Harga Tiket Taman Situ Lembang

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Taman Situ Lembang
Loading...

Taman Situ Lembang merupakan suatu taman yang memiliki situ atau danau buatan dengan bentuk oval yang menyerupai bentuk daun.

Taman ini terletak di tengah – tengah perumahan elit yang ada di kawasan Menteng Jakarta Pusat.

Situ memiliki arti danau yang payau, sementara kata Lembang merupakan sebuah nama jalan yang ada di dekat taman tersebut.

Taman Situ Lembang ini sendiri adalah salah satu taman tertua yang ada di Jakarta yang mempunyai danau kecil dimana airnya berasal dari sumber air alam.

Sejarah

sejarah

Advertisement

instagram: @ganiabdilah

Pada awalnya, Situ Lembang hanya berupa danau buatan yang memang sengaja dibangun bersamaan dengan pembangunan dari perumahan Menteng.

Arsitek yang membangunnya merupakan seorang karyawan dari bagian Gemeente Batavia dengan nama Moojen. Kemudian pembangunan pun di lakukan di tahun 1918, dimana Situ Lembang masih dikelilingi perumahan hingga pada tahun 1970.

Jika dilihat dari awal mula berdirinya tempat ini memang sudah sangat tua, bahkan lebih tua dari umur NKRI.

Pembangunan taman sendiri langsung dipimpin oleh Ir. F.J. Kubatz.

Dan kemudian di tahun 70-an, di area danau Lembang ini awalnya masih ada beberapa rumah kuno peninggalan dari zaman Belanda.

Seiring dengan berjalannya waktu, rumah kuno itu kemudian dirombak dan ada juga yang dibongkar. Hingga kini sudah digantikan dengan adanya perumahan elit atau modern dengan desain yang sangat beragam serta dihiasi dengan pagar yang tinggi menjulang.

Di tahun 1950-an, Saiful Bahri memperoleh sebuah inspirasi dari Taman ini dan kemudian beliau membuat lagu yang berjudul “Kisah Malam di Jalan Lembang”.

Selain itu, ada juga beberapa kumpulan cerpen salah satunya yang berjudul “Tuileries” karya Nh Dini yang terbit di tahun 1982 juga menuturkan kata “Empang Lembang” di bagian paling akhir kisahnya.

Ternyata tak hanya dikenal dengan sebutan Taman Situ Lembang, namun taman ini juga sering disebut sebagai Danau Lembang.

Advertisement

Taman ini sendiri berada di atas lahan seluas 14.700 meter2. Jika dilihat dari atas menggunakan drone, maka akan nampak dengan jelas bahwa taman ini memiliki bentuk menyerupai daun. Lengkap dengan jalan sebagai tangkainya.

Yang lebih uniknya lagi, pintu keluar masuk dari taman ini berada di kedua ujung kerucut yang ada di bentuk daun ini.

Pada sisi tepi danau kalian juga dapat melihat pepohonan besar yang tumbuh dengan subur. Pepohonan tersebut didominasi dengan pohon asam, angsana dan juga beringin.

Tidak perlu khawatir kawasannya akan seperti hutan, sebab pohon yang ada disini telah dirawat dengan sangat baik.

Maka dari itu, kalian dijamin tidak akan melihat juluran-juluran akar yang berasal dari pohon beringin.

Di tengah – tengah danau Lembang ini kalian juga akan disuguhi dengan atraksi air mancur yang dihidupkan sekitar 2 jam sekali.

Air mancur tersebut beroperasi mulai dari pukul 08.00 serta akan dimatikan pada pukul 10.00 kemudian dihidupkan kembali pada pukul 12.00 dan begitu juga seterusnya.

Air mancurnya ini juga ada dua kategori, yaitu air mancur besar dan kecil.

Keduanya akan hidup bergantian untuk menyemburkan air yang cukup tinggi serta kadang semburan airnya dibuat rendah.

Sedangkan air yang memenuhi danau  banyak ditumbuhi dengan tanaman teratai yang nampak sangat indah pada waktu musim mekar tiba.

Objek Wisata

1. Memancing ikan

taman situ lembang menteng

instagram: @ganiabdilah

Yang membuat taman ini beda dari yang lain adalah dimana keberadaan air permukaan yang disebut sebagai Situ di bagian tengah-tengah taman.

Dikutip dari situs resmi Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Jakarta, di kawasan taman ini telah sengaja dibuat fasilitas yang dapat mengakomodasi warga setempat yang hendak memancing disana.

Untuk kegiatan memancing ikan pun gratis. Sehingga kalian tidak perlu untuk mengeluarkan uang sepeser pun pada waktu berkunjung ke tempat ini. Bahkan kalian juga diperbolehkan untuk membawa minuman serta makanan dari rumah sendiri.

2. Area bermain

taman situ lembang jakarta

instagram: @tkustiasari

Advertisement

Di kawasan taman ini juga sudah disediakan tempat duduk yang berwarna warni terbuat dari bahan beton.

Tempat duduk tersebut juga menghadap langsung ke arah situ atau danau. Serta disana juga sudah disediakan area dan juga sarana untuk bermain anak-anak.

3. Kegiatan menarik lainnya

alamat taman situ lembang

instagram: @backpackerjakarta5

Selain kegiatan seru di atas, di kawasan taman ini kalian juga dapat melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti:

  • Jalan – jalan pagi dan juga sore.
  • Bersepeda mengelilingi danau.
  • Mengajak anak – anak bermain di taman dan juga berswafoto di patung-patung binatang.
  • Memancing maupun menangkap ikan-ikan kecil dengan menggunakan gelas di sisi pinggir danau.
  • Memberi makan berbagai hewan peliharaan yang ada di taman Lembang seperti tupai, monyet yang ada di dekat pos penjaga.
  • Menaiki andong ataupun delman yang bisa kalian sewa dengan harga Rp10.000 untuk satu kali putaran Danau Lembang dan juga sekitarnya (pada umumnya jasa andong ini akan muncul pada waktu siang hari).
  • Bersantai dengan membaca buku sembari membawa makanan serta minuman ringan.
  • Berkumpul bersama berbagai komunitas yang ada di Jakarta.

Taman Situ Lembang adalah waduk subsistem dari kali Cideng yang berfungsi untuk menampung air dari berbagai sumber di sekitarnya.

Pemerintah Kotapraja lalu menambahkan fasilitas berupa panggung terbuka. Kemudian di tahun 1984 Dinas Pertamanan merenovasi taman dengan cara menambahkan adanya empat buah air mancur yang dihiasi dengan bunga teratai dan juga lapak pemancingan.

Lalu di tahun 2002 , taman ini mengalami renovasi ulang oleh Dinas Pertamanan sehingga lebih sesuai untuk dimanfaatkan sebagai fasilitas taman publik.

4. Kuliner

mie ayam

instagram: @ineuapriliani07

Di area taman ini juga telah banyak tersedia pedagang makanan keliling dengan menjajakan berbagai kuliner menggoda.

Salah satu kuliner di taman ini yang sulit untuk dijumpai di tempat lain adalah Nasi Gila. Untuk masalah harga, kalian tidak perlu khawatir, sebab kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 – Rp25.000 untuk dapat mencicipi berbagai kuliner yang dijajakan di taman satu ini.

Fasilitas

  • Area Parkir
  • Tempat pemancingan
  • Kamar mandi/ MCK
  • Tempat Istirahat
  • Pedagang keliling
  • Area Jogging Track
  • Arena bermain anak
  • Spot foto
  • Andong
  • Tempat duduk
  • Tempat sampah
  • Air mancur

Lokasi

Taman Situ Lembang berada di alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910.

Rute

Salah satu alasan mengapa Taman Situ Lembang ini kurang begitu dikenal yaitu letaknya yang masuk ke dalam salah satu perumahan elit. Serta tidak dilewati dengan transportasi umum.

Advertisement

KRL

Untuk yang memakai Kereta Rel Listrik atau KRL, maka stasiun terdekat yaitu Stasiun Cikini dengan jarak sekitar 1 km.

Bus

Untuk yang menggunakan bus Transjakarta, maka halte busway terdekat yaitu halte Tosari yang berjarak sekitar 1 km.

Serta kalian juga dapat menggunakan angkutan umum berupa Kopaja P20 jurusan Senen – Lebak Bulus kemudian kalian turun di Taman Menteng.

Setibanya kalian di Taman Menteng, kalian lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke arah JL. Sutan Syahrir hingga tiba di JL. Lembang dimana lokasi Taman Situ Lembang berada.

Kalian juga dapat menggunakan Bus PPD 213 dengan jurusan Kampung Melayu – Grogol serta Bus 67 jurusan Senen – Blok M.

Apabila kalian menggunakan salah satu dari kedua bus tersebut, maka kalian nanti turun di Taman Suropati. Selepas itu, kalian lanjutkan dengan berjalan kaki menuju JL. Teuku Umar – JL. Padalaran/ JL. Syamsurizal sampai tembus di Situ Lembang.

Perjalanan dari arah Taman Suropati juga dapat melalui JL. Diponegoro dengan jarak sekitar 300 meter hingga tiba di JL. Lembang.

Jam Operasional

Taman Situ Lembang buka setiap harinya (Senin – Minggu) selama 24 jam.

Harga Tiket Masuk

Untuk kalian yang hendak berkunjung ke taman ini tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Tips

  • Memantau cuaca sebelum kalian berangkat supaya kegiatan berlibur kalian tidak terkendala cuaca nantinya.
  • Menyiapkan kamera terbaik untuk mengabadikan moment disana.
  • Menyiapkan bekal seperti makanan dan minuman ataupun kebutuhan lainnya.
  • Selalu waspada dan juga jaga diri.
  • Membawa obat-obatan layaknya antiseptic serta obat biasa lainnya untuk berjaga – jaga.
  • Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Patuhi segala peraturan yang ada dimana pun kalian berada.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Dimana alamat dari Taman Situ Lembang?

Taman Situ Lembang berada di daerah Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya ada di alamat: Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910.

Berapakah luas dari Taman Situ Lembang?

Taman Situ Lembang berada di atas lahan seluas 14.700 meter2 serta menjadi salah satu taman tertua yang ada di kota Jakarta.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.