SUNGAI MARON PACITAN: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp5.000
Jam Buka07.00 - 17.00 WIB
Nomor HP0853-3137-7611
LokasiMaron, Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Punya rencana dekat untuk pergi liburan sekitar daerah Pacitan? Bila iya Anda bisa menambahkan Sungai Maron Pacitan dalam list kunjungan. Objek wisata satu ini terkenal sebagai sungai Amazonnya Indonesia.

Keindahan sungai ini sebenarnya sudah dikenal sejak dulu. Namun baru resmi dibuka sebagai objek wisata sekitar tahun 2012 oleh Bupati Malang. Aliran sungai yang panjang namun berarus sedang dengan air berwarna hijau toska kebiruan jadi daya tarik utamanya. Kami punya pembahasannya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Sungai Maron

Walaupun sudah terkenal dan banyak pengunjung yang datang, ternyata wisata sungai Maron punya tiket masuk yang murah. Tidak ada pembagian harga berdasar usia atau asal wisatawan seperti tempat lainya. Berikut list harga tiket masuk beserta tiket lainnya.

Jenis TiketHarga TiketKetentuan Tambahan
Tiket masukRp5.000Berlaku untuk semua jenis pengunjung
Tiket parkir motorRp3.000Tiket per satu kendaraan
Tiket parkir mobilRp5.000Tiket per satu kendaraan

Harga tiket masuk yang cukup murah membuat objek wisata satu ini banyak dikunjungi. Selain masih menyuguhkan alam yang lestari, harga tiket masuk murah bisa diandalkan untuk kegiatan liburan rombongan.

Biaya Sewa Perahu

Biaya Sewa Perahu Sungai Maron

Selain harga tiket masuk dan tiket parkir, Anda juga perlu mengetahui biaya sewa per satu perahu. Sungai Maron Pacitan punya aliran sungai degan warna menarik yang perlu dijelajahi. Untuk menjelajahinya tersedia perahu ukuran sedang yang bisa disewa maksimal 6 orang.

Harga sewa per satu perahu umumnya dibanderol dengan harga Rp100.000 saja per satu kali perjalanan. Harga sudah termasuk tarif pengemudi perahu yang tidak jarang juga ramah bercerita terkait objek wisata.

Untuk harga tiket sewa perahu sendiri merupakan harga sewa umum. Tidak menutup kemungkinan Anda bisa melakukan penyesuaian kembali langsung degan pengemudi perahu yang akan disewa. Penyesuaian jumlah minimal penumpang untuk sekali jalan juga bisa disesuaikan kemudian.

Jam Buka

Jam Buka Sungai Maron

Objek wisata sungai Maron juga punya jam buka yang cukup lama. Anda bisa langsung mengunjungi sungai mulai dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Kesegaran udara pagi ala alam yang masih asri bisa didapatkan saat Anda mengunjungi sungai di pagi hari.

Menjelang sore bahkan tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa menikmati suasana sunset ala daerah Pacitan di kawasan sungai yang cantik. Pantulan sinar matahari langsung ke air sungai yang berwarna hijau toska akan menyuguhkan pengalaman tidak terlupakan.

Aktivitas di Sungai Maron Pacitan

Aktivitas di Sungai Maron Pacitan

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata indah ini. Walaupun identik dengan permainan air, nyatanya pengunjung bisa sekalian mengunjungi objek bukit. Apa saja list kegiatan yang bisa dibabat habis?

1. Mengarungi Sungai Sepanjang 4.5 KM

Jadi daya tarik utama, Anda bisa mengawali aktivitas di objek wisata dengan mengarungi sungai indah sepanjang kurang lebih 4.5 Km. Air sungai alami yang berwarna biru hingga hijau toska jadi daya tarik tersendiri.

Anda bisa mengarungi sungai menggunakan perahu berukuran sedang dengan tukang perahu yang ramah. Umumnya perahu bisa jalan dengan jumlah penumpang minimal 4 orang. Tapi bukan tidak mungkin Anda bisa naik dengan jumlah orang yang lebih sedikit.

2. Berfoto di Atas Perahu

Lain dari mengarungi sungai syahdu dengan tenang, tentu saja aktivitas mendukung lain yang bisa bahkan wajib dilakukan yakni berfoto. Anda bisa menghentikan perahu sejenak untuk selanjutnya berfoto dengan latar pemandangan yang indah.

Berfoto di ujung depan perahu dengan mengambil latar biru air sungai jadi keharusan bila datang ke Sungai Maron Pacitan. Tidak masalah juga bagi Anda untuk meminta tolong pada juru perahu untuk mengambil foto bersama teman.

3. Mengunjungi Bukit Layang

Objek ini juga menawarkan aktivitas lain seperti mengunjungi Bukit Layang. Dalam perjalanan Anda bisa langsung meminta pemberhentian sementara di daerah Bukit Layang. Bukit ini umumnya hanya dilalui oleh pendatang.

Namun ternyata Anda bisa meminta juru perahu untuk berhenti sejenak dan Anda bisa mengambil foto atau bahkan coba menapak di atasnya. Agar lebih afdol tidak ada salahnya untuk sejenak berhenti dan sejenak menikmati keindahannya.

4. Menjajal Ayunan Tepi Sungai

Tidak berhenti setelah mengarungi sungai sepanjang 4.5 Km, Anda juga bisa berhenti sejenak dan bersantai di ayunan. Bukan ayunan biasa yang dipasang di sekitar tanah datar, kali ini Anda bisa menjajal ayunan di tepi sungai.

5. Pergi ke Muara Pantai Ngiroboyo

Perlu juga diketahui bahwa Sungai Maron langsung bermuara ke Pantai Ngiroboyo. Anda juga bisa mencapai poin ini. Tentu saja dengan mengunjungi muara Anda bisa mendapatkan sensasi berbeda apalagi bila berkunjung sore hari.

Untuk mencapai poin ini Anda bisa langsung meminta juru perahu untuk mengantar. Sedikit jauh memang dari rute perahu biasa namun nantinya pemandangan indah akan bisa dinikmati secara lepas.

6. Camping dan Outbond

Suka dengan kegiatan outbond? Anda bisa menjajalnya di sini. Tidak hanya permainan outbond untuk anak dan dewasa, Anda juga bsia melakukan camping dengan dataran yang cukup mendukung.

7. Memancing

Punya hobi memancing? Tentu saja Anda bisa menyalurkannya di tempat ini. Ada opsi kegiatan langsung memancing bila tidak ingin mengarungi sungai. Dapatkan sensasi memancing yang lebih tenang dan lebih fresh di sekitar objek wisata sungai.

Tips

Sedikit tips, Anda lebih baik datang ke Sungai Maron Pacitan saat musim kemarau. Hal ini dilakukan agar air sungai tidak keruh dan debit air tidak terlalu besar. Jadi cocok untuk diarungi secara santai menggunakan perahu.

Datang juga di luar hari libur untuk sensasi kunjungan yang lebih tenang. Tidak menutup kemungkinan tempat wisata akan penuh dan Anda harus mengantre untuk melakukan aktivitas dalam wisata.

Jangan ragu untuk menjajal semua kegiatan yang ada dalam objek wisata Sungai Maron di Pacitan. Agar bisa menjelajahinya secara keseluruhan Anda perlu datang dari pagi dan bersiap pulang di sore hari. Jangan lupa untuk datang bersama teman atau keluarga.

Fasilitas

Fasilitas Sungai Maron

Berbicara tentang fasilitas, ada banyak fasilitas yang bisa digunakan saat berkunjung ke objek wisata. Fasilitas yang disajikan juga cukup mendukung dan lengkap. Fasilitas yang bisa digunakan diantaranya:

  • Lahan parkir yang luas untuk berbagai jenis kendaraan
  • Information center untuk mempermudah wisatawan
  • Kantin makanan dengan berbagai macam menu
  • Tempat sholat
  • Toilet terpisah
  • Wahana mengarungi sungai dengan perahu
  • Spot instagramable
  • Area outbond dan camping

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Sungai Maron

Tertarik untuk datang ke objek wisata ini? Anda bisa langsung datang ke lokasi di alamat Maron, Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bisa juga langsung mengikuti tautan link maps di bawah ini untuk langsung menuju lokasi.

Google Maps:

Jangan ragu untuk datang berwisata ke Sungai Maron Pacitan. Cukup dengan membayar Rp5.000 saja Anda sudah bisa menjajal berbagai kegiatan. Utamanya Anda bisa menikmati suasana sungai ala Amazon dengan latar air berwarna hijau toska.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar