Harga Tiket Sumber Jenon

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Sumber Jenon

Salah satu sumber mata air yang sekarang menjadi sentra wisata unik serta sangat terkenal yang lokasinya berada di kawasan Malang Raya adalah Sumber Jenon.

Sumber Jenon ini terletak di desa Gunung Ronggo yang akan menawarkan sensasi berendam di dalam air alami sekaligus untuk terapi dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sebab, masyarakat setempat meyakini bahwa sumber air satu ini merupakan media untuk penyembuhan yang mujarab.

Cerita Singkat

wisata alam sumber jenon

instagram: @yoiki_malang

Sumber Jenon sendiri mempunyai bentuk yang mirip dengan kolam yang didalamnya diisi dengan serangkaian batako yang sudah tersusun rapi menjadi pondasinya. Kolam ini sendiri memiliki kedalaman hingga 5 m.

Pondasi dari kolam satu ini memang sengaja dibuat bertujuan guna menjaga keamanan serta kenyamanan para pengunjung yang datang.

Di dalam Sumber Jenon ini juga terdapat sebuah batang pohon jenu yang mana letaknya membujur dari arah barat menuju arah timur.

Mitos

mitos sumber jenon

instagram: @malangplace

Salah satu mitos yang paling terkenal dari Sumber Jenon adalah berhubungan dengan efek airnya yang diyakini mampu menyembuhkan beragam penyakit.

Tidak hanya itu saja, di dalam sumber mata air satu ini juga memiliki ikan Sengkaring yang dipercaya sudah berusia ratusan tahun lamanya.

Ikan Sengkaring sendiri merupakan sebuah ikan yang berwarna hitam serta merah dengan ukuran sekitar 50 – 170 centimeter.

Jumlah ikan Sengkaring yang ada di dalam kolam dipercaya tidak pernah berubah.

Walaupun ikan tersebut sudah dipancing berkali – kali, ikan Sengkaring satu ini dipercaya berjumlah tetep sebanyak 37 ekor dari zaman dahulu.

Legenda

legenda sumber jenon

instagram: @iki.tajinan

Konon legenda dari  sumber air satu ini dapat disebut dengan Sumber Jenon Malang yang berawal dari kisah Rantung Wigati dengan istrinya yang bernama Irogat asal Mataram yang sedang mengungsi ke kawasan ini sebab terjadinya peperangan disana.

Kemudian keduanya hidup bercocok tanam. Hingga pada akhirnya pada saat musim kemarau tiba, mereka kesulitan menemukan air lalu bertapa dibawah pohon jenu yang berada di atas gunung Harimau.

Namun tiba – tiba datang angin yang sangat kencang serta membuat pohon jenu tumbang sampai membuat sebuah ledokan tanah yang menjadi sumber air yang sangat deras.

Saking derasnya, sumber mata air tersebut membentuk suatu genangan air besar yang sekarang dikenal sebagai Sumber Jenong.

Konon katanya, batang jenu tersebut kemudian berubah menjadi naga serta jin yang ditusuk mengeluarkan darah.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat kalian temukan di Pantai Teluk Asmoro, antara lain:

1. Keindahan

sejarah sumber jenon

instagram: @amazingmalang

Menikmati keindahan Sumber Jenon rasanya kurang lengkap apabila tidak sekalian mencoba untuk menyelam ke dasar kolam.

Pantulan dari sinar matahari seakan menembus celah pepohonan akan membuat pemandangan yang sangat menakjubkan.

Di dalam kolam ini sendiri terdapat reruntuhan batang kayu serta biota sumber yang erat hubungannya dengan adanya legenda terbentuknya tempat wisata ini.

Memiliki kedalaman hingga 5 meter juga masih dapat ditembus oleh sinar matahari yang sangat jelas menusuk hingga dasarnya saking jernihnya air disana.

Eksotisme dari sumber air yang nampak jernih kebiruan ini pun tak akan menguras dompet kalian. Selain murah meriah, kecantikannya sudah tidak dapat diragukan lagi.

2. Berenang

Berenang

instagram: @zayyinrizki

Untuk kalian yang hendak berenang di kawasan wisata malang satu ini, nantinya kalian akan ditemani dengan ikan sengkaring berpostur hitam polos serta merah.

Yang mana menurut cerita yang beredar ukuran dan jumlah ikan disana tidak pernah berubah meski telah diambil berkali – kali.

3. Kuliner

singgah

instagram: @iki.tajinan

Untuk kalian yang hendak berlibur ke tempat wisata Sumber Jenon juga tidak perlu khawatir akan merasa repot dalam membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

Sebab di kawasan wisata juga telah tersedia banyak sekali warung makan yang telah menyuguhkan beragam menu makanan dan minuman.

Mulai dari cemilan sampai makanan berat semua tersedia disini.

Bahkan disana juga terdapat sebuah cafe favorit untuk para pengunjung.

Cafe satu ini lokasinya terletak di kawasann Sumber Jenon yang memiliki daya tarik berupa lokasinya yang masih sangat alami serta nyaman.

Bahkan tata letak cafe ini juga dibuat lesehan dengan menghadap langsung ke arah perbukitan. Serta telah dilengkapi dengan adanya fasilitas karaoke yang tentunya akan semakin memanjakan kegiatan kalian disana.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Cafe
  • Karaoke
  • Sewa ban

Lokasi

Sumber Jenon berada di alamat: Area Sawah, Gunungronggo, Kec. Tajinan, Malang, Jawa Timur 65172.

Baca juga: Waduk Selorejo

Rute

Untuk mencapai lokasi wisata Sumber Jenon harus kalian tempuh dengan memakai kendaraan pribadi baik untuk roda dua atau roda empat.

Karena hingga sekarang belum terdapat angkutan umum maupun jasa transportasi yang dapat mengantar kalian mencapai lokasi wisata satu ini.

Untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan rute di bawah ini:

  • Dari arah pusat kota Malang, arahkan kendaraan kalian ke Kecamatan Tajinan – Pasar Tajinan. Setibanya di pasar akan memakan waktu ke lokasi wisata sekitar 20 menit ke arah timur. Nantinya akan ada banyak petunjuk disepanjang jalan, atau kalian juga dapat bertanya ke penduduk setempat untuk menuju lokasi wisata.

Jam Operasional

Sumber Jenon buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp2.000

Tips

  • Datang dengan memakai kendaraan pribadi supaya kegiatan liburan kalian lebih fleksibel.
  • Membawa kamera dan ponsel dengan keadaan baterai penuh, dan tidak lupa membawa power bank.
  • Membawa pelindung anti air untuk kamera dan ponsel kalian.
  • Membawa kacamata renang dan peralatan lainnya, atau peralatan menyelam.
  • Membawa baju ganti dan juga peralatan mandi.
  • Membawa uang lebih (cash) untuk membeli makanan serta  oleh-oleh di dalam tempat wisata.
  • Selalu awasi anak – anak kalian, pastikan tidak jauh dari jangkauan.
  • Mengenakan alas kaki yang datar.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di lokasi wisata.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.