PANTAI SINE: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Share
Comment 0 reply
PANTAI SINE: Aktivitas & Tiket Masuk 2022
Loading...

Tulungagung sudah lama terkenal sebagai kota dengan banyak objek wisata alam. Dari sekian banyak objek, Pantai Sine merupakan salah satu yang paling terkenal. Akses yang mudah serta pemandangan yang indah merupakan daya tarik pantai satu ini.

Bukan hanya kegiatan bermain air yang bisa dilakukan di sini. Di periode waktu tertentu ada berbagai macam ritual dan pagelaran yang digelar di tempat ini. Kegiatan ini bukan hanya menarik bagi wisatawan domestik tapi juga mancanegara.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Sine

Biaya untuk masuk ke lokasi ini bisa dibilang sangat murah. Selain itu, tidak ada perbedaan harga tiket untuk dewasa maupun anak-anak. Hari biasa maupun tanggal merah tidak ada perbedaan harga tiket. Untuk anak di bawah lima tahun, biaya masuk juga gratis.

HariHarga Tiket
Senin – MingguRp10.000

Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir. Walau demikian, Anda tidak perlu kuatir sebab biaya parkir juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Jam Buka

Jam Buka Pantai Sine

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja.

Aktivitas di Pantai Sine

Aktivitas di Pantai Sine

Dengan garis pantai yang sangat panjang, pantai terkenal di Tulungagung ini memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas.

1. Bermain Air

Tentu saja tujuan utama seseorang datang ke pantai adalah untuk bermain air. Di tempat ini Anda dapat berenang dan bermain air di bibir pantai karena ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu besar.

Air di pantai ini juga cukup jernih sehingga terasa sangat menyegarkan. Tidak ada karang-karang di tepi pantai sehingga Anda tidak perlu kuatir akan terantuk. Hamparan pasir berwarna keemasan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Anda ingin berenang maupun melakukan aktivitas air lainnya, jangan lupa untuk membawa peralatan sendiri. Anda akan kesulitan menemukan persewaan pelampung dan sebagainya di tempat ini.

2. Berfoto

Sebagai pantai terindah di Tulungagung, Sine menyuguhkan panorama alam yang sangat memanjakan mata. Maka tidak heran jika tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat untuk pemotretan.

Bahkan banyak orang mengatakan bahwa tempat ini merupakan Tulungagung rasa Bali. Hal ini karena keindahan pantainya sama dengan pantai yang ada di Pulau Dewata. Anda dapat menjumpai berbagai macam spot foto menarik yang sangat ikonik.

3. Wisata Kuliner

Setelah capek bermain air, biasanya perut mulai berontak minta untuk diisi. Anda tidak perlu kuatir. Banyak tempat makan yang menyediakan menu aneka masakan laut dengan harga yang terjangkau. Anda dapat memesan olahan ikan, cumi, udang maupun hidangan laut lainnya.

Jika ingin membawa hasil laut yang segar, Anda juga dapat membelinya langsung kepada para nelayan. Jika pandai menawar, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan saat membeli di pasar.

Advertisement

Semua makanan laut di tempat ini masih segar, sehingga tidak ada bau amis. Tempat makan yang menyediakan menu semacam ini juga berjajar-jajar, sehingga Anda tidak perlu kuatir harus antri membeli makanan.

4. Kemah

Di sekitar Sine juga terdapat camping ground yang memungkinkan Anda untuk membangun tenda dan berkemah. Tidak ada biaya sewa yang harus dikeluarkan ketika ingin mendirikan tenda di sini. Lokasi yang banyak digemari adalah area di dekat pelelangan ikan.

Selain karena tempatnya yang luas, lokasi ini juga yang paling dekat dengan pemukiman. Dengan demikian, akses untuk fasilitas umum juga lebih mudah didapatkan. Selain itu, beberapa warung makan menyediakan wifi untuk pelanggannya, sehingga Anda tetap bisa terhubung ke internet.

Hanya saja tentu keadaannya lebih ramai, terutama ketika musim liburan tiba. Jika ingin berkemah di tempat yang lebih sunyi, masih banyak juga tempat lain yang bisa dicari di sepanjang pantai. Untuk peralatan berkemah, Anda dapat membawanya sendiri atau menyewa di tempat.

5. Menonton Pagelaran

Dalam beberapa tahun sekali di tempat ini sering diadakan pagelaran maupun kegiatan tradisional lainnya. Biasanya pada malam suro, ada pagelaran wayang kulit yang diadakan semalam suntuk. Pagelaran ini merupakan salah satu kegiatan yang sanggup menarik perhatian wisatawan luar.

Selain wayang kulit, ada juga kegiatan sedekah laut yang harus ada setiap tahunnya. Masyarakat pesisir percaya bahwa sedekah laut adalah bentuk ucapan syukur atas nikmat yang diberikan oleh laut sehingga mereka bisa hidup dari sana.

Jika tidak ada ritual ini, maka penduduk akan dilanda musibah besar, salah satunya adalah kesulitan dalam mendapatkan ikan dan berbagai macam produk laut lainnya. Festival ini digelar dengan sangat meriah dan boleh disaksikan siapa saja.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Sine

Kepercayaan lain yang berkembang di tengah masyarakat sekitar Pantai Sine sama seperti kebanyakan kepercayaan masyarakat di pesisir Pantai Selatan. Pada waktu-waktu tertentu, banyak penduduk yakin bahwa penguasa pantai selatan, Kanjeng Ratu Kidul sering menampakkan diri.

Biasanya pada saat pagelaran wayang kulit maupun festival laut digelar, pada saat itulah kanjeng ratu juga ikut hadir. namun, tak jarang pula pada malam-malam tertentu di kalender Jawa, kanjeng ratu berjalan-jalan di tepian pantai.

Maka tidak jarang Anda akan menemui beberapa orang yang datang ke tempat ini untuk semedi. Mereka berharap untuk bisa bertemu dengan sang ratu dan mendapatkan hal yang mereka impikan.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Sine

Sebagai pantai yang selalu ramai dikunjungi setiap tahunnya, Sine sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai, seperti berikut ini :

  • Penginapan
  • Listrik dan Wifi
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Area parkir
  • Gazebo

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Sine

Pantai dengan ombak dan hamparan pantai yang indah ini berada di daerah Tulungagung, Jawa Timur. Lebih tepatnya, objek wisata ini berada di Desa Kalibatur. Jika dari pusat kota Tulungagung, pantai ini hanya berjarak sekitar 1 jam perjalanan.

Ada dua jalur yang umum dipakai oleh para pengunjung untuk sampai ke tempat ini. Rute pertama yang kerap digunakan adalah jalan dari perempatan Gragalan di pusat kota Tulungagung. Dari sini, Anda hanya perlu mencari jalan yang mengarah ke Kecamatan Kalidawir.

Jika sudah masuk ke Kalidawir, jalan menjadi lebih mudah karena sudah ada banyak papan penunjuk jalan. Sedangkan rute kedua adalah melalui jalan ke arah Kabupaten Trenggalek, dari pusat kota Tulungagung.

Jika dibandingkan rute pertama, rute kedua ini sebenarnya cukup memutar. Namun rute ini lebih dekat bagi mereka yang berangkat dari Kota Trenggalek. Setelah sampai ke perempatan Tamanan, cari jalan ke arah Desa Ngentrong dari lampu merah pasar Campurdarat.

Ambil lurus saat berada di pertigaan sebelum masuk Desa Ngentrong. Tetap lurus dan ambil jalan utama. Jalan ini akan membawa Anda sampai ke Pantai Sine. Atau agar lebih mudah, ikuti saja peta berikut ini:

Sebagai daerah di pesisir Pantai Selatan, Tulungagung memang memiliki banyak pantai yang indah, terutama Pantai Sine. Perpaduan air yang bersih serta hamparan pasir yang luas membuat pantai ini menjadi salah satu objek wisata utama di Tulungagung.

Kunjungi juga:

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.