandikan jenazah beliau, serta sebuah replika tandu dan beberapa lukisan. Jenderal Sudirman dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta.

59. Museum Bumiputera

Museum Bumiputera

    • Lokasi : Jl Ahmad Yani No 21 Poncol Magelang
    • Tiket Masuk : –
    • Jam Buka : 08.00-15.00  (Senin-Sabtu)

Pada awalnya, kompleks museum ini merupakan kantor pusat AJB Bumiputera. Dan kemudian berdirilah Museum Bumiputera yang menyimpan koleksi benda bersejarah seperti mesin ketik, mesin hitung, mesin kalkulator, mesin pencetak kuitansi, uang kuno, dll.

Jika kalian berniat untuk mengunjungi museum ini, ada baiknya untuk melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak museum by phone, untuk nomornya adalah 0293-362610.

60. Alun Alun Magelang

Alun Alun Magelang

  • Lokasi : Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Alun Alun Magelang ini memiliki kondisi yang sangat bersih dan terawat, sehingga banyak masyarakat kota Magelang yang menghabiskan waktunya di kala sore hari di alun-alun ini. Tak hanya itu, beberapa wahana rekreasi anak juga terdapat di alun-alun ini dan tentunya harga setiap wahananya sangat murah, bisa dinikmati bersama keluarga anda tercinta.

Dan jangan lupa untuk mencicipi setiap jajanan yang berada di area alun-alun ya, dijamin seadap deh.

61. Top Selfie Pinusan Kragilan

wisata ayunan magelang

  • Lokasi : Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 (Kendaraan Roda Dua), Rp 10.000 (Kendaraan Roda Empat)
  • Jam Buka : 06.00-18.00

Hutan pinus di lereng Gunung Merbabu ini memang telah disulap menjadi pemuas dahaga para pecinta selfie dan buat mereka yang ingin senantiasa eksis di media sosial.

Hasil sulapannya berupa berbagai titik swafoto keren, diantaranya tempat tidur gantung (hammock) beraneka warna, ayunan, panggung di atas pohon, menara bambu, sepeda pohon, jembatan gantung, rumah kayu, kursi santai, dan sarang burung. Jadi silakan berswafoto sepuasnya, bahkan sampai mati gaya sekalipun!

Sebenarnya, tanpa disulap pun, tempat ini sudah memiliki pesona yang sangat aduhai! Terlihat adanya deretan pohon pinus yang sangat terlihat rapi di perbukitan, di dukung dengan sejuknya udara gunung dan Gunung Merbabu yang tampak jelas. Lukisan alam indah ini memang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Magelang.

62. Wanaprastha

Wanaprastha

  • Lokasi : Dusun Srigading, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Kendaraan)
  • Jam Buka : 08.00-17.00 (Senin-Kamis), 11.00-17.00 (Sabtu-Minggu)

Wanaprastha ini merupan sebuah gardu pandang yang akan membawa anda menyaksikan hamparan hijaunya persawahan. Tak hanya itu, lewat gardu pandang ini anda juga dapat melihat kemegahan Gunung Merbabu.

Pelataran atas serta puncak menaranya merupakan tempat-tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk berswafoto. Berhubung tempat ini sebenarnya merupakan kedai kopi dan bar, jadi anda jangan lewatkan kesempatan menikmati kopi berteman udara segar pegunungan ya.

63. Sendang Maren

Sendang Maren

  • Lokasi : Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-17.00

Pernahkah anda terganggu dengan bau kaporit dikala sedang asik-asiknya beranang, tenang saja disini anda tidak akan terjadi. Karena memang Sendang Maren ini merupakan air mata alami yang airnya sangat jernih.

Bahkan dari hasil jepretan kamera bawah air, anda bisa tampak seperti sedang melayang! Selain itu, sejuknya air pegunungan dan indahnya alam pedesaan juga begitu memikat.

64. Goa Slandak

Goa Slandak

  • Lokasi : Dusun Grogol, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 5.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Goa ini letaknya di daerah perbukitan yang sejuk. Sebelum mencapai goa ini, anda harus melewati hutan pinus yang dipenuhi dengan para penunggu seperti landak dan gorila raksasa, eits tidak usah takut, itu hanya patung kok hihihi.

Jadi anda dapat berswafoto dengan latar belakang para penunggu tersebut. Setelah melewati hutan, barulah Anda akan sampai di Goa Slandak serta air terjunnya yang tinggal berdampingan. Siapa sih yang tidak tergoda untuk tidak menceburkan diri dalam airnya yang jernih dan sejuk?

65. Tok Ngudal Lanang

Tok Ngudal Lanang

  • Lokasi : Desa Tampirkulon, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 3.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tak hanya Sendang Maren, Tok Ngudal Lanang ini juga memiliki air sebening kaca di dalam rimbunan alam pedesaan. Air di dalam kolamnya juga termasuk dangkal dan di dasarnya terdapat bebatuan yang berbentuk unik. Berswafoto sembari menyelam di dalam airnya?

Hasilnya akan tampak seperti Anda sedang berada di dalam akuarium raksasa, lengkap dengan bebatuan antik. Coba deh

66. Sendang Mudal

Sendang Mudal

  • Lokasi : Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan,Kabupaten Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 07.00-18.00

Selanjutnya ada Sendang Mudal yang sama sama memiliki air sebening kaca. Dianugerahi air sebening kristal sehingga pasir lembut di dasarnya bisa terlihat jelas dari luar kolam. Padahal kedalaman telaga ini sampai sekitar pinggang orang dewasa lho!

Karena pasirnya sangat lembut, jadi kalian tidak perlu khawatir terluka saat bergaya dan berswafoto di dalam airnya. Selain dijadikan tempat wisata, mata air ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air konsumsi penduduk sekitar. Jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan ya!

67. Gending Sukorejo

Gending Sukorejo

  • Lokasi : Jalan Ganjuran, Dusun Ganjuran, Kec. Mertoyudan, Bagongan, Sukorejo, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 5.000
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gending Sukorejo merupakan sebuah oemandaian alami dengan air yang super duper jernih ini memiliki tiga kolam berbeda yaitu kolam untuk laki-laki, untuk wanita dan kolam campur untuk anak-anak. Berada di lokasi pemandian, rugi rasanya jika tidak menceburkan diri dan menikmati sensasi airnya yang menyegarkan.

68. Junkyard Autopark & Cafe

Junkyard Autopark & Cafe

  • Lokasi : Wanurejo, Borobudur, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
  • Tiket Masuk : Rp 15.000 per orang, Rp 2.000 (Parkir Motot), Rp 4.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-19.00

Puas berwisata kini saatnya kita memanjakan perut dan lidah dengan berbagai macam kuliner yang menggoda tepatnya di Junkyard Autopark & Cafe.

Disini selain anda dapat menyantap berbagai menu andalannya, anda juga bisa berwisata kekinian yang sangat asik tentunya, disini tersedia banyak sekali spot foto kekinian, dan yang paling menarik disini juga terdapat 14 koleksi mobil klasik, bemo, bahkan motor kuno juga ada.

Tak lupa cafe dan wahana permainan anak pun tersedia di sini. Yang pasti ketika anda disini, perut anda senang hati anda juga senang.

Selain terkenal akan Candi Borobudurnya, ternyata kota Magelang juga memiliki pesona wisata lain yang tak kalah menakjubkan, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Kota Magelang, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Gorontalo

Dwi Okta
14 min read

Tempat Wisata di Salatiga

Dwi Okta
17 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *