Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tempat Wisata di Denpasar

21 min read

Tempat Wisata di Denpasar

Hello sahabat travelers dimanapun anda berada. Kali ini kami akan membahas tempat wisata unik yang ada di Denpasar, Bali. Siapa sih yang tidak kenal dengan Bali? Pastinya semua orang tau dong, bahkan Bali juga terkenal hingga ke penjuru dunia. Bali memang terkenal karena menyimpan keindahan alam dan pantai serta budayanya yang amat sangat terjaga hingga sekarang.

Denpasar sendiri merupakan ibukota dari Provinsi Bali yang dimana menjadi pusat kegiatan bisnis khusunya industri pariwisata sekaligus merupakan daerah dengan pendapatan per kapita dan pertumbuhan tertinggi di Provinsi Bali.

Nahh, kira-kira mana saja ya tempat-tempat wisata menarik yang ada di Bali? Kali ini alawisata akan membahasnya untuk anda semua.

Yuk langsung simak baik-baik beberapa rekomendasi tempat wisata di Bali yang bisa anda kunjungi.

1. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang

  • Lokasi : Jl. Uluwatu, Br. Dinas Karang Boma, Pecatu, Kuta Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pantai Nyang Nyang merupakan salah satu pantai tersembunyi yang ada di Bali, dan belum memiliki banyak pengunjung. Pantai ini memiliki garis pantai berwarna kuning keemasan, tebing yang penuh dengan tumbuhan hijau, hamparan savana berwarna hijau, serta birunya laut dengan ombak yang sangat pas untuk berselancara menjadi keunggulan dari pantai satu ini.

Fakta unik dari pantai ini ialah pantai ini menjadi satu-satunya kandidat pantai dari Indonesia yang masuk dalam salah satu pantai terbaik di dunia dan wajib dikunjungi ditahun 2018 oleh CNN Travel Internasional.

Pantai ini memang belum terkenal layaknya pantai lain yang ada di Pulau Bali, ini dibuktikan dengan belum adanya peta digital untuk lokasi Pantai Nyang Nyang.

Akses menuju pantai ini pun terbilang cukup sulit, karena letaknya yang berada di bawah tebing, maka setiap pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga dengan kemiringan yang cukup ekstrem.

Namun, ketika anda tiba di lokasi, dijamin penat yang anda akan langsung terbayar dengan pasir bertekstur kasar berwarna kuning keemasan, pemandangan tebing, serta ombak bergulung tinggi yang siap memanjakan anda.

Pantai Nyang Nyang ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga lokasi ini menjadi surga bagi para peselancar. Selain itu, aktivitas lainnya juga dapat dilakukan dipantai ini mulai dari berjemur di pantai, mencari kerang, atau bahkan berkemah.

Setelah puas bermain dipantai dan naik kembali, jangan lewatkan aktivitas lain yang tak kalah seru tentunya yaitu paralayang. Terbang di Bukit Peninsula melihat pemandangan matahari terbenam, tebing, dan pantai dari atas udara tentu menjadi moment yang tak bisa terlupakan.

2. Pantai Melasti Ungasan

Pantai Melasti Ungasan

  • Lokasi : No.8, Gg. VIII, Ungasan, South Kuta, Badung Regency, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : penginapan dan hotel

Pantai ini diberi nama Pantai Melasti sebab pantai ini kerap dipakai untuk upacara Melasti oleh warga sekitarnya pada hari tertentu misalnya sebelum hari raya Nyepi.

Pantai ini memang tergolong pantai baru yang rencananya akan dikembangkan sebegai pusat olah raga air seperti di Tanjung Benoa. Sehingga nantinya, keseruan bermain banana boat, Jet ski, Flyboarding atau aktifitas Watersport Bali lainnya juga dapat dilakukan di sini.

Pantai ini desainnya sama dengan Pantai Pandawa yaitu sama-sama berada dibalik tebing kapur yang berkelok dan sudah dipotong-potong.

Di pantai ini rencana juga akan dibuat anjungan yang menjorok langsung ke tengah laut, dengan tujuan memudahkan penduduk setempat untuk melakukan ritual keagamaan contohnya saat melasti akan memudahkan untuk “nganyud” ke tengah laut.

Karena pantai ini masih tergolong baru, makan tak banyak wisatawan yang singgah di pantai ini, namun biasanya terdapat fotografer yang ingin mengabadikan indahnya formasi batu karang dan tebing yang menjulang tinggi di patai ini.

Uniknya, setiap usai turun hujan, dari dinding tebing ini akan mengeluarkan air seperti “air terjun” spektakuler yang mengalir deras menuju ke hamparan pasir sebelum berakhir di laut. Sungguh moment langka yang sangat ditunggu-tunggu.

3. Pantai Suluban Blue Point

Pantai Suluban Blue Point

  • Lokasi : Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali Indonesia.
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : villa, cafe, resto, bed or matras

Pantai ini merupakan salah satu pantai populer yang berada di Kabupaten Badung Bali. Yang selalu dapat menarik banyak wisatwan asing mengunjungi pantai ini.

Nama dari pantai ini diambil dari bahasa Bali “suluban” yang berarti berjalan melalui suatu tempat yang ada di atas kepala manusia. Hubungannya dengan pantai ini karena saat setibanya anda di tepi pantai anda akan menginjakan kaki di pasir putih, dan selanjutnya anda menuju bibir pantai. Dan dibibir pantai tersebut diapit oleh 2 tebing karang tinggi seperti lorong yang harus anda lewati untuk mencapai bibir pantai ini.

Dan Blue Point sendiri karena banyaknya turis asal australia yang berkunjung dan menamai pantai ini dengan sebutan Blue Point sebab adanya hotel di atas pantai Suluban yang bernama hotel Blue Point, agar mudah diingat sehingga para turis ini menamai Pantai Suluban ini dengan nama pantai Blue Point.

Pantai ini sudah tidak usah diragukan lagi keindahannya, memiliki pasri berwarna putih, dengan kedalaman air yang berbeda berdasarkan warna, seperti biru tua sebagai lokasi air pantai terdalam, dan hijau sebagai lokasi air pantai yang paling dangkal.

Pada saat air surut tiba, anda akan menjumpai kolam mungil alami yang terbentuk secara tiba-tiba di sepanjang pinggiran pantai. Wisatawan biasanya menikmati pantainya untuk berjemur atau sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan.

4. Pantai Kelan

Pantai Kelan

  • Lokasi : Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : area parkir, pusat kuliner

Kurang rasanya jika anda mengaku liburan ke Bali namun belum menikmati keindahan matahari terbenam di tepi pantai. Daripada hanya sekedar memandangi sunset saja, bagaimana kalau alawisata tawarkan untuk sekaligus melihat beberapa pesawat yang terbang melintas persis di atas kepala kita?

Ya! Pantai Kelan solusinya. Pantai Kelan merupakan salah satu lokasi sunset terbaik yang dimiliki Bali yang berada di dekat Bandar Udara Ngurah Rai. Karena jarang anda dapat merasakan momen bersantai menatap laut lepas sambil ditemani dengan deru pesawat terbang yang melintas.

Selain itu, anda juga dapat nongkrong bersama kawan anda di tepi pantai sembari menyantap menu hidangan khas laut yang tentu membuat lidah dan perut anda bergoyang kegirangan.

5. Waterblow Nusa Dua

Waterblow Nusa Dua

  • Lokasi : Pantai Nusa Dua, Semenanjung Nusa Dua, Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda menginginkan pemandangan yang lain dari yang lain, anda harus mengunjungi tempat yang satu ini. Waterblow Nusa Dua namanya, disini anda dapat melihat semburan air laut yang begitu spektakuler akibat fenomena alam yang terbentuk dari gelombang ombak Samudera Hindia berkecepatan tinggi yang menghantam celah sempit di antara tebing karang, sehingga mampu menghasilkan hempasan air yang luar biasa hingga tersembur tinggi ke atas!

Dan perlu anda catat, supaya anda tidak ikut kebasahan karena terkena cipatran air ini, jangan lupa jaga jarak saat melihatnya.

Karena dahsyatnya ombak yang dihasilkan maka ada beberapa peringatan yang tertera disebelah gerbang masuk yang berisikan peringatan berupa larangan untuk berenang, ombak berbahaya,ombak tinggi, tebing curam, batu karang yang licin, karang tajam, serta arus yang kuat.

6. Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi

  • Lokasi : Jalan Pura Tegalwangi, Badung, Jimbaran
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (Parkir Motor), Rp 15.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Hotel dan penginapan

Serpihan surga yang tak boleh anda lewatkan ketika berada di Bali adalah Pantai Tegal Wangi. Ketika anda disana dijamin anda akan dibuat membisu akan kecantikan panoramanya yang elok.

Pernahkah bermimpi untuk berendam di kolam milik pribadi sembari memandang lautan lepas tak berujung? Disini anda dapat melakukannya!

Lubang kecil alami yang tersebar di tepi pantai ini menampung air langsung dari lautan, sehingga sangat memungkinkan untuk anda berendam di dalamnya layaknya sebuah jacuzzi.

Di dukung dengan panorama alamnya yang memukau menjadikan tempat ini sebgai tempat yang pas untuk melepas penat serta stress di kepala. Dan jangan lupa untuk mengabadiakan momen ketika berada disini ya.

7. Pantai Sanur

tempat wisata di denpasar selatan

  • Lokasi : Jalan Matahari Terbit, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Sanur Kaja, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : track jogging, hotel, resort, villa, bungalow, art shop, money changer, mini market, bar, cafe, restoran, taxi meter, penyewaan motor dan mobil

Siapa sih yang tak kenal dengan Pantai Sanur? Hampir semua wisatawan lokal maupun macanegara menyempatkan untuk singgah ke pantai satu ini.

Kebersihan pantai yang selalu terjaga, serta omabk lautnya yang tenang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Fakta unik dari pantai ini yaitu pantai ini merupakan kebalikan dari Pantai Kuta yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, sedangkan disini anda dapat melihat matahari terbit, sehingga dinamai juga sebagai pantai matahari terbit.

Aktivitas seru yang dapat anda lakukan disini diantaranya seperti scuba diving, snorkeling, naik kano, dan seawalker Bali. Dan juga karena ombaknya sangat tenang, maka pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat berenang.

8. Pantai Sindhu

Pantai Sindhu

  • Lokasi : Kel. Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : toko souvenir, sepeda, kendaraan bermotor, cafe

Pantai ini terbilang salah satu pantai yang memiliki ciri daya tariknya sendiri. Wisatawan dapat menikmati hamparan pasir yang cerah yang ditemani jejeran peahu para nelayan yang parkir di pinggiran pantai.

Disini wisatawan juga dapat berjemur sembari menyantap kuliner yang dijajakan di sepanjang garis pantai atau hanya sekedar berjalan menyusuri pantai dan menggoda ombak sembari menikmati sejuknya angin yang bertiup di Pantai Sindhu.

9. Pasih Uwug

Pasih Uwug

  • Lokasi : Jalan Batu Nunggul, Nusa Penida
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu0

Pasih Uwug juga memiliki julukan sebagai broken sea yang kebetulan juga merupakan salah satu fenomena alam yang sangat spektakuler yang dimiliki Bali.

Mengapa diberi jukulan broken sea? Karena setibanya ditempat ini, anda akan disuguhkan gerbang alam yang terbentuk dari sebuah tebing bebatuan. Gerbang tersebut merupakan lubang di tengah tebing berbatu yang dulunya merupakan sebuah gua.

Namun dasar dari goa tersebut sudah hancur dan runtuh, sehingga membentuk sebuah gerbang seperti sekarang. Lubang dalam tebing tersebut juga membuat air yang berasal dari laut mengalir ke dalam lubang, dan menciptakan kolam alam menawan yang bisa dikagumi di setiap sisi lainnya, dan bahkan Anda juga dapat berenang di dalamnya!

10. Angel’s Billabong

Angel’s Billabong

  • Lokasi : Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pernah berenang di infinity pool yang ada di resort atau beach club? Angel’s Billabong ini akan memberikan pengalaman berenang yang tak akan terlupakan layaknya infinity pool alami yang ada di Nusa Penida!

Menariknya lagi, air di kolam alami ini sejernih kristal yang mampu menampakan keindahan dasar airnya dan membuat pantulan cahaya kehijauan layaknya batu zamrud!

Warna kehijauan tersebut disebabkan oleh dasar kolam yang dapat anda pijak tanpa khawatir terpeleset, karena tidak licin dan begitu nyaman dipijak bak berjalan dihamparan permadani berwarna hijau.

Coba bayangkan, betapa nikmati infinity pool alami saat ini juga, dijamin badan tidak ingin segera beranjak dari tempat.

11. Konservasi Penyu Pulau Serangan

Konservasi Penyu Pulau Serangan

  • Lokasi : Tukad Wisata No.4, Lingk. Pojok – Serangan, Denpasar Selatan, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 09.00-17.00

Objek wisata ini berada di sebuah pulau kecil dengan luas sekitar 300 hektar dan terletak di sebelah Selatan kota Denpasar.

Bagi anda yang ingin menikmati tempat wisata berserta keluarga, objek wisata yang satu ini merupakan pilihan yang pas untuk memboong keluarga anda liburan disini.

Objek wisata yang satu ini menawarkan berbagai macam aktivitas edukasi yang menarik, mulai dari menyaksikan telur-telur penyu menetas, berfoto dengan penyu, hingga melihat penyu berbagai ukuran yang ada di kolam observasi. Bagi anda yang mengaku pecinta binatang, tempat yang satu ini wajib untuk anda kunjungi ketika berada di Denpasar.

Bahkan juka anda beruntung, anda akan menjumpai waktu pemberian bagi si para penyu, dan dijamin pasti anak-anak gembira melihatnya!

Dan janga lupa sebelum pulang, sempatkan menandatangani buku tamu dan dapatkan souvenir unik dan menarik.

12. Hutan Mangrove Bali

Hutan Mangrove Denpasar

  • Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai, Km. 21, Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 per orang, Rp 200.000 (Foto pre wedding)
  • Jam Buka : 08.00-18.00
  • Fasilitas : jembatan kayu, shelter, spot foto

Objek wisata yang satu ini memiliki daya tarik utama berupa hutan bakau yang masih sangat asri. Disini anda dapat bersantai sambil menikmati sejuknya udara di sekitarnya. Para pengunjung juga dapat menelusuri hutan ini dengan menggunakan jembatan kayu sepanjang 2 km dan di beberapa titik tertentu disediakan shelter untuk beristirahat.

Spot paling menarik yang ditawarkan oleh hutan mangrove ini terletak di ujung jembatan. Dari tempat tersebut, para wisatwan dapat melihat view pemandangan berupa jalan tol dan Pantai Tanjung benoa.

13. Ladang Bunga Gemitir (Marigold) Desa Temukus

Ladang Bunga Gemitir (Marigold) Desa Temukus

  • Lokasi : Desa Temukus, Bali Timur
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika biasana sebuah desa di dominasi dengan warna hijau, maka berbeda halnya dengan Desa Temukus. Desa ini didominasi dengan warna jingga karena tempat ini terkenal akan keindahan bunga-bunga yang mekar dengan kelopak berwarna kuning-jingga.

Jika anda pernah melihat ritual di Bali dan ada satu bunga khusus yang digunakan yaitu bunga Marigold, atau warga lokal biasa menyebutnya ‘Gemitir’. Ketika anda berada di desa ini anda akan dikelilingi bunga Marigold bayangkan betapa menyenangkannya berada disini.

Satu lagi, jika anda berencana datang kesini jangan lupa untuk mampir juga ke Padang Kasna Temukus yang terletak di Dusun Junggul, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Berbeda dengan Kebun gemitir yang menyerupai lautan jingga, bunga-bunga Kasna ini berwarna putih layaknya salju, sehingga dijuluki Edelweiss-nya Bali. Latar belakang Gunung Agung membuat pemandangan tambah dramatis!

14. Desa Musi

Desa Musi

  • Lokasi : Desa Musi, Gerokgak, Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Desa ini memiliki daya tarik utama berupa air terjun tersembunyi di antara tebing dan bebatuan. Tempat berlibur menyejukkan bagi anda yang sedang mencari pengalaman otentik ala desa sederhana di Bali.

Disini anda akan disuguhkan dengan sebuah kawasan tebing di mana air terjun berjatuhan dengan kencangnya ke dalam sebuah kolam alami. Karena lokasinya yang tersembunyi, anda dapat menanyakan akses jalan menuju air terjun kepada penduduk setempat sekaligus  kesempatan yang bagus sekali untuk bercengkrama dengan penduduk lokal!

15. Desa Pinggan

Desa Pinggan

  • Lokasi : Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Gunung Batur adalah gunung berapi aktif yang paling sering dikunjungi. Namun para turis dan wisatawan lokal biasanya menikmati keindahannya lewat Desa Pinggan. Suasananya yang sunyi dan tenang mampu menyihir anda serta menambah kesan panorama magis gunung setinggi 1.717m ini.

Tak hanya itu, saat matahari mulai tebenam, Gunung Batur akan semakin memamerkan keindahan yang dimilkinya. Pemandangan di malam hari pun tak kalah mempesona, dengan pendaran lampu dari Desa Pinggan di kaki gunung, serta siluet gunung lengkap dengan latar belakang cahaya bintang di langit kelam membut anda merasa terpukau.

Menikmati keindahan Gunung Batur disini memang dijamin akan jauh lebih elok dan anggun.

16. Bukit Belong

Bukit Belong

  • Lokasi : Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bukit Belong ini menawarkan pemandangan berupa hamparan rerumputan yang tinggi di bukit hijau berpadu sempurna dengan langit biru serta awan putih yang berarak tampak yang begitu indah layaknya simfoni alam.

Disini anda juga dapat melihat pemandangan berupa petakan sawah yang membentang luas lengkap dengan suasana yang asri dan segar. Untuk sampai di lokasi bukit, anda akan membutuhkan sedikit usaha yang ekstra karena anda diharuskan berjalan mendaki setidaknya sejauh 150 meter. Jangan lupa mengabadikan momen ketika sampa ya!

17. Campuhan Ridge Walk

Campuhan Ridge Walk

  • Lokasi : Jalan Raya Campuhan, Sayan, Ubud, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : karsa cafe

Jika tadi kita membahasa salah satu bukit di Denpasar, alawisata akan membawa anda berkunjung menyusuri jalur romantis di puncak bukit. Dengan lanskap yang sangat unik, Campuhan Ridge Walk ini menguhubungkan persawahan, gubuk-gubuk tradisional, dan vila-vila indah dengan suasana yang amat romantis.

Disini anda dapat dengan mudah menjumpai kupu-kupu di sepanjang perjalanan. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi jalur ini adalah saat pagi hari atau sore hari agar Anda terhindar dari sengatan sinar matahari yang cukup terik di siang hari.

18. Kolam Teratai (Lotus Lagoon) Candidasa

Kolam Teratai (Lotus Lagoon) Candidasa

  • Lokasi : Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Mencari objek wisata yang beda daripada lainnya, datang saja ke Kolam Teratai (Lotus Lagoon) Candidasa.

Disini anda akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang penuh dengan bunga lotus atau teratai  berwarna merah jambu dengan sebuah taman yang dihiasi patung-patung khas Bali di tengahnya. Dijamin susana disini akan menyegarkan pikiran serta menenagkan hati anda.

19. Pantai Geger

Pantai Geger

  • Lokasi : Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.5, Benoa, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Terletak di kawsan Nusa Dua yang elit yang beberapa bagiannya tersentuh oleh pembangunan pariwisata, namun sisi lain dari Pantai Geger tetap dibiarkan seperti adanya. Bahkan potongan kecil area pantai ini menjadi lokasi favorit para wisatawan yaitu pantai pertanian rumput laut.

Disini anda dapat melihat aktivitas para petani rumput laut yang sangat aktif kesana kemari. Tak hanya itu, disini anda juga dapat berenang atau ber-snorkeling ria. Menariknya lagi pertanian rumput laut ini juga mengundang ikan-ikan yang indah kecil ke perairan yang dangkal.

20. Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre

  • Lokasi : Jl. Nusa Indah No.1, Denpasar Timur, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : Aula Gedung petunjukannya dengan kursi layaknya yang ada di Bisokop XXI

Bagi anda yang menyukai eksotisme tarian yang merupakan Tradisi Bali, seperti Tari Kecak atau Tari Barong anda harus datang ke Taman Werdhi Budaya Art Centre. Tempat ini merupak tempat digelarnya pentas dan pesta kesenian Bali (PKB) juga pengembangan bakat – bakat seni warga bali.

Jadwal Acara Bali Art Festival ini rutin dilaksanakan setiap tahun sekali, tepatnya pada bulan juni hingga bulan juli, serta pesertanya bersal dari seluruh wilayah kabupaten Bali. Menariknya lagi, pembukaan Bali Art Festival di setiap tahunnya mulai mengundang partisipasi dari negara sahabat sepeti Jepang, Tiongkok dan Korea.

Pesta Kesenian Bali ini sesuai namanya merupakan aktivitas yang mempertunjukan parade kesenian dari setiap daerah di bali yang memiliki ciri khas dan karakter yang berbeda.

21. Love Anchor Canggu Bali

tempat wisata denpasar utara

 

  • Lokasi : Jl. Pantai Batu Bolong No.56, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-00.00

Sebuah pasa kecil yang kece abis ini memiliki beberapa restoran, café, bar dan pertokoan di dalamnya. Bahkan pasar kecil itu dihiasi oleh lampu-lampu centil nan menarik. Setiap minggunya, pasar ini berubah menjadi sebuah bazaar yang keren dengan gerai-gerai dadakan.

Disini anda dapat menemukan berbagai produk-produk fashion yang unik dan trendi, dekorasi rumah, sampai benda-benda seni. Tak ketinggalan pula barang-barang lucu untuk anak-anak! Lelah berkeliling, Andapun dapat bersantai membeli minuman saat promo Happy Hour! Pasar ini sanagt cocok bagi anda instagramer karena setiap sudut dari pasar ini sangat instagenic.

22. Old Man’s Market

tempat wisata di badung

  • Lokasi : Jl. Pantai Batu Bolong No.117X, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 07.00-01.00

Ternyata tak hanya Bangkok yang memiliki pasar akhir pekan, ternyata Indonesia juga punya tepatnya di Bali yang disebut dengan Old Man’s Market. Meskipun tidak terlalu besar, pasar ini menawarkan suasana bazaar yang seru di tepi pantai.

Disini anda dapat berkeliling 150 gerai dengan isi produk yang berbeda-beda. Mencari perhiasan? Atau bahkan baju renang? Semuanya ada disini! Old Man’s Market ini diadakan di café Old Man’s yang terkenal sebagai tempat nongkrong para surfer. Jadi para wanita juga bebas sekalian “cuci mata” hehehe.

23. Bangkai Pesawat Jembrana

Bangkai Pesawat Jembrana

  • Lokasi : Kabupaten Jembrana, Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selain terkenal akan pasir hitamnya, Kabupaten Jembrana ini juga menyimpan sebuah bangkai pesawat bernama Bangkai Pesawat Jembrana. Disni anda dapat melihat bangkai pesawat tersebut dari dekat.

Dan konon katanya akan didirikan sebuah tempat di mana akan terdapat perpustakaan dan pesawat tersebut sebagai atraksi utamanya. Tentu saja akan ada restoran dan kafe juga di situ. Kita nanti saja ya seperti apa kedepannya.

24. Bangkai Pesawat Kuta

Bangkai Pesawat Kuta

  • Lokasi : Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bankai pesawat selanjutnya yang ada di Bali adalah Bangkai Pesawat Kuta. Anda pasti akan bertanya-tanya bagaimana badan pesawat sebesar itu bisa hinggap di lokasi yang tak terduga tersebut. Sama saya juga penasaran, hehehe.

Namun ada yang bilang konon sang pemilik pesawat awalnya ingin mengubah puing pesawat ini menjadi sebuah rumah. Dan sebagian orang lainnya beranggapan bahwa bangkai pesawat ini tadinya hendak dijadikan obyek wisata, namun terbengkalai akibat keterbatasan dana.

Well… apapun ceritanya, kalau anda sedang  berada di daerah sekitar sini, jangan lupa untuk singgah dan berfoto dengan puing pesawat ini ya!

25. Bangkai Pesawat Nusa Dua

Bangkai Pesawat Nusa Dua

  • Lokasi : Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Bangkai pesawat terakhir yang ada di kota Bali dan dijadikan sebagai potensi wisata adalah Bangkai Pesawat Nusa Dua. Bangkai Boeing 737 tua ini secara aneh terdampar di sekitar Pantai Pandawa, sehingga membuat banyak wisatawan berburu untuk berfoto dengan bangakai pesawat yang satu ini.

Sama seperti bangkai pesawat lainnya, yang satu ini juga telah diklaim oleh beberapa pihak yang berencana mengubahnya menjadi sebuah restoran. Meski sampai sekarang ini keinginan  tersebut belum direalisasikan si pemilik, pesawat tersebut kini menjadi atraksi unik tersendiri bagi para petualang, yang bisa berjalan di atas sayap pesawat tersebut tanpa harus khawatir lehernya patah. Unik ya!

26. Pura Taman Saraswati (Ubud Water Palace)

tempat wisata di gianyar

  • Lokasi : Jalan Kajeng, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Disini anda akan disambut dengan kolam teratai besar yang terbelah oleh sebuah jembatan menuju gapura utama. Keindahan Pura Taman Saraswati saat sing hari akan membuat siapa saja berdecak kagum, namun pada saat malam tiba suasananya akan jauh lebih magis.

Keindahan arsitektur tempat ini layak disebut mahakarya luar biasa. Terbukti dengan rumitnya setiap detail ukiran yang terdapat di pura ini mulai dari patung naga penjaga jembatan, hingga ornamen-ornamen pada bangunan utama.

27. Desa Bengkala

desa bengkala

  • Lokasi : Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan desa sebelumnya, desa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu mayortitas penduduk desa mengidap tuna rungu sehingga kerap disebut sebagai Desa Tunarungu, namun sebenarnya dari sekitar 2000 penduduknya, hanya 50 saja yang mengalami bisu-tuli – mereka biasa disebut Kolok.

Meskipun demikian, seluruh warga desa ini memiliki solidaritas yang sangat tinggi, terbukti dengan kemampuan menggunakan bahasa isyarat yang tidak mengidap gangguan tersebut. Bahkan di desa ini memiliki bahasa sendiri yang disebut Kata Kolok untuk saling berkomunikasi yang berbeda dengan bahasa isyarat lainnya dan hanya berlaku di desa ini.

Jika anda berkunjung ke desa ini, anda juga bisa turut membantu mereka dengan menyumbangkan dana atau mensponsori anak penderita tunarungu supaya anak-anak tersebut memiliki kesempatan untuk menimba ilmu.

28. Pembuatan Garam di Amed

Pembuatan Garam di Amed

  • Lokasi : Jalan Abang, Amed, Pantai Selang
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Disini anda dapat meilihat kegiatan langsung bagaimana para petani garam memproses air laut menjadi garam secara tradisional. Meskipun di era modern seperti ini anda tidak perlu repot untuk membuat garam sendiri, tapi tidak salah dong kalau melihat cara pembuatannya.

Menyaksikan para petani garam bekerja ternyata amat sangat menarik dan banyak pelajaran yang bisa dipetik, terutama bagi anak-anak. Dijamin akan menambah wawasan anda perihal bumbu dapur satu ini.

29. Pertunjukan Gambuh

Pertunjukan Gambuh

  • Lokasi : Desa Adat Batuan, Jalan Raya Batuan, Ubud, Bali
  • Tiket Masuk : Rp 75.000
  • Jam Buka : 19.00-20.30

Pertujunkan Gambuh diadakan setiap bulan sekali di tanggal 1 dan 15. Menurut sejrah, pertunjukan ini merupakan pertunjukan tertua di Bali yang memadukan seni musik, sastra, seni peran, dan tarian ini berasal dari Jawa di era Kerajaan Majapahit (1292 – 1527).

Musik yang mengiringi pertunjukan ini berupa gamelan gendang, gong, lonceng dan suling untuk menciptakan susunan harmonisasi musik yang dinamis. Di pertunjukan ini ada satu lakon yang paling terkenal yakni Tebek Jaran (Membunuh Kuda Putih), yang mengisahkan tentang pencarian cinta yang hilang. Jika anda berada di Bali pada tanggal 1 dan 15 jangan lewatkan pertunjukan yang satu ini ya!

30. Pohon Bunut Bolong

Pohon Bunut Bolong

  • Lokasi : Desa Manggissari, Pekutatan, Bali 82262, 11 km utara dari Jalan Denpasar-Gilimanuk
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Ingin merasakan nuansa yang berbeda dari tempat wisata lainnya, sepertinya anda harus mengunjungi Pohon Bunut Bolong. Pohon ini terkenal karena memiliki kekuatan supernatural di dalamnya. Arti dari Pohon Bunut Bolong sendiri yaitu pohon yang tengahnya berlubang.

Pohon ini memiliki akar di kedua sisi jalan yang menyatu di bagian atas dan membentuk semacam lorong. Konon katanya pasangan pengantin disarankan tidak melewati lorong ini karena diyakini dapat berakhir dengan perpisahan. Untuk melindungi khalayak dari kekuatan pohon ini, dibangunlah sebuah jalan di sampingnya agar mereka yang percaya takhayul bisa melintas.

31. Giant Banyan Tree (Pohon Banyan Raksasa)

tempat instagramable di denpasar

  • Lokasi : Munduk, Banjar, Buleleng, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pohon selanjutnya yang tak kalah unik adalah Giant Banyan Tree (Pohon Banyan Raksasa). Dipercaya bahwa pohon ini berusia lebih dari 700 tahun dan memiliki ketinggian mencapai 85 meter lengkap dengan akar-akar yang menjulur disetiap cabang pohonnya.

Bagi anda yang suka akan tantangan barangkali tertarik untuk memanjatnya hingga setinggi mungkin dengan berpegangan di akar-akar gantungnya. Menurut keyakinan warga Bali, Pohon Banyan dipercaya merupakan tempat tinggal para roh halus.

Bahkan menurut legenda, pada jaman penjajahan Belanda dulu, warga setempat banyak yang ‘bersembunyi’ di dalam pohon ini. Tak hanya itu, konon katanya jika anda menyebutkan permintaan anda di pohon ini, permintaan tersebut akan terkabulkan. Percaya atau tidak, tapi lumayan buat seru-seruan!

32. Taman Bali, Padang Galak atau Taman Festival Bali

big garden corner kota denpasar bali

  • Lokasi : Jl. Padang Galak No.3, Kesiman, Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Jika anda penggemar akan cerita mistis, anda harus mengunjungi tempat yang satu ini yaitu Taman Bali, Padang Galak atau biasa disebut dengan Taman Festival Bali. Taman ini merupakan taman hiburan luas di Sanur yang pembangunannya terbengkalai.

Sejak ditinggalkan 14 tahun, taman ini kondisnya menjadi benar-benar menyedihkan. Kini, dengan bangunannya yang rapuh serta dapat roboh kapan saja, atap yang hilang dan coret-coretan di dinding membuat penduduk lokal menyebut taman tua ini sebagai “kota hantu”.

Konon katanya, buaya yang ditinggalkan di taman ini akhirnya saling memakan satu sama lain, dan bagi para pengunjung untuk tidak disarankan berkunjung ke kolam buaya tua yang dipenuhi air hitam dan kotor tersebut. Hewan reptil tersebut mungkin saja sudah dipindahkan bertahun-tahun yang lalu, tetapi lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

33. Desa Kamasan

Desa Kamasan

  • Lokasi : Kecamatan Klungkung, Klungkung, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Desa unik lainnya adalah Desa Kamasan. Disini anda dapat melihat dan bertanya-tanya langsung kepada para pelukis mengenai corak lukisan gaya klasik desa Kamasan ini memang unik, khas dan berkarakter.

Desa Kamasan ini sendiri merupakan “rumah” seni lukis klasik dari jaman Kerajaan Gelgel di abad ke-15 mulai tumbuh dan berkembang setiap tahunnya. Selain indah, lukisan disni juga berfungsi sebagai benda ritual yang menjadi media untuk tujuan tertentu. Maka tak heran jika lukisan dari Kamasan ini sering diburu para kolektor seni.

Selain itu, desa ini juga dikenal sebagai sentra pengrajin uang kepeng (koin bolong) dan ukir peluru. Jadi ada banyak hal yang bisa Anda lihat di sini!

34. Desa Batuan dan Desa Mas

Desa Batuan dan Desa Mas

  • Lokasi : Desa Batuan, Sukawati, Gianyar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Selanjutnya ada Desa Batuan. Disini anda dapat melihat banyaknya pengrajin seni ukir atau pahat batu  dan melihat langsung bagaimana para seniman ini berkarya dengan jari-jemari mereka yang mahir, membuat topeng dan ornamen lain serta anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh.

Sedangakan jika anda lebih menyukai seni ukir kayu dan topeng kayu, maka berkunjunglah ke Desa Mas sebab desa ini terkenal akan seni ukir kayunya yang khas dan menarik.

Jika anda ingin liburan ke kota Tasikmalaya, kunjungi juga Tempat Wisata di Tasikmalaya yang tak kalah bagus.

35. Desa Celuk

tempat wisata di tabanan

  • Lokasi : Jalan Jagaraga No.66, Celuk, Gianyar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Lalu ada Desa Celuk yang merupakan desa penghasil perhiasan perak. Disni juga terdapat salah satu workshop dan toko perhiasan terkenal bernama Prapen. Prapen ini memproduksi berbagai perhiasan perak menggunakan teknik rahasia yang dipelajari secara turun-temurun selama berabad-abad.

Namun bagi anda yang ingin belajar mengenai cara produksi perhiasan ini , anda dapat melihatnya lewat bengkel seni prapen yang terbuka untuk umum. Disni anda dapat leluasa melihat para pengrajin begitu telati dan teliti demi menghasilkan sebuah karya seni yang bermutu.

Menariknya lagi, jika anda memiliki budget lebih anda dapat langung belajar cara pembuatan perhiasan ini sekaligus membawanya pulang!

36. Tradisi Ngerebong

Tradisi Ngerebong

  • Lokasi : Pura Pengerebongan, Desa Kesiman, Denpasar Timur, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Waktu Pelaksanaan : Tiap 210 hari, 8 hari sesudah Hari Raya Kuningan

Tradisi ini digelar setiap 210 hari, tepatnya 8 hari sesudah Hari raya Kuningan di Desa Kasiaman dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan spiritual.

Upacara ini diawali dengan melakukan persembahyangan bersama pada siang hari, dan kemudian warga mengarak barong serta rangda mengelilingi ‘wantilan’ (semacam pendopo) sebanyak 3 kali sambil diiringi gamelan.

Pada saat wantilan itu banyak warga yang kerasukan atau kesurupan roh halus. Hal yang paling mendebarkan disaat mereka yang kerasukan meminta dirinya untuk ditancapkan sebuah keris, namun anehnya keris itu tidak melukai orang-orang tersebut.

Karena pelaksanaanya berada di area pura, jadi para pengunjung diharuskan untuk berpakaian sopan dengan mengenakan sarung. Serta perempuan yang sedang datang bulan dilarang masuk. Berani menonton?

37. Omed-omedan

Omed-omedan

  • Lokasi : Banjar Kaja Sesetan, Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Tradisi terakhir yang akan alawisata bahas adalah Omed-omedan. Tradisi ini merupakan salah satu tradisi perayaan Hari Raya Nyepi. Tradisi ini mempertunjukan ritual saling peluk dan tarik-menarik secara bergantian antara dua kelompok muda-mudi.

Omed-omedan sendiri berasal dari kata “omed” yang bermakna menarik. Dalam tradisi ini, para muda-mudi asli setempat dibagi jadi dua grup, yaitu grup pria (teruna) dan grup wanita (teruni) yang diatur berbaris berhadapan.

Lalu dua muda-mudi ini salaing berhadapan dan mulai berpelukan satu sama lain. Saat keduanya saling berpelukan itulah masing-masing kelompok akan menarik kedua rekannya tersebut hingga terlepas. Jika mereka tidak juga dapat dilepaskan, panitia akan menngguyur keduanya dengan air. Lucu ya!

Ketika pasangan muda-mudi saling berpelukan erat, ada kalanya mereka akan saling beradu pipi, kening, dan bahkan bibir, sehingga ada yang salah kaprah menyebut ritual ini sebagai ritual ciuman!

38. Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu

  • Lokasi : Jalan By Pass Ngurah Rai no 88, Denpasar Timur Bali
  • Tiket Masuk : Rp 2.000 (Parkir Motor), Rp 10.000 (Parkir Mobil)
  • Jam Buka : 08.00-22.00
  • Fasilitas : 3 kolam pemancingan, gazebo, jasa naik kuda, flying fox, trampolin, ayunan

Daya tarik dari desa ini berupa lahan persawahan seluas 80 hektar yang terlihat hijau dan asri di tengah kota denpasar yang memiliki konsep desa budaya dan adat Bali zaman dulu, yang dikenal sebagai tempat menjual aneka makanan, jajanan hingga ramuan khas tradisional bali.

Di desa ini sering diadakan beragam acara rekreasi keluarga, atau event yang melibatkan banyak orang, bahkan gelaran acara seperti cosplay jepang pun sering digelar di desa yang satu ini.

Hal yang paling menarik di Desa Budaya Kertalagu Denpasar ini adalah terdapatnya Monumen Gong Perdamaian, yang pertama kali ditabuh oleh mantan presiden RI Megawati tanggal 31 Desember 2002. Serta berbagai fasilitas pendukung pun membuat para wisatawan betah untuk menulursuri berbagai sudut dari desa ini.

39. Lumintang Park Denpasar

Lumintang Park Denpasar

  • Lokasi : Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Fasilitas : LCD raksasa, lapangan, tempat kuliner, arena skate board, bmx, roller skate/in line

Lumintang Park Denpasar ini menawarkan sebuah tempat rekreasi, olah raga, kuliner, belanja hingga pameran seni. Tak hanya itu, tempat ini juga dimanfaatkan sebagai tempat unuk melakukan berbagai aktivitas seperti joging, jalan-jalan, bermain bulu tangkis, yoga, standar work out, bersepeda dan yang lainnya.

Di tambah lagi dengan adanya pepohonan yang semakin membuat area taman menjadi sejuk dan nyaman untuk bersantai.

40. Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari

  • Lokasi : Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-17.00

Pasar Seni Kumbasari ini terkenal sebagai tempat menjual beragam barang kerajinan seni seperti patung, lukisan dan yang lainnya.

Bagi anda para kolektor seni maka mengunjungi Pasar Seni Kumbasari ini adalah suatu kewajiban yang sangat sayang untuk dilewatkan. Kondisi pasarnya yang bersih dan tertata dijamin akan membuat nyaman untuk menulusuri setiap detail sudutnya.

41. World Of Magic Bali

World Of Magic Bali

  • Lokasi  : Jl. By Pass Ngurah Rai No.100, Pemogan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk :
    • *Langsung
      • Dewasa : Rp 100.000
      • Anak-anak : Rp 50.000
    • *Online via traveloka :
      • Dewasa : Rp 75.000
      • Anak-anak : Rp 37.500
  • Jam Buka : 10.00-19.00
  • Fasilitas : toko oleh-oleh peralatan sulap

World Of Magic Bali ini di klaim sebagai House of Magic pertama di dunia. Karena banyaknya ruang sulap di dalamnya membuat tempat ini berbeda dengan tempat sulat lainnya di Bali. Disini setiap pengunjungnya akan ditemai oleh guide dan yang paling menarik para pengunjung dapat langsung mencoba permainan sulap itu sendiri serta diberitahu rahasia sulap yang selama ini sering kita lihat di televisi.

Di dalam World Of Magic Bali terdapat 4 wahana menarik yaitu The History Of Magic Room, Las Vegas Room, Do It Your Self (DIY Room) serta Levition Room.

42. Upside Down World Bali

Upside Down World Bali

  • Lokasi : Jl. By Pass Ngurah Rai No.762, Pemogan, Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : Rp 100.000 (Dewasa), Rp 50.000 (Anak-anak)
  • Jam Buka : 09.00-21.00

Upside Down World Bali merupakan tempat wisata foto tematik, dimana semua objek di dalamnya dibuat terbalik. Untuk upside down world sendiri, saat ini sudah hadir di berbagai kota, dan untuk Bali merupakan tempat pertama yang membuka objek wisata seperti ini.

Berbagai objek terbalik di tempat ini diantaranya adalah Living Room, Master bad room, kids room, ruangan 3 dimensi, dapur, living room, laundry, bathroom dan toilet serta ruangan berkonsep Kota Bali.

Yang paling membuat betah dari tempat ini yaitu para petugas dengan senang hati memberikan arahan kepada pengunjung mengenai angle untuk hasil foto yang lebih bagus.

43. Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar

  • Lokasi : Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : Rp 5.000, Rp 150.000 (Foto Prewedding)
  • Jam Buka : 07.30-15.30 (Sabtu-Kamis), 07.30-13.00 (Jum’at)

Disini anda akan disuguhkan dengan beragam informasi ilmu pengetahuan mengenai bagaimana siklus peradaban manusia dari zaman ke zaman, terutama masyarakat Bali.

Disini  anda dapat melihat bukti sejarah sekaligus membandingkan bagimana perbandingan peradaban masyarakat bali dari zaman prasejarah hingga zaman sekarang.

Sedikit berbeda dengan museum lainnya di Bali, museum ini akan menyuguhkan benda koleksi seni namun dengan nilai sejarah peradaban dan kebudayaan khas Bali.

44. Museum Lukisan Sidik Jari

Museum Lukisan Sidik Jari

  • Lokasi : Jalan Hayam Wuruk, Panjer, Denpasar Selatan, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 08.00-16.00 (Senin-Sabtu)
  • Fasilitas : wisata edukasi seni, kursus seni musik khas bali

Jika biasanya museum menyimpan berbagai benda sejarah, lain halnya dengan museum yang satu ini museum lukisan sidik jari di denpasar ini kita akan disuguhkan koleksi karya seni lukisan yang dibuat dengan menggunakan sidik jari tangan!

Jadi disini para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai lukisan yang dibuat dengan menggunakan ujung jari manusia yang diolesi warna cat dan digambarkan di atas media gambar. Sangat unik bukan?

45. Bajra Sandhi Renon

Bajra Sandhi Renon

  • Lokasi : Jalan Raya Puputan No. 142, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : Rp 5.000 (WNI), Rp 10.000 (WNI)
  • Jam Buka : 08.000-18.00 (Senin-Sabtu), 10.00-18.00  (Minggu)
  • Fasilitas : spot foto (IAM Bali 3 Dimensi Art Museum), perpustakaan, kolam ikan, pusat wisata kulier foodcourt, make up studio

Yang unik dari Bajra Sandhi Renon ini adalah ciri bangunan monumennya yang memiliki arsitektur sangat khas, yaitu terdapatnya ukiran dan pahatan yang menarik.

Saking artistiknya bentuk monumen bajra sandhi ini, bagi sebagian turis mancanagera yang berasal dari kawasan negeri asia seperti Jepang, China dan Korea menggap onumen bajra sandhi renon ini dianggap sebagai tempat ibadah agama budha yaitu Pagoda yang banyak terdapat di 3 negara tersebut.

46. Pura Sakenan

Pura Sakenan

  • Lokasi : Jl. Banjar Pemalukan, Peguyangan, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Pura Sakenan ini juga tak kalah artistik dengan pura sebelumnya. Pura ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu adanya dua pohon yang tinggi dan besar, dan keduanya dipasang dengan kain kotak-kotak hitam dan putih yang menurut keyakinan masyarakat Bali kedua pohon tersebut merupakan tempat tinggal dari roh – roh yang selama ini menjaga pura sakenan.

47. Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha

  • Lokasi : Jl. Surapati, Dangin Puri, Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 24 jam (Senin-Minggu)

Berbeda dengan pura sebelumnya, Pura Agung Jagatnatha ini terdapat suatu kelompok masyarakat yang beetugas untuk menjaga, merawat dan mengelola Pura Jagatnatha ini, atau biasa disebut dengan Pengempon.

Selain itu, tugas mereka juga menerima dan mengelola sumbangan atau aliran dana yang masuk dari jemaat atau wisatawan yang masuk ke sana. Posisi dari pura ini sendiri menghadap ke arah Gunung Agung yang dipercaya oleh umat hindu Bali sebagai tempat kerajaan para dewa.

Sejarah pura ini didirikan awalnya adalah untuk memfasilitasi tempat beribadah masyarakat Bali dari berbagai daerah yang sedang berkunjung ke denpasar namun seiring berjalannya waktu, pura ini juga dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh warga manapun.

48. New Star Club

New Star Club

  • Lokasi : Jl. Gunung Soputan No. 16B, Denpasar Barat, Pemecutan Klod, Denpasar Barat, Depansar, Bali
  • Tiket Masuk : –
  • Jam Buka : 14.00-06.00

Bagi anda yang mencari tempat wisata hiburan malam anda perlu berkunjung ke New Star Club. Objek wisata hiburan malam new star club ini sangat populer sebagai tempat clubbing di Denpasar Bai yang terkenal. Selain itu, tempat ini juga menjadi tempat bar sekaligus tempat karaoke yang populer.

Sunggu kaya akan wisata yang dimiliki kota satu ini, namun satu hal yang harus diingat adalah jika Anda mengunjugi tempat wisata di atas, perhatikan dulu apa yang harus persiapkan dan barang apa saja yang perlu Anda bawa.

Ketika mengunjungi tempat wisata alam ataupun sejarah, juga usahakanlah untuk ikut melestarikannya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga agar kelestariannya tetap terjaga.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang ada di Denpasar, semoga bermanfaat. Happy Holiday!

Dwi Okta Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia. Suka jalan-jalan dan traveling. Hobi menulis sejak remaja dan sekarang menjadi pengurus di hargatiket.net.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *