PANTAI PARANGTRITIS: Aktivitas & Tiket Masuk 2022

Harga Tiket MasukRp10.000
Jam Buka24 Jam
Nomor HP-
LokasiDesa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Walaupun banyak mitos dan legenda yang mewarnai tempat wisata Pantai Parangtritis, tetapi tidak membuat jumlah pengunjungnya berkurang. Pantai ini tetap ramai dikunjungi wisatawan sehingga pantai tersebut masih terkenal sampai saat ini.

Pantai yang berada di bagian selatan Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 27 Km dari pusat kotanya, memiliki pemandangan dan hamparan laut yang sangat indah. Terutama pemandangan pantai di sore hari dengan ombak yang saling berdeburan.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Banyak sekali tempat wisata di Jogja yang harganya murah, sehingga Jogja menjadi kota dengan tempat wisata murah di Indonesia. Tak heran juga jika Jogja menjadi destinasi populer di Indonesia dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat wisata murah di Indonesia yang biayanya murah salah satunya adalah Pantai Parangtritis. Selain tiket masuk yang terjangkau, pantai ini juga buka setiap hari 24 jam. Anda pun bebas datang kapan saja karena tidak ada batasan kunjungan.

HTM Pantai Parangtritis hanyalah Rp10.000 per orang, berikut ini rinciannya:

Biaya-biayaHarga
Tiket MasukRp10.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000

Jam Buka

Jam Buka Pantai Parangtritis

Sebaiknya Anda datang ke pantai ini di pagi hari atau bisa juga siang menjelang sore. Sebaiknya tidak datang ke pantai di siang hari tepat saat matahari sedang berada di atas kepala, karena cuaca di Jogja pada siang hari sangat panas.

Kunjungi pantai saat suasana sudah mulai tenang dan adem, dan lebih baik datang di hari biasa karena di hari libur suasana pantai sedang dipenuhi pengunjung dan penuh sesak. Berhati-hati juga saat bermain di pantai, karena ombak di pantai selatan memang cukup besar.

Jika ingin tahu kapan buka atau tutup pantai, maka ketahui dulu jam operasional bukanya. Pantai Parangtritis dibuka setiap hari selama 24 jam, tapi waktu yang paling pas untuk datang ke pantai mulai dari pukul 07.00 – 17.00 sore.

Tapi jika Anda datang ke pantai di malam hari juga bisa saja, misalnya baru check in di penginapan malam hari.

Aktivitas dan Atraksi di Pantai Parangtritis

Aktivitas dan Atraksi di Pantai Parangtritis

Sama halnya dengan tempat-tempat wisata lainnya, maka pantai ini juga memiliki daya tariknya tersendiri karena ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di sana selain berenang atau bermain air.

Berikut ini beberapa aktivitas dan juga atraksi yang banyak dilakukan di pantai:

1. Sunset

Apabila Anda liburan ke Parangtritis saat cuacanya sedang cerah maka nikmatilah keindahan sunset atau tenggelamnya matahari di bagian barat, dengan warna matahari yang berwarna jingga merona dan sangat indah.

Momen inilah yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pengunjung, yaitu berburu sunset di sore hari. Apalagi untuk para fotografer yang ingin membidik sunset di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Berburu sunset adalah hal yang paling dinantikan dan ditunggu-tunggu.

2. Bermain Layang-layang

Angin pantai yang berhembus sangat kencang di sana cocok juga untuk Anda bermain layang-layang bersama teman atau keluarga. Tapi tak perlu repot membawa layangan di rumah, karena banyak pedagang layangan di sana.

Pantai ini juga sering menjadi tempat lomba atau festival layang-layang, yang diikuti oleh para pecinta layang-layang dari dalam/luar negeri.

Jika Anda ke Parangtritis saat sedang digelar festival layang-layang maka Anda bisa melihat berbagai bentuk layang-layang yang sangat unik. Baik layangan terkecil atau terbesar yang mengudara di luasnya langit biru.

3. Bermain Air

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke pantai tetapi tidak bermain air di area pantai.

Maka Anda juga bisa bermain air sepuasnya di pinggir pantai, tetapi sebaiknya tidak berenang sampai ke tengah karena ombaknya yang sangat besar cukup membahayakan jika digunakan untuk berenang.

4. Kereta Kuda

Selain menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan, coba juga bermain kereta kuda yang banyak disewakan di sekitar pantai. Susuri bibir pantai dengan menaiki kereta yang disewakan di sana.

Hal itu akan menambah keseruan dari momen liburan Anda di Parangtritis.

5. Menyusuri Pantai dengan ATV

Susuri juga bibir pantai dengan menaiki ATV, karena Anda akan merasakan sensasi menarik saat menaiki ATV di sekitar pantai.

Banyak juga orang yang menyewakan ATV di pantai, sambil ditemani dengan hembusan angin serta percikan air dari deburan ombak yang akan menambah keseruan.

Misteri dan Mitos

Misteri dan Mitos Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis di Jogja diyakini juga oleh warga setempatnya sebagai perwujudan dari kesatuan trimurti, yang meliputi Keraton Yogyakarta, Gunung Merapi, dan Parangtritis. Maka ketiga tempat ini selalu dikaitkan dengan fenomena alam apa saja yang terjadi di Yogyakarta.

Inilah cerita legenda dan mitos dari Parangtritis yang harus Anda ketahui:

1. Mitos

Menurut kepercayaan masyarakat setempat juga, pantai ini menjadi sebuah pintu bagi kerajaan gaib yang pemimpinnya adalah seorang ratu bernama Nyi Roro Kidul. Menurut mitos, Ratu sangat suka dengan segala benda berwarna hijau.

Bahkan menurut orang-orang yang bisa melihat kegaiban di sana, Nyi Roro Kidul mengenakan pakaian set kebaya yang juga berwarna hijau.

Sehingga pengunjung tidak boleh mengenakan baju/benda yang berwarna hijau karena akan mengalami kesialan bahkan kehilangan nyawa.

2. Legenda

Legenda yang mewarnai cerita sejarah pantai ini, juga berkaitan dengan wilayah kekuasaan sang Ratu dengan kuasa dan ombak dari Samudera Hindia. Ia memiliki istana yang megah di bagian jantung samudera.

Hal itu diperkuat dengan ombak ganas yang ada di pantai yang panjangnya pun bisa mencapai 7 m. Tak heran jika banyak pengunjung terbawa ombak dan tidak selamat di pantai tersebut.

Masih menurut cerita legenda masyarakat sekitar, Ratu Kidul ini adalah pasangan spiritual dari raja-raja di Mataram/Yogyakarta.

Fasilitas

Fasilitas Pantai Parangtritis

Berikut ini beberapa fasilitas Pantai Parangtritis yang harus Anda ketahui:

  • Hotel dan juga penginapan yang harganya variatif. Sebagian penginapan ada yang berada di atas bukit dengan sajian keindahan pantai yang memesona.
  • Kawasan gumuk pasir yang cocok dijadikan latar belakang foto.
  • Toko souvenir dan oleh-oleh khas dari Jogja dan juga warung makan serta toko kelontong.
  • Kegiatan rekreasi seperti sewa kereta kuda, jeep, paralayang, motor ATV, dan juga kuda.
  • Area parkir yang luas.
  • Sewa kamar mandi.

Selain itu masih banyak juga losmen atau penginapan yang jaraknya tidak jauh dari pantai misalnya penginapan dengan jarak kurang lebih 2,7 Km saja.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan Rute Pantai Parangtritis

Lokasi dari pantai ini memang mudah dijangkau, karena memiliki akses yang menuju ke pantai dengan mudah dan kondisi jalannya pun sudah baik. Parangtritis berada di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak 30 Km dari pusat kota.

Waktu tempuh perjalanan untuk menuju ke sana adalah sekitar 60 menit saja dengan menggunakan kendaraan pribadi. Selain Parangtritis ada juga beberapa tempat wisata pantai lainnya yang juga bisa dikunjungi.

Setelah mengetahui informasi lengkap mengenai tempat wisata Pantai Parangtritis tersebut, maka Anda bisa mulai merencanakan liburan ke Jogja salah satunya di Parangtritis. Pastikan semua informasi di atas menjadi panduan yang tepat bagi perjalanan liburan Anda.

Kunjungi juga:

Photo of author

Dwi Okta

Mahasiswi jurusan pariwista di salah satu Universitas di Indonesia.

Tinggalkan komentar