Harga Tiket Pantai Tamban

Share
Comment 0 reply
Harga Tiket Pantai Tamban

Pantai Tamban kota Malang masih satu kawasan dengan Pantai Sendang Biru yang sebelumnya sudah terkenal terlebih dahulu.

Tetapi memang Pantai Tamban namanya masih jauh terkenal dibandingkan dengan Pantai Sendang Biru.

Maka jangan heran, jika setibanya di lokasi pantai akan sangat sepi. Namun justru itulah itulah yang membuat kalian menang banyak ketika berwisata ke kawasan Pantai Tamban.

Dimana kalian dapat menikmati sepinya pantai yang termasuk ke dalam pantai yang masih sangat alami dan jarang terjamah oleh manusia.

Sejarah

sejarah pantai tamban

instagram: @falaonbintang

Penamaan Tamban ternyata memiliki asal muasal dari sejarah yang cukup kuat di kalangan penduduk setempat objek wisata yang satu ini.

Kata dari Pantai Tamban berasal dari bahasa Jawa yang mempunyai makna obat atau tombo.

Di zaman dahulu, pantai satu ini sempat dijadikan sebagai obat untuk 3 kiai yang menjumpai adanya area bahari tersebut.

Ketiganya kemudian membuka area hutan yang berada di dekat pantai sekitar pada tahun 1880 -an. Ketiga kiai tersebut antara lain: Kiai Mangun, Kiai Yaser, dan Kiai Ngastowo.

Ketika proses pembukaan hutan selesai, ketiga kiai tersebut kemudian merasa kehausan serta kemudian jatuh sakit. Pada waktu itu juga sangat sulit mencari air tawar yang dapat diminum.

Sehingga mereka tidak mempunyai pilihan lain untuk meminum air kotor yang berasal dari air sungai yang bermuara di Pantai Tamban.

Namun hal tersebut justru membuat ketiganya merasa semakin sakit dan haus bahkan mulutnya terasa sangat pahit. Sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk meminum air laut yang ada di lokasi pantai.

Air asin itu tak disangka menjadi penawar dari rasa pahit tersebut serta rasa haus hilang seketika.

Kemudian dari peristiwa tersebutlah ketiga kiai tersebut memberi nama pantai tersebut sebagai tamban yang bersal dari air yang dipakai sebagai obat.

Objek Wisata

Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat kalian temukan di Pantai Tamban, antara lain:

1. Memancing

pantai tamban malang

instagram: @danielblezz

Pantai satu ini juga dikenal sebagai lokasi yang bagus untuk memancing. Pasalnya pasir pantainya tidak mempunya halangan batu karang. Sehingga ombak yang ada disana langsung mendebur mulus tidak ada halangan.

Uniknya lagi, pantai ini juga sempat dijadikan sebagai lokasi untuk lomba mancing Ultralight.

Bagi kalian yang hendak memancing disini dapat membawa peralatan sendiri maupun menyewa dan juga membeli peralatan pancing disana.

Agar sensasi memancing lebih seru, kalian juga dapat menyewa perahu.

2. Perahu Wisata

pantai tamban di malang

instagram: @pantaitamban_malang

Untuk menikmati keindahan pantai, kalian juga dapat naik perahu wisata yang memang telah disediakan oleh para nelayan setempat.

Perahu satu ini memiliki data tampung hingga 12 orang penumpang. Nantinya kalian akan diajak untuk mendatangi beberapa spot menarik di pantai.

Mulai dari pesisir pulau Sempu dengan jarak sekitar 30 menit dari arah Pantai Tamban, area pemancingan, dan muara sungai.

Bagi kalian yang hendak mencobanya akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 & Rp20.000 untuk kalian yang hendak ke pulau Sempu.

3. Pemandangan alam 

pantai tamban indah malang

instagram: @artha_rajata21

Sebab sangat jarang dikunjungi oleh manusia, maka tak heran jika lingkungan wisata pantai satu ini masih sangat asri.

Tidak ada sampah yang terlihat, membuat pantai satu ini memiliki keunggulan tersendiri. Pantai Tamban mempunyai panjang 1500 meter serta bebatuan besar yang terdapat di pesisir pantai.

Di kawasan pantai, kalian juga dapat melihat sebongkah batu karang besar, yang mana bongkahan karang itu merupakan sebuah pulau yang disebut Pulau Sempu.

4. Menjelajah Tebing

tiket masuk pantai tamban

instagram: @denny_azza

Inting mengetahui tahu seperti apa rasanya naik tebing yang ada di pantai, maka kalian dapat mencobanya di Pantai Tamban.

Salah satu karakteristik khas dari pantai ini merupakan kombinasi antara perpaduan pantai landai dengan tebing yang tinggi.

Jika kalian berhasil menaiki tebing ini, nanti kalian akan disuguhkan dengan pemandangan lepas seluruh area pantai yang begitu indah dan juga tenang.

Bahkan kalian juga dapat memancing di atas tebing tersebut. Namun dengan catatan kalian tetap harus berhati – hati ya.

5. Kedung Ijo

pantai tamban malang jawa timur

instagram: @rahayu.wibowo

Pantai satu ini juga mempunyai sumber air tawar yang asalnya dari suatu muara bernama Kedung Ijo.

Apabila kalian hendak mencari dimana posisi muara satu ini, maka kalian hanya perlu untuk berjalan sedikit ke arah timur pantai.

Di kawasan muara juga terdapat tebing dimana batunya kerap kali terjatuh akibat adanya abrasi laut. Sehingga areanya dikelilingi dengan bebatuan besar yang tersebar.

Di sisi utara muara juga ada sebuah kolam air tawar besar serta bebas dari jatuhnya bebatuan. Disini kalian dapat berenang, hingga memancing di area muara Keduk Ijo.

Selain aktivitas tersebut, menariknya lagi kalian juga bisa snorkeling, namun kalian harus membawa peralatannya sendiri, sebab belum terdapat jasa penyewaan alat disana.

6. Camping

kegiatan menarik

instagram: @amazingmalang

Jika kalian merasa malas untuk berkeliling sebab rute menuju Pantai Tamban sudah cukup melelahkan, maka kalian juga dapat menggelar tenda serta perlengkapan camping disana.

Kawasan pasir pantainya yang landai memang sangat pas untuk dijadikan sebagai camping ground. Bermalas – malasan di dalam tenda sembari ditemani suara deburan ombak, semilir angin, dan tentunya cemilan yang dibawa akan menjadi kegiatan menarik yang langka untuk dilakukan.

Bahkan kalian juga dapat menikmati panorama matahari terbit serta angin laut malam hari yang nyaman.

7. Pulau Sempu 

Pulau Sempu

instagram: @dodiermawan

Pulau Sempu lokasinya tidak jauh dari arah Pantai Tamban. Di kawasan pulau satu ini terdapat beberapa macam kegiatan yang tak kalah seru untuk dilakukan seperti: Diving, surfing, parasailing, jet ski dan juga melihat watu luak.

8. Wisata Kuliner

seafood super lezat

instagram: @julianculinary

Tak hanya memiliki panorama yang sangat indah, namun kuliner dari pantai ini juga sangat menggoda.

Setelah merasa lelah beraktivitas di pantai, kini saatnya untuk memanjakan lidah dan perut dengan mampir di warung yang telah menyuguhkan sajian makanan seafood super lezat.

Beberapa menu ikan yang tersaji biasanya berupa ikan bakar dan goreng, namun kalian juga dapat memilih sajian menu yang lain disana.

Apabila kalian beruntung datang dimusim ikan, maka kalian dapat merasakan kelezatan ikan jenis hiu serta gurita disana.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup terjangkau.

9. Oleh – oleh Khas

Oleh - oleh Khas

instagram: @urchoker

Di pantai ini kalian juga dapat membeli oleh – oleh khas yang dapat kalian dapatkan di tempat pelelangan ikan.

Berbagai jenis ikan yang terjual di Pantai Tamban masih sangat segar, dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan kalian juga masih menawar harga dan langsung pulang untuk mengolahnya.

Selain ikan, tak jauh dari lokasi tersebut juga terdapat spot yang menjual beraneka ragam cinderamata khas pantai.

Cinderamata yang dijual disini juga sama – sama memiliki harga yang sangat terjangkau, tergantung dari tingkat kesulitan dari pembuatannya.

Sehingga kalian tidak perlu merasa kebingungan ketika harus membeli oleh – oleh khas dari Pantai Tamban.

Penginapan

Berikut ini adalah beberapa penginapan yang dekat dengan lokasi wisata, antara lain:

PenginapanAlamatHarga
Homestay AriestaJl. Panati Sendang Biru, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176Rp180.000
Friendly Homestay @Sendang BiruJalan Sendang Biru Rt.27 / Rw.03, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, Indonesia,Rp380.000
Budget Room at Homestay Sendang BiruJalan Sendang Biru RT.27/RW.03, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176
Comfort Room at Penginapan Pondok Wisata Berkah AlamJalan Sendang Biru (P. Sempu – pantai), Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, IndonesiaRp350.000
Pondok BamboeTambakrejo Sendangbiru, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176Rp250.000
Lina Homestay at Pantai Ungapan (Malang Selatan)Wisata Pantai Ungapan, Bajul Mati, Gedangan, Malang, Jawa Timur, IndonesiaRp250.000
Homestay Dhilpratis at Pantai BalekambangPantai Wisata Balekambang, Malang Selatan, Bantur, Malang, Jawa Timur, IndonesiaRp250.000
Fira HomestayJalan Pantai Wisata Balekambang 0 KM, Bantur, Malang, Jawa Timur, IndonesiaRp250.000
3 Bedroom at Wirojoyo HomestayJl. Pantai Wisata Balekambang 0 KM, Desa.Srigonco KEC. Bantur, KAB. Malang (Pantai Malang selatan ) Jawa Timur, Bantur, Malang, Jawa Timur, IndonesiaRp1.500.000
Penginapan Wibisono IIJl. Pantai Wisata Balekambang 0 Km, Desa Srigonco – Kec. Bantur Kab Malang, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Comfy Room at Penginapan Wibisono IJl. Pantai Wisata Balekambang 0 Km, Desa Srigonco Kec. Bantur Kab Malang, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Penginapan kayu Pantai TambanPantai TambanRp100.000

Fasilitas

  • Toilet
  • Gereja
  • Mushola
  • Pasar ikan
  • Spot cinderamata
  • Perahu
  • Spot memancing
  • Spot foto
  • Wisata kuliner
  • Camping ground
  • Sewa peralatan pancing

Lokasi

Pantai Tamban berada di alamat: Kampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176.

Baca juga: Coban Nirwana

Rute

Rute menuju lokasi pantai belum dapat dilalui oleh kendaraan umum seperti angkot atau sejenisnya. Namun untuk kalian yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi dapat menggunakan rute di bawah ini:

  • Kepanjen – Gondanglegi – Turen. atau dengan rute lain melalui Bululawang – Turen- Kecamatan Sumbermanjing Wetan – Desa Tambakrejo – Pantai Tamban berada.

Jam Operasional

Pantai Tamban buka setiap harinya (Senin – Minggu) mulai dari pukul 05.00 – Malam.

Harga Tiket Masuk

KeteranganHarga
HTM per orangRp5.000

Tips

  • Datang dengan menggunakan kendaraan pribadi supaya kegiatan liburan kalian lebih fleksibel.
  • Membawa kamera dan ponsel dengan keadaan baterai penuh, dan tidak lupa membawa power bank.
  • Selalu awasi anak – anak kalian, pastikan tidak jauh dari jangkauan.
  • Membawa baju ganti dan juga peralatan mandi.
  • Membawa uang lebih (cash) untuk membeli makanan serta  oleh-oleh di dalam tempat wisata.
  • Menggunakan sunblock dan membawanya.
  • Mengenakan alas kaki yang datar.
  • Menjaga kebersihan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
  • Mentaati seluruh peraturan yang ada di lokasi wisata.
 

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.